Sponsors Link

Pengertian Perbukitan dan Contohnya

Sponsors Link

Permukaan bumi yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup mempunyai bentuk yang tidak rata atau berbeda- beda. Perbedaan bentuk – bentuk muka bumi tersebut dikenal dengan istilah relief permukaan bumi. Munculnya relief permukaan bumi disebabkan oleh adanya tenaga pembentuk muka bumi yang disebut tenaga geologi. Tenaga geologi sendiri ada dua macam yakni tenaga endogen dan eksogen (baca : Macam – Macam Tenaga Endogen). Kedua tenaga tersebut menyebabkan terbentuknya keragaman bentuk muka bumi  baik di daratan maupun lautan. Salah satu keragaman bentuk muka bumi di daratan adalah perbukitan. Apa itu perbukitan? Berikut adalah penjelasannya mengenai pengertian perbuktian.

Perbukitan

Pengertian Perbukitan didefinisikan sebagai beberapa bukit yang berjajar atau suatu rangkaian bukit yang panjang pada suatu daerah yang luas. Perbukitan dapat juga diartikan sebagai bentang alam berupa tonjolan- tonjolan di daratan. Istilah perbukitan mempunyai kata dasar ‘bukit’, yang diartikan sebagai suatu bentuk bentang alam yang permukaan tanahnya lebih tinggi dari permukaan tanah lain di sekitarnya, dimana permukaan tanah tersebut tidak lebih tinggi dari gunung. Sedangkan permukaan tanah yang lebih rendah yang mana letaknya di sekitar bukit disebut dengan lembah.  Lembah sendiri terbentuk karena lapisan kerak bumi  terkikis oleh air.

Bukit yang berjajar biasanya mempunyai ketinggian antara 200 sampai 500 meter di atas permukaan laut. Karena itulah, perbukitan juga disebut dengan dataran tinggi. Kawasan perbukitan banyak yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai tempat bercocok tanam, terutama tanaman sayur dan buah- buahan.  Perbukitan mempunyai pemandangan yang indah dan udara yang bersih serta sejuk sehingga banyak perbukitan yang dimanfaatkan sebagai objek wisata. Selain itu, daerah perbukitan juga digunakan sebagai daerah resapan air hujan (baca : Manfaat Sumur Resapan), sebagai paru- paru bumi dan daerah hutan lindung (baca : Fungsi Hutan Lindung dan Manfaat Hutan Lindung).

Contoh Perbukitan di Indonesia

Wilayah Indonesia membentang luas sejauh 5.200 kilometer di sepanjang garis khatulistiwa. Tak hanya mempunyai banyak pantai, Indonesia juga memiliki banyak perbukitan yang tersebar di berbagai daerah. Berikut adalah beberapa contoh perbukitan yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

  • Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah

Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng mempunyai Bukit Sikunir yang biasa digunakan wisatawan sebagai tempat untuk melihat matahari terbit. Lokasinya berada di sebelah barat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

  • Perbukitan Paras di Jawa Tengah

Perbukitan yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini membentang sepanjang 16 kilometer dari kabupaten Kebumen sampai Wonosobo. Perbukitan Paras terdiri dari beberapa bukit, yaitu Bukit Paras, Bukit Prahu, Bukit Tugel, Bukit Kakua, Bukit Punden, Bukit Diwang, Bukit Tanggulasih, Bukit Sirangkok, Bukit Lancar, Bukit Gandul, Bukit Kalisambung, Bukit Kajoran, Bukit Siloreng, dan Bukit Pukiran. Puncak tertinggi dari rangkaian bukit tersebut adalah 620 meter di atas permukaan laut.

  • Perbukitan Watu Kelir di Jawa Tengah

Perbukitan ini terletak di Kabupaten Banjarnegara, yang terdiri dari Bukit Watukelir, Bukit Bonang, Bukit Wanalela, Bukit Blumbungan, Bukit Wadasputih, Bukit Lemiring, Bukit Lamuk, Bukit Temetes Kambang, dan Bukit Igir Lemahrata.

