Sponsors Link

10 Manfaat Hutan Lindung bagi Bumi dan Makhluk Hidup

Sponsors Link

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya hutan merupakan salah satu kekayaan alam (baca: kekayaan alam indonesia) yang sangat besar manfaatnya. Manfaat hutan ini dapat dirasakan oleh alam atau lingkungan dan juga makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Manfaat hutan yang terbesar dan banyak diketahui oleh manusia adalah bahwa hutan mampu menjaga keseimbangan alam, bahkan hingga jangka panjang dan juga masa depan. Namun disamping bermanfaat bagi keseimbangan alam jangka panjang, hutan ini mempunyai manfaat yang lain. Manfaat hutan secara khusus juga dimiliki oleh jenis hutan itu sendiri. Banyak sekali jenis- jenis hutan di dunia ini yang kita ketahui. Dan semua jenis hutan tersebut mempunyai manfaatnya sendiri- sendiri. Sama seperti halnya dengan hutan lindung ini.

Pengertian hutan lindung

Hutan lindung merupakan salah satu jenis hutan berdasarkan kegunaannya. Hutan lindung ini sengaja dibuat oleh manusia untuk keperluan tertentu. Hutan lindung adalah kawasan yang digunakan untuk melindungi berbagai jenis tumbuhan dan juga binatang yang ada di dalamnya. Sesuai dengan namanya, hutan lindung ini bukan hanya sebagai kawasan atau tempat untuk melindungi saja, namun juga sebagai kawasan atau tempat yang pantas untuk dilindungi. Hutan lindung ini mempunyai banyak sekali manfaat atau fungsi. Ada banyak sekali manfaat dari hutan lindung. Berbagai manfaat hutan lindung ini antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk melindungi tumbuhan tertentu

Fungsi hutan lindung yang pertama adalah melindungi tumbuh- tumbuhan tertentu. Bisanya, di setiap hutan kita akan menemukan tumbuh- tumbuhan yang khas hutan tersebut. Banyak juga jenis tumbuh- tumbuhan di Indonesia yang masuk dalam kategori tumbuhan yang harus dilindungi. Dan salah satu fungsi dari hutan lindung adalah melindungi jenis tumbuhan yang harus dilindungi tersebut agar tidak terjadi kerusakan dan terutama kepunahan.

Ada berbagai macam alasan mengapa satu tumbuhan harus dilindungi. Salah satu alasannya adalah karena tumbuhan tersebut adalah tumbuhan- tumbuhan yang berguna atau mempunyai manfaat yang sangat penting. Tumbuhan juga merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat penting keberadaanya dan juga sangat perlu dilindungi. Manfaat tumbuhan sangat bermacam- macam, bisa saja tumbuhan tersebut bermanfaat sebagai obat, namun bisa juga karena tumbuhan tersebut mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

  1. Untuk melindungi binatang atau hewan yang langka

Selain untuk melindungi flora atau tumbuhan, hutan lindung juga akan melindungi fauna atau binatang yang ada di dalam hutan tersebut. Kita semua mengetahui bahwa hutan merupakan rumah bagi binatang dan juga tumbuh- tumbuhan. Dan kita juga mengetahui bahwa tumbuhan ataupu binatang adalah makhluk hidup yang mempunya banyak sekali jenis. Dari sekian banyak jenis binatang maupun tumbuh- tumbuhan, ada beberapa yang mengalami kelangkaan.

Dan salah satu fungsi dari hutan lindung adalah untuk melindungi makhluk hidup yang langka tersebut. Berbicara mengenai kelangkaan, dari binatang maupun tumbuhan, mungkin yang sering kita dengar adalah kelangkaan binatang. Dan binatang pula yang seringkali diburu oleh manusia sehingga keberadaannya sangat terancam punah. Oleh karena itulah, hutan lindung ini mempunyai salah satu fungsi untuk melindungi binatang yang banyak diburu manusia dan juga binatang yang mulai langka agar dapat terjauhkan dari kelangkaan yang sebenarnya.

  1. Menyimpan cadangan air tanah

Fungsi hutan lindung yang selanjutnya adalah menyimpan air tanah. Sebenarnya fungsi yang demikian merupakan fungsi hutan secara umum. Namun hal ini juga merupakan fungsi dari hutan lindung. Hutan lindung merupakan hutan yang mempunyai atau terdiri dari banyak sekali pepohonan. Pepohonan yang jumlahnya banyak ini akan mempunyai fungsi bagi lingkungan (baca: fungsi lingkungan).

