54 Negara-negara di Afrika Beserta Ibukotanya

Manusia hidup di Bumi dengan saling berdampingan antara satu dengan yang lainnya. Manusia merupakan makhluk yang diciptakan oleh Tuhan dengan segala kesempurnaan yang dimilikinya. Namun meski demikian, manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya manusia lain. Hal inilah yang menyebabkan manusia dijuluki sebagai makhluk sosial. Maka dari itulah manusia hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semua manusia di Bumi (baca: kerak bumi) hidup di suatu tempat yang mempunyai nama. Kemudian nama- nama tempat itulah yang disebut sebagai negara. Ada banyak sekali negara di dunia ini, dan kita juga bisa membayangkan seberapa banyak manusia yang hidup di planet Bumi ini (baca: planet di tata surya).

Mengenai negara- negara di dunia ini, masing- masing negara mempunyai luas dan juga karakteristik berbeda- beda. Maka dari itulah masyarakat dari setiap negara pun berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Negara- negara yang jumlahnya sangat banyak tersebut kemudian dimasukkan ke dalam beberapa sub benua (baca: benua terbesar di dunia). Hal ini merupakan suatu kordinasi agar nantinya negara- negara dapat diatur dengan lebih mudah. Dari kumpulan- kumpulan sub benua ini akan dikelompokkan ke dalam kelompok yang lebih besar lagi, yakni benua. Benua juga merupakan sebutan bagi daratan (baca: ekosistem darat) yang sangat besar yang berada di Bumi. Adapun benua- benua ini terdiri atas 7 benua. Adapun benua- benua yang ada di Dunia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Benua Amerika
  • Benua Amerika Utara
  • Benua Afrika
  • Benua Asia
  • Benua Australia
  • Benua Eropa
  • Benua Antartika

Itulah beberapa benua yang ada di dunia ini, benua- benua tersebut tersebar merata di Dunia. Diantara benua- benua tersebut ada satu benua yang tidak digunakan sebagai tempat tinggal manusia, atau jika ditinggali pun hanya sedikit jumlah manusia yang tinggal di dalamnya. Adapun benua yang tidak ditinggali oleh manusia ini adalah benua Antartika.

Benua Antartika merupakan benua yang tidak dihuni atau hanya dihuni oleh sedikit manusia karena benua ini sebagian besar atau bahkan semua wilayahnya terdiri dari es (baca: hujan es). Permukaan benua ini ditutupi oleh lapisan- lapisan es sehingga mempunyai suhu yang sangat dingin. Berbicara mengenai benua, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai suatu benua, yaitu benua Afrika.

Benua Afrika

Benua Afrika merupakan salah satu benua yang ada di dunia. Benua Afrika merupakan benua yang terbesar kedua setelah benua Asia. Benua Afrika ini merupakan benua yang dikatakan paling tandus daripada benua- benua lainnya. Benua Afrika juga merupakan benua yang mempunyai banyak gurun pasir (baca: gurun pasir terbesar di dunia). Benua Afrika adalah benua yang mempunyai penduduk asli berupa suku Negro yang mempunyai kulit berwarna hitam.  Benua Afrika mempunyai luas 30.224.050  benua Afrika terdiri atas 54 negara. Benua Afrika mempunyai batas- batas, yakni:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah
  • Sebalah selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samuderah Hindia dan Laut Merah

Itulah sekilah mengenai Benua Afrika dan juga informasi yang dimiliki oleh benua tersebut. Selanjutnya kita juga akan membicarakan mengenai negara- negara yang ada di Benua Afrika.

Benua Afrika

Benua Afrika dibagi menjadi 5 bagian. Adapun masing- masing bagian Benua Afrika beserta negara-negara yang ada di dalamnya, dapat dijabarkan sebagai berikut beberapa negara negara di afrika :

1. Bagian Afrika Utara, terdiri atas negara- negara sebagai berikut:

NegaraIbukota
AljazairKota Aljir
LibiaKota Tripoli
MarokoKota Rabat
MesirKota Kairo
SudanKota Khartoum
Sudan SelatanKota Juba
Sahara BaratKota Al Aainun
TunisiaKota Tunis

2. Bagian Afrika Barat, meliputi negara- negara sebagai berikut:

NegaraIbukota
BeninKota Porto Novo
Burkina FasoKota Ougadougou
GambiaKota Banjul
GhanaKota Accra
GuineaKota Conakry
Guinea BissauKota Bissau
LiberiaKota Monrovia
MaliKota Bamako
MauritanisaKota Nouakchott
NigerKota Niamey
NigeriaKota Abuja
Pantai GadingKota Yamoussoukto
SenegalKota Dakar
Sierra LeoneKota Freetown
Tanjung VerdeKota Praira
TogoKota Lome

3. Bagian Afrika Tengah, meliputi negara- negara sebagai berikut:

NegaraIbukota
AngolaKota Luanda
ChadKota N’Djamena
GabonKota Libreville
Guinea KhatulistiwaKota Malabo
KamerunKota Yaounde
Republik Demokratik KongoKota Kinshasa
KongoKota Brazzaville
Republik Afrika TengahKota Bangui
Saotome PrincipeKota Sao Tome

4. Bagian Afrika Timur, meliputi negara- negara sebagai berikut:

NegaraIbukota
BurundiKota Bujumbura
DjiboutiKota Djibauti
EritreaKota Asmara
EthiopiaKota Addis Ababa
KenyaKota Nairobi
KomoroKota Moroni
MadagaskarKota Antananarivo
MalawiKota Lilongwe
MauritiusKota Louis
MozambikKota Maputo
RwandaKota Kigali
SeychellesKota Victoria
SomaliaKota Mogadishu
TanzaniaKota Dodoma
UgandaKota Kampala
ZambiaKota Lusaka

5. Bagian Afrika Selatan, meliputi negara- negara sebagai berikut:

NegaraIbukota
Afrika SelatanKota Pretoria
BostawaKota Gaborone
LesothoKota Maseru
NamibiaKota Windhoek
SwazilandKota Mbabane
ZimbabweKota Harare

Itulah beberapa negara negara di afrika . Negara- negara tersebut tersebar di bagian- bagian Benua Afrika. Dari uraian di atas kita mengetahui bahwasannya bagian Afrika yang mempunyai negara terbanyak adalah Afrika Barat dan Afrika Timur.

fbWhatsappTwitterLinkedIn