Sponsors Link

15 Negara Termaju di Dunia Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Negara Termaju di Dunia harus menjadi contoh negara berkembang lainnya untuk lebih maju. Bagaimanapun caranya indonesia masih terpaut cukup jauh untuk di masukan menjadi kategori negara termaju yang ada dunia. Tapi tahukah kalian ada beberapa kriteria yang harus kita tahu supaya negara kita masuk kedalam negara yang termaju di dunia.

Sponsors Link

Baca Juga :

Negara Termaju di Dunia

Tidak hanya harus menjaga  kebersihan  di setiap penjuru kota, kita juga harus membantu menaikkan Human Development Index atau yang sering kita sebut HDI. Human Development Index adalah indeks pembangunan manusia atau sebagai banyak orang bilang adalah income perkapita yang bisa menilai kesejahteraan dan kemajuan suatu negara. Semakin mendekati angka 1 berarti negara itu layak di sebut negara paling maju. Berikut adalah 15 negara yang mempunyaii HDI terbaik dari pada negara lain.

15. Japan

Negara yang secara  geografi berada di satu benua dengan kita dan mempunyai  iklim cenderung dingin ini masuk kedalam negara yang terbilang cukup maju. Jepang mempunyai lebih dari 130 juta penduduk di tahun 2016 ini mempunyai  HDI 0.903  yang di mana mendekat angkat 1.

 Tak aneh jepang masuk dalam 15 negara dengan index terbaik karena jepang adalah negara cantik dengan ciri khas  gunung fuji yang menjadi daya tarik wisatawan luar negeri. Tak hanya dengan gunung fujinya , jepang pun mempunyai daya tarik dari kebudayaannya , iklimnya , bunga sakura dan bangunan bangunan yang unik. ( Baca juga : Unsur cuaca dan iklim )
14. United Kingdom
Kali ini negara termaju nomer 14 berada di  benua eropa yaitu United Kingdom. United Kingdom mempunyai HDI 0.909  yang terpaut 0.006 di atas jepang ini mempunyai jumlah penduduk 70 juta .
meski jumlah penduduk lebih sedikit dari jepang, UK mempunyai daya tarik yang cukup besar untuk dunia fashion.
Tak hanya fashion , United Kingdom juga menyimpan banyak sejarah di dunia arsitektur dengan beberapa design jembatan yang eksotik nan megah. Lalu United Kingdom juga memiliki banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dan dapat meningkatkan pendapatan negara.
Baca Juga :
 13. Swedia
Swedia adalah sebuah negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 10 juta ini terbukti memiliki tingkat pengangguran yang sangat rendah dengan HDI 0.913 yang mempunyai beda 0.004 dengan United Kingdom.
Tak hanya jumlah pengangguran yang terbilang kecil swedia memiliki PDB 50.272,94 USD ‎ di tahun 2015 dan terus naik dari tahun ketahun membuktikan swedia menjadi negara maju yang layak mendapat pengakuan dari mata dunia.
Swedia sendiri terkenal dengan  pantai yang eksotik yang mempunyai jalur perdagangan  laut yang super sibuk.
Baca juga :
Sponsors Link

12. New Zealand
Negara yang kita kenal dengan nama Slandia baru ini masuk dalam  benua Oseania / Australia.
Negara dengan daerah-daerah geotermal dan mata air panas ini mempunyai jumlah penduduk yang sangat sedikit yaitu di angka 4.6 juta penduduk  mampu memiliki HDI di angka 0.915 dengan PDB 37.807,97 USD per kapita. ( Baca juga : Sumber daya alam energi )
New Zealand sendiri mempunyai sistem pemerintahan konstitusional monarkhi yang di pimpin seorang ratu membuat new zealand mampu maju terus menerus di setiap tahunnya.
11. United States

Siapa sih yang ga kenal dengan negara yang satu ini?Negara dengan kekuatan militer dan fasilitas teknologi tingkat tinggi ini memang layak masuk dalam 15 negara termaju di dunia.Dengan jumlah penduduk 321,4 juta ini US memiliki HDI 0.920 yang hampir mendekati dengan angka 1.

