Jenis-jenis Atlas dan Pengertiannya

Informasi merupakan hal yang sangat penting pada era modern ini. informasi yang dibutuhkan bukan hanya sekedar informasi politik, ekonomi, dan lainnya namun juga bisa menunjuk pada informasi suatu tempat dan lokasi. Untuk memudahkan dalam mencari informasi suatu tempat, anda bisa menggunakan berbagai cara dan alat salah satunya adalah dengan menggunakan atlas. Atlas merupakan sekumpulan peta yang telah disusun rapi serta sedimikian rupa supaya bisa dipahami dengan baik oleh para penggunanya dan juga memiliki fungsi atlas, peta dan globe yang ada di dalam nya.

Pengertian atlas

Nama atlas sendiri diambil dari salah satu dewa yunani, dimana dalam mitologi yunani atlas merupakan salah satu dari anak dewa jopetus (salah satu dewa terkuat di dunia). atlas melakukan pemberontakan ketika terdapat perang antara kubu zeus dan kraken dalam merebutkan kekuasaan. Atlas membela kraken yang memberontak terhadap zeus dan kemudian kraken kalah dan sebagai hukumannya pada atlas yang telah membantu kraken adalah dengan menyangga langit dunia. oleh sebab itu, atlas digambarkan sebagai orang yang sedang menyangga bumi. Penamaan atlas pada sebuah buku dimana terdapat berbagai informasi berbentuk peta tidaklah mengagetkan dengan adanya mitologi yunani tersebut.

Secara umum atlas merupakan sekumpulan peta yang telah disusun sedikian rupa yang memiliki tujuan dan isi tertentu di dalamnya. Di dalam atlas dapat membuat peta umum maupun peta khusus sesuai dengan tujuan atlasnya masing-masing. jadi, perbedaan atlas dengan peta adalah cara penyajiannya saja dan kepraktisannya saja.

Unsur-unsur atlas

Sebuah buku dapat dikatakan menjadi atlas yang tergolong memiliki kualitas baik jika di dalamnya terdapat berbagai unsur-unsur penting di dalam atlas. Unsur-unsur yang ada di dalam atlas diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Judul atlas, hal ini sangatlah penting karena judul akan menunjukkan isi dan konten yang ada di dalamnya, misalnya judul atlas dunia maka di dalamnya akan terdapat berbagai peta benua, negara, samudera yang mencakup di seluruh dunia. namun jika judul atlas misalnya atlas Indonesia maka hanya akan menampilkan peta pulau-pulau yang ada di dalam negara Indonesia saja.
  • Daftar isi, hal ini juga penting karena akan memberikan informasi apa saja isi yang ada di dalamnya. Di dalamnya terdapat isi seluruh peta yang ada di dalamnya.
  • Petunjuk penggunaan atlas, biasanya dalam atlas juga akan terdapat petunjuk penggunannya karena di dalamnya terdapat simbol-simbol, legenda, cara menyajikan peta, dan cara penamaan objek yang ada di dalam peta.
  • Isi atlas, di dalamnya terdapat berbagai jenis peta yang ada di dalamnya sesuai dengan judul atlasnya. Jadi misalnya judul atlas adalah atlas dunia maka di dalamnya akan terdapat peta dari berbagai wilayah yang ada di dunia biasanya isinya akan lebih pada per benua atau per kawasannya saja.
  • Indeks, ini merupakan halaman yang ada di bagian belakang atlas dimana didalamnya terdapat berbagai nama-nama istilah yang ada di dalam atlas itu sendiri. Jadi, misalnya anda sedang mencari suatu tempat seperti gunung everest, anda hanya perlu mencari indeks gunung everest dan sampingnya akan diberikan informasi halaman. Jadi, dengan demikian anda hanya perlu melihat halaman tersebut dan anda akan langsung menemukan gunung everest atau macam daftar gunung tertinggi di Indonesia.

Saat ini ada beberapa jenis-jenis atlas, selengkapnya berikut adalah penjelasannya :

1. Berdasarkan cakupan wilayahnya

Jenis-jenis atlas berdasarkan cakupan wilayahnya dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  • Atlas dunia, pada atlas dunia akan mencakup hampir seluruh wilayah yang ada di dunia. biasanya akan digambarkan menurut benua di dunia seperti sub judul benua asia, benua amerika, benua eropa dan lainnya. pada atlas ini juga akan digambarkan batas-batas wilayah suatu negara dengan negara lainnya.
  • Atlas regional, cakupan wilayah jenis atlas regional adalah pada salah satu benua saja misalnya saja benua amerika maka akan menjelaskan benua amerika saja dan negara-negara yang ada didalamnya serta menunjukkan berbagai informasi yang ada di dalamnya.
  • Atlas nasional, seperti dengan namanya maka dalam jenis atlas nasional hanya akan terdapat informasi mengenai satu negara saja. dalam isinya nanti akan dijelaskan secara detail mengenai wilayah-wilayah di dalamnya atau tiap provinsinya. Jadi, pada atlas nasional akan lebih detail dengan berbagai informasi di dalamnya yang juga lebih detail seperti adanya sungai, danau, stasiun, bandara dan lainnya.

2. Berdasarkan tujuan penggunaannya

Menurut tujuan penggunaannya, atlas juga bisa dibagi menjadi tiga macam

  • Atlas anak-anak, penggunan atlas jenis ini memang ditujukan untuk anak-anak. Jadi, desain yang ada di dalamnya juga disesuaikan untuk anak-anak sehingga anak-anak akan mudah dalam mempelajarinya. Gambar yang disajikan akan lebih besar dengan warna yang menarik supaya anak-anak tidak mudah bosan.
  • Atlas sekolah, tujuan dari penggunaan atlas sekolah ini adalah untuk digunkan oleh anak-anak yang masih sekolah SMP maupun SMA. Konten yang ada di dalamnya lebih disesuaikan dengan materi pelajaran terutama pada pelajaran geografi, biologi, bahasa dan sejarah.
  • Atlas nasional, atlas ini juga bisa dikatakan sebagai atlas umum karena penggunaannya ditujukan pada semua orang dan untuk berbagai profesi. Masyarakat umum juga bisa dengan mudah membaca atlas ini karena memang disesuaikan dengan orang awam pada umumnya.

3. Berdasarkan isinya

Atlas berdasarkan isinya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan peta umum dan khusus atau tematik.

  • Atlas umum, atlas jenis ini mencakup berbagai lokasi yang ada di dalam dunia namun hanya menunjukkan peta secara umumnya saja.
  • Atlas khusus, pada atlas khusus ini terdapat isi yang juga khusus misalnya saja pada peta pertambangan, perikanan, persebaran flora dan fauna seperti flora dan fauna asli Indonesia dan lainnya. jadi isi di dalamnya akan lebih detail dan lebih rinci.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis atlas. Meskipun terkadang keberadaannya disepelekan namun sebenarnya di dalam atlas menyimpan berbagai informasi yang sangat sentral dan penting. Jadi, jika anda sedang mempelajari mengenai atlas sekarang sebaiknya anda menggunakannya dengn baik dan menyimpannya dengan baik pula. Atlas juga sangat penting untuk keperluan sekolah karena ada beberapa mata pelajaran yang sangat membutuhkan atlas sebagai salag satu media pembelajaran seperti pelajaran geografi, sejarah, biologi dan bahasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

, , ,
Oleh :
Kategori : kartografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!