  • Perbukitan Igir Jemaka di Jawa Tengah

Letak perbukitan ini berada di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Kebumen. Perbukitan Igir Jemaka terdiri dari Bukit Duren, Bukit Sembir, Bukit Semanda, Bukit Kepetek, Bukit Panjang, Bukit Sigerem, Bukit Sikebo, Bukit Kayubima, Bukit Prigi, Bukit, Igir Anjir, Bukit Srigunung, Bukit Jemaka Dua, Bukit Jemaka Satu, Bukit Pengadon Dan Bukit Tugel. Panjangnya sekitar sebelas kilometer dengan puncak bukit tertinggi yaitu 532 meter di atas permukaan laut.

  • Perbukitan Krewed di Jawa Tengah

Perbukitan Krewed memanjang sekitar 5 kilometer dari Kecamatan Karanggayam sampai Karanganyar. Barisan bukit ini terdiri dari Bukit Jatiwayang, Bukit Krewed, Bukit Pranji, Bukit Condong, Bukit Caplang, Bukit Penusupan, Bukit Langit, Bukit Buthak,  Bukit Tumpeng, Bukit Tutukan, Bukit Grenggeng dan Bukit Igir Gadung.


  • Perbukitan Panguk di Yogyakarta

Letaknya berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua bukit yang berdekatan di daerah ini adalah Bukit Punguk Kediwung Dlingo dan Bukit Batu Lawang.

  • Bukit Geger di Jawa Timur

Bukit ini terletak di Kabupaten Bangkalan, tepatnya 30 kilometer ke arah tenggara Kabupaten Bangkalan. Tinggi bukitnya sekitar 150 sampai 200 di atas permukaan laut. Di sekitar bukit terdapat Lembah Palenggiyan yang juga memiliki danau yang indah (baca : Macam- Macam Danau).

  • Dataran Malang di Jawa Timur

Dataran ini mempunyai letak di sekitar kota Malang, membetang dari timur laut sampai tenggara. Dataran Malang terdiri dari sumbat vulkanis (baca : Pengertian Vulkanisme) yang diduga sebagai kerucut parasit dan kumpulan sembilan kerucut lainnya.

  • Dataran Tinggi Gayo di Aceh

Dataran tinggi gayo masih termasuk dalam Pegunungan Bukit Barisan. Dataran tinggi ini membentang dari Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah sampai Gayo Lues (baca : Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah ).

  • Dataran Tinggi Karo di Sumatera Utara

Dataran tinggi Karo adalah dataran tinggi paling luas di Indonesia. Dataran tinggi ini terletak di wilayah Kabupaten Karo dan berdekatan dengan pesisir timur Sumatera Utara (baca : Ekosistem Pesisir).


  • Perbukitan Rejang di Provinsi Bengkulu

Dataran tinggi ini terletak di Kabupaten Rejang Lebong yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah. Bukit yang berada di Perbukitan Rejang adalah Bukit Kapa dan Bukit Daun. Kedua bukit tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sebagai perkebunan kopi, karet dan juga palawija.

  • Bukit Kayangan di Provinsi Jambi

Bukit Kayangan terletak di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh. Bukit Kayangan merupakan suatu bukit yang termasuk dalam rangkaian bukit barisan. Bukit barisan tersebut mengelilingi suatu daerah yang disebut Kerinci. Di daerah kerinci terdapat Danau Kerinci yang dapat dilihat dari puncak Bukit Kayangan.

  • Perbukitan Meratus di Kalimantan Selatan

Perbukitan Meratus terdiri dari beberapa bukit yakni Bukit Batas, Bukit Lintang, Bukit Langara dan Bukit Rimpi. Perbukitan ini membentang dari Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Kota Baru sampai Kabupaten Tapin.

  • Bukit Ifar Sentani di Papua

Bukit Ifar Sentani berada di sekeliling Danau Sentani, terletak di Kabupaten Jayapura, Papua. Bukit ini dapat dilihat jelas dari Pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gunung