Negara yang baru mempunyai presiden baru yaitu donald trump ini sangat tidak fasih untuk memakan makanan berat seperti nasi . kebanyakan mereka memakan makanan dengan bahan gandum atau kentang sebagai pengganti karbohidrat atau mereka lebih menyukai junk food seperti hamburger sebagai santapan favorit penduduk amerika. ( Baca juga : Pemanfaatan sumber daya alam )

10. Canada
Negara ini tak hanya menyandang gelar negara maju , akan tetapi canada adalah salah satu negara terkaya di dunia.
Dengan berlimbahnya sumberdaya dan hasil tambang seperti minyak dan beberapa sumber daya lainnya membuat HDI dari canada sama dengan US yaitu di 0.920.
Negara ini mempunyai banyak destinasi wisata yang mendunia seperti air terjun niagara dan beberapa destinasi seperti taman dan gunung masih menjadi pilihan para wisatawan internasional yang akan menambah pendapatan negara semakin meningkat.
Baca juga :
 9. Iceland
Icelan merupakan negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik.
Dengan jumlah penduduk 330.823 dan HDI 0.921 membuat iceland mempunyai  PDB 50.173,34 USD di tahun 2015.
sontak dengan PDB dan HDI segitu pantas iceland menjadi salah satu negara termaju yang ada dunia saat ini.
Iceland saat ini di kenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang lumayan banyak , tercatat Sekitar 1.300 spesies serangga meski tidak sebanyak beberapa negara bagian lain , akan tetapi mamalia asli dari iceland adalah rubah Arktik. ya meski banyak hewan seperti beruang kutub dan beberapa jenis spesies kelelawar disana , akan tetapi mereka hanya melewati atau pun transit untuk musim migasi saja. ( Baca juga : Samudera atlantik )
8. Irlandia
Negara dengan ibukota dublin ini memiliki sistem pemerintahan republik parlementer yang di mana kepala negara dipilih oleh rakyat dan peran perlemen menjadi yang terutama di negara ini.
Negara dengan HDI 0.923 dan jumlah penduduk lebih dari 5 juta ini menunjukan mereka mempunyai pribadi yang bisa mengangkat negaranya menjadi negara yang maju.
Beberapa destinasi wisata seperti dublin, killarney, dan ring of kerley adalah beberapa tujuan wisata yang biasanya menarik wisatawan dengan pemandangan rumput hijau di sepanjang jalannya.
Baca juga :
7. Netherland
Belanda adalah salah satu negara yang terkenal dengan seribu kincir angin dan juga bunga yang indah indah ini masuk dalam HDI tertinggi.  jika kamu ingin tahu , belanda adalah negara yang hanya 20% daratan ini hidup setidaknya 1 meter di atas permukaan laut, oleh karena itu istilah Nederland yang mempunyai arti  Negara Rendah.
Belanda memiliki HDI 0.924 dengan penduduk sekitar 23 juta. Negara  yang merupakan pendiri dari uni eropa ini memiliki tradisi unik yaitu memakan Ikan haring dengan irisan bawang dan acar yang merupakan makanan ikan mentah yang menjadi makan tradisional mereka. ( Baca juga : Ekosistem laut dalam )
6. Singapore
Negara no 6 ini letak geografis nya tidak jauh dengan indonesia. Memiliki daya tarik wisatawan yang luar biasa karena icon air mancur nya membuat singapore berhak menyandang HDI 0.925 bersaing langsung dengan negara subur yaitu belanda . Tak aneh dengan gelar negara termaju karena singapore memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak ada di negara lain seperti pulau santosha , singapore flyer sampai adanya universal studio singapore yang menjadi daya tarik yang cukup besar dari mata internasional.  Negara kecil dengan jumlah penduduk 5.5 juta ini menunjukan bahwa setiap aspek yang ada di singapura  baik dari sumber daya manusia sampai aspek penunjang seperti teknologi yang ada di singapura maju dan bersaing di kancah dunia. ( Baca juga :pengaruh letak geografis indonesia )
5. Denmark
Negara dengan ibukota kopenhagen ini terkenal dengan bangsa terdahulu yang kuat di segi perairan yaitu masyarakat viking. Dengan simbol patung Mermaid kecil yang dapat dilihat di Copenhagen dan burung nasional Denmark.  Denmark menunjukan jati dirinya bahwa mereka adalah negara tertua dan termaju dalam aspek perairan mereka.
Tercatat HDI denmark yaitu 0.925 dengan penduduk 6 juta mempunyai iklim yang cenderung dingin. Faktanya Di Denmark, terjadi hujan salju salju setiap dua hari. Rata-rata, di Denmark ada 171 hari dengan turun salju lebih dari 0,004 in (0,1 mm). Pada tahun 2009 saja ada 184 hari dari keseluruhan hari denmark selalu turun salju. Ada fakta unik lain dari denmark yaitu denmark tidak mempunyai pegunungan yang membuat denmark menjadi negara yang bisa di kunjungi di segala penjuru tempat.  ( Baca juga :Gunung tertinggi di dunia )
Sponsors Link

