Sponsors Link

17 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar Di Dunia

Sponsors Link

Negara penghasil minyak dunia selalu menempati urutan kesejahteraan ekonomi yang memadai, PDB negara selalu stabil dan pendapatan perkapita pun tinggi. Minyak Bumi dan Gas Alam saat ini dipandang sebagai suatu energi fosil yang terpopuler dunia. Hal ini dikarenakan hasil olahan minyak bumi memiliki daya guna yang berbagai macam, sifatnya efisien, dan mudah ditransportasikan. Adapun jenis-jenis minyak bumi dan gas alam yang umumnya dikenal antara lain bensin, kerosin, premium, solar, avtur, avgas, LPG, CNG, LNG, metana dan etana. Kesemua jenis hasil olahan minyak bumi dan gas alam di atas dimanapun berada selalu menjadi faktor sentral yang memiliki daya guna yang tinggi. (baca juga : manfaat gas alam)

Sponsors Link

Negara Penghasil Minyak

Tidak hanya dipandang sebagai komoditas semata, minyak bumi saat ini sudah menjadi faktor utama dalam pergerakan ekonomi-politik di belahan dunia. Negara yang memiliki andil besar dalam suplai minyak bumi sudah dipastikan akan menguasai seluruh lini perekonomian sekaligus perpolitikan dunia. Sederhananya minyak bumi kini sudah menjadi magnet politik yang sangat kuat. Terkait dengan itu tahukah anda negara-negara mana saja penghasil minyak bumi? Jika anda penasaran berikut daftarnya?  Negara sebagai penghasil minyak  dari yang terkecil jumlah produksinya sampai terbesar adalah sebagai berikut:

17. Aljazair (1 Juta Barel/hari) 

Aljazair merupakan Negara ke-17 penghasil minyak dunia. Negara Aljazair yang memiliki sebutan lain berupa Republik Demokrasi Rakyat ini juga memiliki potensi besar dalam menyumbang pasokan minyak di dunia. Memiliki pendapatan perkapita senilai $ 4.366 ( tahun 2010 ) menjadikan negara ini termasuk negara yang cukup kaya. Sumber daya tambang yang dimiliki antara lain minyak bumi, gas alam, bijih besi, fosfat, uranium, timah, dan seng. Memiliki cadangan minyak dan gas sebesar 12,02 milyar barel. Produksi minyak Aljazair rata-rata mencapai 1 juta barel/hari.

16. Qatar (1,2 Juta Barel/hari) 

Merupakan negara yang berada di sisi Barat Daya benua Asia yang merupakan salah satu nama benua di dunia, wilayahnya didominasi oleh ekosistem gurun. Berbatasan dengan Arab Saudi, Bahrain di sebelah Timur dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Kondisi geografis tersebut mendukung kualitas sumber daya yang dimiliki negara ini dengan cadangan minyak sebesar 25, 24 miliar barel memungkinkan negara ini untuk memproduksi minyak dalam jumlah yang sangat besar. Dalam sehari Qatar mampu memproduksi minyak sebesar 1,2 juta barel.

15. Kazakhstan (1,64 Juta Barel/hari) 

Kazakhstan merupakan negara tetangga Rusia yang memiliki hubungan kerjasama dengan Rusia. Cadangan minyak yang dimiliki negara ini mencapai 20 miliar dengan tingkat produksi sekitar 1,64 juta barel/hari. Kazakhstan menempati urutan produsen minyak bumi ke-19 di dunia, dan sekaligus merupakan penghasil minyak bumi terbesar di kawasan Asia Tengah.

14. Libya (1,7 Juta Barel/hari) 

Libya merupakan negara dengan luas 1, 8 juta kilometer kubik merupakan negara terbesar ke empat dibadingkan negara-negara di Afrika lainnya . Cadangan minyak yang dimiliki negara ini mencapai 44 miliar barel dengan tingkat produksi 1,7 juta barel/hari, nilai kekayaan aset minyak Libya mencapai USD 4.400 miliar. Libya ini merupakan negara yang cukup maju dengan pendapat per kapita yang cukup besar. Meskipun produksi minyaknya tak sebanding dengan negara-negara nomor wahid, namun kemajuannya mampu menyaingi atau bahkan mengungguli kemajuan negara lainnya.

13.Nigeria (2,168 Juta Barel/hari) 

Negara yang merupakan bekas jajahan inggris ini juga termasuk negara penghasil minyak. Di Afrika negara ini menempati urutan ke-2 penghasil minyak. Memiliki cadangan sebesar 37, 07 miliar barel migas menjadi minyak menjadi komoditi penyumbang perekonomian negara. Tingkat produksi minyak Nigeria adalah 2, 168 juta barel/hari.


12.Brazil (2,5 Juta Barel/hari) 

Negara tempat lahir Ronaldo yaitu Brazil ternyata juga merupakan negara yang memiliki cadangan minyak, meskipun tidak sebesar negara lainnya. Brazil ternyata mampu menyamai produksi minyak milik meksiko, dengan kemampuan produksi minyak sebesar 2,5 juta barel/hari.

11. Venezuela (2,64 Juta Barel/hari) 

Negara ini mampu menyaingi cadangan minyak Arab Saudi, negara ini memiliki cadangan minyak sebesar 299, 95 miliar barel yang terletak di Orinnoco. Dengan cadangan minyak yang sangat besar tersebut Venezuela mulai memfokuskan industrinya di bidang perminyakan. Produksi minyak di Venezuela mencapai 2, 64 juta barel/hari.

10. Kuwait (2,81 Juta Barel/hari) 

Posisi ke Sepuluh dari Negara sebagai penghasil minyak ditempati Kuwait. Negara yang berada di pesisir teluk Persia ini juga merupakan negara sebagai penghasil minyak yang cukup besar. Negara yang kecil dan didominasi oleh gurun pasir yang merupakan bagian dari salah satu gurun terluas di dunia yakni gurun arab. Negara ini mampu tampil sebagai salah satu aktor minyak dunia sehingga mampu mengangkat pendapat perkapita negara ini mencapai $31, 860. Cadangan minyak yang dimiliki negara ini mencapai 96,8 miliar dengan kuantitas produksi sebesar 2,81 juta barel/hari. Energi fosil lainnya yang dimiliki negara ini adalah gas alam yang mampu memasok 11% dari kebutuhan dunia.

9. Meksiko (2,91 Juta Barel/hari) 

Meskipun produksi minyak di kawasan ini merosot dalam kurun waktu terakhir namun tidak sampai membuat negara ini absen sebagai salah satu aktor perminyakan dunia. Negara ini mampu memproduksi minyak sebesar 2,91 juta barel/hari. Negara ini termasuk negara yang cukup kaya dan salah satu penyumbang devisanya tentunya adalah minyak.

8. Irak (3,07 Juta Barel/hari) 

Sebagaimana disinggung di atas Irak merupakan negara di kawasan Timur Tengah dengan cadangan minyak berada di urutan ke tiga setelah Arab Saudi dan Iran. Irak memiliki cadangan minyak sebesar 115 miliar barel. Irak memiliki 2.000 ladang minyak, yang mampu menghasilkan produksi minyak sebesar 2,5 juta barel/hari. Jumlah pabrik penyulingan minyak yang dimiliki sebanyak 12 dengan kuantitas penyulingan 677 ribu barel/hari. Dengan cadangan minyak terbesar ketiga dunia ini memungkinkan Irak menjadi negara yang sangat potensial untuk dieksplorasi sumber minyaknya. Dan rata-rata produksi minyak Irak mencapai 3,07 juta barel/hari. Selain Minyak, Irak juga memiliki berbagai jenis-jenis barang tambang seperti gas alam dan lainnya.

