15 Fungsi Hutan Lindung Bagi Kehidupan dan Pembanguan

Hutan lindung secara harfiah merupakan suatu bentuk hutan yang sudah ada sebelumnya, dan ditetapkan sebagai pemerintah sebagai lokasi yang dilindungi. Hutan lindung sendiri sebenarnya merupakan suatu hutan, alias lahan besar yang terdiri dari kumpulan flora dan fauna yang terbentuk baik secara alami ataupun tidak yang merupakan wilayah hutan yang memiliki fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah ( UU Republik Indonesia No.41 / 1999 ). Hutan lindung sendiri merupakan kawasan yang ditunjuk oleh pemerintah dan biasanya terletak pada wilayah hulu sungai.

Saat ini, populasi dari hutan lindung sendiri cukup memprihatinkan, karena banyak yang berada di dalam kondisi tidak terawat, dan cenderung mengalami kerusakan. Saat ini, hutan lindung tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yang terdiri dari berbagai macam jenis hutan, salah satunya adalah hutan hujan tropis.

Meskipun saat ini sudah mengalami banyak kerusakan, dan kurang terawat, namun pada dasarnya hutan lindung memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk lingkungan, maupun bagi kehidupan manusia. Apa saja manfaat dari hutan lindung? Berikut ini adalah beberapa fungsi Hutan lindung :

  1. Sebagai penyeimbang ekosistem

Fungsi dari hutan lindung yang pertama adalah sebagai penyeimbang ekosistem. Sebagai salah satu lokasi tempat tinggal bagi para hewan dan juga tumbuhan, hutan lindung berfungsi untuk melesatarikan kehidupan mereka. Hutan lindung memberikan berbagai macam ekosistem yang tentu saja sangat berguna dan juga bermanfaat bagi para flora dan juga fauna yang berada di lingkungan tempat tinggal hutan lindung. Selain itu, hutan lindung juga berfungsi sebagai penyeimabng alam, dimana segala sesuatu yang ada di dunia ini membutuhkan keseimbangan, jadi tentu saja fungsi dari hutan lindung merupakan salah satu penyeimbang dari ekosistem dan juga penyeimbang kehidupan di alam semesta ini.

  1. Sebagai tempat tinggal bermacam – macam fauna

Tidak hanya bagi manusia, hutan lindung pun memiliki fungsi yang sangat vital bagi para hewan – hewan. Banyak hewan alias fauna menggantungkan hidupnya dari keberadaan ulin ini. Di dalam hutan lindung, semua kehidupan bagi para hewan tersedia, mulai dari tempat tinggal hingga kebutuhan makanan para hewan dan satwa akan terpenuhi di dalam hutan lindung. Hal ini pun terbukti dengan adanya invasi dari para hewan yang masuk ke rumah warga ketika hutan lindung tempat mereka tinggal rusak. Dengan adanya kondisi ini, tentu saja sangat membuktikan bahwa keberadaan hutan lindung memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan satwa dan juga hewan – hewan liar.

  1. Tempat tinggal flora dan tumbuhan

Tidak hanya hewan dan juga para satwa liar, hutan lindung juga merupakan tempat berlindungnya flora alias tumbuhan. Banyak sekal flora dan juga tumbuhan yang tinggal di hutan lindung, bahkan kemungkinan masih banyak lagi spesies dari flora yang belum sempat terjamah oleh manusia, sehingga dapat menjadi bahan penelitian dari manusia untuk menemukan spesies tumbuhan baru.

  1. Lokasi resapan air

Salah satu fungsi utama dari adanya hutan lindung adalah sebagai lokasi resapan air. Lokasi resapan air di hutan lindung ini didukung oleh kondsi dimana banyak terdapat pepohonan dengan akar yangbesar, sehingga mampu untuk menyerap air. Dengan kemampuan hutan lindung dalam meyerap air ini, maka hutan lindung sangat baik untuk membantu meningkatkan resapan air pada daerah sekitarnya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggal di dekat hutan lindung. Mereka akan menjadi lebih mudah dalam menemukan sumber air, sehingga mereka tidak akan kekurangan air lagi, karena hutan lindung dapat menjadi sumber resapan air.

  1. Mencegah bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor

Fungsi hutan lindung berikutnya adalah sebagai pencegah terjadinya bencana alam, seperti banjir dan juga tanah longsor. Dengan banyaknyajumlah pohon di dalam hutan lindung, maka hal ini akan sangat baik untuk membantu menjaga kontur tanah agar menjadi lebih kokoh dan juga kuat. Selain itu, fungsi akar dari tanaman tersebut juga sangat baik untuk menyerap air, sehingga air hujan yang jatuh tidak langsung mengalir begitu saja, melainkan akan masuk dan meresap di dalam tanah dan tentu saja dapat mencegah terjadinya banjir.