4. Germany
Negara dari gelandang serang tim sepak bola arsenal yaitu mesut ozil ini merupakan negara yang paling berpengaruhi di benua eropa sana. Dengan beribu kota di berlin jerman memiliki  HDI 0.926 dengan jumlah penduduk kurang lebih di sekitar 82 ribu sontak menghasilkan PDB perkapita jerman berada di sekitar $46.896. Yang artinya jerman memiliki kesejahteraan yang sangat baik untuk masyarakatnya. Jerman membagi negara nya menjadi 16 negara bagian, dan ada 3 negara kota yaitu Hamburg, Berlin, dan Bremen.
Ada satu bangunan bersejarah bagi jerman yaitu katedral Cologne yang terletak di koln jerman. katedral yang terbesar di jerman ini membuat UNESCO menobatkan Katedral Cologne sebagai situs warisan dunia. Setidaknya setiap harinya ada sekitar 20.000 orang mengunjungi Katedral Cologne,  ( Baca juga :Pengertian seismometer )
3. Switzerland
Negara yang kali ini  bisa di kategorikan dengan negara teraman di dunia. negara dengan 9 juta penduduk ini memiliki HDI 0.939 yang otomatis menempatkan swiss di urutan ke 3 dengan negara termaju di dunia.
Fakta menarik dari negara ini di swis ada 208 gunung. Dari jumlah tersebut ada 24 gunung yang tingginya mencapai 4000 meter. Puncak tertinggi ada di gunung Monte Rose yang tingginya mencapai 2634 m yang berada di perbatasan Swiss dan Italia. selain itu di swiss terdapat banyak bank yang menyimpan banyak uang dari berbagai negara , oleh karena itu swiss menjadi negara teraman .( Baca juga :Negara berkembang di asia tenggara )
2. Australia
Negara nomer 2 adalah australia , negara dengan ibukota Canberra ini di pimpin oleh seorang ratu yang menjadikan bahasa inggris menjadi bahasa nasionalnya. Australia memiliki aneka ragam habitat dari mulai padang rumput beriklim alpen hingga kehutan hujan dan diakui sebagai negara megadiservitas. dengan iklim seperti itu tidak heran koala lah yang menjadi ikon unik di negara ini.
Dengan jumlah penduduk 23 juta australia mampu menempatkan diri di posisi ke 2 dengan HDI 0.939. yang berarti butuh 0.061 untuk mencapai nilai sempurna dalam penilaian negara termaju di dunia. Rata rata para wisatawan lebih memilih mengunjungi sydney dari pada ibukitonya dikarenakan tempat yang ikonik dan gedung pertunjukan sydney menjadi daya tarik tersendiri untuk negara australia. ( Baca juga :Fenomena alam di langit )
1. Norwey
Negara dengan title negara termaju dunia nomer 1 di emban oleh negara norwey. di Norwegia memiliki iklim temperat, terutama di daerah pesisir yang disebabkan oleh pengaruh Gulf Stream.  Negara dengan jumlah penduduk 5 juta lebih di tahun 2015 ini  mempunyai HDI 0.949 yang terpaut 0.010 dari  australia.
Bentang alam Norwegia pada umumnya kasar dan bergunung-gunung, sebagian besar tertutup oleh gletser dan memiliki tepi pantai sepanjang yang panjang dan dibatasi oleh fyord.
Baca juga :
Setelah kita baca , beberapa negara dengan luas sedikit dan jumlah penduduk yang sedikit pun bisa membuat negara itu maju dari berbagai bidang. Faktor pengelolaan sumber daya manusia yang baik , pendidikan dan juga fasilitas yang berkelas pun menjadi faktor pendorong yang baik untuk menunjukan negara menjadi maju.


Artikel Terkait

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 16th, June 2017 / 08:24 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial