Sponsors Link

Samudera Pasifik : Pengertian, Letak dan Karakteristik

Sponsors Link

Kerak Bumi adalah lapisan pertama yang ada di Bumi (baca: struktur lapisan Bumi). Manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan menjalani kehidupan di kerak Bumi. Lapisan pertama (kerak Bumi) terdiri atas dua jenis, yakni daratan (baca: ekosistem darat) dan perairan. Adapun porsi keduanya berbeda. Meski sebagian besar makhluk hidup tinggal di daratan, namun ternyata porsi perairan lebih besar atau lebih luas daripada daratan itu sendiri.

Perairan yang menjadi wajah Bumi terdiri atas samudera (baca: daftar samudera di dunia), laut (baca: macam-macam laut) dan bisa pula berwujud es (baca: hujan es) atau air (baca: jenis air) yang telah membeku. Sementara daratan sendiri berupa pulau- pulau baik besar maupun kecil, dan juga berupa benua- benua. Di daratan pun terkadang kita mendapati beberapa perairan, seperti danau, sungai (baca: manfaat sungai), dan lain sebagainya. Maka dari itulah tidak heran bahwa prosentase air lebih banyak menyelimuti kerak Bumi daripada tanah atau daratan.

Samudera sebagai Komponen Mayoritas Kerak Bumi

Telah dikatakan sebelumnya bahwasannya kerak Bumi sebagian besar ditutupi oleh air. Air ini sebagian besar berupa samudera atau laut. Samudera adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan dikatakan bahwa samudera merupakan kumpulan dari beberapa laut. Sehingga dapat kita bayangkan betapa besar samudera ini. Bumi mempunyai lebih dari satu samudera. Meski samudera- samudera tersebut pada dasarnya saling bergandengan, namun mereka dipisahkan dalam identitas yang berbeda atau nama yang berbeda. Mengenai samudera di Bumi ini setidaknya ada lima samudera, diantaranya: samudera Pasifik, Hindia, Atlantik, Arktik, dan Antartika.

Sebagai komponen yang mayoritas menyelimuti Bumi, keberadaan samudera mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan. Disamping mempunyai peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup, samudera juga berperan sangat penting untuk menjaga kondisi Bumi. Samudera bukan hanya sebagai tempat hidup makhluk- makhluk yang hidup di air, air samudera juga bisa menjaga suhu yang ada di Bumi. Samudera selain mempunyai manfaat juga seringkali dijadikan sebagai tempat wisata, khusunya daerah yang berada di pesisirnya yaitu pantai (baca: manfaat pantai). Samudera yang merupakan komponen mayoritas penyusun kerak Bumi memiliki luas dan kedalaman yang luar biasa. Karena itulah samudera memiliki rahasia yang luar biasa, baik yang sudah diteliti maupun yang belum diteliti oleh para ilmuwan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis samudera yang ada di Bumi, yakni Samudera Pasifik.

Pengertian Samudera Pasifik

Samudera Pasifik juga dikenal sebagai laut teduh. Sementara nama Pasifik sendiri berasal dari Bahasa Spanyol “Pacifio” yang berarti tenang. Samudera pasifik merupakan kawasan kumpulan air (baca: polusi air) terbesar di dunia. Dikatakan terbesar di dunia karena samudera Pasifik ini mencakup sekitar sepertiga dari permukaan Bumi. Apabila diukur dan diangkakan, maka luas samudera pasifik mencapai 179,7 kita kilometer persegi atau 69,4 mi persegi.

Panjang samudera pasifik ini mencapai 15.500 kilometer atau 9.600. samudera ini membentang dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross, Antartika Selatan. Selain itu samudera pasifik juga membentang dari Indonesia hingga pesisir Kolombia. Batas sebelah barat samudera pasifik biasanya diletakkan di Selat Malaka. Tak heran mengapa Samudera Pasifik ini menjadi samudera paling besar atau paling luas di dunia dibandingkan dengan samudera- samudera lainnya.

Letak Samudera Pasifik

Samudera Pasifik adalah samudera yang memiliki luas paling besar di Bumi dan merupakan raja nya samudera (baca: daftar samudera di dunia). Samudera Pasifik sangatlah luas dan dalam, sehingga keberadaannya pun mencakup ke dalam berbagai macam wilayah. Secara astronomis samudera pasifik mencapai lebar timur- barat terbesarnya pada sekitar 5° LU yang mana terbentang sekitar 19.800 km dari Indonesia hingga ke pesisir Kolombia.

Sebagian informasi mengenai letak samudera pasifik sudah kita ketahui sebelumnya. Ada yang menyatakan bahwa luas samudera pasifik ini mencapai 1/3 dari luas permukaan Bumi. Oleh karena samudera pasifik ini memenuhi hampir 1/3 dari luas bumi, maka banyak sekali negera- negara yang berada atau berbatasan dengan samudera pasifik ini. Ada banyak sekali negara yang berbatasan atau dilalui samudera pasifik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Benua Amerika
1 Amerika Serikat
2 Chili
3 Ekuador
4 El Savador
5 Guatemala
6 Hondarus
7 Kanada
8 Kolombia
9 Kosta Rika
10 Meksiko
11 Nicaragua
12 Panama
13 Peru
Oseania
1 Australia
2 Fiji
3 Kep. Masrshall
4 Kep. Solomon
5 Federasi Mikronesia
6 Kiribati
7 Nauru
8 Palau
9 Papua Nugini
10 Selandia Baru
11 Samoa
12 Tonga
13 Tuvalu
14 Vanuatu
Benua Asia
1 Indonesia
2 Filipina
3 Jepang
4 Brunei Darussalam
5 Kamboja
6 Korea Utara
7 Korea Selatan
8 Malaysia
9 Tiongkok
10 Rusia
11 Taiwan
12 Thailand
13 Singapura
14 Vietnam
15 Timor Leste

Itulah beberapa negara di dunia yang berbatasan langsung dengan samudera pasifik. Banyak sekali bukan? Diantara ketiga kategori, yang paling banyak dilalui samudera pasifik adalah di benua Asia. Ada banyak misteri atau rahasia yang ada di samudera pasifik, dan beberapa diantaranya berkisar di benua Asia (baca: benua terbesar di Dunia) ini.

Karakteristik Samudera Pasifik

 Samudera di dunia terdiri atas beberapa jumlahnya. Masing- masing samudera tersebut mempunyai karakteristiknya masing- masing. Hal ini juga sama halnya dengan samudera pasifik. Samudera pasifik mempunyai ke khasan sendiri yang hanya dimiliki oleh samudera pasifik saja. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh samudera pasifik diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Merupakan samudera yang paling luas di dunia

Ukuran dari samudera pasifik ini jauh lebih besar daripada samudera- samudera lainnya yang ada di dunia, seperti Atlantik, Arktik dan juga Hindia. Ukuran samudera pasifik ini bahkan mencapai 1/3 dari luas permukaan Bumi.

  • Mempunyai palung yang paling dalam di dunia

Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada titik terendah? Dan letak titik terendah yang ada di dunia adalah di palung samudera. Ada beberapa palung samudera, dan palung yang paling dalam berada di kawasan samudera pasifik. Palung paling dalam di dunia adalah Palung Mariana yang kedalamannya mencapai 10.911 meter dari permukaan air laut (baca: ekosistem air laut). Palung Mariana sebagai palung yang paling dalam mempunyai banyak sekali misteri yang ada di dalamnya.

  • Dilalui garis tanggal internasional pada garis bujur barat dan garis bujur timur yang berimpit di Kepulaian Samoa. Artinya, ketika di wilayah garis bujur barat adalah hari Minggu, maka wilayah bujur timur mengalami hari Senin.
  • Arus samudera Pasifik mengalir ke Samudera Hindia melalui selat Makassar, Selat Lombok, Selat Bali, sebagiannya melalui Laut Halmahera, Laut Maluku dan juga Laut Arafuru.
  • International Date Laine atau garis batas penanggalan internasional yang terletak pada 180 derajat Bujur Timur dan 180 derajar Bujur Barat berada di Samudera Pasifik.
  • Dasar Samudera Pasifik seringkali menjadi pusat gempa bumi di Jepang, Philipina, pantai Barat Amerika Utara dan juga Amerika Latin.
  • Di Pinggiran Samudera Pasifik ini mengalir arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oya syiwo dimana keduanya saling bertemu di Laut Bering yang menyebabkan kondisi air laut sangat baik untuk perkembangan ikan laut. Dan wilayah ini seringkali dijadikan wilayah panen laut bagi para nelayan.

Itulah beberapa karakteristik atau keunikan yang dimiliki oleh samudera pasifik. Karakteristik atau keunikan tersebut menjadi ciri khas yang dimiliki oleh samudera pasifik.

Misteri- Misteri Samudera Pasifik

Samudera sebagai cekungan air yang sangat luas dan dalam mengandung banyak sekali misteri yang terkadag tidak diketahui dan tidak disadari oleh manusia. Manusia tidak mengetahui apa sebenarnya yang ada di dalam atau di dasar samudera sana secara detail. Semakin kesini ilmuwan- ilmuwan di dunia sudah kerapkali meneliti mengenai samudera dan apa yang ada di dalamnya, bahkan hingga ke titik paling dalam di dunia sekalipun.

Dan berkat penelitian- penelitian itulah kita mendapatkan informasi mengenai apa yang ada di Samudera tersebut, termasuk pula Samudera Pasifik. Beberapa misteri atau rahasia menarik juga ditemukan di Samudera Pasifik yang notabene adalah samudera paling besar dan paling dalam di dunia. Beberapa informasi menarik dari samudera pasifik adalah sebagai berikut:

  1. Palung Mariana

Rahasia yang dimiliki oleh samudera pasifik antara lain adanya beberapa palung yang menduduki palung terdalam di dunia. Salah satu palung yang paling dalam adalah palung Mariana. Palung Mariana merupakan palung yang berada di kawasan samudera Pasifik. Palung Mariana ini tepatnya terletak di Filipina. Palung Mariana menjadi palung yang paling dalam di dunia yang mana kedalamannya mencapai 10.911 meter di bawah permukaan air laut.

Titik terdalam di palung ini dinamai Challenger. Nama ini didapat setelah dilakukan penelitian oleh kapal Angkatan Laut Britania Challenger II  pada tahun 1951. Di dalam palung ini pula beberapa peneliti mengatakan bahwa hidup semacam ikan zaman purba yaitu Hiu Sleeper Pasifik yang ukurannya telah mencapai sekitar 30 kaki.

  1. Palung Tonga

Setelah Palung Mariana, ada Palung Tonga. Palung Tonga juga merupakan palung yang berada di kawasan Samudera Pasifik. Palung ini menjadi palung yang terdalam nomor dua di dunia, dengan kedalaman mencapai 10.882 meter di bawah permukaan air laut. Titik terdalam dari palung ini dinamakan “Deep Horison”. Palung ini juga menjadi salah satu misteri yang dimiliki oleh samudera pasifik.

  1. Palung Pilliphine

Rahasia samudera Pasifik lainnya adalah palung Philliphine. Sesuai dengan namanya, palung ini berada di kawasan negara Filipina. Palung ini menjadi palung terdalam peringkat nomor tiga di dunia dengan kedalaman yang mencapai 10.540 meter. Palung ini juga dinamakan sebagai Palung Mindanao yang panjang membentang kurang lebih sepanjang 1.320 kilometer.

  1. Palung Kuril- Kamchatka

Selanjutnya ada Palung Kuril Kamchatkan. Lagi- lagi, palung terdalam nonor empat ini termasuk ke dalam rahasia yang dimiliki oleh  Samudera Pasifik. Palung ini mempunyai kedalaman yang mencapai 10.500  meter.

  1. Palung Kermadec

Palung Kermadec merupakan palung terdalam dengan peringkat nomor lima di dunia. Palung Kermadec ini sama seperti palung- palung yang telah disebutkan sebelumnya, yakni merupakan rahasia yang berada di Samudera Pasifik. Palung ini terletak di sebelah timur Australia. Palung Kermadec mempunyai kedalaman yang mencapai 10.045 meter di bawah permukaan air laut.


  1. Palung Jepang

Selanjutnya adalah Palung Jepang. Palung Jepang merupakan palung yang berada di kawasan negara Jepang tentunya. Palung Jepang juga berada di kawasan Samudera Pasifik. Palung Jepang memiliki kedalaman mencapai 9.000 meter. Samudera Pasifik memang mempunyai banyak sekali palung yang sekaligus menjadi rahasia yang dimiliki oleh samudera pasifik.

  1. Pesawat yang menghilang

Dalam dunia penerbangan di dunia, beberapa kali terjadi peristiwa aneh yakni hilangnya pesawat ketika melintasi di atas samudera Pasifik. Beberapa pesawat yang telah hilang adalah Malaysia Airlines MH370 jet, Amelia Earhart pada tahun 1937.

  1. Bloop

Bloop merupakan suara yang terekam oleh NOAA. Suara ini terdengar di Samudera Pasifik. Suara ini dikatakan unik karena terdeteksi oleh stasiun monitor yang jaraknya 3.100 mil. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa bloop ini berasal dari pecahnya gletser, namun beberapa lagi berkeyakinan bahwa suara ini berasal dari makhluk hidup yang sangat besar.

Itulah beberapa misteri atau keistimewaan yang terdapat di samudera pasifik. Misteri- misteri tersebut selalu diupayakan untuk diteliti oleh ilmuwan agar nantinya diperoleh data yang lebih terbaru dan akurat bagi manusia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 16th, January 2017 / 01:44 Oleh :
Kategori : Samudera