65 Gunung Tertinggi di Dunia dan Letaknya


Berbicara tentang gunung, Indonesia sebenarnya merupakan salah satu Negara di dunia yang memiliki banyak gunung. Bahkan Indonesia juga dikenal sebagai Negara dengan gugusan gunung terbanyak dalam satu Negara di dunia. Hal ini dikarenakan adanya banyak gunung yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, baik dari Sabang hingga Merauke. Namun dalam hal ketinggiannya, gunung-gunung di Indonesia memang kalah dibandingkan dengan gunung lainnya yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Semua orang pasti tahu bahwa Mount Everest merupakan gunung tertinggi di dunia yang memiliki ketinggian sebesar 8.850 meter di atas permukaan laut (dpl). Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada gunung lain yang memiliki ketinggian lebih tinggi daripada Mount Everest? Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui akan fakta yang satu ini. Mauna Kea, itulah nama gunung tersebut.

Mauna Kea memang hanya memiliki ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut (dpl), tetapi itu ternyata bukanlah tinggi yang sebenarnya. Dalam artian, tinggi tersebut hanya diukur dari atas permukaan laut saja, sedangkan untuk tinggi Mauna Kea yang terpendam di bawah permukaan laut belum ikut dimasukkan dalam pengukuran. Apabila benar-benar diukur dari dasar, Mauna Kea memiliki ketinggian mencapai 10.200 meter, dengan rincian 4.205 meter di atas permukaan laut dan hampir mencapai 6 ribu meter (5995 meter) di bawah permukaan laut.

Ketinggian Mauna Kea yang mencapai 10.200 meter ini, sebagaimana dilansir Okezone, dilihat dari tingginya yang memang meluas luar biasa hingga hampir mencapai 6 ribu meter di bawah permukaan laut. Itu artinya, Mauna Kea sebenarnya lebih tinggi sekitar hampir satu mil dari Mount Everest atau yang biasanya dikenal juga dengan sebutan Puncak Himalaya. Mauna Kea merupakan gunung berapi tidak aktif yang berada di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Gunung ini adalah gunung yang dasar gunungnya tenggelam di dasar Samudra Pasifik dengan puncaknya yang tertutup oleh salju. Sedemikian sehingga dalam bahasa Hawaii-nya, Mauna Kea memiliki arti Gunung Putih.

Satu gunung lagi yang tingginya hampir menyamai Mauna Kea ialah Gunung Chimborazo di Ekuador, Amerika Selatan. Gunung ini apabila hanya diukur dari atas permukaan laut (dpl) sudah mencapai 6.267 meter. Gunung ini terletak hanya satu derajat di sebelah selatan garis khatulistiwa. Itulah kedua gunung yang sebenarnya memiliki ketinggian lebih tinggi daripada Mount Everest atau Puncak Himalaya, di mana kedua gunung tersebut memang jarang disinggung di mata dunia. Jadi, masalah gunung tertinggi sebenarnya tergantung dari bagaimana caranya kita mengukur ketinggian gunung tersebut, apakah diukur dari atas permukaan laut atau diukur dari bawah permukaan laut karena memang tenggelam di bawah lautan seperti Mauna Kea di Hawaii tadi.

Berikut daftar gunung tertinggi di dunia apabila mengesampingkan Mauna Kea dan Chimborazo, artinya ketinggian di sini dilihat dari tingginya di atas permukaan laut (dpl) saja, antara lain:

  1. Gunung Everest

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia yang berada di Negara Nepal dan China (Tibet). Gunung ini berada di kawasan pegunungan Himalaya dan karena merupakan gunung yang tertinggi, maka disebut juga dengan Puncak Himalaya. Sebutan lain dari gunung Everest ini ialah Sagarmatha atau Chomolungma. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Tenzing dan Hillary pada tahun 1953.

Dalam hal ketinggian, pengukuran gunung ini mengalami berbagai perbedaan hasil. Pengukuran pertama yang dilakukan pada tahun 1856 memperoleh hasil 8.840 meter di atas permukaan laut (dpl). Sedangkan perkiraan ketinggian untuk saat ini dengan menggunakan bacaan Sistem Posisi Global (GPS) mencapai 8.850 meter di atas permukaan laut (dpl). Bahkan diperkirakan tinggi gunung ini akan terus mengalami penambahan, hal ini dikarenakan pegunungan Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik di kawasan tersebut.

  1. Gunung K2 (Chogori)

Gunung K2 (Chogori) merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia yang berada di Negara Pakistan dan China (Xinjiang). Gunung ini juga dikenal dengan nama Gunung Godwin Austen. Gunung ini berada di kawasan pegunungan Karakoram. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni pada tahun 1954. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.611 meter di atas permukaan laut (dpl).

Selain itu, gunung ini juga dijuluki sebagai “Pegunungan Kejam” karena tingkat kesulitannya ketika didaki memang lebih sulit daripada gunung Everest. Faktor cuaca buruklah yang mempengaruhinya. Namun pada tahun 2004 silam, setidaknya ada 246 orang yang berhasil mencapai puncak K2, di mana ada 56 orang yang meninggal dunia ketika hendak mendakinya.

  1. Gunung Kangchenjunga

Gunung Kangchenjunga merupakan gunung tertinggi ke-3 di dunia yang berada di Negara Nepal dan India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.586 meter di atas permukaan laut (dpl). Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Joe Brown dan George Band pada tahun 1955.

Nama Kangchenjunga sendiri memiliki arti “Lima Harta Karun Salju”, karena memang terdapat 5 puncak dengan empat diantaranya mencapai ketinggian lebih dari 8.450 meter di atas permukaan laut (dpl). Adapun artinya “Harta Karun” yang dimaksudkan adalah 5 benda milik dewa, yaitu emas, perak, permata, biji-bijian, dan kitab suci. Dalam bahasa Limbu, Kangchenjunga disebut Sewalungma dan disucikan dalam tradisi agama Kirant.

Adapun tiga dari 5 puncak yang dimiliki Kangchenjunga (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan distrik Taplejung, Nepal. Sedangkan dua puncak lainnya berada di distrik Taplejung, Nepal. Selain itu, wilayah tersebut juga dijadikan sebagai Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Negara Nepal. Sementara itu, untuk kawasan yang berada di bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

  1. Gunung Lhotse

Gunung Lhotse merupakan gunung tertinggi ke-4 di dunia yang berada di Negara Nepal dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.516 meter di atas permukaan laut (dpl). Di samping itu, gunung ini juga merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari gunung Everest.

  1. Gunung Makalu

Gunung Makalu merupakan gunung tertinggi ke-5 di dunia yang berada di Negara Nepal dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Lionel Terray dan Jean Couzy pada tahun 1955. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.463 meter di atas permukaan laut (dpl). Di samping itu, gunung ini juga terkenal karena memiliki bentuk yang unik menyerupai paramida empat sisi dan terletak di 19 km tenggara gunung Everest.

  1. Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu merupakan gunung tertinggi ke-6 di dunia yang berada di Negara Nepal dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Joseph Jochler, Herbert Tichy, dan Pasang Dawa Lama pada tahun 1954. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.188 meter di atas permukaan laut (dpl), namun ada pula sumber yang menyebutkan setinggi 8.201 meter di atas permukaan laut (dpl). Lokasi gunung ini tidak terlalu jauh dari arah barat gunung Everest dan Lotse, tepatnya di wilayah Khumbu yang merupakan bagian timur Nepal dan sepanjang perbatasan Tibet.

Puncaknya sendiri berdiri megah bersama dengan Everest dan juga gunung-gunung lain di sekitarnya. Sedemikian sehingga menjadi landmark yang sangat dikenal oleh para pendaki Everest dari sebelah dinding utara. Sedangkan di sebelah barat Cho Oyu terdapat Nangpa La yang merupakan glacier setinggi 19.000 kaki dan juga merupakan rute perdagangan barter antara Khumbu Sherpa dan Tibet.

  1. Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri merupakan gunung tertinggi ke-7 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, dan Nawang Dorje Sherpa pada tahun 1960. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.167 meter di atas permukaan laut (dpl).

Gunung ini membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, yaitu sebuah sub-range dari Himalaya yang berada di Zona Dhawalagiri, Nepal Utara. Hal itu terletak di barat laut Pokhara, yaitu sebuah kota regional yang penting dan juga merupakan pusat wisata di Nepal.

  1. Gunung Manaslu

Gunung Manaslu merupakan gunung tertinggi ke-8 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu pada tahun 1956. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.156 meter di atas permukaan laut (dpl). Lokasi gunung ini tepatnya berada di Mansiri Himal yang merupakan bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Nama Manaslu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Manasa yang diterjemahkan sebagai “Gunung Jiwa”. Gunung Manaslu adalah gunung dengan puncak tertinggi di Gurkha, di mana letaknya sekitar 40 mil sebelah timur gunung Annapurna yang merupakan gunung tertinggi ke-10 di dunia.

