5 Daftar Gurun di China dan Luasnya

China atau yang sekarang lebih dikenal dengan Tiongkok, merupakan sebuah republik dengan daratan yang paling luas di dunia. Daratan China memiliki beberapa gurun yang juga termasuk dalam gurun terluas di dunia (baca juga : Benua di Dunia). Daftar gurun di China diantaranya adalah gurun gobi, gurun taklamakan, gurun ordos, gurun badain jaran dan gurun kubuqi. Berikut adalah uraian lengkap dari gurun- gurun di China.

  1. Gurun Gobi

Gurun gobi merupakan suatu daerah gurun yang sangat luas di China. Penamaan gobi diambil dari bahasa Mongolia yang artinya ‘kering dan sangat luas’. Luas gurun ini juga mencakup wilayah Mongolia di bagian selatan sehingga gurun  gobi menjadi gurun paling luas di benua Asia (baca : Benua Terbesar di Dunia). Gurun gobi memiliki luas 1.295.000 kilometer persegi dengan panjang 1.500 kilometer dari barat daya ke timur laut, dan lebar 800 kilometer dari utara ke selatan.  Secara geografis, gurun gobi berbatasan dengan beberapa wilayah yakni :

  • Pegunungan Altay dan ekosistem padang rumput Mongolia di bagian utara
  • Dataran Tinggi Tibet di bagian barat daya
  • Dataran China Utara di bagian tenggara

Baca juga : Pengertian Dataran

Suhu udara paling ekstrem di gurun gobi dapat mencapai 45 derajat celcius. Meski demikian, Gobi termasuk dalam gurun dingin dengan penampakan es dan beberapa salju di bukitnya. Temperatur terendah di dataran gurun ini dapat mencapai minus 40 derajat celcius. Suhu dingin ini disebabkan karena letak gurun gobi yang berada di ketinggian sekitar 910 sampai 1.520 meter di atas permukaan laut. Beberapa fauna (baca : Pengertian Flora dan Fauna)  yang tinggal di ekosistem gurun ini diantaranya adalah rusa ekor hitam, unta, keledai liar, macan tutul salju, kuskus, beruang coklat dan serigala.

Gurun gobi menyimpan berbagai mineral dan peninggalan sejarah di dalamnya. Para ahli arkeologi dan paleontologi telah melakukan penggalian di bagian barat laut gurun ini. Mereka menemukan harta karun berupa fosil mamalia di awal zaman prasejarah, telur dinosaurus dan peninggalan sejarah lainnya yang diprediksi berusia sekitar 100.000 tahun. Sementara itu, harta karun lain yang tersimpan di gurun gobi yakni berupa tembaga dan emas. Produksi hasil tambangnya diperkirakan mencapai 450.000 ton tembaga dan 330.000 ons emas per tahun. (baca juga : Sumber Daya Tambang)

  1. Gurun Taklamakan

Gurun taklamakan disebut juga dengan gurun taklimakan atau takelamagan shamo. Gurun ini terletak di daerah Xinjiang uyghur, Republik Rakyat China. Luas gurun taklamakan mencapai 270.000 kilometer persegi dan termasuk dalam daftar 15 gurun terluas di dunia. Gurun taklamakan berbatasan dengan beberapa wilayah, diantaranya yaitu :

  • Tian Shan atau Gunung Imeon di sebelah utara
  • Pegunungan Kunlun di sebelah selatan
  • Pegunungan Pamir di sebelah barat

Hampur sama dengan gurun gobi, taklamakan juga memiliki iklim dingin. Suhu paling rendah yang pernah dialami gurun taklamakan adalah minus 20 derajat celcius. Suhu ekstrem tersebut terjadi pada saat China dilanda badai musim dingin pada tahun 2008. Meski suhu di taklamakan sangat dingin, tetapi tidak dijumpai sumber air di daerah ini (baca juga : Konservasi Sumber Daya Air). Air hanya bisa didapatkan saat turun hujan (baca: Fungsi Air Hujan). Dahulu kala taklamakan menjadi salah satu jalur sutra yang dilalui oleh para saudagar dagang. Beberapa peninggalan sejarah yang ditemukan di daerah gurun taklamakan diantaranya adalah mumi yang berusia lebih dari 4000 tahun. Mumi tersebut diketahui berasal dari bangsa Celtic di benua Eropa.

  1. Gurun Ordos

Gurun ordos disebut juga dengan nama gurun Mu Us. Luas gurun ordos mencapai 90.650 kilometer persegi. Gurun ini terletak di wilayah Mongolia- Republik Rakyat China, tepatnya di koordinat 39 derajat Lintang Utara dan 109 derajat Lintang Selatan. Gurun ordos berbatasan dengan Sungai Kuning di sebelah timur dan pegunungan di sebelah utara. Pegunungan di sebelah utara tersebut memisahkan gurun ordos dengan gurun gobi. Sementara itu, di bagian selatan terdapat tembok raksasa china yang memisahkan gurun ordos dengan daratan subur (baca : Ciri Ciri Tanah Subur dan Tidak Subur).

Ordos termasuk dalam gurun yang berada di dataran tinggi ( baca : Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah ). Karena terletak di dataran tinggi, wilayah ordos terdiri dari ekosistem gurun dan juga stepa (baca juga : Hutan Sabana). Tanah di gurun ini terdiri dari campuran antara tanah pasir dan tanah liat. Hal ini membuat tingkat kesuburannya rendah. Meski demikian, terdapat beberapa tanaman atau rumput gurun yang memiliki khasiat herbal. Diantara tanaman herbal yang tumbuh di gurun ordos yakni Bromus inermis, Melilotus albus,Agropyron mongolicum, Elymus dahuricus,  A. cristatum, Lotus corniculatus, Festuca arundinacea,  M. officinalis,  Astragalus adsurgens, Pugionium cornutum, dan Filifolium sibiricum.

  1. Gurun Badain Jaran

Gurun badain jaran merupakan suatu padang pasir yang meliputi beberapa wilayah di China, yakni Gansu, Ningxia dan Mongolia. Gurun ini memiliki luas lebih dari 45.000 kilometer persegi. Badain jaran memiliki gunung pasir paling tinggi di dunia. Sedangkan bukit- bukit pasirnya memiliki ketinggian sekitar 500 meter. Bukit pasir tersebut tidak berubah bentuk meskipun diterpa hembusan angin gurun yang sangat kencang. Hal ini dikarenakan bukit- bukit pasir di badain jaran disatukan oleh air yang berada di dalam lapisan pasir.

Jika dilihat dari luar, bukit pasir tersebut memang terlihat kering. Tetapi sebenarnya terdapat air yang melekatkan suatu butiran pasir dengan butiran lainnya. Air memang menjadi suatu hal yang langka di gurun. Akan tetapi gurun badain jaran memiliki danau- danau permanen yang berada di antara bukit- bukit pasir. Air di danau- danau tersebut di duga berasal dari salju Pegunungan Qilian yang meleleh, lalu mengalir melalui beberapa lapisan batu dan kemudian berakhir di cekungan antara 2 bukit pasir. Setidaknya terdapat 72 danau yang mengelilingi gurun badain jaran.

  1. Gurun Kubuqi

Kata ‘kubuqi’ memiliki arti busur. Dari arti kata ini, gurun kubuqi mendapat julukan busur emas di timur. Gurun kubuqi berada di wilayah  Ordor bagian utara dan merupakan gurun yang paling dekat dengan Beijing. Kubuqi mempunyai luas  18.600 kilometer persegi dengan panjang 262 kilometer. Gurun ini memiliki bukit pasir yang terkenal dengan nama Resonant Sand Georgewich. Bukit- bukit pasir di gurun ini memiliki tinggi berkisar antara 10 sampai 15 meter dan terlihat bergerak- gerak karena terkena hembusan angin.

Suhu udara di kubuqi tidak se-ekstrem gurun lainnya. Pada pagi hari suhu di gurun berkisar antara 25 sampai 40 derajat celcius, sedangkan pada malam hari suhu turun dikisaran 10 sampai 15 derajat celcius. Kubuqi banyak dikunjungi wisatawan pada musim panas dan musim gugur. Beberapa spot- spot indah yang dapat dilihat yakni danau (baca : ekosistem danau),  padang rumput, lahan basah dan juga oasis. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat angsa putih langka yang juga mendiami ekosistem gurun ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gurun
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!