15 Negara Terbersih di Dunia Yang Perlu Diketahui

Kebersihan selalu berbanding lurus dengan tingkat kesehatan, semakin bersih suatu negara maka semakin tinggi pula tingkat kesehatan pada suatu negara tersebut, sebaliknya semakin rendah kebersihan negara maka semakin rawan pula penyakit menyerang suatu negara.

Baca juga:

Negara Terbersih di Dunia

Oleh karena itu menjaga kebersihan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh dunia. Dimulai dari kebersihan diri, kebersihan lingkungan sampai kebersihan negara. Berkaitan dengan tingkat kebersihan negara di dunia, ada beberapa negara maju yang terkenal sangat bersih karena pemerintahannya yang mewajibkan penduduknya untuk selalu terbiasa hidup bersih. Adapun negara-negara terbersih dunia yang perlu kita ketahui dan dapat dijadikan contoh bagi negara lainnya. Berikut ini adalah daftar negara dengan urutan terbawah hingga paling bersih.

15. Swiss

Negara terbersih yang menempati urutan ke-15 (lima belas) adalah swiss. Adapun faktor yang menjadikan negara tersebut masuk dalam kategori negara terbersih antara lain adalah kualitas airnya yang sangat jernih dan hampir tidak tercemar, kemudian ada juga regulasi mengenai pelarangan penggunaan pestisida terhadap tanaman pertaniah, selain itu juga didukung oleh sanitasi yang sangat baik. (baca : cara menjaga kelestarian air)

14. Swedia

Negara terbersih selanjutnya adalah Swedia, negara ini masuk dalam kategori negara terbersih sebab kemampuannya dalam mengendalikan polusi udara. Negara ini juga mampu meminimalisir emisi dari gas, selain itu negara ini telah berhasil mengurangi efek dari rumah kaca. Faktor-faktor tersebutlah yang menjadikan Swedia termasuk dalam kategori negara bersih. (baca : polusi udara penyebab dampak dan upaya menanggulanginya)

13. Norwegia

Negara yang termasuk bagiand dari 3 (tiga) besar negara terkaya ini juga menempati pula posisi negara bersih. Negara ini masuk dalam kategori negara yang bersih sebab kemampuannya dalam menjaga kelestarian alam. Masih banyak pepohonan sebagai sumber daya alam tumbuhan yang tumbuh subur di negara ini, selain itu disetiap sungainya sangat steriil dari sampah.

Baca Juga :

12. Finlandia

Finlandia juga termasuk dalam kategori negara terbersih. Faktor utama yang menjadikan negara ini masuk dalam kategori negara bersih adalah karena perhatian pemerintah dan masyarakat tentang kebersihan lingkungan sekitar. Jadi bisa dipastikan bila anda berkunjung di negara ini tidak akan sampah sedikitpun yang berserakan. (baca : pengolahan sampah plastik)

11. Costa Rica

Negara yang menempati urutan ke dua belas adalah Costa Rica. Negara ini sejak tahun 2012 mengusung kebersihan berupa menetralkan karbon di negaranya sehingga pantas bila negara ini masuk dalam kategori. Akan tetapi perlu disayangkan adalah negara ini kurang memilki perhatian terhadap ekosistem air laut.

10. Maritius

Salah satu negara yang berlokasi di benua Eropa ini juga terkenal sangat bersih. Negara ini mengusung tema kebersihan berupa pelestarian alam secara asri. Jadi bisa dipastikan kalau daerah-daerah misalnya pantai dan hutan hampir tidak ada sampah sama sekali. Sehingga negara ini bebas dari pencemaran pantai.

9. Austria

Negara ini sangatlah pantas bila masuk dalam kategori 10 besar negara terbersih dunia. Beberapa faktor yang mendukungnya adalah keberadaan undang-undang pestisida, sanitasi yang sangat baik sehingga pencemaran air dapat diminimalisir, pelestarian alam yang sangat professional dan kebersihan sumber daya airnya.

Baca Juga :

8. Selandia Baru

Negara yang memiliki nama lain New Zealand ini merupakan negara yang paling berhasil menertibkan penduduknya dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Negara ini merupakan destinasi wisata yang sangat menawan karena didukung oleh kebersihan tempat wisatanya. (baca : pentingnya menjaga lingkungan hidup)

7. Latvia

Negara nomor tujuh terbersih dunia ini sangatlah menawan. Ada beberapa tolok ukur yang menempati nilai tertinggi dari beberapa aspek yang menjadikan negara ini masuk dalam kategori terbersih. Adapun faktornya antara lain adalah kemampuan negara ini dalam meminimalisir polusi udara, selain itu kualitas dari lapisan ozon di negara ini juga sangatlah baik, ditambah dengan teknik irigasinya yang mampu mendukung pelestarian ekosistem sehingga negara ini pantas masuk dalam urutan negara terbersih.

6. Jepang

Jepang merupakan negara dengan tingkat modernisasi yang sangat tinggi. Namun perilaku penduduknya yang sangat menghargai kebersihan dan peduli terhadap sampah ini menjadikan negara ini sangatlah bersih. Sebagai buktinya pada waktu banjir air melanda di jepang hampir tidak ditemukan adanya sampah yang terbawa oleh banjir.

Baca Juga :

5. Singapura

Negara ini mendapatkan predikat sebagai negara yang bersih sebab regulasinya yang hebat mengenai sampah. Siapapun yang membuang sampah secara sembarangan maka diharuskan untuk membayar denda yang sangat mahal. Jadi bagi anda yang berkunjung di negara ini berhati-hatilah ketika membuang sampah. (baca :pencemaran limbah pabrik)

4. Kuba

Kota ini menjadi kota terbersih sebab kebisingan yang sangat menggangu mampu diminimalisir oleh negara ini. Selain itu pula negara ini juga mampu menjaga kualitas udara dari ganguan polusi udara. Tata kota ala romawi di negara ini juga mendukung keasrian dari wilayahnya.

Sponsors Link

3. Luksemburg

Negara ini masuk dalam kategori negara terbersih sebab kemampuan negara ini dalam menjaga kualitas airnya. Dari sekian banyak negara-negara di Eropa negara ini mampu menyuguhkan air yang menurut peringkat terbersih dibandingkan dengan negara lainnya di seluruh Eropa. Oleh karena itu adalah sangat tepat apabila negara ini menempati posisi ketiga dari negara-negara terbersih dunia.

Baca Juga :

2. Columbia

Negara yang menempati urutan runner up dari seluruh negara berkategori bersih di dunia adalah Columbia. Pasalnya negara ini merupakan pusat dari perkebunan kopi dan bunga yang mendukung keindahan alamanya. Sebagaimana disinggung di atas bahwa kebersihan selalu berbanding lurus dengan kesehatan, menurut penelitian harapan hidup yang dimiliki penduduk di negara ini rata-rata mencapai 73 tahun. Hal tersebut karena didukung oleh kebersihan lingkungan dan keindahan alamnya.(baca : hutan produksi dan pemanfaatnya)

1. Perancis

Negara yang terkenal dengan menara efiel nya ini selain menyuguhkan paparan kota yang penuh dengan nuansa romantis juga menyuguhkan kebersihan yang tiada tandingannya. Negara ini menajadi negara paling bersih di dunia sebab regulasi mengenai sampah yang sangat ketat, serta tata kota yang romantis. Jadi faktor utama dari berhasilnya negara ini menempati urutan teratas adalah karena negara ini selain bersih juga romantis. (baca: julukan negara-negara di dunia)

Beberapa Kota Terbersih Dunia

Setelah membahas mengenai negara bersih ada baiknya kita sedikit menyinggung mengenai kota-kota di suatu negara yang juga masuk dalam kategori terbersih. Adapun kota-kota tersebut antara lain:

  • Calgary

Calgary merupakan sebuah kota yang berada di wilayah Kanada. Kota ini terkenal bersih sebab adanya 5 prinsip dasar yang menjadi patokan bagi setiap penduduk yang bermukim di wilayah ini. Lima prinsip tersebut antara lain yaitu pengelolaan limbah, pengelolaan air, pengelolaan sampah, polusi udara dan kemacetan lalu lintas. (baca: cara menjaga kelestarian udara)

Sponsors Link

  • Ifrane

Kota yang terletak di Maroko ini juga masuk dalam kategori terbersih dunia. Kota ini dikenal bersih berdasarkan beberapa parameter berupa fasilitas dan infrastruktur yang sangat lengkap dan tertata sangat rapi. Fasilitas tersebut dibangun oleh negara nomor satu terbersih dunia yakni Prancis.

  • Kube

Kota yang berada di Jepang ini menjadi salah satu andalan negara dalam hal kebersihannya. Pasalnya pemerintah Jepang mengkampanyekan untuk daerah ini agar bebas dari polusi dan pencemaran. Sehingga kota ini menjadi salah satu kota yang sangat bebas dari polusi.

  • Welinggthon

Kota yang berlokasi di daerah New Zealand ini karena saking bersihnya menjadi salah satu destinasi wisata para wisatawan yang bertujuan untuk menghirup udara segar dan menikmati bersihnya kawasan ini. Kota ini tingkat kepadatan penduduknya sangatlah tinggi, namun sebagai akibat dari kesadaran terhadap kebersihan lingkungan yang tinggi kota ini juga sangatlah bersih.

  • Adelaide

Kota yang berada di Austria ini sangatlah menawan dan pastinya akan sangat memanjakan mata anda. Pasalnya di kota ini telah dibangun taman-taman yang sangat indah dengan posisi berdekatan dengan tingkat kebersihan yang sangat tinggi. Ditaman ini wisatawan pastilah sangat betah karena saking indah dan bersihnya pemandangan yang disajikan.

  • Vienna

Satu lagi kota di Austria yang menyajikan keindahan menawan dan kebersihan yang sangat tinggi. Di kota ini hampir setiap rumah tangga tidak memiliki sampah sebab pengelolaan terhadap sampah yang efisien, dengan cara pemanfaatan sampah kembali menjadi suatu produk yang berguna. Sistem transportasi yang sangat baik juga mendukung terhadap minimalnya polusi udara di kota ini. Ditambah dengan kepedulian yang sangat tinggi dari penduduknya terhadap lingkungan yang ada.

Baca Juga :

Demikianlah paparan mengenai negara-negara terbersih di dunia. Bagaimana dengan negara anda? apakah negara anda sudah menerapkan pola sebagaimana negara terbersih di atas?. Dari seluruh negara tersebut yang selalu ikut serta menjadi faktor utama pendukung kebersihan adalah karena kepedulian penduduknya terhadap lingkungan. Oleh karena itu, hal tersebutlah yang sepatutnya kita tiru sebagai upaya untuk menjaga kebersihan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 06:48 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial