15 Negara dengan Biaya Hidup Termurah Di Dunia

Negara dengan biaya Hidup termurah merupakan harapan bagi setiap individu yang tinggal di suatu negara. Negara dengan biaya hidup termurah pasti menjadikan rakyatnya dapat hidup tenang. Semakin rendah biaya hidup di suatu negara semakin layak pula taraf hidup yang dijalani oleh masyarakat yang menetap di dalamnya.

Baca Juga :

Negara dengan Biaya Hidup Termurah

Ada beberapa indikator dalam menentukan kelayakan hidup seseorang antara lain adalah tercukupinya kebutuhan-kebutuhan berupa; Makanan & Minuman, Sandang, Perumahan, Pendidikan, Kesehatan, Transportasi. Dengan demikian untuk menentukan apakah suatu negara memiliki biaya hidup murah atau mahal adalah didasarkan pada parameter berupa indikator hidup layak sebagaimana dijelaskan di atas. (baca:negara penghasil kopi terbesar di dunia)

Kali ini kita akan mengulas mengenai daftar dari negara-negara dengan biaya hidup layak yang sangat terjangkau bagi para pendudukanya. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut:

15. Albania

Albania sebuah negara di dataran Eropa di benua di dunia. Negara yang menempati urutan ke-15 (lima belas) indeks biaya tranportasi yang harus kita keluarkan adalah 6.30, kemudian untuk menempati indeks 26,07, selanjutnya untuk harga belanja sehari-hari adalah 34,49. Dengan indeks kebutuhan total untuk biaya hidup di negara ini yang senilai 32,42 rasanya akan sangat terjangkau.

14.Algeria

Negara yang menempati urutan 10 besar di antara negara-negara besar ini adalah salah satu negara paling besar di Benua Afrika. Dari aspek sejarah nama dari negara ini berasal dari keberadaan pemukiman tertua bernama Algiers. Negara yang dipenuhi dengan peninggalan sejarah berjenis batuan Neolitik ini termasuk dalam kategori negara dengan tingkat biaya hidup yang sangat murah. Harga dari makanan pokok di kawasan ini adalah senilai INDEKS 32.50, biaya transportasi rata-rata hanyalah senilai INDEKS 6.83, dan biaya restaurant seharga INDEKS 20,12. Berdasarkan tiga indikator tersebut rata-rata biaya hidup dari negara ini totalnya adalah INDEKS 32.38 per bulan.

Baca juga:

13. Macedonia

Sang mantan negara terbesar di dunia dan memiliki salah satu monumen salib paling besar di dunia ini juga masuk dalam kategori negara dengan biaya hidup yang murah. Dengan biaya transportasi sebesar indeks  6.02, biaya makanan pokok senilai indeks  25,41 dan  biaya restaurant hanya senilai indeks  20,74 sehingga bila dirata-rata biaya hidup per bulan di negara ini adalah 30,93. Hanya saja negara ini memiliki kelemahan berupa jumlah pengangguran yang bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia.

Baca juga:

12. Kazakhstan

Salah satu negara bekas jajahan Uni Soviet yang memperoleh kemerdekaan pada kurun waktu 16 Desember 1991 ini juga memiliki tingkat biaya hidup yang sangatlah murah. Negara ini juga termasuk negara penghasil minyak di dunia Menempati urutan ke-13 negara dengan biaya hidup murah. Harga transportasi dari negara ini adalah indeks  11,27, biaya makanan pokok sebesar indeks  21,41 dan biaya restaurant sekitar 32,04. Secara indeks biaya hidup negara ini hanya kisaran indeks  30,74 saja. Bagaimana tertarik untuk menetap sementara di negara ini. Silahkan saja langsung kunjungi.

11. Nepal

Negara dengan Biaya Hidup Termurah Selanjutnya adalah Nepal. Negara dengan luas wilayah yang sangat sempit yakni 0,1% dari luas permukaan bumi ini turut serta memberikan opsi bagi anda yang ingin menjajal biaya hidup murah suatu negara. Dengan biaya transportasi yang sangat terjangkau yakni hanya indeks  3,36, didukung dengan makanan pokok yang murah hanya senilai indeks  26,38, ditambah biaya makan direstauran yang hanya kisaran indeks  16,27 akan sangat terjangkau bagi anda. Rata-rata biaya hidup di negara ini hanyalah senilai indeks  30,02 saja. (baca: bentuk-bentuk permukaan bumi)

10. Mexico

Negara yang pertama kali mengenalkan adanya cokelat kepada dunia ini juga tidak mau kalah dalam menyajikan biaya hidup yang sangat murah. Biaya transportasi di negara ini rata-rata hanyalah senilai 8,37 dan makanan pokok yang beredar di negara ini hanyalah seharga indeks  28,06. Indeks biaya hidup secara keseluruhan dari negara ini yang diukur berdasarkan beberapa indikator sebagaimana dijelaskan di atas hanyalah mencapai indeks  29,81. Bagaimana tertarik? langsung saja berkunjung ke Mexico.

Baca Juga :

9. Tunisia

Ibukota negara yang hampir sama dengan negaranya yakni tunis, terdapat bentang pantai yang menakjubkan yakni sejauh ribuan kilometer. Terdapat sebuah pulau yang bernama Scorpion dengan legenda tersendiri. Negara ini menempati posisi ke-sepuluh negara termurah biaya hidupnya yang ditandai dengan biaya transportasi sekitar indeks 6,10, harga rata-rata makanan pokok hanya 27,58 dan ditambah dengan harga menu restaurant yang hanya sekitar 16,95 menjadikan total keperluan yang harus dikeluarkan untuk hidup di negara ini sebesar indeks 28,74/bulan.

8. Moldova

Negara yang merupakan sempalan dari Uni Soviet ini dan secara defacto dan de jure telah merdeka sejak 27 Agustus 1991 ini merupakan salah satu negara Eropa yang masih bernuansa layaknya Indonesia. Selain itu biaya hidup di negara ini juga sangat terjangkau biaya transportasi senilai indeks  7,85 dan rata-rata keperluan untuk makanan pokok senilai indeks  21,87. Indeks harga kebutuhan hidup di negara ini totalnya hanyalah indeks  28,37 per/bulan atau sekitar Rp.300.000. Bagaimana sangat murah bukan?

Baca juga:

7. Syiria

Negara selanjutnya dengan biaya hidup terjangkau adalah Syiria. Nama lain dari negara ini adalah Suriah. Untuk hidup di negara ini kita memerlukan biaya transportasi sekitar indeks  5,98, biaya makanan pokok senilai indeks  17,61, biaya barang belanjaan sehari-hari sekitar 14,08. Rata-rata keperluan untuk hidup layak di negara ini kita hanya cukup mengeluarkan isi kantong sebesar indeks 28,31 saja. Sumber daya alam yang menjadi pendukung perekomonian negara ini adalah Fosfat. Negara ini memiliki makanan khas yang bernama Tabbouleh.

6. Azerbaijan

Masih berbau negara Timur Tengah, negara lainnya yang menyuguhkan hidup murah adalah Azerbaijan. Adapun indikatornya antara lain; biaya transportasi senilai indeks  10,66, makanan pokok senilai indeks  22,93 dan barang-barang keperluan sehari-hari senilai 30,80. Namun, untuk hidup di negara ini rata-rata perbulan hanyalah sekitar indeks  27,76. Ada beberapa fakta menarik dari negara ini yakni merupakan lokasi dari adanya tungku terbesar pertama di dunia yang mirip dengan cerobong asap berukuran besar. Jumlah penduduk terpadat di kawasan kakus Selatan. Terdapat ribuan lukisan di batu yang berlokasi di Taman Nasional Gobustan dan beberapa fakta menarik lainnya.

