12 Flora dan Fauna Asli Indonesia yang Terancam Punah

Kelestarian ekosistem saat ini menjadi salah satu isu sentral mengenai fungsi lingkungan hidup dikarenakan semakin kritisnya keadaan keseimbangan alam yang dilakukan oleh ulah serakah manusia. Pelestarian flora dan fauna menjadi beberapa dekade ini telah menjadi prioritas karena ditemukannya fakta bahwa terdapat beberapa jenis flora dan fauna yang sudah terancam punah kehidupannya di muka bumi ini. untuk menanggulangi permasalahan tersebut pemerintah telah menetapkan status dilindungi untuk spesies flora dan fauna yang terancam punah.

Untuk menjaga kelestarian flora dan fauna bisa dilakukan dengan cara :

Berikut ini adalah beberapa jenis flora dan fauna asli Indonesia yang terancam punah :

Flora

Flora yang ada di Indonesia memiliki berbagai variasi bentuk, dan manfaat bagi kehidupan manusia, sehingga banyak orang yang ingin memanfaatkan flora yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan sehingga banyak flora di Indonesia yang terancam punah dikarenakan ulah manusia dan faktor alam.

berikut adalah penjelasan mengenai flora yang terancam punah :

1. Pohon balam suntai

Balam suntai yang memiliki nama latin Palaquium walsurifoium merupakan flora langka asli Indonesia. pohon ini memiliki kayu yang sangat kuat dan ulet. Kualitas kayu balam suntai sudah tidak perlu diragukan lagi karena memiliki kelas keawetan pada level empat dan keawetannya kualitas premium. Hal tersebutlah yang menyebabkan pohon balam suntai banyak dicari oleh orang karena memiliki harga jual mahal. Kerena hal tersebut pulalah akhirnya pohon ini mulai langka dan terancam punah.

2. Pohon ulin

Pohon ulin merupakan pohon khas dari pulau Kalimantan yang memiliki nama latin (Eusiderxylon zwageri). Pohon ini juga banyak dikenal oleh orang dengan nama kayu besi Karena kayunya yang sangat kuat hingga disebut besi. Pohon ini sampai sekarang masih banyak dicari orang karena harganya yang sangat mahal.

3. Pohon cendana

Pohon cendana (santalum album) merupakan pohon khas Indonesia yang memiliki aroma wangi atau biasa disebut dengan wangi cendana. Kayu dari pohon cendana digunakan sebagai aroma terapy, dupa, rempah-rempah, bahan aroma parfum dan juga sebagai sangkur keris. Cendana sangat terkenal dengan minyak yang dihasilkannya karena memiliki aroma khas dan harganya yang sangat mahal. Pohon cendana merupakan parasit sehingga sulit untuk dikembangbiakkan. Hal inilah yang membuat kayu cendana menjadi langka.

4. Pohon damar

Pohon damar (Aghatis labillardieri) merupakan pohon khas dari pulau papua yang menghasilkan getah damar. Getah damar sendiri sangat banyak khasiatnya sehingga banyak dicari orang, namun adanya dampak akibat kerusakan hutan seperti ekploitasi hutan membuat pohon ini menjadi langka. Pohon damar sendiri bisa tumbuh hingga ketinggian 60 m dengan diameter 2m.

5. Enau

Pohon enau (arenga pinnata) atau juga biasa disebut denga nama pohon aren merupakan palma yang sangat penting setelah kelapa karena memiliki kegunaan yang sangat penting. Pohon enau bisa tumbuh hingga mencapai 25m dengan diameter 65cm. pohonnya bewarna hijau dan mirip pohon kelapa namun dibagian atasnya terdapat semacam serabut hitam yang sering disebut sebagai ijuk. Persebaran pohon ini berada di bagian pesisir pantai da di daerah kepulauan seperti di kepualua nusa tenggara dan Maluku.

Fauna

Fauna yang hampir ada di seluruh Indonesia yang memiliki beragam variasi dan keunikan tersendiri. Namun di balik semua itu banyak fauna di Indonesia yang hampir punah karena seiring berjalannya waktu dan faktor alam serta ulah manusia .

Berikut adalah penjelasan mengenai fauna di Indonesia yang terancam punah :

1. Badak jawa

Badak jawa (Rhinoceros sondaicus) atau biasa dikenal sebagai badak bercula satu merupakan hewan khas Indonesia yang saat ini hanya bisa ditemukan di taman nasional ujung kulon provinsi banten. Jumlah badak bercula satu saat ini hanya mencapai 35 hingga 45 ekor saja. badak bercula satu banyak diburu untuk diambil culanya saja. badak bercula satu juga diklaim menjadi mamalia terlangka di dunia.

2. Kanguru pohon

Kanguru pohon (dendrolagus mayri) hanya bisa ditemukan di pulau papua Indonesia. ciri khas dari kanguru ini adalah sering bergelayut di pepohonan. Populasi kanguru pohon saat ini sangat mengkhawatirkan hanya terdapat sekitar 50 ekor saja di dunia.

3. Ikan pesut Mahakam

Ikan pesut Mahakam (Orcaella brevirostis) merupakan hewan endemic yang hanya terdapat di sungai Mahakam kalimantan saja. ikan ini sangat unik karena ikan pesut hidup di dalam air tawar, menurut perkiraan populasi ikan pesut Mahakam saat ini hanya berkisar 70 ekor saja.

4. Macan tutul jawa

Macan tutul jawa (panthera pardus melas) atau dalam bahasa inggris disebut javan leopard merupakan hewan endemic pulau jawa. Saat ini keberadaannya sangat susah ditemukan dan hanya ada di hutan-hutan gunung saja. populasinya saat ini diperkirakan hanya berkisar 125 ekor saja.

5. Badak sumatera

Badak sumatera (diderinochenus sumantretis) merupakan badak bercula dua yang hanya ada di pulau sumatera saja. jumlah populasinya sangat minim hanya berkisar pada angka 275 ekor saja di dunia. saat ini sudah dilakukan konservasi untuk menjaga badak sumatera ini.

6. Kura-kura hutan Sulawesi

Kura-kura hutan Sulawesi (leucecupalon yuwanoi) memiliki tubuh bewarna coklat kehitaman yang hanya ada di pulau Sulawesi indonesia. hewan ini masuk dalam salah satu daftar kura-kura yang paling rentan punah di dunia dengan jumlah populasinya tidak lebih dari 250 ekor.

7. Katak merah

Katak merah (leptophryne cruentata) memiliki tubuh kecil dengan kulit halus bewarna merah serta terdapat bintik hitam. Hewan ini hanya hidup di daftar gunung di jawa barat sepert gunung salak dan gunung gede pangrango . Populasi katak merah bahkan tidak diketahui saat ini.

Demikian beberapa jenis flora dan fauna asli Indonesia yang sudah terancam kehidupannya di muka bumi ini. semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat sebaiknya ikut melestarikan flora dan fauna tersebut supaya mereka tidak punah.

, ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi