Sponsors Link

20 Negara Terkotor Di Dunia Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Negara Terkotor Di Dunia bisa menjadi pembelajaran bagi negara lain agar negaranya selalu terlihat bersih. Di dunia ini sampah dan polusi menjadi masalah terbesar di dunia. Dimana manusia lebih banyak mengambil porsi dalam merusak atau membuat kotor Bumi. Namun berikut ini daftar negara dengan tingkat kotor yang sangat tinggi.

Sponsors Link

Baca Juga :

Negara Terkotor Di Dunia

Dimana negara tersebut memiliki kondisi lingkungan dengan penuh polusi dan adanya pencemaran yang berat dan berbagai limbah berbahaya. Selain itu sanitasi lingkungan di negara tersebut sangatlah rendah, hingga menyebabkan penduduknya menjadi rentan terhadap penyakit dan dihadapkan oleh kesulitan bahan bersih seperti air atau bahkan tempat tinggal. Negara mana saja yang dianggap terkotor di dunia ?

20. Nigeria

Negara yang terletak di Afrika ini harus menghadapi banyak sekali masalah. Nigeria merupakan negara yang masuk kedalam jajaran negara terkotor yang ada dunia. Dengan masalah pembuangan limbah serta mencemari sungai dengan berbagai limbah menyebabkan mereka menghadapi krisis air bersih. (Baca: Pencemaran Air Tanah)

 

Selain itu, di kota Port Harcourt masyarakat harus berhati-hati akan daerah dan air disana. Karena mengalami tumpahan minyak serta kontaminasi yang sangat tinggi yang menyebabkan perbaikan secara signifikan dan besar-besaran. Sayangnya kemiskinan menunda Nigeria untuk bisa membersihkan negara mereka.

19. Republik Kongo

Republik Kongo harus menerima penderitaan lebih akibat negaranya yang kotor karena dampak dari Negara sekitar, maupun sampah yang dihasilkan oleh Kongo sendiri. Negara ini memiliki pelabuhan dan juga pencemaran air yang benar-benar tidak terkendali, menurut CIA World Fact Book, sekitar 70% dari penduduk di Kongo tinggal di sepanjang jalan kereta api yang menghubungkan antara Kongo dan kota sebelahnya Brazzaville.

Baca Juga :

18. Mali

Bamako merupakan ibukota Mali dan juga kota terbesar di negara tersebut. Namun sumbangan populasi dan juga pencemaran di negara ini disumbangkan oleh Bamaki. Hal ini menyebabkan Sungai Niger yang menjadi kebanggaan Afrika menjadi tercemar. (Baca: Jenis- jenis Sungai)

Polusi tidak terkendali dan tantangan terbesar negara ini adalah sanitasi serta kesehatan yang buruk. Selain itu adanya kekeringan dan migrasi tinggi dari pedesaan ke perkotaan menyebabkan kota semakin semrawut dengan tingkat kenyamanan sangat rendah dan menghasilkan lingkungan sangat kotor.

17. Angola

Angola merupakan Negara yang letaknya dekat dengan Pantai Angola, letak Negara ini berdekatan dengan Samudra Atlantik dan menjadikan Angola sebagai kota pelabuhan yang sangat besar. Namun beberapa studi yakni PBB dan Oxfam, menyatakan bahwa Angola khususnya kota Luanda mengalami miskin air yang menyebabkan mereka harus mengkonsumsi air minum dengan kadar bahaya tinggi. Selain itu, mereka yang tinggal di wilayah musseques (daerah dimana limbah mengeras terjadi), mereka nekat menampung air dan mengkonsumsi air minum dengan bahan klorin yang terkandung didalamnya. Alhasil tak jarang masyarakat menderita kolera dan penyakit lainnya.

Baca Juga :

 

16. Chad

Chad harus menghadapi krisis air bersih dan pengelolaan air yang buruk. Sebuah situs untuk perhatian utama di sini adalah Conventional Basin of Lake Chad, yang mana Negara memang tergantung pada perikanan. Hal ini juga sangat bertolak belakang, dimana masyarakatnya memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi. Sehingga migrasi dipercepat oleh pengungsi tetangga, dan kota tinggal berdesakan. Selain itu, sampah juga menumpuk dimana-mana dan menyebabkan Chad menjadi Negara terkotor ke-16. (Baca: Manfaat Sensus Penduduk)

15.Burkina Faso

Apa anda pernah mendengar Negara Burkina Faso ? mungkin jarang didengar kecuali anda membaca daerah tercemar atau terkotor di dunia. Negara ini menjadi perhatian penuh WHO, karena adanya sebuah studi Bank Dunia yang menunjukan bahwa polusi di Negara ini bisa menyebabkan penyakit pernafasan hingga kanker serius. Selain itu Negara Burkina Faso memiliki tingkat benzena yang berasal dari sepeda motor. Menjadikan Negara ini berada di ambang batas garis sehat yang ditetapkan dunia untuk sebuah Negara.

Baca Juga :

14. Togo

Togo merupakan Negara yang letaknya dekat Ghana, Afrika. Negara ini memiliki pengelolaan limbah dan air yang sangat buruk. (Baca: Macam- macam Limbah Pertanian) Hal ini tentu menyebabkan Negara menjadi kotor dan sanitasi terbilang buruk. Selain itu, polusi hitam membumbung setiap hari di Togo, teruma di ibukotanya yakni Lome. Banjir juga menjadi perhatian besar Negara ini karena sulit untuk mengatasinya setiap tahun. (Baca: Danau Terluas di Benua Afrika)

13. Republik Guinea

Masalah Guinea bukan hanya pada kesehatan dan kebersihan saja, dengan menjadi Negara terkotor nomor sekian di dunia. Menyebabkan angka kematian tinggi, harapan hidup yang begitu rendah dan akses air yang aman sangatlah sulit. Guinea telah menjadi sebuah fokus bagi PBB dan berbagai programnya. Sayangnya sampai saat ini belum terbukti keberhasilan programnya. Sanitasi dan air masihlah menjadi masalah utama Guinea sampai saat ini.

Baca Juga :

12. Mauritania

Mauritania merupakan Negara yang berada di dekat Sahara Barat. Dimana Sahara merupakan gurun luas di Afrika yang memiliki iklim kering dan masalah air tentunya. (Baca: Negara-negara di Afrika)  Mauritania harus mengalami hal tersebut karena air memang sulit didapatkan di sana. Selain itu, deposit minyak lepas pantai dan bijih besi berfungsi sebagai peluang utama negeri ini, sayang masih banyak penduduk yang bergantung pada pertanian dan industry minyak dikelola oleh asing.

 

Baca Juga :

11. Iraq

Wabah kolera yang merebak dan melanda beberapa provinsi membuktikan bahwa Iraq menjadi Negara terkotor di dunia nomor 11. Dimana Negara ini memiliki kualitas air buruk sehingga rentan membawa penyakit dan menyebarkan banyak kekhawatiran di masyarakat. Selain itu UNEP mengatakan adanya polusi udara akibat minyak dan perang cukup membuat Negara Iraq semrawut.

Baca Juga :


10. Tanzania

Tanzania merupakan ibukota dari Negara Afrika Timur. Wabah yang menyebar dimana-mana, sayuran dan buah-buahan yang dijual bebas di pinggir jalan menjadikan makanan di Tanzania tidak layak konsumsi. Pasalnya debu, polusi dan udara dan limbah padat yang bahkan bergeletak di pinggir jalan di Tanzania. (Baca: Pengolahan Limbah Padat) Termasuk yang tidak sehat dan cukup kotor. Belum lagi tercemar dari berbagai Negara lainnya menyebabkan Tanzania harus masuk deretan Negara terkotor di dunia. (Baca: Pengertian Pencemaran Udara)

9. India

India memiliki dua kota terkotor di dunia yakni Mumbai dan New Delhi. Mumbai mengalami kemerosotan ekonomi dan mengakibatkan kota metropolitan ini mengalami masalah bahkan sampai ke sanitasi dan polusi tingkat tinggi. Sungai yang kotor juga menjadi masalah utama negeri ini. Selain itu, di New Delhi anda bisa menemukan apapun yang bisa menyebarkan penyakit. Mulai dari gunungan sampah, hingga kotoran yang dibuang bebas dimana saja. Air di sini termasuk yang krisis dan berbau.

 

Baca Juga :

8.Kazakhstan

Di Negara ini, tempat pembuangan sampah beracun memiliki harga sewa tinggi dan memerlukan perbaikan yang besar-besaran. Sedangkan Negara Kazakhstan termasuk satu yang cukup sulit mendapatkan pemasukan uang Negara. Meskipun industry berbasis petroleum berkembang disana. Efek yang ditimbulkan di akibat industripun cukup berbahaya dan menyebabkan krisis lingkungan di kota ini.