5. Georgia

Sebuah negara yang asal muasal namanya sendiri diambil dari raja Georgia yang ke-II. Menempati 6 besar negara dengan indeks biaya hidup sebagai berikut: Transportasi dengan indeks sebesar 8,57, kemudian makanan pokok indeksnya adalah sebesar 22,26, ditambah restaurant dengan indeks 26,65 ditambah barang belanjaan lokal senilai 33,03. Adapun indeks biaya hidup seluruhnya dalam rata-rata adalah 27,37. Dengan indeks sebagaimana dijelaskan tersebut pastinya jika anda berniat untuk travelling, Georgia bisa menjadi salah satu destinasi wisata anda.

Baca juga:

4. Pakistan

Pakistan dalam bahasa kita bermakna ” dataran suci” Negara ini memiliki satu hal unik yakni menjadikan bunga melati sebagai bunga nasional. Bahkan juga menjadikan binatang sebagai lambang nasional seperti di negara kita yang menjadikan garuda sebagai binatang nasional, binatang nasional di Pakistan adalah Capra Falconeri (Markhor) dan burung Alectoris Chukar. Berkaitan dengan indeks biaya hidup di negara ini adalah sebagai berikut; transportasi senilai 5.03 tergolong indeks yang kecil, kemudian makanan pokok sekitar 24,83 ditambang dengan barang belanjaan sehari-hari yang mencapai indeks 39,95. Rata-rata indeks biaya hidup di Pakistan ini adalah 27,18.

3. Ukraina

Negara dengan sebutan lengkap Republik Rakyat Ukraina yang merupakan negara paling besar di kawasan benua Eropa yang merupakan salah satu benua di dunia. Untuk indeks biaya hidup dari negara ini adalah sebagai berikut; transportasi 9,36, makanan pokok senilai indeks 19,87 dan harga kebutuhan belanjaan sehari-hari adalah sebesar 26,93. Dengan indeks biaya tersebut untuk hidup layak di Ukraina sangatlah mudah dan bagi kita orang Indonesia biaya hidup dengan tingkat indeks tersebut adalah hanya setengah dari biaya yang umumnya kita keluarkan.

2. India

Negara yang menempati urutan kedua adalah tetangganya Pakistan yakni negara India. Negara yang merupakan pusat industri perfilman Bollywood ini ternyata justru menyajikan indeks biaya hidup yang sangat murah. Untuk keperluan transportasi biaya hidup yang diperlukan hanyalah mencapai indeks 6,77, untuk makanan pokok indeksnya adalah 25,20 dan untuk kebutuhan belanja sehari-hari indeksnya adalah 76,73 cukup tinggi dibandingkan dengan lainnya. Akan tetapi menurut rata-rata indeks biaya hidup secara keseluruhan di negara ini hanyalah mencapai 25,08 lebih murah dibandingkan dengan Ukraina.

Baca juga:

1. Egypt

Negara dengan indeks biaya hidup termurah di dunia dibandingkan dengan negara lainnya adalah Egypt. Nama yang lebih terkenal untuk negara ini adalah Mesir tempat berdirinya bangunan terkenal bernama Piramida. Adapun indeks rata-rata biaya hidup dari negara ini adalah 22.36 sangat-sangat terjangkau dibandingkan dengan seluruh negara di atas. Untuk transportasi indeksnya adalah 5.03, untuk kebutuhan pokok indeksnya mencapai 19,01, dan biaya tertinggi ditempati pada jenis kebutuhan berupa belanjaan sehari-hari di pasar lokal yang mencapai nilai 29,39.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan-ulasan mengenai biaya hidup dari setiap negara yang berada di Dunia. Mulai dari 15 besar termurah sampai yang paling murah. Semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi kegiatan travelling anda.

Artikel Terkait” state=”closed

Artikel Lainnya

fbWhatsappTwitterLinkedIn