Ciri- ciri Air Tanah Permukaan dan Penjelasannya

Air (baca: banjir air) merupkan sumber daya alam (baca: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui dan jenis sumber daya alam) yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tidak hanya manusia saja, namun juga semua makhluk hidup yang berada di Bumi atau bahkan Bumi sendiri. Bagaimanapun air tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari- hari.

Seperti yang kita kethui bersama bahwasannpa planet Bumi (baca: planet di tata surya) ini dapat dihuni oleh manusia salah satunya karena Bumi mempunyai kandungan air yang cukup banyak. Ada berbagai macam jenis air yang ada di Bumi. Dari berbagai macam jenis air yang ada di Bumi, salah satu yang kita kita ketahui adalah jenis air tanah (baca: ciri-ciri air tanah yang baik).

Pengertian Air Tanah

Air tanah merupakan salah satu jenis air yang ada di Bumi. Oleh karena namanya adalah air tanah, maka jenis air ini juga tidak jauh letak ya dari tanah (baca: polusi tanah). Air tanah merupakan jenis air yang terdapat di dalam pori- pori tanah atau air yang etrdapat pada celah- celah batuan penyusun lapisan Bumi.  Jika ditanyakan darimana air tanah ini berasal, maka jawaban yang paling tepat adalah dari air hujan (baca: fungsi air hujan). Ketika hujan turun, sebagian titik- titik air akan meresap ke dalam tanah atau disebut dengan infiltrasi. Air hujan yang masuk ke dalam tanah inilah yang akan menjadi sumber daripada air tanah.

Jenis- jenis Air Tanah

Tahukah Anda bahwa ternyata air tanah ini dapat dipecah menjadi beberapa macam? Sehingga tidak hanya berupa satu macam air tanah saja. Setidaknya ada beberapa kategori yang menjadi patokan pemecahan berbagai jenis air tanah ini. air tanah dipecah menjadi beberapa jenis berdasar pada asal air tersebut, letaknya, dan wilayahnya. Berikut ini merupakan jenis air tanah secara lebih lengkap.

1. Menurut asalnya, air tanah terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Air tanah yang berasal dari lapisan atmosfer/ angkasa (meteorik water), yakni berasal dari hujan dan pencairan salju.
  • Air tanah yang berasal dari dalam perut Bumi, misalnya air yang tersimpan dalam batuan sedimen.

2. Menurut letaknya, air tanah terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Air tanah permukaan (freatik), merupakan air tanah yang terdapat di atas lapisan tanah/ batuan yang tidak dapat ditembus oleh air (impermeable).
  • Air tanah dalam, merupakan air tanah yang berada di bawah lapisan tanah/ batuan yang juga tidak tertembus oleh air (impermeable).

3. Menurut wilayahnya, air tanah dibagi menjadi 4 wilayah, yaitu:

Itulah beberapa pembagian atau jenis dari air tanah. Dari beberapa jenis air tanah tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ciri- ciri satu jenis air tanah. Ciri-ciri air tanah yang akan kita bahasa adalah air tanah permukaan.

Ciri- ciri Air Tanah Permukaan

Air tanah permukaan merupakan air yang berada di atas lapisan tanah atau batuan. Air tanah permukaan ini mempunyai ciri- ciri air tanah permukaan sebagai berikut :


  1. Pada bagian atas dan bagian bawah lapisan mengandung air yang dibatasi oleh lapisan yang bersifat kedap
  2. Lapisan yang mengandung air terletak di daerah siklinal dari suatu formasi yang berada di daerah lipatan
  3. Air tanah dapat memancar apabila tekanan pada daerah siklinal cukup kuat, dan apabila tenakan tidak cukup kuat maka air dapat mengalir naik

Itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh air tanah permukaan ini. Air tanah permukaan merupakan air tanah yang mengandung banyak manfaat (baca: ekosistem air) dan sering juga dimanfaat oleh manusa dalam berbagai hal, seperti pertanian dan juga pengairan.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Hidrologi