Salah satu fungsi dari benyaknya pepohonan ini adalah menyerap air. Air yang diserap ada bermacam- macam, dan salah satunya adalah air hujan (baca: fungsi air hujan). Air hujan (baca: proses terjadinya hujan) yang turun ke wilayah hutan akan dapat diserap dengan baik oleh  akar- akar pohon. Kemudian air hujan yang diserap oleh akar- akar pohon tersebut akan disimpan dan di kunci di dalam tanah. Dan air tanah yang tersimpan di dalam tanah tersebut akan dapat dimanfaatkan di kemudian hari untuk memenuhi kebutuhan ketika musim kemarau tiba. Dengan demikian manusia tidak akan mengalami kelangkaan air ketika sedang membutuhkan.

  1. Mencegah terjadinya banjir

Manfaat dari hutan lindung yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya banjir (baca: jenis banjir). Fungsi yang demikian ini sangat erat kaitannya dengan fungsi hutan menyerap air hujan. Selama ini kita telah mengetahui bersama bahwa penyebab banjir pada umumnya  berasal dari hujan yang turun secara terus menerus dan juga deras.

Dan kemudian air dari hujan yang deras tersebut masuk ke dalam tanah karena diserap oleh akar- akar di dalam pohon. Hal seperti ini akan membantu mengurangi terjadinya banjir, karena air akan banyak yang masuk ke tanah untuk disimpan kemudian digunakan untuk masa depan ketika sedang benar- benar membutuhkan air. Maka dari itulah kita sangat jarang menemukan terjadinya banjir di wilayah hutan maupun wilayah yang berada di sekitar hutan tersebut.

  1. Mangatur sistem tata air

Fungsi selanjutnya dari hutan lindung adalah mengatur sistem tata air. Hal ini masih berhubungan dengan fungsi akar- akar pohon yang ada di dalam hutan. Akar- akar pohon mampu mampu menyerap banyak air hujan untuk kemudian disimpan dan dikunci di dalam tanah dan digunakan di kemudian hari. Hal ini akan sangat mengatur sistem tata air, sehingga ketika air yang berlebihan datang dalam bentuk hujan yang deras dan juga lama, maka air akan di serap oleh akar dan tidak akan terjadi banjir.

Sebaliknya, jika datang musim kemarau dimana air sangat sulit untuk didapatkan maka saat itu pula air yang telah simpan di dalam tanah dapat dimanfaatkan sehingga manusia dan makhluk hidup lainnya bisa mendapatkan air dan tidak sampai kekeringan. Hal ini tentu saja akan menjadi hal yang sangat seimbang dan sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

  1. Mencegah erosi tanah

Fungsi hutan lindung yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya erosi tanah. Erosi tanah merupakan peristiwa pengikisan tanah yang bisa terjadi karena berbagai hal seperti aliran air dan juga tiupan angin. Erosi tanah ini akan menyebabkan tanah menjadi mengikis dan bisa jadi akan hilang karena terlalu lama tergerus. Oleh karena hutan ini mempunyai banyak sekali jumlah pepohonan yang mempunyai akar, maka akar- akar tersebut akan melindungi tanah dari terjadinya erosi.

Akar- akar tanah akan dapat menjadi benteng sehingga tanah- tanah tersebut akan dapat terlindungi dari terjangan aliran air maupun dari tiupan angin (baca: jenis jenis angin). Oleh karena itulah kita lebih sering mendapati tanah kosong lebih mudah terjerang erosi dibandingkan tanah- tanah yang ditumbuhi oleh bermacam- macam pohon.

  1. Menjadi tempat wisata

Fungsi selanjutnya dari hutan lindung ini adalah menjadi tempat wisata. Bila dibandingkan dengan fungsi- fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi hutan lindung sebagai tempat wisata ini merupakan fungsi darau luar. Hal ini karena fungsi ini merupakan tindakan pemanfaatan dari manusia sendiri terhadap hutan. Namun hal ini tentu saja akan mendatangkan keuntungan bagi manusia. Sehingga kita bisa menghabiskan waktu liburan di alam dan bisa lebih dekat dengan alam. Selain itu, wisata di hutan juga lebih murah sekaligus bisa mengajarkan kepada anak- anak tentang bagaimana cara mencintai lingkungan dan juga alam.

  1. Menjadi tempat edukasi dan penelitian

Fungsi selanjutnya dari hutan lindung adalah sebagai tempat penelitian dan juga tempat pendidikan/ edukasi. Fungsi ini juga merupakan fungsi yang merupakan wujud pemanfaatan hutan oleh manusia. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari hutan lindung ini, khususnya pelajaran mengenai alam, pentingya hutan dan juga bagaimana cara melestarikan alam. Belajar di hutan, selain menyenangkan karena suasananya baru, juga sekaligus bisa mempraktikkan sehingga kita akan lebih mudah mengerti. Hal ini juga sangat cocok apabila diterapkan oleh anak- anak, sehingga anak- akan akan lebih menyukai pelajaran di alam dan dari alam terbuka seperti ini.

  1. Mengurangi pemanasan global

Manfaat hutan lindung yang selanjutnya adalah mengurangi pemanasan global. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya pemanasan global ini merupakan peristiwa yang sangat merugikan bagi alam. Jika pemanasan global tidak segera ditangani dengan baik maka hal ini akan berdampak pada memburuknya kondisi Bumi. Pemanasan global disebabkan karena adanya gas- gas rumah kaca yang ditimbulkan dari berbagai macam aktivitas manusia sehari- hari. Hutan dengan banyak pepohonan yang ada di dalamnya mampu meredam panasnya suhu yang ada di Bumi sehingga menjadi lebih netral. Hal ini karena pepohonan mampu memproduksi gas Oksigen yang akan menjadi pembanding gas- gas karbon yang bersifat panas.

  1. Mencegah kepunahan binatang dan tumbuh- tumbuhan

Manfaat hutan lindung yang selanjutnya adalah mencegah berbagai jenis tumbuhan dan juga binatang dan tumbuhan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ada berbagai macam jenis tumbuhan dan binatang yang harus dilestarikan keberadaannya. Salah satu alasannya karena binatang maupun tumbuhan tersebut berguna atau memiliki nilai ekonomis tinggi. Maka dari itulah sering kita dapati yang demikian ini sangat mudah punah. Dan untuk mencegah kepunahan itu terjadi, kita bisa melindunginya dengan menempatkannya di wilayah tertentu, yakni hutan lindung.

Itulah beberapa fungsi dari hutan lindung yang bisa kita rasakan. Selain fungsi- fungsi yang telah disebutkan di atas, masih banyak lahi fungsi dari hutan lindung yang dapat kita rasakan baik sadar maupun tidak sadar, maka dari itu hutan lindung harus kita jaga kelestariannya (baca: cara menjaga kelestarian hutan). yang sangat besar manfaatnya. Manfaat hutan ini dapat dirasakan oleh alam atau lingkungan dan juga makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Manfaat hutan yang terbesar dan banyak diketahui oleh manusia adalah bahwa hutan mampu menjaga keseimbangan alam, bahkan hingga jangka panjang dan juga masa depan. Namun disamping bermanfaat bagi keseimbangan alam jangka panjang, hutan ini mempunyai manfaat yang lain. Manfaat hutan secara khusus juga dimiliki oleh jenis hutan itu sendiri. Banyak sekali jenis- jenis hutan di dunia ini yang kita ketahui. Dan semua jenis hutan tersebut mempunyai manfaatnya sendiri- sendiri. Sama seperti halnya dengan hutan lindung ini.

Manfaat Hutan Lindung

Hutan lindung merupakan salah satu jenis hutan berdasarkan kegunaannya. Hutan lindung ini sengaja dibuat oleh manusia untuk keperluan tertentu. Hutan lindung adalah kawasan yang digunakan untuk melindungi berbagai jenis tumbuhan dan juga binatang yang ada di dalamnya. Sesuai dengan namanya, hutan lindung ini bukan hanya sebagai kawasan atau tempat untuk melindungi saja, namun juga sebagai kawasan atau tempat yang pantas untuk dilindungi. Hutan lindung ini mempunyai banyak sekali manfaat atau fungsi. Ada banyak sekali manfaat dari hutan lindung. Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari hutan lindung ini antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk melindungi tumbuhan tertentu

Fungsi hutan lindung yang pertama adalah melindungi tumbuh- tumbuhan tertentu. Bisanya, di setiap hutan kita akan menemukan tumbuh- tumbuhan yang khas hutan tersebut. Banyak juga jenis tumbuh- tumbuhan di Indonesia yang masuk dalam kategori tumbuhan yang harus dilindungi. Dan salah satu fungsi dari hutan lindung adalah melindungi jenis tumbuhan yang harus dilindungi tersebut agar tidak terjadi kerusakan dan terutama kepunahan. Ada berbagai macam alasan mengapa satu tumbuhan harus dilindungi.