  1. Sebagai sumber kehidupan bagi warga sekitarnya

Hutan selalu memberikan beragam kehidupan, tidak hanya bagi tumbuhan dan juga hewan, namun manusia pun juga dapat memetik manfaat dari hutan lindung. Manusia bisa memperoleh bahan makanan dan memperoleh kehidupan dari hutan lindung. Meskipun tidak semua hewan dan juga tumbuhan bisa dan boleh untuk diambil dari hutan lindung, namun demikian, manusia bisa memanfaatkannya, seperti mencari air di sungai, potongan ranting untuk kayu bakar, dan beberapa hewan yang tidak dilindungi pun boleh untuk diburu. Dengan demikian, semua kebutuhan hidup manusia bisa terpenuhi dan cukup banyak tersedia di dalam sebuah hutan lindung.

  1. Sebagai lokasi ekowisata

Lokasi ekowisata juga merupakan salah satu manfaat dan fungsi dari hutan lindung berikutnya. Lokasi ekowisata menggabungkan konsep tempat pariwisata dan juga pembelajaran. Dengan demikian, selain dapat memperoleh kesenangan dalam melakukan wisata, para turis pun juga akan memperoleh manfaat lainnya, yaitu dapat mempelajari keragaman flora fauna ang ada di dalam hutan lindung tersebut. Hal ini akan membuat para wisatawan menjadi lebih menghargai kekayaan alam Indonesia itu sendiri.

  1. Penyedia oksigen bagi lingungan sekitarnya

Hal ini juga merupakan fungsi penting dari sebuah hutan lindung. Ya, hutan lindung mampu menyediakan pasokan oksigen bagi dunia. Paling tidak hampir lebih dari 70% pasokan oksigen yang tersedia di dunia atau alam semesta ini disediakan oleh hutan lindung. Jadi, dapat dibayangkan apabila hutan lindung mengalami kerusakan, berarti kita akan mengalami kekurangan pasokan oksigen.

  1. Menyuplai udara bersih

Tidak hanya menyuplai oksigen, kebutuhan akan udara bersih juga sangat tinggi, terutama bagi manusia. Selain oksigen, udarah yang bersih juga dapat membantu memperbaiki sistem pernapasan manusia, sehingga dapat mengurangi kemunculan dari berbagai gangguan kesehatan pernapasan. Saat ini, udara sudah semakin kotor, dengan keberadaan polusi udara yang semakin tinggi. Namun demikian, untuk membantu menyeimbangkan kondisi udara di lingkungan, fungsi hutan lindung sangatlah vital. Hutan lindung mampu untuk menyediakan pasokan udara bersih dan juga segar, sehingga dapat menyeimbangkan kondisi udara di lingkungan agar tidak melulu memiliki kandungan yang buruk dan menyebabkan gangguan kesehatan.

  1. Sebagai lokasi untuk relaksasi dan melepas penat

Hutan lindung merupakan salah satu lokasi yang sepi dan juga sunyi. Kesunyian ini seringkali dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjadi lokasi relaksasi ataupun bersantai untuk sekedar melepas penat. Beberapa orang bisa saja menggunakan hutan lindung sebagai media terapi, dimana mereka akan mengikuti terapi outdoor, yang memungkinkan mereka mampu melepaskan stress dan juga beban pikiran ketika berada pada lingkungan terbuka yang luas, seperti hutan lindung.

  1. Untuk mendekatkan diri kepada alam

Sama halnya dengan manfaat sungai, bagi anda yang ingin mendekatkan diri dengan alam semesta, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah dengan bermain ke dalam hutan lindung. Dengan bermain ke dalam hutan lindung, maka anda akan semakin mengenal alam semesta dengan bertemu banyak ragam flora dan juga fauna yang ada. Hal ini dapat membuat anda menjadi lebih banyak bersyukur dan merasa lebih dekat dengan alam sesmeta, dan juga kepada Sang Pencipta.

  1. Meningkatkan kualitas hidup dari warga yang tinggal di sekitarnya

Dengan fungsinya yang dapat mendukung kehidupan dari warga yang tinggal di sekitarnya, maka secara otomatis hutan lindung juga memiliki fungsi yang penting untuk membantu meningkatkan taraf hidup dari para warga yang tinggal di sekitarnya. Warga yang tinggal di sekitar hutan lindung akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, hidup sehat dan juga terbebas dari ancaman bencana alam, seperti banjir dan juga tanah longsor.

  1. Mengurangi pemanasan global

Isu pemanasan global merupakan salah satu masalah yang sejak dulu menghinggapi planet bumi. Salah satu usaha mengurangi pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan hutan lindung yang dapat membantu dalam menjaga lapisan ozon pada atmosfer bumi.