7. Iran (3,19 Juta Barel/hari) 

Iran merupakan Negara dari gurun pasir Dasht-e Lut yang merupakan salah satu gurun paling berbahaya di dunia. Negara  ini dari sisi cadangan minyak mengekor Arab Saudi, Iran memiliki cadangan minyak yang mencapai 125,8 miliar barel yang memungkinkan untuk memproduksi minyak dalam jumlah yang sangat besar. Dari sisi produksi Minyak ternyata Iran hanya mampu memproduksi 3,19 juta barel/hari masih cukup jauh dibanding negara Arab Saudi, Rusia dan Amerika.

6. Uni Emirat Arab (3,23 Juta Barel/hari) 

Negara ini terkenal dengan kekayaannya di bidang minyak dan gas yang menyumbang sejumlah 33% kekayaan negara. Uni Emirat merupakan negara kecil yang mampu hidup dengan taraf kehidupan yang sangat tinggi. Dari sisi produksi minyak, Uni Emirat Arab mampu memproduksi minyak sebesar 3,23 juta barel/hari sedikit di atas produksi minyak milik Iran. Namun kekayaan minyak negara ini mampu menjadikannya sebagai negara yang sangat kuat dan sukses. Uni Emirat sendiri termasuk negara yang berada di kawasan Timur Tengah.

5. Cina (3,29 Juta Barel/hari) 

Inilah 5 besar dengan produksi minyak dalam kuantitas besar. Adapun Julukan negara-negara di dunia untuk negara ini adalah tirai bambu. Negara dengan sistem komunis ini ternyata juga ikut berperan serta sebagai aktor minyak dunia. Dari sisi produksi ternyata cina menempati urutan kelima terbesar negara yang memproduksi minyak, produksi minyak cina mencapai 3, 29 juta barel/hari. Cina memiliki cadangan minyak sebesar 17,3 miliar barel. Namun, dengan tingkat produktifitas tinggi ternyata cina mampu berdampingan dengan negara-negara lain yang memiliki cadangan minyak lebih besar.

4. Kanada (4,07 Juta Barel/hari) 

Empat besar ditempati oleh Negara yang masih termasuk golongan benua Amerika yang merupakan salah satu benua terbesar di dunia dan merupakan tetangga dari Amerika Serikat ini juga tidak mau kalah saing dengan tetangganya. Cadangan minyak yang dimiliki negara ini mencapai 173,9 miliar barel yang menempatkannya sebagai negara terbesar cadangan minyak di benua Amerika, cadangan minyak tersebut mampu mengalahkan cadangan miliki Iran dan menempatkannya sebagai negara kedua terbesar cadangan minyaknya setelah Arab Saudi. Produksi minyak negara ini mencapai 4, 07 juta barel/hari yang menempatkannya sebagai negara keempat produksi minyak terbesar.

3. Rusia (10,53 Juta Barel/hari) 

Posisi ketiga diraih oleh Rusia yang merupakan negara uni soviet dan juga menjadi aktor utama dalam produksi minyak dunia. Rusia memiliki cadangan minyak sekitar 60-80 miliar barel yang melebihi Amerika Serikat namun masih dibawah Arab Saudi. Dari tahun 2000-2008 produksi minyak Rusia mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni mencapai 9 juta barel/hari. Potensi terbesar minyak bumi Rusia di dominasi dan di eksplorasi dari Wilayah Siberia dengan produksi minyak tersebut Rusia saat ini menjadi negara terbesar ketiga produksi minyak di dunia dengan intensitas produksi akhir 2015 mencapai 10,53 juta barel/hari.

2. Arab Saudi (11,599 Juta Barel/hari) 

The runner up (posisi kedua) ditempati oleh Arab Saudi, pada tahun 2005 dinyatakan bahwa negara ini memiliki cadangan minyak sebesar 262,7 miliar barel sangat jauh bila dibandingkan Amerika Serikat. Hampir 2/3 (dua pertiga) cadangan minyak dunia dikuasai oleh Timur Tengah dengan urutan Arab Saudi disusul oleh Irak dan Iran. Pada tahun 2010 negara ini pernah menjadi negara terbesar produksi minyak dunia, pada tahun 2009 Arab Saudi mampu mengekspor minyak sebesar 7,3 juta barel/hari, pada tahun 2010 mencapai 7,5 juta barel perhari. Saat ini produksi minyak Arab Saudi mencapai 11.599 juta barel/hari.

1. Amerika Serikat (12,3 Juta Barel/hari) 

Nomor wahid adalah Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara super power sebanyak 40 sumur baru sejak 2015 yang menggunakan sistem fracking mampu meningkatkan produksi minyak negara ini hingga 16%. Sebelumnya pada tahun 2011 produksi minyak bumi Amerika serikat hanya sekitar 7,8 juta barel/hari. Saat ini produksi minyak amerika serikat mencapai 12,3 juta barel/hari.

Menurut data terbaru cadangan minyak yang dimiliki negara ini mencapai 35 miliar barel. Dari sisi cadangan minyak Amerika Serikat memang tidak menjadi yang pertama, namun dari sisi produksi Amerika Serikat mampu menjadi yang terbesar sebab teknologi yang mereka gunakan lebih canggih di banding negara lainnya. Dan Amerika Serikat sudah memiliki teknologi yang canggih mengenai cara mengolah minyak bumi yang saat ini menjadi komoditas resmi di seluruh dunia.

Data Terbaru Urutan Terbesar Negara Penghasil Minyak

Data-data tersebut di atas merupakan data sampai kurun waktu akhir 2015, sedangkan menurut data terbaru pada tahun 2016 urutan-urutan produksi minyak dari yang terbesar sampai terkecil adalah sebagai berikut: Rusia dengan produksi minyak sebesar 10,25 juta barel/hari, Arab Saudi sebesar 10,50 juta barel/hari, Amerika Serikat dengan produksi minyak sebesar 8,744 juta barel/hari, di susul Irak dengan tingkat produksi minyak sebesar 4,836 juta barel/hari, selanjutnya China dengan tingkat produksi 2,938 juta  barel/hari, Iran dengan tingkat produksi 3, 920 juta barel/hari, Kanada dengan tingkat produksi minyak sebesar 3,652 juta barel/hari, kemudian Uni Emirat Arab sebesar 3, 188 juta barel/hari, Kuwait sebesar 3 juta barel/hari, dan terakhir yang muncul adalah Brazil sebesar 2,624 juta barel/hari.

Jadi menurut data tahun 2016, produksi minyak pertama di tempati oleh Rusia dan yang terakhir adalah Brazil. Jika diakumulasikan pada tahun 2016 kawasan Timur Tengah selain Arab Saudi justru mengalami peningkatan produksi yang cukup siginifikan, yang mampu menggeser aktor besar lainnya dari sisi produksi minyak.

Penggunaan minyak bumi dan gas alam yang semakin meningkat di berbagai belahan dunia ternyata memiliki dampak negatif bagi kondisi alam di seluruh dunia. Adapun dampak penggunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari yang saat ini terjadi adalah pemanasan global, pencemaran air, pencemaran udara, mengganggu kesehatan, lahan-lahan menipis, mempengaruhi iklim, hujan asam. Oleh karena itu, perlu diperhatikan secara baik penggunaan minyak bumi di seluruh dunia, perlu adanya pengaturan tentang kegiatan eksplorasi, ekpsloitasi dan produksi minyak bumi yang saat ini terjadi secara besar-besaran di berbagai belahan dunia.

Demikianlah uraian mengenai negara penghasil minyak dunia, dari mulai cadangan minyak yang dimiliki hingga tingkat produksi yang dimiliki. Minyak memang selalu menjadi Top Komoditas dikarenakan sifatnya yang tidak terbarukan dan kegunaannya yang selalu meningkat. Semoga bermanfaat. (baca juga: Manfaat Gas Alam )

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 02nd, May 2017 / 09:51 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial