Samudera Atlantik : Pengertian, Letak, dan Karakteristik

Makhluk sosial, mungkin itulah kata yang sangat cocok untuk menggambarkan manusia. Makhluk sosial berarti manusia merupakan makhluk hidup yang tidak bisa bertahan tanpa adanya manusia lain. Manusia harus bergantung kepada pihak lain ketika dia sendiri tudak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau ketika menghadapi keadaan yang kurang menguntungkan. Bahkan tidak hanya sesama manusia saja, namun manusia juga membutuhkan keberadaan binatang, tumbuh- tumbuhan dan juga elemen- elemen alam lainnya. Beberapa elemen yang dibutuhkan oleh manusia adalah udara (baca: polusi udara), air (baca: jenis air), dan juga cahaya matahari (baca: bagian-bagian matahari).

Sebagai salah satu elemen terpenting di Bumi adalah air (baca: polusi air). Keberadaan air sunggu sangat penting bagi manusia, binatang dan juga tumbuh- tumbuhan. Tanpa adanya air maka makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Untung saja planet (baca: planet di tata surya) Bumi yang luar biasa ini menyediakan air dalam jumlah yang besar. Dan air ini sangat cukup untuk kehidupan makhluk hidup di Bumi. Setiap hari manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan mengonsumsi air untuk dapat mempertahankan hidupnya, dan Bumi selalu menyediakannya. Bahkan permukaan Bumi (baca: kerak Bumi) sebagian besar justru ditutupi oleh air daripada daratan (baca: ekosistem darat). Salah satu bentuk perairan yang menutup permukaan Bumi kita sebut sebagai samudera. Samudera adalah kumpulan air asin yang jumlahnya sangatlah banyak dan meliputi wilayah yang sangat luas. Dalam hal ini samudera terlihat berwarna biru. Oleh karena itu bapabila kita mengamati gambar atau potret dari planet Bumi dari luar angkasa, maka planet Bumi ini akan terlihat seperti kelereng yang mana polanya tidak teratur. Tidak hanya itu, bahkan warna biru lebih mendominasi dan Bumi terlihat berwarna biru dari kejauhan.

Pengertian Samudera

Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai samudera, maka ada baiknya kita mengenal samudera terlebih dahulu. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa samudera sendiri merupakan kumpulan air asin yang sangat luas dan besar. Kumpulan dari beberapa air asin adalah laut (baca: ekosistem laut), dan kumpulan dari beberapa laut yang sambung menyambung menjadi satu kita sebut sebagai samudera. Oleh karena gabungan dari laut- laut maka kita bisa membayangkan sendiri bagaimana luas samudera apabila dibandingkan dengan laut. Samudera lebih luas dan lebih dalam pastinya menyimpan lebih banyak, misteri dan juga keistimewaan. Ada banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh dari mempelajari dunia bawah laut yang tidak bisa kita temui di daratan. Bagaimana samudera menyimpan banyak sekali kekayaan alam dan juga menyimpan banyak sekali kegunaan bagi manusia. Samudera juga merupakan titik awal dari adanya siklus air di Bumi, dan merupakan titik dimana hujan turun.

Di Bumi ini, ada beberapa samudera yang menghiasi permukaan Bumi. Setidaknya kita dapat menemukan 5 5 samudera di dunia, yaitu samudera Pasifik, Atlantik, Arktik, Hindia, dan Antartika. Dari kelima nama- nama samudera di dunia tersebut, samudera Pasifiklah yang paling luas dan juga paling dalam. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai samudera pasifik sebagai samudera yang terluas di dunia, namun kita akan membahas mengenai samudera Atlantik sebagai salah satu samudera yang terkenal di dunia juga. Informasi mengenai samudera atlantik yang akan  kita bahas ini meliputi letak samudera Atlantik, Karakteristik yang dimiliki samudera Atlantik, hingga keistimweaan ataupun rahasia yang dimiliki oleh samudera Atlantik yang tidak dimiliki oleh samudera- samudera lainnya di dunia.

Pengertian Samudera Atlantik

Samudera Atlantik merupakan salah satu samudera yang ada di Bumi disamping samudera Pasifik, Hindia, Arktik, dan Antartika. Sebenarnya nama Atlantik sendiri berasal dari mitologi Yunani, yang berarti laut atlas. Apabila samudera pasifik adalah yang terbesar di dunia, maka peringkat kedua diduduki oleh samudera Atlantik. Besar samudera Atlantik ini meliputi 1/5 luas permukaan Bumi atau 20% luas permukaan Bumi. Apabila diangkakan maka luas samudera Atlantik ini adalah 106.450.000 kilometer persegi.

Lalu apabila laut yang ada di sekitarnya tidak dihitung, maka luasnya adalah 82.362.000 kilometer persegi. lebar samudera Atlantik sangat beragam, muali dari 2.848 km (yakni antara Brasil dan Liberia) hingga 4.830 km (antara Amerika Serikat dan sebelah utara Afrika). Sedangkan volume samudera Atlantik apabila laut di sekitarnya tidak dihitung maka 323.600.000 km³. Hal ini melambangkan bahwa jumlah wilayah yang mengalir ke samudera Atlantik ini lebih besar empat kali dibandingkan dengan Samudera Pasifik maupun Samudera Hindia.

Bentuk samudera Atlantik adalah seperti huruf S yang memanjang dari belahan Bumi sebelah utara hingga ke belahan Bumi sebelah selatan. Sementara untuk kedalaman samudera Atlantik sendiri, rata- rata adalah 3.332 m (apabila bersama dengan laut di sekitarnya), dan tanpa laut di sekitarnya adalah 3.926 m. titik terdalam di samudera ini berada di sebuah palung yang sangat terkenal. Palung yang paling dalam di samudera Atlantik adalah Palung Puerto Rico.

Letak Samudera Atlantik

 Samudera Atlantik merupakan kumpulan air yang terdapat di antara Afrika, Eropa, Samudra Selatan dan juga Benua Amerika. Secara Astronomis samudera Atlantik ini berada di koordinat geografi 0.00 U dan 25.00 B. Batasan antara samudera Atlantik dengan samudera Hindia di sebelah timur, dibatasi pada titik 20 derajat Bujur Timur (BT) (baca: garis bujur).

Dan batas antara Samudera Atlantik dengan Samudera Arktik adalah garis dari wilayah Greenland ke Svalbard yang berada di sebelah utara Norwegia. Samudera Atlantik merupakan samudera yang unik karena samudera ini mempunyai pesisir pantai yang tidak beraturan yang mana pesisir pantai (baca: manfaat pantai) ini dibatasi oleh berbagai teluk dan juga lautan. Beberapa laut yang membatasi samudera Atlantik adalah:

  • Laut Karibia
  • Teluk Meksiko
  • Teluk St. Lawrence
  • Laut Mediterania
  • Laut Hitam
  • Laut Utara
  • Laut Baltik
  • Laut Norwegia- Greenland

Itulah beberapa lautan yang menjadi batas pesisir pantai yang ada di samudera Atlantik. Ada banyak sekali bukan? Laut- laut tersebut telah membatasi samudera Atlantik dalam sisi yang besar atau lebar namun ada juga yang membatasi hanya sedikit pantai. Selain lautan, ada banyak sekali negara yang juga berada di sepanjang garis pantai di samudera Atlantik. Beberapa negara dan wilayah- wilayahnya memiliki garis pantai pada samudera Atlantik, antara lain adalah sebagai berikut:

Benua Afrika
1Afrika Selatan
2Aljazair
3Angola
4Benin
5Gabon
6Gambia
7Ghana
8Guinea
9Guinea- Bissau
10Guinea Khatulistiwa
11Kamerun
12Liberia
13Libya
14Maroko
15Mauritania
16Mesir
17Namibia
18Nigeria
19Pantai Gading
20Republik Demokratik Kongo
21Republik Kongo
22Sao Tome dan Principe
23Senegal
24Sierra Leone
25Tanjung Verde
26Togo
27Tunisia
Benua Amerika
1Amerika Serikat
2Argentina
3Bahama
4Barbados
5Belize
6Brazil
7Dominika
8Grenada
9Guyana
10Haiti
11Honduras
12Jamaika
13Kanada
14Kolombia
15Kosta Rika
16Kuba
17Meksiko
18Nicaragua
19Panama
20Republik Domikina
21Saint Lucia
22Saint Vincent dan Grenadine
23Suriname
24Trinidad dan Tobago
25Uruguay
26Venezuela
Benua Asia
1Georgia
2Israel
3Lebanon
4Siprus
5Suriah
6Turki
Benua Eropa
1Albania
2Belanda
3Belgia
4Bosnia
5Herzegovina
6Bulgaria
7Inggris
8Denmark
9Estonia
10Finlandia
11Irlandia
12Islandia
13Italia
14Jerman
15Latvia
16Lituania
17Kroasia
18Malta
19Monako
20Montenegro
21Norwegia
22Perancis
23Ponlandia
24Potrugis
25Romania
26Rusia
27Slovenia
28Spanyol
29Swedia
30Ukraina
31Yunani

Itulah nama- nama negara di dunia yang mana wilayahnya berbatasan dengan samudera Atlantik. Ada banyak sekali ya? Apabila kita perhatikan, benua yang paling banyak berbatasan dengan samudera Atlantik adalah benua Eropa, dimana benua ini mempunyai 31 negara yang berbatasan dengan samudera Atlantik. Selanjutnya ada benua Afrika, Amerika dan yang paling sedikit adalah Asia.

Karakteristik Samudera Atlantik

Secara umum samudera yang ada di Bumi ini terlihat sama saja antara satu dengan lainnya. Namun samudera- samudera yang berbeda ini ternyata mempunyai ciri khas atau karakteristik nya masing- masing. Begitu pula dengan samudera Atlantik. Samudera Atlantik mempunyai karakteristik yang membuat samudera ini berbeda dengan samudera lainnya. Beberapa karakteristik samudera Atlantik antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bentuk nya meliuk yang mirip dengan huruf S

Katakteristik atau fakta unik yang dimiliki samudera Atlantik salah satu adalah bentuknya yang meliuk sehingga menyerupai huruf S. oleh karena ini pula samudera Atlantik mempunyai pesisir pantai yang tidak beraturan yang hanya dibatasi dengan berbagai teluk dan lautan.

  • Sering terjadi badai tropis

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh samudera Atlantik adalah sering terjadinya badai tropis. Badai tropis ini berkembang di sekitar kawasan pesisir pantai di Afrika dekat Tanjung Verd, dan kemudian bergerak ke arah barat menuju ke Laut Karibia (ini terjadi pada bulan Mei- Desember).


  • Sering terjadi angin ribut

Selain badai tropis, peristiwa yang sering terjadi adalah angin ribut (baca: jenis-jenis angin). Angin ribut biasa terjadi di Atlantik Utara pada musim dingin di utara yang menyebabkan perlintasan samudera terasa lebih sulit dan juga berbahaya.

  • Sebagian besar wilayahnya berada di wilayah garis bujur barat

Karakteristik samudera Atlantik yang lainnya adalah sebagian besar wilayah samudera ini berada di wilayah garis bujur barat, sehingga samudera ini berada di belahan Bumi bagian barat.

Itulah beberapa karakteristik atau fakta unik yang memuat samudera Atlantik. Oleh karena karakteristik, maka hal- hal seperti ini tidak didapati oleh samudera yang lainnya.

Rahasia Samudera Atlantik

  1. Segitiga Bermuda

Mendengar kata Segitiga Bermuda, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. segitiga bermuda merupakan salah satu legenda atau misteri yang ada di dunia kelautan dunia. Segitiga Bermuda juga dikenal sebagai segitiga setan. Segitiga Bermuda merupakan sebuah wilayah kelautan, tepatnya di Samudera Atlantik yang mengandung banyak kemisteriusan. Dikatakan misterius karena telah terjadi banyak peristiwa aneh di kawasan tersebut, yakni menghilangnya kapal dan pesawat secara tiba- tiba. di kawasan ini pula timbul cerita- cerita mistis dan mitologi, seperti adanya aktivitas- aktivitas alien, makhluk mitologi, dan adanya pintu gerbang yang menuju dunia lain. Sementara penjelasan mengenai pesawat dan kapal yang hilang adalah adanya muatan yang berlebihan, gas methana, pusaran air, gempa laut, gelombang besar, gravitasi, pangkalan UFO hingga lorong waktu.

  1. Merupakan samudera yang menghubungkan dunia lama (Eropa) dengan dunia baru (Amerika)

Samudera Atlantik merupakan samudera yang sangat penting. Samudera inilah yang menghubungkan dua dunia atau tempat yang sangat penting di dunia. Dua benua terkemuka di dunia, yakni Eropa dan juga Amerika. Samudera Atlantik juga sangat berperan dalam sejarah pelayaran dunia.

Itulah dua hal keistimewaan atau rahasia yang dimiliki oleh samudera Atlantik. Keistimewaan samudera Atlantik ini telah dicatat dalam sejarah sebagai salah satu sejara dunia.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Samudera