  1. Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat merupakan gunung tertinggi ke-9 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Hermann Buhl pada tahun 1953. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.126 meter di atas permukaan laut (dpl). Lokasi gunung ini tepatnya berada di bagian utara dari Pakistan. Dalam hal tingkat kesulitan mendakinya, gunung Nanga Parbat dikenal sebanding dengan gunung K2 (Chogori). Sedemikian sehingga gunung ini mendapat julukan “The Man Eater”.

  1. Gunung Annapurna

Gunung Annapurna merupakan gunung tertinggi ke-10 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini adalah Maurice Herzog dan Louis Lachenal pada tahun 1950. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.091 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini juga dikenal dengan salah satu gunung yang memiliki beberapa puncak, di mana puncak utamanya yang paling tinggi dianggap sebagai ukuran tinggi gunung ini sebagaimana telah disebutkan, yaitu setinggi 8.091 meter di atas permukaan laut (dpl). Selain itu, gunung ini juga memiliki nama lainnya, yaitu Annporna dan Morshiadi.

  1. Gunung Gasherbrum I

Gunung Gasherbrum I merupakan gunung tertinggi ke-11 di dunia yang berada di Negara Pakistan dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram dan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.068 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Broad

Puncak Broad merupakan gunung tertinggi ke-12 di dunia yang berada di Negara Pakistan dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.047 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Gasherbrum II

Gunung Gasherbrum II merupakan gunung tertinggi ke-13 di dunia yang berada di Negara Pakistan dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.035 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Shishapangma (Gosainthan)

Gunung Shishapangma (Gosainthan) merupakan gunung tertinggi ke-14 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 8.013 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Annapurna II

Gunung Annapurna II merupakan gunung tertinggi ke-15 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.937 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Gyachung Kang

Gunung Gyachung Kang merupakan gunung tertinggi ke-16 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.897 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Distaghil Sar

Gunung Distaghil Sar merupakan gunung tertinggi ke-17 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.882 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Himalchuli

Gunung Himalchuli merupakan gunung tertinggi ke-18 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.864 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Nuptse

Gunung Nuptse merupakan gunung tertinggi ke-19 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.841 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Nanda Devi

Gunung Nanda Devi merupakan gunung tertinggi ke-20 di dunia yang berada di Negara India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.824 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Masherbrum

Gunung Masherbrum merupakan gunung tertinggi ke-21 di dunia yang berada di Kashmir. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.821 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Rakaposhi

Gunung Rakaposhi merupakan gunung tertinggi ke-22 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.788 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Kanjut Sar

Gunung Kanjut Sar merupakan gunung tertinggi ke-23 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.761 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Kamet

Gunung Kamet merupakan gunung tertinggi ke-24 di dunia yang berada di Negara India dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.756 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Namcha Barwa

Gunung Namcha Barwa merupakan gunung tertinggi ke-25 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.756 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Gurla Mandhata

Gunung Gurla Mandhata merupakan gunung tertinggi ke-26 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.728 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Ulugh Muztagh

Gunung Ulugh Muztagh merupakan gunung tertinggi ke-27 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Kunlun. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.723 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Kungur

Gunung Kungur merupakan gunung tertinggi ke-28 di dunia yang berada di Negara China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Muztagh Ata. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.719 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Tirich Mir

Gunung Tirich Mir merupakan gunung tertinggi ke-29 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Hindu Kush. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.690 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Saser Kangri

Gunung Saser Kangri merupakan gunung tertinggi ke-30 di dunia yang berada di Negara India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.672 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Makalu II

Gunung Makalu II merupakan gunung tertinggi ke-31 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.657 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Minya Konka (Gongga Shan)

Gunung Minya Konka (Gongga Shan) merupakan gunung tertinggi ke-32 di dunia yang berada di Negara China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Daxue. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.590 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Kula Kangri

Gunung Kula Kangri merupakan gunung tertinggi ke-33 di dunia yang berada di Bhutan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.554 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Chang-tzu

Gunung Chang-tzu merupakan gunung tertinggi ke-34 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.553 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Muztagh Ata

Gunung Muztagh Ata merupakan gunung tertinggi ke-35 di dunia yang berada di Negara China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Muztagh Ata. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.546 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Skyang Kangri

Gunung Skyang Kangri merupakan gunung tertinggi ke-36 di dunia yang berada di Kashmir. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.544 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Ismail Samani

Puncak Ismail Samani merupakan gunung tertinggi ke-37 di dunia yang berada di Negara Tajikistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Tamir Tajikistan. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.495 meter di atas permukaan laut (dpl).


