8 Danau Terluas di Benua Asia dan Letaknya

Danau merupakan sebuah cekungan di permukaan bumi yang  memiliki ukuran sangat besar dan digenangi oleh air. Air yang berada di danau dapat berupa air tawar maupun air asin. Danau juga memiliki berbagai jenis, seperti danau tektonik, danau vulkanik dan danau floodplain (baca: Macam Macam Danau). Selain itu, danau merupakan salah satu sumber air yang bisa kita lihat keindahan alamnya. Asia sebagai salah satu benua terluas di bumi memiliki berbagai bentuk danau dengan keragaman luasnya. Berikut adalah penjelasan delapan danau terluas di Asia beserta letaknya. (Baca juga : Danau Terluas di Benua Afrika, Danau Terluas di Benua Eropa, Danau Terluas di Benua Amerika, dan Danau Terluas di Indonesia)

  1. Danau Qinghai (4.186 km2)

Danau Qinghai adalah danau terluas ke-8 di benua Asia. Danau ini terletak di dataran tinggi Tibet dengan ketinggian 3.205 di atas permukaan laut, tepatnya di Propinsi Qinghai- China. Danau yang memiliki luas 4.186 kilometer persegi ini pernah mengalami penyusutan luas pada abad ke-20, lalu membesar lagi pada tahun 2004. Kadar garam yang terkandung dalam air Danau Qinghai cukup tinggi. Meski demikian ekosistem Danau Qinghai menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis ikan (baca : ekosistem air).

  1. Danau Khanka (190 km²)

Danau Khanka termasuk dalam danau terluas ke-7 di benua Asia. Danau ini memiliki luas sekitar 4.190 kilometer persegi. Danau Khanka terletak diantara dua negara yakni Rusia dan China. Danau Khanka memiliki kedalaman rata- rata 4,5 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 10,6 meter. Panjang danau ini adalah 90 kilometer dan lebarnya hanya 45 kilometer saja. Volume air yang dapat tertampung di danau Khanka sebanyak 18,3 kilometer kubik. Sungai utama yang menjadi pintu keluar danau ini adalah Sungai Songacha (baca: Ekosistem Sungai). Keunikan dari danau ini adalah air danaunya akan membeku pada musim dingin yakni antara bulan Desember sampai bulan Maret. (baca juga: Cara Menjaga Kelestarian Danau)

  1. Danau Taymyr (4.560 km2)

Danau Taymyr termasuk dalam danau terluas ke-6 di Asia. Danau ini memiliki luas sekitar 4.560 kilometer persegi. Danau Taymyr terletak di negara Rusia. Danau Taymyr memiliki kedalaman rata- rata 2,8 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 26 meter. Panjang maksimal danau ini adalah 204 kilometer dan lebar maksimalnya 154 kilometer. Volume air yang dapat tertampung di danau Taymyr sebanyak 12,8 kilometer kubik. Beberapa sungai utama yang menjadi pintu masuk danau ini adalah Sungai Zapadnaya, Sungai Severnaya, Sungai Bikada Nguoma, Sungai Yamutarida, dan Sungai Kalamissamo. (baca: Ciri ciri Sungai bagian Hulu dan Hilir )

  1. Danau Urmia (5.200 km2)

Danau Urmia termasuk dalam danau terluas ke-5 di benua Asia. Danau air asin ini memiliki luas sekitar 5.200 kilometer persegi. Danau Urmia terletak di negara Iran. Danau Urmia memiliki kedalaman maksimal mencapai hanya 16 meter. Panjang maksimal danau ini adalah 140 kilometer dan lebar maksimalnya adalah 55 kilometer. Di tengah danau terdapat sekitar 102 pulau kecil yang salah satu diantaranya adalah Pulau Shahi. Sungai utama yang mengairi danau ini adalah Sungai Alamlao, Sungai Aji, Sungai Ghaie, Sungai Gadar, Sungai Leylan, Sungai Nazlou, Sungai Mahabad, Sungai Rozeh, Sungai Zola dan Sungai Simineh.

  1. Danau Issyk Kul (332 km²)

Danau Issyk Kul termasuk dalam danau terluas ke-4 di benua Asia. Danau vulkanik ini memiliki luas sekitar 6.332 kilometer persegi (baca : Ciri ciri Danau Vulkanik). Danau Issyk Kul terletak di negara kirzikistan. Danau Issyk Kul memiliki kedalaman rata- rata 278,4 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 668 meter. Panjang danau ini adalah 178 kilometer dan lebarnya adalah 60,1 kilometer. Volume air yang dapat tertampung di danau Khanka sebanyak 1.738  kilometer kubik. Sungai utama yang mengairi danau ini adalah Sungai Glaciers, sedangkan sungai yang menjadi pintu keluar danau ini adalah Sungai Evaporation.

  1. Danau Balkash (16.400 km2)

Danau Balkash adalah danau terluas ke-3 di benua Asia, dan danau terluas ke lima belas di dunia. Danau yang terletak di negara Kazakhstan ini memiliki luas 16.400 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal 26 meter. Panjangnya sekitar 605 kilometer, sedangkan lebarnya mencapai 74 kilometer. Secara geografis, danau Balkash terletak di dua negara yakni Kazakhstan (sebanyak 85 persen) dan China (sebanyak 15 persen). Air yang berada di danau ini terdiri dari dua jenis. Air yang berada di bagian timur danau adalah air asin, sedangkan yang berada di bagian barat mengandung air asin. Airnya bersumber dari Sungai Ili, Sungai Karatal, Sungai Aksu, Sungai Lepsy, Sungai Byan, Sungai Kapal dan Sungai Koksu. Sungai- sungai yang mengairi melewati Danau Baikal sering digunakan untuk mengairi lahan pertanian.

  1. Danau Baikal (31.494 km2)

Danau Baikal merupakan danau terluas ke-2 di benua Asia. Bahkan danau ini termasuk dalam danau tertua dan paling dalam di dunia (baca : Manfaat Danau). Danau Baikal dijadikan sebagai situs warisan dunia karena usianya yang sudah sangat tua. Danau yang terletak di negara Rusia ini memiliki luas mencapai 31.494 kilo meter persegi dengan kedalaman maksimal 1637 meter. Panjangnya sekitar 636 kilometer, sedangkan lebarnya mencapai 80 kilometer. Dua puluh persen dari air tawar di dunia berada di danau ini. Bahkan 90 persen air tawar di Rusia berasal dari Danau Baikal. Volume air yang bisa tertampung di danau Baikal sebanyak 23.600 kilometer kubik. Nama danau ini diambil dari kata Tatar Baikul yang memiliki arti danau kaya. Danau Baikal juga dijuluki sebagai mata biru Siberia.

  1. Laut Kaspia (371.000 km2)

Laut Kaspia adalah danau paling luas di benua Asia, bahkan paling luas di dunia. Meskipun nama danau ini berawalan dengan kata laut, tetapi Kaspia ini adalah danau yang memiliki air asin. Penyebutan laut dikarenakan Kaspia berair asin dan sangat luas. Luasnya mencapai 371.000 kilometer persegi. Sekeliling danau juga diliputi pasir seperti halnya di tepi pantai (baca : Ekosistem Pantai). Danau ini terletak di antara 2 benua yakni benua Asia dan Eropa, serta meliputi 6 negara yakni Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Rusia dan Turkmenistan. Bagian utara Kaspia disebut dengan daratan depresi karena menjadi salah satu titik terendah di dunia. Kedalaman maksimalnya mencapa 1.025 meter dengan kedalaman rata- rata 211 meter. Panjang maksimalnya adalah 1.030 kilometer sedangkan leba maksimalnya sekitar 435 kilometer. Kaspia dapat menampung sekitar 78.200 kilometer kubik air. Benar- benar danau yang luar biasa besar. Kaspia kaya akan kandungan minyak bumi. Persediaan gas alamnya juga melimpah. Negara- negara yang berbatasan dengan danau ini mendapatkan keuntungan dengan meningkatnya produksi minyak. (baca: Fungsi Danau)

, , , ,
Oleh :
Kategori : Danau