10 Bendungan Terbesar di Indonesia

Air merupakan salah satu sumber kehidupan di bumi. Tanpa air manusia dan makhluk lainnya tidak akan bisa hidup. Air mempunyai kekuatan yang besar untuk dapat mencukupi segala kebutuhan makhluk hidup. Yang paling besar adalah kebutuhan untuk minum, karena makhluk hidup jenis apapun tidak akan bertahan lama hidup jika ia kehausan. Selain kebutuhan dasar untuk minum, air juga digunakan untuk bermacam- macam urusan, seperti mencuci, memasak, membersihkan, hingga mengairi sawah atau ladang. Selain berguna untuk manusia dan makhluk yang ada di daratan, air juga tempat tinggal bagi makhluk hidup yang tinggal atau habitatnya di dalam air.

Bendungan juga seringkali disebut sebagai waduk. Bendungan ini merupakan sebuah bangunan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menampung air untuk memperoleh berbagai tujuan tertentu. bendungan ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia dari sejak lama. Dan di Indonesia pula sudah banyak ditemukan bendungan- bendungan air ini di berbagai daerah yang tersebar di tanah air dengan berbagai ukuran yang ada, baik yang  berukuran besar maupun berukuran sedang atau bahkan berukuran kecil sekalipun.

Manfaat bendungan 

Bendungan ini dibuat karena mempunyai berbagai manfaat.  Beberapa manfaat dari bendungan antara lain adalah untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air, sebagai penyedia air bersih, sebagai penyedia atau sumber irigasi sawah, sebagai tempat habitat untuk ikan dan hewan lainnya, sebagai pengendali banjir, dan bisa juga digunakan sebagai tempat rekreasi. Bendungan di Indonesia banyak sekali. Masyarakat Indonesia sudah mengenal bendungan dari zaman dahulu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa bendungan yang besar yang ada di Indonesia.

Beberapa bendungan dapat kita temukan di bebrbagai wilayah Indonesia. Masing- masing bendungan memiliki luas atau besar yang berbeda- beda. Beberapa bendungan yang paling besar di Indonesia akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Beberapa bendungan terbesar di Indonesia antara lain:

  1. Bendungan atau waduk Jatiluhur

Bendungan atau waduk Jatiluhur ini merupakan bendungan yang menepati posisi pertama sebagai bendungan yang paling besar di Indonesia. Bendungan atau waduk Jatiluhur ini berada di 100 kilometer arah ternggara dari Kota Jakarta. Bendungan atau waduk Jatiluhur ini juga disebut dengan bendungan Ir. Juanda. Bendungan atau waduk ini dibangun pada tahun 1957. Bendungan ini mampu menampung air dalam jumlah yang banyak serta mampu mengairi lahan persawahan dalam luasn hingga 242 ribu hektar sawah.

  1. Bendungan Karangkates

Bendungan atau waduk terbesar kedua di Indonesia setelah bendungan Jatiluhur adalah bendungan Karangkates. Bendungan ini terletak di Malang, provinsi Jawa Timur. Bendungan karagkates ini mendapatkan aliran air dari sungai Brantas yang ada di Jawa Timur. Bendungan ini dibangun dari tahun 1975 hingga tahun 1977 dengan memakan dana sebesar 10 milyar rupiah. Bendungan ini dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air. Selain digunakan sebagai PLTA, bndungan ini juga digunakan sebagai tempat rekreasi oleh warga Malang dan sekitarnya.

  1. Bendungan Sigura-gura

Bendungan terbesar yang menempati posisi ketiga adalah bendungan Sigura- gura. Bendungan Sigura- gura ini berada di Sumatera Utara atau tepatnya di radius 23,3 kilometer dari Danau Toba. Bendungan Sigura- gura ini mempunyai fungsi untuk untuk menjamin ketersediaannya volume air dan juga besarnya energi air yag dibutuhkan bagi Pembangkit Listrik Tenaga Air di daerah tersebut dan juga daerah yang berada di sekitarnya. Pembangkit listrik yang dihasilkan dari bendungan ini dinamakan sebagai PLTA Sigura- gura. Bendungan Sigura- gura ini mulai dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan pada tahun 1981. Bendungan Sigura- gura ini mampu menghasilkan daya sebesar 1868 GWH setiap tahunnya.

Sponsors Link

  1. Bendungan Batutegi

Bandungan selanjutnya atau bendungan yang menempati posisi keempat dari bendungan yang terbesar di Indonesia adalah Bendungan Batutegi. Bendungan ini berada di Provinsi Lampung. Fungsi utama dari bendungan besar ini adalah sebagai pembangkit listrik untuk daerah yang berada di sekitarnya serta sebagai sumber atau penyedia air minum bagi penduduk yang ada di aderah tersebut. Pembangunan bendungan ini dananya berasal dari APBN dan juga mendapatkan bantuan dari Japan Bank for International Corporation.  Bendungan ini sangat berguna bagi masyarakat yang berada di sekitar daerah tersebut karena memiliki fungsi yang luar biasa bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

  1. Bendungan atau waduk Gajah Mungkur

Bendungan atau waduk Gajah Mungkur merupakan bendungan yang terbesar di Jawa Tengah yang berada di wilayah Wonogiri, Jawa Tengah. Bendungan tersebut merupakan bendungan yang menampung air yang berasal dari Sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terbesar di daerah tersebut. Bendungan ini merupakan bendungan yang cukup tua usianya, yakni dibangun pada tahun 1970an. Pemanfaatan bendungan ini sangatlah banyak, selain untuk memngaliri persawahan yang banyak terdapat di wilayah tersebut, bendungan ini juga merupakan sumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Air di daerah tersebut. Setiap tahunnya, bendungan ini mampu menghasilkan daya sebesar 12,4 MegaWatt. Selain digunakan sebagai pembangkit listrik, bendungan ini juga digunakan sebagai objek wisata bagi orang- orang yang berada di wilayah tersebut, yakni Wonogiri dan sekitarnya.

  1. Bendungan atau waduk Wonorejo

Bendungan atau waduk Wonorejo merupakan salah satu bendungan yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Bendungan ini terletak di radius 12 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Bendungan Wonorejo ini mempunyai kapasitas 122 juta meter kubik yang mempunyai fungsi sebagai PLTA dan juga sumber air minum bagi warga di Jawa Timur khususnya.

Sponsors Link

  1. Bendungan Riam Kanan

Bendungan Riam Kanan adalah bendungan yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Bendungan ini dibangun pada tahun 1973 dan dimanfaatkan sebagai PLTA provinsi Kalimantan Selatan.

  1. Bendungan Tilon di Nusa Tenggara Timur

Bendungan Tilon ini merupakan bendungan yang terbesar yag berada di wilayah Nusa Tenggra Timur. Bendungan ini dimanfaatkan sebagai PLTA untuk masyrarakat di wilayah tersebut.

  1. Bendungan Bili- Bili di Sulawesi Selatan

Bendungan Bili-bili ini merupakan bendungan yang terbesar yag berada di wilayah Sulawesi Selatan. Bendungan ini dimanfaatkan sebagai PLTA untuk masyarakat di wilayah tersebut.

Itulah beberapa bendungan terbesar  di Indonesia. Bendungan- bendungan ini merupakan bangunan yang memiliki fungsi lebih bagi masyarakat dan bukan hanya sekedar bendungan biasa.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 08:06 Oleh :
Kategori : Bendungan