15 Kota Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembira…Itulah sekelumit syair lagu libur telah tiba yang banyak dinyanyikan oleh anak- anak. Ada hal yang liburan identik dengan pariwisata atau rekreasi, baik liburan sekolah maupun liburan umum. Nah berikut ini beberapa kota terindah di Indonesia yang wajib menjadi destinasi Anda:

  1. Bukit Tinggi

Bukit Tinggi, sebuah kota yang berada di pulau Sumatera, khususnya di provinsi Sumatera Barat. Bukit Tinggi menjadi kota yang paling indah di Indonesia(baca: letak astronomis Indonesia dan letak geografis). Siapa sangka kota yang namanya belum terlalu melambung tinggi ini menjadi kota yang paling indah. Kota kecil ini mempunyai penduduk yang banyak, sehingga tingkat kepadatannya tinggi. Meskipun kepadatannya tinggi, namun kota ini mempunyai struktur tata kota yang sangat baik dan apik, serta kompleksitasnya tidak akan kita temukan di kota- kota lain. Yang menjadikan kota ini indah adalah kota ini mempunyai pemandangan yang menakjubkan dengan latar belakang gunung (baca: erupsi gunung berapi) dan juga ngarai. Ngarai yang sangat terkenal ini adalah Ngarai Sianok. Bahkan ngarai sianok ini digadang- gadang sebagai ngarai yang terindah nomor 2 di dunia setelah Grand Canyon. Selain itu kota ini juga mempunyai budaya yang masih alami dan terjaga. Udara  (baca: udara yang bersih dan sehat) dingin yang menyelimuti kota Bukit Tinggi akan menambah kebetahan pengunjung untuk berlama- lama tinggal di kota ini.

  1. Ambon

Ambon, salah satu kota yang berada di wilayah timur Indonesia. Kota Ambon merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di Indonesia. Kota yang terkenal sebagai asal dari Kapiten Pattimura ini juga merupakan kota yang bersejarah. Mengapa kota Ambon ini begitu terkenal, salah satunya adalah karena keindahan yang dimilki kota tersebut. Mengapa kota Ambon begitu indah, bahkan menjadi salah satu kota terindah di Indonesia? Kota Ambon ini terletak pada garis pantai (baca: manfaat pantai) teluk Ambon, sehingga memiliki pemandangan pantai yang begitu memikat. Selain lautnya yang begitu memukau, di kota Ambon juga terdapat barisan perbukitan yang memadupadankan laut (baca: macam-macam laut) dan bukit menjadi sebuah pemandangan yang sangat indah.

Keindahan alam Ambon ini nampaknya sangat cocok dengan julukan yang dimiliki kota ini yakni Ambon Manise yang berarti Ambon yang manis, yang cantik atau yang indah. Selain pemandangan alam khas timur yang tidak diragukan lagi, Ambon juga merupakan salah satu mkota yang paling maju di wlayah timur. Kota Ambon yang juga dikenal sebagai kota Plural ini juga dikenal dengan kota pelabuhan, pariwisata dan jua kota pendidikan di wilayah Indonesia bagan Timur.

  1. Mataram

Indonesia bagian timur merupakan wilayah yang sangat terkenal dengan lautnya yang sangat jernih dan berwarna biru. Salah satu pulau yang sangat terkenal dengan lautnya yang sangat indah adalah pulau Lombok. Di Pulau Lombok ini terdapat sebuah kota yang terkanal akan keindahan pemandangannya. Kota yang sekaligus menjadi jantung Pulau Lombok itu adalah Mataram, yang masuk ke dalam 10 besar kota di Indonesia yang memiliki pemandangan laut (baca: ekosistem laut). Bahkan untuk saat ini Mataram sudah menjadi saingan berat bagi Bali dalam hal kunjungan pariwisata asingnya. Pantai yang menjadi icon bagi kota Mataram adalah Pantai Senggigi. Jika berkunjung di kota ini kita akan mendapatkan banyak pemandangan alam yang menakjubkan dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang sangat memadai. Wisatawan yang datang ke kota ini akan benar- benar dimanjakan dengan fasilitas yang ada.

  1. Makassar

Masih tentang tema pantai (baca: ekosistem pantai). Masih di wilayah timur Indonesia. Adalah kota Makassar, yang merupakan kota dengan sejuta keindahan dan menjadi kota paling indah di Indonesia. Dengan icon Pantai Losari yang sangat terkenal hingga di mancanegara, kota Massar menjadi tujuan berwisata para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Pantai Losari merupakan tempat favrit untuk menikmati pemandangan alam, dan spot terbaiknya adalah matahari (baca: bagian- bagian matahari) tenggelam. Ketika menjelang sore banyak wisatawan yang akan berkumpul di pantai ini untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam yang terkenal di pantai Losari ini. selain keindahan alam, Makassar juga merupakan kota yang kental dengan kebudayaannya. Selain itu, banyak pula tempat hiburan buatan manusia yang menarik di Makassar ini, seperti taman hiburan dan sebagainya. Kota Makassar saat ini memiliki pertumbuhan yang signifikan di kawasan Indonesia bagian tengah. Kota Makassar semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki airport atau bandara yang berstandar Internasional. Sehingga perkembangan kota Makassar ini semakin cepat dan semakin dikenal masyarakat dunia.

  1. Denpasar

Siapa yang tidak kenal Denpasar? Kota yang menjadi ibukota dari provinsi Bali ini bahkan terenalnya melebihi Indonesia sendiri. Denpasar merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Denpasar memiliki beberapa faktor yang pantans membawanya sebagai kota terindah di Indonesia. Selain pemandangan alamnya yang tidak diragukan lagi, terutama pantainya, Denpasar juga terkenal akan budayanya yang sangat kental dan juga unik. Selain itu, masyarakat Denpasar adalah masyarakat yang ramah dengan para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

  1. Padang

Kita beralih ke wilayah Indonesia bagian barat. Di Indonesia bagian barat juga mempunyai banyak kota yang merupakan kota terindah di Indonesia. Salah satunya adalah Kota Padang. Kota Padang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota Padang yang terkenal dengan Masakan dan Rumah Gadangnya ini menjadi salah satu kota paling indah di Indonesia. Satu hal yang tidak banyak kita sadari adalah di Padang ini mempunyai sebuah pulau kecil (baca:pulau terbesar di dunia) yang dikabarkan keindahannya melebih Bali. Nama pulau itu adalah pulau Sikuai. Pulau ini belum dikenal oleh masyarakat karena pulau ini masih bersih dan juga masih perawan. Maksudnya adalah bahwa pulau ini masih sangat jarang diambah oleh manusia dan belum banyak dikunjungi oleh orang- orang.

  1. Jakarta

Jakarta, waw kota dengan segudang cerita ini merupakan salah satu kota yang paling indah di Indonesia. Mengapa hal ini bisa terjadi sementara kita mengetahui bahwa Jakarta adalah kota yang penuh dengan kemelut, polusi, macet, banjir (baca: jenis banjir), dan sampah dimana- mana. Bahkan Jakarta ini disebut- sebut sebagai kota yang paling kotor di Asia. Setelah mendapat predikat tersebut, Jakarta kini mulai bernebah sedikit demi sedikit terutama dalam hal kebersihan. Lalu, apa sih yang menjadi daya tarik kota metropolitan ini sehingga menjadi salah satu kota paling indah di Indonesia? Keindahan ini terletak pada gedung- gedung pencakar langitnya. Gedung- gedung dengan banyak sekali lampu ini dapat terlihat indah apabila dilihat pada malam hari dari tempat yang tinggi. Penasaran dengan keindahan kota Jakarta? Coba deh …

  1. Jayapura

Kota Jayapura, kota yang menjadi ibukota bagi provinsi Papua ini merupakan salah satu ota yang paling indah di Indonesia. Mengapa? Padahal pulau Papua ini masih identik dengan daerahnya yang banyak hutan. Hutan- hutan di Papua ini identik juga dengan sukunya yang masih tradisionla. Namun jangan salah, meski penduduknya yang masih belum terlalu banyak namun kota Jayapuran menjadi salah satu kota terindah di Indonesia. Mugkin akan banyak bertanya mengapa Jayapura masuk ke dalam jajaran kota terindah di Indonesia. Namun kenyataannya Kota Jayapura akan terlihat keindahannya ketika malam hari. Kota Jayapura terletak di pinggir laut atau di pantai sehingga pusat pemerintahannya pun juga terletak di pinggir laut. Oleh karena pusat pemerintahan kota ini ada di pinggir pantai, maka keindahan alamnya pun menjadi perlipat- lipat. Kita bia melihat cahaya lampu yang indah dengan dipadukan pemandangan pantai yang luar biasa. Kota Jayapura ini juga memiliki pemandangan indah khas Indonesia timur yang melekat erat. Banyak temoat di Jayapura yang memiliki spot pemandangan yang menakjubkan. Bahkan Jayapura ini terkenal hingga mancanegara lho meski di kalangan wisatawan Indonesia sendiri kurang begitu dibicarakan. Namun untuk menjangkau kota ini diperlukan biaya yang lebih mahal karena fasilitas transportasi di kota ini belum seperti kota- kota di Indonesia pada umumnya.

  1. Manado

Kembali ke Indonesia bagian timur. Indonesia bagian timur sagat terkenal dengan pemandangan bawah lautnya. Selain Makassar, Mataram, Ambon, selanjutnya ada Manado. Manado merupakan salah satu kota yang ada di wilayah timur Indonesia.yang menjadi keunggulan dari kota Manado adalah keindahan alam bawah lautnya. Bahkan pemandangan bawah laut merupakan keunggulan dari kota Manado ini. Ada sebuah taman laut yang sangat terkenal di Manado ini, yakni taman laut Bunaken. Selain ada taman laut Bunaken, di dekat kota Manado ini terdapat kota yang dijuluki sebagai kota Bunga. Kota ini adalah kota Tomohon.

  1. Yogyakarta

Yogyakarta, kota budaya dengan segudag kenangan dan masyarakatnya yang tradisional. Siapa yang berkunjung ke Yogyakarta, pastilah menaruh hati pada kota ini. Yogyakarta bahkan dinobatkan sebagai kota yang memiliki penduduk dengan indeks bahagia paling tinggi. Pantas saja bahwa Yogyakarta ini menjadi salah satu kota yang paling indah di Indonesia. Yang membuat kota ini menjadi kota paling indah adalah budayanya yang masih terjaga, seni dan adat istiadatnya yang juga unik. Karena budaya kota ini yang masih kental, maka Yogyakarta ini menjadai kota juan wisata budaya di Indonesia selain Bali. Banyak sekali bangunan peninggalan sejarah yang ada di Yogyakarta, mulai dari museum, monumen, hingga Candi- candi dari zaman kerajaan. Selain itu, di Yogyakarta terdapat keraton dengan dua alun- alun yang sangat terkenal, yakni Alun- Alun Lor dan Alun- Alun Kidul. Selain tempat wisata yang mempunyai nilai sejarah tinggi, ternyata Yogyakarta juga merupakan tempat yang unggul dengan pemandangan alamnya. Adalah Gunung Kidul yang merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi D.I Yogyakarta. Tidak banyak orang yang membicarakan mengenai kabupaten ini karena letaknya yang lumayan terpencil yakni di pegunungan. Gunung Kidul sebelumnya juga dikenal dengan kawasan yang tidak modern dan berkembang pesat. Hingga suatu saat ketika sektor pariwisata mendongkrak nama kabupaten ini, sehingga seolah mengalami revolusi kearah kemajuan. Berkat letaknya yang ada di pesisir selatan pulau Jawa dan berada di pegunungan, kota ini mempunyai keunggulan di bidang pemandangan alamnya, terutama pantai. pantai di Gunung Kidul ini berbeda dengan pantai- pantai yang ada di Yogyakarta pada umumnya. Pantai di Gunung Kidul ini memiliki pasir putih serta warna laut yang biru. Sepanjang pesisir pulau Jawa bagian selatan ini memiliki pemandangan yang indah dengan perpaduan pasir, ombak dan juga karang. Tak heran jika Gunung Kidul memiliki pantai yang sangat banyak,  karena tiap bergeser tempat, nama pantai itu berbeda. Meskipun demikian, setiap pantai di Gunung kidul ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Gunung kidul dengan pemandangan pantainya yang menakjubkan seolah menjadi surga dunia bagi siapa pun yang memandangnya.

  1. Bandung

Bandung, Kota Periangan ini tentu tidak akan luput dari daftar kota terindah di Indonesia. Mengapa demikian? Sepertinya semua orang di Indonesia sepakat bahwa Bandung memiliki pemandangan yang sangat indah. Kawasan perbukitan dan perkebunan teh yang menjamur di kota ini seakan menjadi surga tersendiri bagi para pewisata. Bandung yang mempunyai letak geografis lebih tinggi daripada kota- kota di sekitarnya memiliki pemandangan hijau yang lebih banyak. Terlebih udara sejuk yang menyelimuti kota ini semakin membuat siapapun yang berkunjung ke bandung menjadi betah dan ingin berlama- lama di kota ini. Ditambah lagi mojang Bandung yang terkenal cantik- cantik dan juga pemuda nya yang tampan- tampan semakin memikat hati untuk tetap tinggal di kota ini.

Rasanya tidak adil jika kita hanya membicarakan mengenai keidahan alam kota Bandung saja yang menjadi daya tarik. Nyatanya, keindahan itu tidak hanya berasal dari alam saja, namun juga yang lainnya. Selain pemuda pemudinya yang menarik hati, kebudayaan dan juga wisata kuliner di Kota ini tak kalah membius. Bandung merupakan kota yang menjadi saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Bahkan, di Bandng dahulu terjadi sebuah cerita yang sangat terkenal, bahkan hingga diabadikan dalam lagu. Ialah Bandung Lautan Api, peristiwa perjuangan Bangsa Indonesia yang menakjubkan dalam mengusir para penjajah. Tak heran jika kita berkunjung ke Bandung maka akan banyak sekali bangunan- bangunan bernilai sejarah, seperti museum, gedung, maupun monumen.

Bukan hanya dari sisi sejarah saja, daya tarik Bandung yang lainnya terletak pada wisata kuliner dan oleh- olehnya. Kuliner khas Bandung ini sangat melegenda dan terkenal hingga ke pelosok Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan siomay, batagor, Cilok, Cimol, Cireng dan sejenisnya? Emmm, rasanya enak sekali, terlebih dijadikan camilan sehari- hari. karena saking terkenalnya tak jarang banyak kita jumpai banyak sekali pedagang yang menjual makanan khas Bandung tersebut bahkan di kota- kota luar Bandung atau luar Jawa Barat sekalipun. Selain makanan, Bandung juga sangat dikenal dengan produk konveksinya, baik baju, celana, boneka tas, hingga sepatu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau di kantong. Banyak yang mengatakan bahwa Bandung ini adalah surganya belanja di Indonesia. Para ibu ataupun gadis- gadis pasti akan sangat senang bila berkunjung ke Kota Bandung.

  1. Surabaya

Surabaya adalah kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Jika Jakarta terletak di ujung barat Pulau Jawa, maka Surabaya terletak di ujung timur pulau Jawa. Surabaya adalah ibukota provinsi Jawa Timur yang merupakan kota teramai kedua setelah Jakarta. Di Surabaya kita juga akan menemukan bangunan- bangunan pencakar langit meski tak sebanyak di Jakarta. Kota ini mengalami perkembangan yang sangat cepat dan meningkat pesat. Di Surabaya banyak industri yang hadir dan otomatis menjadikan Surabaya sebagai pusat ekonomi kedua seterlah kota Jakarta. Di Surabaya pula orang- orang sibuk bekerja. Namun di Surabaya kita akan menemukan lebih banyak pepohonan daripada yang kita temui di Jakarta. Surabaya merupakan salah satu kota yang terindah di Indonesia pula. Mengapa kota besar ini dikatakan indah? Nyatanya, posisi Surabaya sebagai kota maju tidak membuat kota Surabaya menjadi berantakan. Kota Surabaya ini tetap terlihat rapi, bahkan disebut- sebut sebagai “Kota Masa Depan”. Maka tidak mengherankan apabila Surabaya mendapatkan predikat ini. Perpaduan pemandangan gerung- gedung pencakar langit berkolaborasi dengan tata kota yang rapi, membuat suatu harmoni yang apik dan menjadikan mata kita tidak bosan untuk memandangnya.

Selain tata kota yang bagus dan pemandangan gedung- gedung pencakar langit, ada lagi daya tarik dari Surabaya ini. Yakni budayanya yang masih kental, terbukti dengan banyaknya hal- hal yang berbau tradisional Jawa di Surabaya ini, bahkan logat Jawa kental dari para penduduknya. Jika Bandung mempunyai banyak makanan khas, maka Surabaya pun juga mempunyai beberapa makanan khas seperti Rujak Cingur.

  1. Malang

Kota Malang, adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Timur. biasanya jika ada karyawisata ke Jawa Timur, maka tidak akan pernah ketinggalan untuk berkunjung di kota satu ini. Malang yang juga dikenal sebagai Kota Batu merupakan kota yang berada di wilayah perbukitan, sehingga kota ini memiliki udara yang sejuk seperti Bandung. Jika kita ingin bertanya apa saja tempat wisata di Malang maka kita akan merasa takjub karena saking banyaknya. Banyak sekali tempat wisata di Malang, mulain dari perkebunan hingga taman hiburan. Malang memang mempunyai tanaman yang khas, yakni buah apel. Saking banyaknya hingga ada sebuatan Apel Malang. Apel Malang ini adalah buah apel yang berwarna hijau dan ukurannya tidak terlalu besar. Ada banyak sekali pohon apel yang tumbuh di Malang sehingga perkebunan apel pun dijadikan tempat wisata. Selain perkebunan apel, ada pula perkebunan teh dan bahkan taman bunga. Taman bunga di Selecta, Malang ini mempunyai aneka bunga yang berwarna warni, seperti di Eropa saja. selain wisata alam, Malang juga sangat berembang di wisata buatannya. Ada beberapa taman hiburan di Malang yang terkenal hingga tingkat nasional, diantaranya adalah Batu Night Spectacular dan juga Jatim Park.

  1. Bogor

Kota Hujan Bogor, adalah salah satu kota yang ada di wilayah Jawa Barat. Meskipun kota ini dekat dengan pusat keramaian Jakarta, namun kota kecil ini sukses menghantarkan namanya menjadi salah satu kota terindh yang ada di Indonesia. Sama seperti kota Bandung, Bogor juga terletak di perbukitan sehingga memiliki udara yang sejuk. Kota ini mempunyai kawasan wisata yang sangat terkenal akan keindahannya. Orang- orang jika musim libur tiba maka akan banyak yang berkunjung. Kawasan tersebut adalah Puncak. Inilah yang menjadi alasan mengapa Bogor merupakan salah satu kota terindah di Indonesia.

  1. Solo

Kota yang mempunyai slogan “The spirit of Java” ini berada di Jawa Tengah. Ia adalah Surakarta atau yang dikenal dengan nama Solo. Kota ini merupakan kota unik karena keberadaannya seperti kota yang dinaungi sebuah kereton, meskipun kota ini juga dipimpin oleh seorang walikota. Solo awalnya biasa saja, hingga saat itu berkat jasa walikota Solo, Ir. H. Joko Widodo (sekarang Presiden Indonesia) berhasil menata Solo menjadi kota yang rapi. Nah, itulah yang menjadikan solo menjadi salah satu kota terindah. Solo mempunyai kebudayaan yang begitu kental, terbukti ada banyak bangunan bersejarah di kota Solo. Selain itu, yang paling terkenal dari solo salah satunya adalah kulinernya. Solo mempunyai banyak sekali aneka makanan khas yang tentunya sangat enak, mulai dari salad Solo, sosis Solo hingga sate buntel.

Nah, itulah beberapa kota yang dipilih sebagai kota terindah di Indonesia. Sebenarnya banyak sekali kota- kota indah di Indonesia, mengingat Indonesia sendiri mempunyai kenampakan alam yang sangat indah. Maka dari itulah kita harus bangga dan harus bisa melestarikan alam Indonesia.

fbWhatsappTwitterLinkedIn