  1. Mencegah terjadinya kepunahan

Biasanya hutan lindung juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kepunahan pada spesies tertentu, baik flora maupun faunanya. Dengan adanya fungsi ini, maka keberadaan hewan yang dilindungi akan terjaga dan tidak akan mudah mengalami kepunahan, mengingat sudah banyak sekali flora dan juga fauna yang mengalami kepunahan karena kerusakan ekosistem.

  1. Melindungi Hewan Langka

Fungsi hutan lindung untuk melindungi hewan langka memang bersifat mutlak, banyak hewan langka yang hidup di hutan lindung. Mengapa di hutan lindung ? karena di hutan ini dilarang pemburuan hingga memasukinya tanpa izin untuk kepentingan pribadi, jadi di pastikan tidak akan ada yang “berani” untuk berburu di sini.

Cara Menjaga Kelestarian Hutan Lindung

Hutan lindung tentu saja memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, dan juga memiliki fungsi yang amat penting untuk menjaga dan juga menyangga ekosistem agar tetap utuh. Karena itu, kita pun harus bisa m=ikut menjaga keberadaan hutan lindung ini agar dapat lestari dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membantu melestarikan hutan lindung :

  • Tidak melakukan pembalakan liar pada wilayah hutan lindung
  • Menjaga kebersihan hutan lindung
  • Tidak melakukan perburuan hewan yang dilindungi di dalam hutan lindung
  • Mengurangi jumlah penggunaan polusi udara

Pemerintah sebenarnya sudah memberikan dukungan mengenai kelestarian hutan lindung. Banyak peraturan, seperti Tap MPR dan juga keputusan Presiden yang mengarah kepada kebijakan untuk ikut menjaga dan melestarikan hutan lindung. Namun demikian, banyak dari masyarakat yang mungkin tidak mengetahui kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tersebut, sehingga pada akhirnya kebijakan pemerintah menjadi tidak berguna sama sekali untuk membantu menjaga kelangsungan hidup dari hutan lindung.

Kebijakan Pemerintah Mengenai Hutan Lindung

Berikut ini adalah beberapa kebijakan pemerintah yang mendukung kelestarian dan juga pengelolaan hutan lindung :

  • Tap MPR No.IX Tahun 2001

Tap ini berisi tentang pembaruan agraria dan pengelolaan Sumberdaya Alam, yang membahas mengenai penggunaan lahan secara optimal dan juga adil, serta ramah lingkungan untuk kemakmuran rakyat.

  • Undang – undang mengenai lingkungan

Ada banyak Undang Undang dan juga Perpu yang ikut andil dalamm mengatur pengelolaan lingkungan alam dan juga hutan lindung, seperti UU tentang pertambangan, Pengelolaan lingkungan hidup, Keanekaragaman hayati, penataan ruang, Sumber daya air, dan masih banyak lagi

  • Peraturan Pemerintah

Beberapa peraturan pemerintah atau PP juga menyinggung mengenai kelangsungan hidup dan kebersihan lingkungan, seperti perlindungan hutan, analisis dampak lingkungan, kawasan suaka alam dan pelestarian, serta perencanaan kehutanan.

  • Keputusan Presiden

Keppres juga turut andil dalam membantu menjaga isis dari hutan lindung dan keanekaragaman dari sisi hukum dan birokrasi. Keppres ini berisi banyak hal, sepertipengelolaan lingkungan, pengelolaan pariwisata, pengelolaan ekosistem, serta pengelolaan kawasan lindung.

  • Peraturan Menteri dan Peraturan daerah

Selain itu, Permen dan Perda juga turut andil dalam membantu perlindungan dan pelestarian terhadap hutan lindung secara hukum.

Dengan adanya banyak sekali dasar hukum dan juga aturan yang berlaku, maka dari itu, sudah pasti hutan lindung merupakan salah satu elemen penting di dalam kehidupan kita, baik disadari maupun tidak. Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan mengenai hutan lindung, namun kita sebagai penghuni dari alam semesta juga turut wajib membantu pemerintah dalam menggalakan progam perlindungan bagi hutan lindung. Apabila kita dapat melakukan hal sederhana untuk menjaga kelestarian hutan lindung, maka hal tersebut pastilah akan berdampak besar bagi kelestarian dan juga kelangsungan hidup dari hutan lindung itu sendiri.

Itulah beberapa fungsi hutan lindung, serta beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

,
Oleh :
Kategori : Hutan
Teachers Room

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kenampakan alam? Lalu apa saja jenis-jenis dan contohnya? Simak penjelasannya pada video berikut.