  1. Puncak Jongsong

Puncak Jongsong merupakan gunung tertinggi ke-38 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.459 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Pobeda

Puncak Pobeda merupakan gunung tertinggi ke-39 di dunia yang berada di Negara Kyrgyzstan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Tien Shan. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.439 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Sia Kangri

Gunung Sia Kangri merupakan gunung tertinggi ke-40 di dunia yang berada di Kashmir. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.422 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Haramosh

Puncak Haramosh merupakan gunung tertinggi ke-41 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.397 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Istoro Nal

Gunung Istoro Nal merupakan gunung tertinggi ke-42 di dunia yang berada di Negara Pakistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Hindu Kush. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.388 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Tent

Puncak Tent merupakan gunung tertinggi ke-43 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.365 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Chomo Lhari

Gunung Chomo Lhari merupakan gunung tertinggi ke-44 di dunia yang berada di Negara China (Tibet) dan Bhutan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.327 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Chamlang

Gunung Chamlang merupakan gunung tertinggi ke-45 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.319 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Kabru

Gunung Kabru merupakan gunung tertinggi ke-46 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.316 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Alung Gangri

Gunung Alang Gangri merupakan gunung tertinggi ke-47 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.315 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Baltoro Kangri

Gunung Baltoro Kangri merupakan gunung tertinggi ke-48 di dunia yang berada di Kashmir. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.312 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Muztagh Ata (K-5)

Gunung Muztagh Ata (K-5) merupakan gunung tertinggi ke-49 di dunia yang berada di Negara China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Kunlun. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.282 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Mana

Gunung Mana merupakan gunung tertinggi ke-50 di dunia yang berada di Negara India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.273 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Baruntse

Gunung Baruntse merupakan gunung tertinggi ke-51 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.220 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Nepal

Puncak Nepal merupakan gunung tertinggi ke-52 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.163 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Amne Machin

Gunung Amne Machin merupakan gunung tertinggi ke-53 di dunia yang berada di Negara China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Kunlun. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.160 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Gauri Sankar

Gunung Gauri Sankar merupakan gunung tertinggi ke-54 di dunia yang berada di Negara Nepal dan China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.145 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Badrinath

Gunung Badrinath merupakan gunung tertinggi ke-55 di dunia yang berada di Negara India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.138 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Nunkun

Gunung Nunkun merupakan gunung tertinggi ke-56 di dunia yang berada di Kashmir. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.135 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Lenin

Puncak Lenin merupakan gunung tertinggi ke-57 di dunia yang berada di Negara Tajikistan dan Kyrgyzstan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Pamir. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.134 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Pyramid

Gunung Pyramid merupakan gunung tertinggi ke-58 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.132 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Api

Gunung Api merupakan gunung tertinggi ke-59 di dunia yang berada di Negara Nepal. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.132 meter di atas permukaan laut (dpl).


  1. Gunung Pauhunri

Gunung Pauhunri merupakan gunung tertinggi ke-60 di dunia yang berada di Negara India dan China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.128 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Trisul

Gunung Trisul merupakan gunung tertinggi ke-61 di dunia yang berada di Negara India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.120 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Puncak Korzhenevski

Puncak Korzhenevski merupakan gunung tertinggi ke-62 di dunia yang berada di Negara Tajikistan. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Pamir. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.105 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Kangto

Gunung Kangto merupakan gunung tertinggi ke-63 di dunia yang berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.090 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Nyainqentanglha

Gunung Nyainqentanglha merupakan gunung tertinggi ke-64 di dunia yang berada di Negara China. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Nyainqentanglha Shan. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.088 meter di atas permukaan laut (dpl).

  1. Gunung Trisuli

Gunung Trisuli merupakan gunung tertinggi ke-65 di dunia yang berada di Negara India. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Sedangkan dalam hal ketinggian, gunung ini memiliki tinggi sebesar 7.074 meter di atas permukaan laut (dpl).

Demikian 65 daftar gunung tertinggi di dunia yang dapat disebutkan, di mana dari keenam puluh lima gunung tersebut belum ada satu gunung pun yang berasal dari Indonesia. Gunung tertinggi di Indonesia dipegang oleh Gunung Jaya Wijaya di Papua dengan tinggi 4.884 meter di atas permukaan laut (dpl). Meskipun menjadi gunung yang tertinggi di Indonesia, namun gunung ini bahkan belum masuk ke daftar 121 gunung tertinggi di dunia yang dilansir Wikipedia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 18th, March 2016 / 08:33 Oleh :
Kategori : Gunung