Daftar Samudera di Dunia – Letak – Karakteristik dan Luasnya


Samudera merupakan sekumpulan air yang sangat banyak pada suatu tempat atau bisa juga disebut sebagai kumpulan laut-laut yang ada muka bumi ini. terbentuknya samudera ini juga membutuhkan waktu yang sangat panjang dan karena adanya fenomena alam di dalam bumi. Kurang lebih pada 4,4 miliar tahun lalu, di dalam bumi terjadi pendinginan yang disebabkan karena berhentinya aktvitas vulkanik sehingga menyebabkan bumi menjadi beku tertutup oleh es. Selain itu pada zaman itu lapisan atmosfer bumi masih tertutup dengan debu sehingga menyebabkan sinar matahari terhalangi dan tidak bisa masuk di dalam bumi sehingga membuat pembekuan semakin lama waktunya.

Setelah itu ketika sinar matahari mulai masuk ke dalam bumi, es yang ada di bumi mencair dan mengisi cekungan dalam di permukaan bumi yang membentuk samudera. Air yang ada di permukaan juga mengalir ke cekungan tersebut melalui sungai. Pada saat itu awalnya suhu air di samudera mencapai 100° karena keasaman di dalam atmosfer berasal dari kerbon dioksida. Hal itulah yang sampai sekarang akhirnya membuat air laut rasanya menjadi asin. Selain itu berbagai material dari daratan yang terbawa air sungai juga mempengaruhi kandungan di dalam samudera.

Saat ini di dunia terdapat samudera yang mengelilingi permukaan bumi. Berikut adalah penjelasan mengenai samudera di dunia :

Samudera Pasifik

Samudera pasifik diberi nama yang berasal dari bahasa sanyol “pacifio” yang memiliki arti tenang. Samudera pasifik memang samudera yang tenang dan tidak terdapat gelombang atai badai dalam skala yang besar. Samudera pasifik menjadi samudera terluas benua di dunia bahkan hampir 1/3 dari luas bumi itu sendiri. Luas samudera pasifik kurang lebih sebesar 179,7 juta km². panjang samudera pasifik 15.500 km dimulai dari laut bering di wilayah artik hingga sampai pada laut ross di benua antartika selatan. Lebar samudera pasifik ini berada pada 5° garis lintang utara dan bisa dibilang lebarnya dari kepulauan Indonesia hingga pantai di kolombia.

Batas-batas samudera pasifik:

  1. Batas sebelah barat: di antara benua asia dan benua Australia
  2. Batas sebelah timur: pantai amerika
  3. Batas sebelah selatan: berbatasan dengan benua antartika
  4. Batas sebelah utara: wilayah lutan atau  samudera arktik

Di dalam wilayah samudera pasifik paling banyak terdapat kepulauan dengan pulau besar dan lebih banyak pulau kecilnya kurang lebih terdapat 25.000 pulau dan paling banyak berada di garis katulistiwa. Bukan hanya pulau saja, di dalam wilayah samudera pasifik juga terdapat laut besar terbanyak diantaranya seprti laut koral, laut cina timur, laut kuning, laut jepang, laut sulu, laut china selatan dan laut tasman. Terdapat selat malaka yang menghubungkan antara samudera pasifik dan samudera hindia di sebelah barat dan yang menghubungkan samudera pasifik dengan samudera antartika di sebelah timur adalah selat magelhaens.

Titik terendah di dalam samudera pasifik adalah palung mariana yang berada di kedalaman -10.924 m di bawah tanah. Palung mariana juga merupakan dasar paling rendah dari permukaan bumi. Di wilayah samudera pasifik juga sering mengalami badai dan angin puyuh yang sangat berpotensi merusak pulau yang berada di sekitar samudera pasifik bahkan terkadang bisa menimbulkan tsunami. Fakta uniknya lagi di dalam samudera pasifik adalah terdapat gunung di bawah laut (seamounts). (baca : bahaya gunung api bawah laut)

Samudera Atlantik

Samudera terbesar kedua setelah samudera pasifik adalah samudera atlantik dengan luasnya hamoir mencapai 1/5 dari luas bumi. Nama atlantik sendiri diambil dari salah satu nama dewa di dalam mitologi yunani yaitu dewa atlas. Bentuk dari samudera atlantik ini sangat unik yaitu hampir menyerupai huruf S dan dibagi menjadi dua wilayah yaitu antlantik selatan dan atlantik utara pembatasnya adalah garis khatulistiwa.

Batas-batas samudera atlantik

  1. Batas sebelah barat: benua amerika
  2. Batas sebelah timur: benua eropa dan benua afrika
  3. Batas sebelah utara: samudera antartika
  4. Batas sebelah selatan: benua antartika

Luas samudera atlantik kurang lebih seluas 106.450.000 km². letak astronomis nya terletak pada 0° 00 U, 25° 00 B dengan kedalaman rata-ratanya adalah 3,332 m dan luasnya hampir sama dengan 6,5 kali dari negara amerika serikat. Berikut ini adalah beberapa keunikan dan ciri khas dari samudera atlantik:

  1. Memiliki bentuk yang meliuk-liuk seperti huruf s
  2. Pesisir pantai yang dimiliki oleh samudera atlantik tidak beraturan karena bisa jadi berupa selat dan teluk
  3. Titik terendah di dasar samudera atlantik adalah palung Puerto rico dengan kedalaman 8.605 m
  4. Sering terjadi badai tropis di pesisir pantainya. (baca : pembagian musim)
  5. Di dalamnya terdapat dua terusan yang sangat penting yaitu terusan kiel dan terusan saint Lawrence.

Samudera Hindia

Samudera terbesar ketiga di dunia adalah samudera hindia yang luasnya mencapai 20% dari luas bumi. Luas samudera hindia adalah 68.556 juta km². samudera hindia ini juga kerap kali disebut dengan nama lain seperti samudera Indonesia dan samudera india karena letaknya di sekitar negara Indonesia dan india. Laut yang berada di dalam samudera hindia cukup banyak seperti teluk oman, selat malaka, teluk aden, laut Andaman, laut arab, teluk bengala, great Australian bright dan teluk perna.

Batas-batas samudera hindia:

  • Batas sebelah utara berada di kawasan wilayah benua asia selatan
  • Batas sebelah selatan: laut antartika
  • Batas sebelah barat: negara jazirah arab dan afrika
  • Batas sebelah timur: berada di kawasan semenanjung malaka, kepulauan Indonesia bagian timur dan benua Australia

Berikut ini adalah beberapa kekhasan dan ciri khas dari samudera hindia antara lain adalah:

  1. Titik terendah di wilayah samudera hindia ini adalah palung jawa dengan kedalaman -7.528 m.
  2. Di dalam wilayah samuder hindia terdapat banyak pelabuhan internasional yang sangat penting dan paling banyak digunakan oleh para pedagang diantaraya di calcuta (India), fremantle (Australia), teluk Richards (afrika selatan), kolombo (Sri lanka), Jakarta (Indonesia), Karachi (Pakistan), dan pelabuhan Durban (afrika selatan).
  3. Samudera hindia merupakan samudera yang memiliki arus besar dan sangat kuat dibandingkan dengan samudera lainnya. oleh karena itu ada beberapa jalur di samudera hindia yang tidak digunakan sebagai jalur pelayaran karena ombaknya sangat besar dan sangat berbahaya bagi pelayaran.
  4. Pulau-pulau yang berada di dalam wilayahnya sedikit hanya pulau madagaskar saja yang cukup besar.

Samudera Arktik

Samudera selanjutnya adalah samudera arktik yang berlokasi di bumi bagian utara di sekitar kutub utara. Samudera arktik ini adalah laut luas yang mengelilingi benua antartika dan telah ditetapkan menjadi samudera oleh IHO (International Hydrografic Organization). Meskipun telah ditetapkan sebagai samudera namun bagi para ahli samudera, ini masih dianggap sebagai lautan luas saja. luas samudera arktik adalah 14.046.000 km² atau 1.5 kali lebih besar dari negara amerika serikat.

Samudera arktik memiliki panjang garis pantai sepanjang 45.389 km dan terletak pada letak geografis 90° 00’ LU dan 0° 00’ BT. Samudera arktik berbatasan dengan daratan seperti bagian asia utara atau negara rusia, amerika utara, eropa utara, dan Greenland.


Samudera arktik memiliki beberapa ciri khas dan karakteristik sebagai berikut:

  1. Samudera arktik memiliki kedalaman dan luas paling kecil sehingga ada beberapa kalangan yang menganggapnya sebagai lautan luas bukannya sebagai sebuah samudera.
  2. Karena letaknya yang berada di pusaran kutub utara, samudera arktik selalu tertutup oleh es baik pada musim panas maupun musim dingin. Namun saat ini karena adanya pemanasan global menyebabkan lapisan es di samudera artik kian menipis.
  3. Memiliki suhu dan kadar garam di air lautnya berubah-ubah sesuai dengan musim.
  4. Kadar garam yang terdapat di dalam samudera arktik paling renda, hal ini dikarenakan tidak ada sungai yang membawa material seperti sungai di samudera lainnya. di samudera artik juga penguapannya tidak terjadi dengan besar.
  5. Di wilayah samudera arktik terdapat basin yang kedalaman mencapai 4000 hingga -5.450 meter. Dan basin terendah terdapat di basin Eurasia dengan kedalaman -5.450 meter.
  6. Bentuk dasar lautan samudera arktik berbeda-beda ada yang block-ridge, plans of the abyssal zone dan laut-laut dalam
  7. Suhu rata-rata pada samudera arktik sangat dingin yaitu -2° sepanjang tahun. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di bagian kutub utara dan tidak ada sinar matahari.

Demikian artikel mengenai samudera-samudera yang ada di dunia. terdapat 4 samudera di dunia ini yaitu samudera pasifik, samudera hindia, samudera atlantik dan samudera arktik. Samudera memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi makhluk hidup di dunia ini karena merupakan tempat tinggal bagi makhluk hidup yang berada di dalam air asin dan juga menjadi tempat manusia mencari makanan. Masing-masing samudera memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing yang tidak dimiliki oleh samudera lainnya. ciri khas ini bisa membantu anda jika anda ingin melakukan perjalanan melewati samudera.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 10:05 Oleh :
Kategori : Samudera