7. Rusia

Rusia mungkin sudah maju, namun kota Moskow cukup menyumbangkan polusi udara dan juga memberikan penyakit berbahaya setiap waktunya bagi masyarakat di Moskow. Polusi yang tidak sehat dan air bersih yang sulit menjadikan masyarakatnya menderita penyakit paru-paru dan sejenisnya. Selain itu, disana anda harus membayar 3000 dollar lebih perbulannya untuk mendapat apartemen, yang tentunya tanpa fasilitas air bersih yang layak. (Baca: Faktor-faktor Pencemaran Udara)

6. Ethiopia

Ethiopia merupakan negara termiskin di dunia , dan terletak di benua Afrika. Sebagai negara dengan cerminan termiskin menyebabkan negara ini mengalami perlambatan pertumbuhan negara dan adanya kekurangan pangan, pembangunan, fasilitas kesehatan bahkan hingga mengalami pengelolaan limbah dan air yang sangat kotor. (Baca: Pengolahan Limbah Industri ) Angka Kelahiran bayi di negara ini pun sangatlah rendah, karena adanya wabah, penyakit dan kelaparan yang melanda masyarakat Ethiopia. Meskipun begitu cukup banyak lembaga yang mencoba memberikan bantuan pada negara ini, namun tidak mampu menghapus permasalahan negara ini. (Baca: Negara dengan Angka Kelahiran Tertinggi)


5. Mexico

Mexico merupakan Negara padat penduduk yang menempati posisi kelima di dunia sebagai Negara terkotor. Negara ini menyumbangkan emisi carbon yang hampir mencapai 85%, sehingga sangat sulit mendapatkan udara bersih di Negara ini. Selain itu, Mexico terletak di tengah gunung aktif yang menjadikan Negara ini sering mengalami kabut asap. Sebagai Negara dengan ibukota padat dan cukup disebut “metropolitan”, Mexico benar-benar menghasilkan polusi kotor tak hanya untuk negaranya namun juga untuk dunia.

Baca Juga :

4. Haiti

Haiti mungkin terkenal akan bencana alam yang terjadi di Negara tersebut. Namun dibalik bencana alam, Haiti seringkali mengalami pencemaran dan juga memiliki pelabuhan besar dengan angka pekerjaan yang super paat. Ekonomi di Negara Haiti juga sangat tidak stabil, yang menjadikan Haiti mengalami limbah yang sangat kotor, penduduk yang miskin dan ditambah pelabuhan yang padat namun tidak menghasilkan keuntungan apapun.

Baca Juga :

3. Madagaskar

Madagaskar merupakan Negara yang wilayahnya cukup luas, jika dilihat dari film anda akan menemukan keindahan hutan yang kaya akan flora dan fauna. Namun hewan dan tumbuhan berkurang sangat drastis yang disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk yang menyebabkan limbah industry naik secara drastis dalam beberapa waktu terakhir. (Baca: Pengolahan Limbah Gas) Selain itu, Negara ini tidak bisa mengendalikannya dengan baik dan menyebabkan Madagaskar sebagai Negara terkotor nomor 3 yang ada di dunia.

Baca Juga :

2. Bangladesh

Bangladesh merupakan Negara terkotor yang ada dunia yang juga ditempati oleh India jika dilihat dari wilayah Asia Selatan.  (Baca: Danau Terluas di Benua Asia) Bangladesh merupakan Negara terkotor yang aliran sungainya merupakan terkotor di dunia menyebabkan Bangladesh mengalami krisis air bersih. Jumlah penduduk yang banyak berbanding terbalik dengan kemakmuran dan uang Negara untuk kemakmuran negaranya. Sampai saat ini belum turun tangan untuk melakukan air bersih dan solusi sejenisnya.

 

1. Alzerbaijan

Alzerbaijan menempati urutan pertama Negara terkotor yang ada dunia. Negara ini sudah lama menjadi pusat penambangan minyak yang menyebabkan sejumlah kota di Alzerbaijan mengalami krisis air bersih maupun oksigen yang layak dihirup. Selain itu, aktifitas pertambangan di Negara ini sangatlah tinggi sehingga memperparah Alzerbaijan. Udara disini termasuk yang tidak layak hisap dan berpotensi menimbulkan penyakit yang sangat banyak. (Baca : Potensi Sumber Daya Udara)

Baca Juga :

20 negara terkotor di dunia ini cukup menjadikan cermin, betapa pentingnya pengelolaan limbah dan air untuk kesehatan manusia. Tak hanya lingkup besar namun juga lingkup kecil yang mungkin dianggap sepele, ternyata bisa menyumbangkan hal yang buruk untuk Negara. Begitu pun masyarakat Indonesia, yang harus banyak berkaca untuk selalu menjaga lingkungan.


Artikel Terkait

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 04:44 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial