5 Danau Terluas di Benua Afrika dan Letaknya

Kamu tentu mengenal Afrika. Afrika yang dikenal sebagai benua hitam merupakan sebuah benua bersuhu tinggi dengan kenampakan alam yang menawan. Salah satu kenampakan alam yang berada di benua Afrika adalah danau (baca: Macam Macam Danau). Beberapa danau di benua Afrika berukuran sangat besar. Cekungan- cekungan berisi air tersebut dikenal dengan Great Rift Valley. Sekumpulan danau Afrik yang membentang luas dari Suriah bagian utara sampai Mozambik bagian tengah itu ditemukan oleh John Walter Gregory.

Great Rift Valley seolah- olah membelah benua Afrika jika dilihat dari luar angkasa. Lembah yang memiliki luas lebih dari 3000 mil itu menjadi sumber penelitian tentang evolusi manusia karena banyaknya fosil yang ditemukan di sana (baca: Manfaat Danau). Berikut adalah penjelasan dari lima danau terluas di Afrika yang berada di Great Rift Valley. (Baca juga : Danau Terluas di Benua Asia, Danau Terluas di Benua Eropa, dan Danau Terluas di Indonesia)

5. Danau Kivu (2.220 km²)

Danau paling kecil dari lima danau terluas di Afrika adalah Danau Kivu. Danau ini memiliki luas 2.220 kilo meter persegi, dan berada di daerah perbatasan 2 negara yakni Rwanda dan Kongo. Kedua Negara tersebut terletak di Afrika bagian tengah. Kedalaman maksimal dari Danau Kivu mencapai 240 meter dengan volume air danau sebanyak 333 kilo meter kubik. Danau yang pernah dikunjungi oleh Pangeran Adolf von Gotzen pada tahun 1894 ini memiliki muara di Sungai Ruzizi (baca: Ekosistem Sungai). Aliran Sungai Ruzizi yang mengarah ke selatan juga akan melewati Danau Tanganyika.

Spesies ikan yang mendiami danau ini relatif sedikit, hanya berjumlah 28 spesies. Jenis ikan endemik Danau Kivu diantaranya adalah ikan Barbus, ikan Nila, ikan Lemuru dan ikan Sarden. Eksploitasi ikan Sarden pernah terjadi di Danau Tanganyika sebelumnya. Untuk melestarikan ikan Sarden, seorang ilmuwan mengembangbiakan ikan tersebut di Danau Kivu. Bahkan saat ini Danau Kivu menjadi satu- satunya habitat alami bagi ikan Sarden.

4. Danau Albert (2.220 km²)

Selanjutnya ada Danau Albert yang juga terletak di perbatasan dua Negara yaitu Kongo dan Uganda. Nama lain dari Danau Albert adalah Danau Mobutu Sese Seko. Luas danau ini sekitar 2.220 kilo meter dengan panjang 160 kilo meter dan lebar 30 kilo meter. Kedalaman maksimalnya adalah 51 meter dan berada di ketinggian 619 meter di atas permukaan laut ( baca : Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah ). Posisi danau ini berada di bagian ujung, yakni bagian paling utara dari Great Rift Valley. Air danau Albert berasal dari Sungai Nil Victoria, Sungai Semliki, dan Danau Edward. Meski berasal dari air sungai, kadar garam di Danau Albert sedikit lebih tinggi dari sungai- sungai yang mengalirinya (baca: Ciri ciri Sungai bagian Hulu dan Hilir ).

3. Danau Malawi (29.600 km²)

Urutan ketiga dari danau terluas di Afrika adalah Danau Malawi dengan luasnya yang mencapai 29.600 kilo meter persegi. Panjangnya berada di kisaran 560 sampai 580 kilo meter, dengan lebar rata- rata 75 kilo meter. Danau Malawi juga termasuk dalam danau terbesar ke delapan di dunia. Danau ini terbentuk karena adanya retakan lempeng tektonik Afrika (baca: Ciri ciri Danau Tektonik). Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya, danau ini terletak di Negara Malawi. Meskipun sebenarnya danau terdalam ke dua di Afrika itu meliputi 3 negara, yakni Malawi, Tanzania dan Mozambik. Karena termasuk dalam danau yang sangat dalam, ekosistem air danau Malawi menjadi tempat tinggal bagi sejumlah besar spesies ikan danau (baca: Ekosistem danau). Air danau Malawi berasal dari aliran Sungai Shire yang merupakan anak Sungai  Zambezi.

2. Danau Tanganyika (32.900 km²)

Danau Tanganyika merupakan danau terluas ke dua di Afrika. Luas danau ini mencapai 32.900 kilo meter persegi dengan panjang sekitar 673 kilo meter (dari arah utara ke selatan) dan lebar 50 kilo meter. Karena sangat luas, danau ini melingkupi empat negara sekaligus, yakni Kongo, Burundi, Zambia dan Tanzania. Danau Tanganyika juga termasuk dalam danau terdalam ke dua di dunia setelah danau Baikal di Siberia. Kedalamannya mencapai 1.470 meter dengan volume air sebanyak 18.900 kilo meter kubik. Karena kedalaman dan letaknya yang berada di daerah tropis, Danau Tanganyika  dapat mencegah terjadinya turn over massa air. Selain itu, air yang berada di zona dasar danau tidak memiliki oksigen yang cukup sehingga dijuluki sebagai air fosil. Danau yang masih berada di area Great Rift Valley ini juga dikelilingi oleh pegunungan. Oleh karena itu suhunya tergolong rendah, yakni dikisaran 25 derajat celcius. Danau ini memiliki pH 8.4 dan menjadi tempat tinggal bagi 450 spesies ikan. Sebagian besar dari spesies ikan tersebut tinggal di dekat dasar danau.

1. Danau Victoria (68.870 km²)

Urutan pertama dari danau terluas di Afrika adalah Danau Victoria. Danau ini terletak di Great Rift Valley bagian barat, serta meliputi 3 negara yakni Kenya, Tanzania dan Uganda. Luas Danau Victoria sangatlah fantastis yakni 68.870 kilo meter persegi. Dengan luasnya itu, Danau Victoria termasuk dalam danau tropis teluas di dunia dan danau air tawar terluas ke dua di dunia. Meski sangat luas, Danau Victoria ternyata cukup dangkal. Volume air danau ini diperkirakan mencapai 2.760 kilo meter kubik. Air di Danau Victoria berasal dari aliran Sungai Nil Putih. Di dalam Danau Victoria juga terdapat banyak pulau. Jumlahnya sekitar 3000 pulau yang kebanyakan tidak memiliki penghuni. Karena keindahannya, Danau Victoria dijadikan sebagai tempat wisata alam oleh pemerintah setempat (baca: Pengertian Taman Wisata Alam).

Selain kelima danau terluas yang telah dijelaskan di atas, ada lagi satu danau yang masih berada di area Great Rift Valley. Danau itu bernama Danau Edward. Danau yang diambil dari nama Pangeran Albert Edward itu berada di perbatasan dua Negara, yakni Uganda dan Kongo. Air danaunya berasal dari beberapa aliran sungai, diantaranya yakni Sungai Nyamugasani, Sungai Ishasha, Sungai Rutshuru, Sungai Ntungwe, dan Sungai Rwindi. Sungai- sungai tersebut mengalir menuju Sungai Semliki yang kemudian mengairi Danau Edward.

Demikian pembahasan tentang beberapa danau terluas di Afrika. Semoga menambah pengetahuan pembaca, khususnya pengetahuan tentang danau.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Danau
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!