17 Hutan Terlebat Di Dunia Paling Lengkap

Hutan Terlebat Di Dunia bisa dilihat dari luas dan juga pohon yang tumbuh di hutan tersebut. Menyatakan sebuah hutan menjadi yang terlebat rasanya sulit, namun kita tetap  bisa mempelajarinya dari luasan area hutan dan kerapatan tanaman. Hutan merupakan salah satu sumber daya alam terbesar dan terpenting yang ada di bumi. Adanya hutan memberikan banyak manfaat tak hanya bagi manusia, namun bagi makhluk hidup lain terutama hewan dan juga tumbuhan. Sebagai main role atau pemeran utama, hutan sering menjadi masalah dunia yang tidak pernah terselesaikan. Karena semakin sedikitnya hutan yang ada di bumi.

Baca Juga :

Hutan Terlebat Di Dunia

Padahal, dengan adanya hutan kita bisa mendapatkan air berlimpah, oksigen segar, udara sejuk, tanah yang memiliki struktur yang baik, hewan hidup dengan baik hingga tidak adanya bencana alam yang menimpa. Namun beberapa tempat ini membuktikan bahwa mereka bisa menjadi hutan terlebat yang ada di dunia. Hutan mana saja yang termasuk terlebat di dunia ?

17. Sinharaja Forest, Sri Lanka (88.45 KM2)

16. Emas Park, Brazil (1.320 KM2)

15. Black Forest

Black forest bukanlah nama kue, melainkan nama hutan kayu yang ada di Germany alias Jerman. Hutan hitam ini dikelilingi oleh Lembah Rhine dibagian barat serta selatan hutan (Baca: Pemanfaatan Hutan), puncak tertinggi berada di Feldberg dengan ketinggian 1.493 meter. Wilayah hutan ini memang bisa disebut hutan terlebat karena menutupi luas hutan sebesar 160 KM dengan tanaman dan juga semak-semak belukar, yang membuat lahan disini hijau dan juga asri.

14. Mindo-Nambillo Cloud Forest

Mindo-Nambillo terletak di Amerika Utara, lebih tepatnya di daerah Ekuador dengan luas 192 KM persegi. Dimana hutan ini memang sering dijadikan tempat berkunjung para turis yang ingin berpetualang di hutan hujan(Baca: Hutan Hujan Ciri-ciri dan Manfaatnya) yang lebat dan banyak sekali pepohonan yang mengisi. Namun di hutan ini tidaklah terlalu besar dibanding hutan lain di dunia. Selain itu tingkat kelebatannya tidak terlalu tinggi, sehingga cukup mudah untuk membuka jalan utama atau jalan setapak khusus untuk wisata.

13. Redwood National Park

Meskipun terletak di California, Redwood National Park berhasil menjadi dataran hijau dan menutupi hampir 560 KM persegi area yang ada di Negara tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa Amerika kembali mengisi daftar hutan terlebat yang ada di dunia. Dengan dominansi tanaman kayu serta semak belukar, menjadikan hutan ini sebagai salah satu yang terlebat.

12. Jiuzhaigou Valley

Cina mungkin memiliki penduduk yang sangat banyak. Hal ini senada dengan adanya hutan yang disebut the Valley of Nine Villages. Dimana hutan ini memiliki air terjun yang indah, danau yang berwarna dan fenomena alam lainnya. Kerapatannya sangat tinggi dan termasuk kedalam perlindungan UNESCO sejak tahun 1992. Hutan ini memiliki elevasi dari 2.000 meter hingga 4.500 meter. Hutan ini merupakan salah satu hutan terlebat yang dibanggakan oleh masyarakat China. Luas area hutan ini yaitu 720 KM persegi dengan pengunjung mencapai 1 juta sejak tahun 2002.

Baca Juga :

11. Kinabalu National Park

Hutan Terlebat Di Dunia yang selanjutnya adalah tuhan kinabalu. Kinabalu Park atau taman Kinabalu terletak di Negara tetangga kita yakni Malaysia. Sebagai taman pertama yang diklaim Unesco sebagai hutan lindung di Malaysia. Hutan Kinabalu memiliki luasan hanya 754 KM persegi, namun tingkat kelebatannya sangat tinggi karena curah hujan yang masih tinggi dan berada dekat dengan gunung besar Kinabalu. (Baca Juga : Pengertian Taman Laut )

10. Daintree Forest, Australia

Tidak aneh jika Australia memiliki hutan yang luas dan juga lebat. Dengan kondisi alam yang memang mendukung, Australia bahkan kaya akan flora serta fauna (Baca: Pengertian Flora dan Fauna) yang memang berbeda dengan spesies yang ada di dunia lainnya. Dalam kategori hutan, Australia pun tidak kalah dengan Negara lain yang memiliki hutan terlebat. Daintree Forest merupakan salah satu hutan yang terletak di Queensland dengan luas 1.200 KM. Hal ini menjadikan Australia tertutup neraka hijau dan menjadi salah satu hutan terlebat.

9. Giant Sequoia National Monument

Hutan yang terletak di selatan Sierra Nevada mountains of California merupakan hutan dengan tingkat kelebatan dan tertutup oleh tanaman seluas 4.829 KM. Dimana hutan ini terdapat banyak sekali pohon Giant Sequoia. Sehingga nama tanaman tersebutlah yang digunakan untuk nama monumen atau hutannya. Tanaman ini merupakan populasi terbesar dalam hutan California ini. (Baca: Contoh Sumber Daya Alam Non Hayati)

8. Sundarbans

Sundarbans atau biasa dipanggil Sundarbon, merupakan hutan bakau terluas dan terlebat di dunia. Dengan luasan hampir 10.000 KM persegi menjadikan hutan diarea Asia Selatan khususnya India ini menampilkan dataran hijau yang berbeda dengan hutan lainnya. Didalam hutan terdapat sungai yang membelah dan mengaliri air untuk tanaman bakau agar bisa tumbuh dengan subur.

7. Hutan Kayan Mentarang

Jika membicarakan hutan maka Indonesia berkontribusi di dalamnya. Sebagai Negara dengan iklim tropis, maka Indonesia memiliki banyak sekali hutan hujan tropis. Namun, hutan terbesar dan terlebat yang ada di Indonesia dijuarai oleh Hutan Kayan Mentarang dengan luasan mencapai 13.605 KM persegi yang terletak di Kalimantan. Hutan ini memang terkenal akan kehidupan liarnya dan jarangnya masyarakat masuk ke hutan tersebut. Dengan banyaknya flora serta fauna beracun dan berbahaya, Hutan Kayan menjadi hutan terlebat yang ada di dunia. (Baca: Flora dan Fauna yang Dilindungi di Indonesia)

6. Tropical Xishuangbanna

Di China ada beberapa area hutan dan juga Taman National yang menutupi sebagian daratannya. Salah satunya adalah Tropical Xishuangbanna yang terkenal akan keindahannya. Terletak di garis perbatasan wilayah negara hutan ini memiliki luas sekitar 19.700 KM persegi dan menutupi daerah tersebut dengan tanaman hutan hujan tropis (Baca: Hutan Hujan Tropis Terbesar di Dunia). Tingkat kerapatannya tidak terlalu tinggi, namun tetap dikategorikan hutan terlebat yang ada di dunia.

5. Tongass

Tongass National Forest atau hutan Tongass merupakan hutan yang memiliki luas sekitar 69.000 KM persegi. Dimana hutan ini terletak di Alaska, Amerika Serikat. Sebagian besar area hutan merupakan jenis hutan hujan tropis, dan juga tempat tinggalnya banyak flora serta fauna yang ada di Amerika Serikat dan daerah tropis. (Baca: Cara Melestarikan Flora dan Fauna)

4. Valdivian Temperate

Amerika Selatan memang unggul jika menyajikan alam yang luar biasa. Dengan luasan hampir 248.100 KM persegi, Valdivian merupakan jenis hutan hujan tropis yang bisa ditemukan di Amerika selain Amazon tentunya. Bagaimana kehidupan di hutan ini ? jangan ditanyakan lagi, berbagai makhluk hidup baik yang buas maupun jinak tidak bisa hidup dengan aman dan nyaman. Jika dilihat, hutan Valvidian tertutup dengan sempurna dan baik dengan tanaman yang biasanya tumbuh di hutan hujan tropis, layaknya bambu dan tanaman tahunan lainnya. Hal ini menjadikan Valdivian menempati urutan ke empat hutan terlebat.

Baca Juga :

3. Kongo Basin

Congo forest atau hutan kongo merupakan hutan yang menjadi hutan terluas dan juga terlebat di dunia nomor 2. Dengan sungai (Baca: Sungai Terpanjang di China) yang membentang sangat panjang, menajdikan hutan ini sangatlah subur dengan ekosistem yang sangat kaya didalamnya. Luas hutan kongo mencapai 3.7 juta KM persegi dan menempati hampir 70% wilayah yang ada di Kongo. Selain itu, banyak juga tanaman tropis yang bisa didapat di hutan ini baik berbentuk tanaman liar, tanaman yang beracun dan berbahaya hingga pohon dengan usia puluhan tahun.

Air yang mengalir disekitaran sungai bisa menghidupi banyak masyarakat disekitarnya. Dengan populasi yang cukup banyak tak perlu khawatir akan kesuburan dan ketersediaan air. Selain itu, Kongo menjadi tempat yang menyediakan sumber daya alam sangat melimpah didalamnya. Meskipun beitu pemerintah Kongo belum bisa memanfaatkannya dengan baik.

2. Amazon

Siapa yang tidak tahu hutan amazon ? hutan ini memiliki luas yakni sekitar 5.5 juta KM dengan berbagai ekosistem dan makhluk hidup didalamnya. Amazon terletak di Amerika Selatan yang menjadi rumah bagi hutan hujan tropis di dunia (Baca: Cara Melestarikan Hutan ). Selain terluas, Amazon basin menjadi hutan terlebat nomor 1 di dunia. Hutan ini memiliki keunikan dimana hutan amazon berada diantara banyak negara.

Sehingga perbatasan negara tidak diketahui jelas didalam hutan, karena banyak pinggiran hutan ternyata berada di negara berbeda layaknya Ekuador, Kolombia, Brasil, Suriname dan lainnya.  Amazon merupakan hutan yang menyumbang 30% oksigen yang ada di bumi. Selain itu sungai ini bisa meluapkan air hingga banjir dan menampilkan banyak serangga dan hewan buas yang bisa mematikan siapa saja termasuk manusia.

1. Taiga

Taiga merupakan satu dari sekian banyak hutan di Rusia. Namun Taiga menjadi satu-satunya hutan terluas dan juga terlebat yang ada di dunia. Terletak di bagian Utara Rusia dan Utara Amerika. Hutan ini memiliki luasan sekitar 12 juta KM persegi atau sekitar 4.7 juta miles. (Baca: Bioma Hutan Hujan Tropis)

Dengan luasan yang sebesar itu sudah jelas bahwa Taiga menjadi Hutan Terlebat Di Dunia. Namun di hutan Taiga sendiri anda bisa melihat pohon tumbuh subur tanpa celah atau tanpa adanya rentang yang terlalu jauh antara satu pohon ke pohon lain yang menyebabkan hutan Taiga menjadi hutan yang sangat lebat.

Artikel Terkait” state=”closed

Artikel Lainnya