Salah satu alasannya adalah karena tumbuhan tersebut adalah tumbuhan- tumbuhan yang berguna atau mempunyai manfaat yang sangat penting. Tumbuhan juga merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat penting keberadaanya dan juga sangat perlu dilindungi. Manfaat tumbuhan sangat bermacam- macam, bisa saja tumbuhan tersebut bermanfaat sebagai obat, namun bisa juga karena tumbuhan tersebut mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

  1. Untuk melindungi binatang atau hewan yang langka

Selain untuk melindungi flora atau tumbuhan, hutan lindung juga akan melindungi fauna atau binatang yang ada di dalam hutan tersebut. Kita semua mengetahui bahwa hutan merupakan rumah bagi binatang dan juga tumbuh- tumbuhan. Dan kita juga mengetahui bahwa tumbuhan ataupu binatang adalah makhluk hidup yang mempunya banyak sekali jenis. Dari sekian banyak jenis binatang maupun tumbuh- tumbuhan, ada beberapa yang mengalami kelangkaan.

Dan salah satu fungsi dari hutan lindung adalah untuk melindungi makhluk hidup yang langka tersebut. Berbicara mengenai kelangkaan, dari binatang maupun tumbuhan, mungkin yang sering kita dengar adalah kelangkaan binatang. Dan binatang pula yang seringkali diburu oleh manusia sehingga keberadaannya sangat terancam punah. Oleh karena itulah, hutan lindung ini mempunyai salah satu fungsi untuk melindungi binatang yang banyak diburu manusia dan juga binatang yang mulai langka agar dapat terjauhkan dari kelangkaan yang sebenarnya.

  1. Menyimpan cadangan air tanah

Fungsi hutan lindung yang selanjutnya adalah menyimpan air tanah (baca: ciri-ciri air tanah). Sebenarnya fungsi yang demikian merupakan fungsi hutan secara umum. Namun hal ini juga merupakan fungsi dari hutan lindung. Hutan lindung merupakan hutan yang mempunyai atau terdiri dari banyak sekali pepohonan. Pepohonan yang jumlahnya banyak ini akan mempunyai fungsi bagi lingkungan (baca: fungsi lingkungan). Salah satu fungsi dari benyaknya pepohonan ini adalah menyerap air.

Air yang diserap ada bermacam- macam, dan salah satunya adalah air hujan (baca: fungsi air hujan). Air hujan (baca: proses terjadinya hujan) yang turun ke wilayah hutan akan dapat diserap dengan baik oleh  akar- akar pohon. Kemudian air hujan yang diserap oleh akar- akar pohon tersebut akan disimpan dan di kunci di dalam tanah. Dan air tanah yang tersimpan di dalam tanah tersebut akan dapat dimanfaatkan di kemudian hari untuk memenuhi kebutuhan ketika musim kemarau tiba. Dengan demikian manusia tidak akan mengalami kelangkaan air ketika sedang membutuhkan.

  1. Mencegah terjadinya banjir

Manfaat dari hutan lindung yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya banjir (baca: jenis jenis banjir). Fungsi yang demikian ini sangat erat kaitannya dengan fungsi hutan menyerap air hujan. Selama ini kita telah mengetahui bersama bahwa penyebab banjir pada umumnya  berasal dari hujan yang turun secara terus menerus dan juga deras. Dan kemudian air dari hujan yang deras tersebut masuk ke dalam tanah karena diserap oleh akar- akar di dalam pohon. Hal seperti ini akan membantu mengurangi terjadinya banjir, karena air akan banyak yang masuk ke tanah untuk disimpan kemudian digunakan untuk masa depan ketika sedang benar- benar membutuhkan air. Maka dari itulah kita sangat jarang menemukan terjadinya banjir di wilayah hutan maupun wilayah yang berada di sekitar hutan tersebut.

  1. Mangatur sistem tata air

Fungsi selanjutnya dari hutan lindung adalah mengatur sistem tata air. Hal ini masih berhubungan dengan fungsi akar- akar pohon yang ada di dalam hutan. Akar- akar pohon mampu mampu menyerap banyak air hujan untuk kemudian disimpan dan dikunci di dalam tanah dan digunakan di kemudian hari. Hal ini akan sangat mengatur sistem tata air, sehingga ketika air yang berlebihan datang dalam bentuk hujan yang deras dan juga lama, maka air akan di serap oleh akar dan tidak akan terjadi banjir.

Sebaliknya, jika datang musim kemarau dimana air sangat sulit untuk didapatkan maka saat itu pula air yang telah simpan di dalam tanah dapat dimanfaatkan sehingga manusia dan makhluk hidup lainnya bisa mendapatkan air dan tidak sampai kekeringan. Hal ini tentu saja akan menjadi hal yang sangat seimbang dan sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.


  1. Mencegah erosi tanah

Fungsi hutan lindung yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya erosi tanah. Erosi tanah merupakan peristiwa pengikisan tanah yang bisa terjadi karena berbagai hal seperti aliran air dan juga tiupan angin. Erosi tanah ini akan menyebabkan tanah menjadi mengikis dan bisa jadi akan hilang karena terlalu lama tergerus. Oleh karena hutan ini mempunyai banyak sekali jumlah pepohonan yang mempunyai akar, maka akar- akar tersebut akan melindungi tanah dari terjadinya erosi.

Akar- akar tanah akan dapat menjadi benteng sehingga tanah- tanah tersebut akan dapat terlindungi dari terjangan aliran air maupun dari tiupan angin. Oleh karena itulah kita lebih sering mendapati tanah kosong lebih mudah terjerang erosi dibandingkan tanah- tanah yang ditumbuhi oleh bermacam- macam pohon.

  1. Menjadi tempat wisata

Fungsi selanjutnya dari hutan lindung ini adalah menjadi tempat wisata. Bila dibandingkan dengan fungsi- fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi hutan lindung sebagai tempat wisata ini merupakan fungsi darau luar. Hal ini karena fungsi ini merupakan tindakan pemanfaatan dari manusia sendiri terhadap hutan. Namun hal ini tentu saja akan mendatangkan keuntungan bagi manusia. Sehingga kita bisa menghabiskan waktu liburan di alam dan bisa lebih dekat dengan alam. Selain itu, wisata di hutan juga lebih murah sekaligus bisa mengajarkan kepada anak- anak tentang bagaimana cara mencintai lingkungan dan juga alam.

  1. Menjadi tempat edukasi dan penelitian

Fungsi selanjutnya dari hutan lindung adalah sebagai tempat penelitian dan juga tempat pendidikan/ edukasi. Fungsi ini juga merupakan fungsi yang merupakan wujud pemanfaatan hutan oleh manusia. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari hutan lindung ini, khususnya pelajaran mengenai alam, pentingya hutan dan juga bagaimana cara melestarikan alam. Belajar di hutan, selain menyenangkan karena suasananya baru, juga sekaligus bisa mempraktikkan sehingga kita akan lebih mudah mengerti. Hal ini juga sangat cocok apabila diterapkan oleh anak- anak, sehingga anak- akan akan lebih menyukai pelajaran di alam dan dari alam terbuka seperti ini.

  1. Mengurangi pemanasan global

Manfaat hutan lindung yang selanjutnya adalah mengurangi pemanasan global. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya pemanasan global ini merupakan peristiwa yang sangat merugikan bagi alam. Jika pemanasan global tidak segera ditangani dengan baik maka hal ini akan berdampak pada memburuknya kondisi Bumi.

Pemanasan global disebabkan karena adanya gas- gas rumah kaca yang ditimbulkan dari berbagai macam aktivitas manusia sehari- hari. Hutan dengan banyak pepohonan yang ada di dalamnya mampu meredam panasnya suhu yang ada di Bumi sehingga menjadi lebih netral. Hal ini karena pepohonan mampu memproduksi gas Oksigen yang akan menjadi pembanding gas- gas karbon yang bersifat panas.

  1. Mencegah kepunahan binatang dan tumbuh- tumbuhan

Manfaat hutan lindung yang selanjutnya adalah mencegah berbagai jenis tumbuhan dan juga binatang dan tumbuhan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ada berbagai macam jenis tumbuhan dan binatang yang harus dilestarikan keberadaannya. Salah satu alasannya karena binatang maupun tumbuhan tersebut berguna atau memiliki nilai ekonomis tinggi. Maka dari itulah sering kita dapati yang demikian ini sangat mudah punah. Dan untuk mencegah kepunahan itu terjadi, kita bisa melindunginya dengan menempatkannya di wilayah tertentu, yakni hutan lindung.

Itulah beberapa fungsi dari hutan lindung yang bisa kita rasakan. Selain fungsi- fungsi yang telah disebutkan di atas, masih banyak lahi fungsi dari hutan lindung yang dapat kita rasakan baik sadar maupun tidak sadar, maka dari itu hutan lindung harus kita jaga kelestariannya (baca: cara menjaga kelestarian hutan).

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 15th, August 2016 / 12:07 Oleh :
Kategori : Hutan