17 Pulau Terindah di Dunia (No.1 ada di Indonesia)

Berlibur dengan keluarga maupun teman-teman, tentu menginginkan tempat yang menawan, sejuk dan pastinya bagus untuk berfoto. Nah, berikut ini pulau terindah di dunia yang perlu diketahui dan dikunjungi:

  1. Pulau Bali atau Pulau Dewata

Pulau Dewata atau Pulau Bali, siapa yang tidak mengenal pulau yang satu ini? Pulau Bali atau yang juga dikenal dengan Pulau Dewata ini menjadi pulau yang paling terkenal di dunia karena pesonanya yang sungguh luar biasa (baca: pulau terbesar di dunia). Pulau Bali ini mempunyai pulau sebesar 5.636 km² dan merupakan golongan dari Kepulauan Sunda Kecil. Pulau Bali ini terletak sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Sementara secara astronomis, Pulau Bali terletak di 8°25’23’’ Lintang Selatan dan 115°14’55’’ Bujur Timur. dilihat dari letak astronomisnya, Pulau Bali ini mempunyai iklim tropis seperti wilayah Indonesia yang lain (baca: letak astronomis Indonesia dan letak geografis).

Pulau Bali menjadi pulau yang paling diminati di dunia karena memiliki Pulau Bali ini. Bahkan banyak turis mancanegara yang lebih mengenal Pulau Bali daripada Indonesia sendiri. Lucu ya? Pulau Bali sangat terkenal akan keindahannya, yakni adanya berderet ekosistem pantai berpasir putih dan berlaut biru. Pantai- pantai di Pulau Bali, selain terkenal akan keindahannya, juga terkenal akan fasilitasnya yang modern. Misalnya saja Pantai Kuta, pantai ini memiliki sederet fasilitas yang sangat mewah seperti hotel berbintang, pusat perbelanjaan hingga restoran berkelas yang menawarkan menu dari berbagai belahan dunia.

Selain terkenal dengan pantainya, keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Bali yang lainnya adalah gunung (baca: gunung meletus). Topografi yang dimiliki oleh pulau Bali ini membuatnya mempunyai serentetan gunung yang berjajar- jajar membentang dari barat ke timur. Beberapa gunung di Bali ini adalah jenis gunung berapi (baca: erupsi gunung berapi), seperti Gunung Batur dan Gunung Agung. Namun ada pula beberapa gunung yang tidak merupakan jenis gunung berapi, seperti Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya.

Selain keindahan alamnya, yang menjadi daya tarik dari pulai ini adalah kekentalan Budaya, adat- istiadat dan juga keagamaan yang dianut oleh masyarakatnya. Bahkan di Indonesia, Bali menjadi kibal dari masyarakat yang beragama Hindhu. Pulau Bali ini mempunyai semboyan Bali Dwipa Jaya. Pulau Bali memiliki banyak tempat favorit para turis baik domestik maupun mancanegara. Beberapa tempat favorit tersebut adalah Jimbaran, Gianyar, Seminyak, Badung, Kuta, Nusa Lembingan dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita mengunjungi Pulau Bali ini, yakni kita harus senantiasa menjage kesopanan terhadap pengunjung lainnya, menghargai satu sama lain serta berperilaku baik.

  1. Pulau Santorini

Pulau selanjutnya yang menjadi pulau terkenal di dunia selanjutnya adalah Pulau Santorini. Pulau Santorini merupakan pulau yang berada di wilayah negara Yunani. Pulau ini merupakan pulau kecil yang mempunyai luas sekitar 73 km². Pulau ini dihuni oleh sekitar 13.600 penduduk menurut sendir tahun 2001. Pulau Santorini mempunyai musim panas dan musim hangat (baca: pembagian musim di Indonesia) yang berlangsung pada April hingga Oktober, serta musim hujan dan dingin yang berlangsung dari November hingga Maret.

Pulau Santorini ini merupakan perumahan yang sangat terkenal kaya akan Anggur, sehingga pulau ini sangat terkenal dengan produk Wine nya yang istimewa. Anggur yang ditanam di Pulau ini pun mempunyai jenis yang bermacam- macam, setidaknya ada 36 jenis anggur. Namun dari 36 jenis anggur tersebut hanya 4- 5 jenis saja yang digunakan untuk membuat Wine. Selain anggur, ada tanaman yang terkenal lainnya dari pulau ini, yakni Kacang. Bahkan Santorini dikenal sebagai pengekspor kacang Fava. Kacang Fava ini bisa digunakan untuk membuat saus, pasta dan berbagai macam makanan olahan.

Ada yang lain yang juga menarik tentang pulau Santorini ini, yakni mengenai keberadaan cerita sejarah. Santorini memiliki sejarah yang panjang yang memuat tentang asal usul datangnya manusia. pulau Santorini mengalami perubahan yang besar kibat adanya letusan gunung (baca: dampak letusan gunung). Namun berkat letusan gunung berapi ini maka pulau ini menjadi subur (baca: ciri tanah subur dan tidak subur), sehingga pulau ini diselimuti oleh tanah vulkanis yang cocok ditanami oleh berbagai macam tumbuhan.

  1. Pulau Bora- Bora

Pulau yang terkenal indah ketiga di dunia adalah Pulau Bora- Bora. Pulau ini terletak di negara Perancis. Pulau Bora- bora ini merupakan pulau di gugus Leeward dari Kepulauan masyarakat Polinesia yang merupakan jajahan seberang laut Perancis, tepatnya di Samudera Pasifik. Pulau Bora- bora dikelilingi oleh laguna dan deretan terumbu karang. Di tengah- tengah pulau ini terdapat bekas sebuah gunung berapi yang mempunyai dua puncak, yakni Gunung Pahia dan Gunung Otemanu yang memiliki titik tertinggi 727 m. Pulau ini dihuni oleh sekitar 8.880 jiwa menurut sensus tahun 2008.

Pulau Bora- bora terkenal akan wisata ekstrimnya, yakni memiliki banyak spesies hiu. Jenis wisata yang ditawarkan seperti paket wisata memberi makan hiu serta berenga bersama dengan ikan pari. Mengapa wiasata yang ditonjolkan adalah wisata air? Karena pulau ini mempunyai wilayah pantai (baca: manfaat pantai) yang sangat indah serta ekosistem air laut yang biru bening sehingga tidak bosan kita untuk kesana.

  1. Pulau Jawa

Waw, pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan pulau yang merupakan pulau terpadat di Indonesia, bahkan di dunia ini termasuk pulau terindah di dunia. Pulau Jawa memiliki luas 126.700 km². Dengan luas sekian, pulau Jawa ini dihuni oleh sekitar 160 juta orang. Mengapa pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di dunia ini menjadi pulau terindah? Jawabannya terdapat di sebelah selatan pulau Jawa. Sebelah selatan pulau Jawa memiliki rahasia keindahan yang memukau, seperti keindahan pantainya yang berpasir putih. Pantai- pantai ini dapat kita nikmati di berbagai tempat seperti di Gunung Kidul, Pacitan, dan Pangandaran. Selain pantai pasir putihnya yang indah, daya tarik lain yang dimilki oleh pulau ini adalah keberadaan gunung dan pegunungannya. Banyak sekali gunung yang berdiri gagah di pulau ini. Terdapat 2 jenis gunung yang ada di pulau Jawa, yakni jenis gunung berapi dan bukan berapi. Keberadaan gunung- gunung berapi ini menyebar di pulau Jawa dari mulau bagian barat hingga timur sehingga kita bisa memilih gunung mana yang akan menjadi tujuan wisata kita. Setiap gunung mempunyai karakteristiknya masing- masing sehingga keindahan yang akan kita dapatkan pun berbeda- beda. Banyak orang yang menjadikan pendakian gunung sebagai salah satu destinasi wisata yang menantang namun menarik.

Selain pemandangan alamnya yang alami, pulau Jawa juga mempunyai banyak sekali tempat- tempat wisata baik yang bernilai sejarah maupun yang sengaja diadakan oleh manusia. banyak sekali destinasi wisata yang ada di pulau Jawa ini seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, dan lain sebagainya. Selain itu, Pulau Jawa juga merupakan pulau yang mempunyai banyak sekali pemduduknua yang memiliki keragaman budaya yang tinggi, pulau Jawa ditemoati oleh beberapa suku yang berbeda sehingga adat istiadatnya pun juga berbeda. Perbedaan inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Jawa itu sendiri di mata para wisatawan.

  1. Pulau Tahiti

Lagi, masih tentang wilayah Perancis. Sekarang ada Pulau Tahiti. Pulau ini terletak di Polinesia, Perancis. Pulau ini menjadi salah satu pulau yang paling indah di dunia. Pualu Tahiti terletak di sebelah selatan Samudera Pasifik. Pulau Tahiti juga menjadi salah satu pulau yang mempunyai penduduk paling banyak di Perancis, yakni sekitar 169.677 menurut sensus tahun 2002 dengan luas wilayah sekitar 1.048 km². Di Pulau Tahiti ini ada banyak sekali fasilitas liburan yang dapat kita nikmati. Di pulau ini kita juga bisa datang ke Le Marche yakni sebuah tempat yang merupakan pasar yang penuh dengan warna yang menyajikan berbagai macam kerajinan seni. Di Pulau ini juga banyak berbagai fasilitas transportasi yang dapat kita gunakan seperti perahu untuk menikmati keindahan alam. Di Pulau Tahiti ini kita akan menemukan berbagai fasilitas penginapan seperti hotel- hotel berbintang.

  1. Pulau Hawai

Hawai, siapa yang tidak mengenal pulau ini? Hawai menjadi salah satu tempat yang paling diminati sebagai tempat wisata di dunia. Keindahan pemandangan pulau Hawai ini menjadi sangat terkenal. Hawai berada di wilayah Amerika Serikat, namun keberadaan pulau ini terpisah dengan Benua Amerika. Pulau Hawai ini pertama kali ditemukan oleh James Cook yang merupakan penjelajah dari Inggris. Ketika James Cook menemukan pulau ini, ternyata Hawai masih berbentuk sebuah kerajaan yang ketika itu tangah dipimpin oleh seorang raja yakni Raja Kamehameha I.

Dilihat dari struktur tanah yag dimilikinya, Pulau Hawai mempunyai kesamaan dengan pulau Jawa, yakni memiliki tanah Vulkanik. Ada suatu tempat yang menarik di pulau Hawai ini, yakni Hawaii Volcanoes National Park. Hawaii Volcanoes National Park ini merupakan tempat yang ekstrim. Di tempat ini, kita bisa menemukan berbagai macam flora dan fauna yang sifatnya langka. Karena keindahan alamnya yang mempesona, maka Hawai ini menjadi salah satu tempat favorit untuk fotografi.

Selain Hawaii Volcanoes National Park, temat rekreasi selanjutnya adalah Wimea Canyon. Wimea Canyon merupakan suatu tempat yang begitu indah dan mempesona. Tempat ini banyak mempunyai tebing- tebing yang tinggi sehingga kita bisa melakukan panjat tebing di tempat ini. Selain itu, tempat ini juga asri dan hijau, sehingga menambah keindahan tempat ini.

  1. Pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang terkenal di Indonesia. Lombok, terkenal akan keindahan alamnya yang sangat memukau dan sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Larisnya Lombok ini hampir menyamai Bali dalam hal pariwisatanya. Seperti Pulau Bali, pulau Lombok ini merupakan sebuah Pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil. Antara Bali dan juga Lombok, dipisahkan oleh sebuah selat yang dinamakan Selat Lombok yang ada di sebelah barat. Sementara di sebelah timur, pulau ini berbatasan dengan Pulau Sumbawa yang dipisahkan dengan Selat Alas yang berada di sebelah timur. Pulau Lombok ini mempunyai luas yang mencapai 5.435 km².

Pulau Lombok mempunyai bentuk bulat dan mempunyai semacam ekor di sisi barat daya yang panjangnya mencapai sekitar 70 km. Pada zaman dahulu pulau Lombok mempunyai nama Kerajaan Laeq. Semakin berkembangnya zaman, maka pulau Lombok ini juga semakin berkembang. pulau Lombok ini mempunyai banyak sekali keindahan alam dan juga temoat yang menarik, seperti pantai yang mempunyai air jernih dan juga pasir yang berkilau.

Seperti halnya pulau Bali, di Pulau Lombok ini juga telah dibangun berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, seperti hotel berbintang, resort, restoran berkelas, dan lain sebagainya. Dan yang menjadi daya tarik pantai di Lombok ini adalah keberadaan bukitnya yang bederet memanjang di balik perbukitan ini. Dengan demikian kita bisa menikmati pemandangan pantai dan juga bukit dalam tempat yang sama.

  1. Pulau Komodo

Lagi- lagi adalah pulau yang ada di nusantara kita menyandang predikat sebagai pulau yang paling indah di dunia. Ialah pulau Komodo. Pulau Komodo merupakan pulau yang letaknya di wilayah Nusa Tenggara. Kita sebagai masyarakat Indonesia tentu sudag tidak asing lagi mendengar nama ini. Alasannya adalah karena pulau ini merupakan pulau yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Mengapa dilindungi? Tentu saja karena pulau ini merupakan rumah para Komodo yang merupakan hewan khas yang hanya hidup di pulau tersebut dan tidak ditemukan lagi di tempat lain di dunia ini. pulau Komodo ini secara administratif tercatat di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo juga menjadi pulau atau wilayah yang berada di ujung barat Nusa Tenngara Timur dan berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat.

Pulau ini menjadi sangat terkenal karena keberadaan Komodo yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia ini. komodo merupakan seekor kadal raksasa yang berkaki empat, mempunyai lidah yang menjulur dan berbisa. Ukuran binatang ini besar dan bisa berlari kencang sehingga sangat mudah apabila mengejar manusia. Karena keganasannya dalam menyerang mangsanya, maka biasanya manusia tidak boleh terlalu dekat dengan Komodo. Di Pula Komodo ini terdapat Cagar Alam Wae Wuul yang merawat sekitar 100 ekor Komodo. Selain dilindungi oleh pemerintah Indonesia, pulau ini juga dilindungi di mata negara. Hal ini karena Pulau Komodo ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, sehingga keberadaannya harus dijaga.

  1. Pulau Gili Meno

Pulau Gili Meno merupakan pulau yang sangat terkenal dengan keindahan lautnya (baca: macam- macam laut). Pulau Gili Meno bahkan menjadi pulau tujuan oleh para pecinta alam. Jika menghabisakan waktu di pulau ini, maka pengunjung bisa melakukan snorkellling maupun diving. Pulau Gili Meno ini bukanlah pulau yang besar, terbukti bahwa penduduk yang menempati pilau ini sekitar 500 orang saja. Selain keindahan alam awah lautnya, pulau ini juga banyak mempunyai koleksi burung langka sehingga keberadaannya diperhatikan dan dilindungi oleh pemerintah. Pulai Gili Meno ini merupakan salah satu pulau berada di wilayah Indonesia. Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa pesona Indonesia sangatlah berharga.

  1. Pulau Nantucket

Pulau terindah di dunia selajutnya adalah Pulau Nantucked. Pulau Nantucked merupakan salah satu pulau yang terletak di wilayah Amerika Serikat, tepatnya pulau ini berada di 50 km di sebelah selatan, Cape Cod. Pulau ini dihuni oleh sekitar 10.172 orang menurut sensus penduduk tahun 2011. Pulau ini banyak menjadi tujuan wisata bagi masyaraka Amerika Serikat, khususnya untuk berlibur. Yang menarik dari Pulau Nantucked ini, kita bisa melihat rumah yang harganya paling mahal di dunia. Di Pulau ini dibangun rumah- rumah yang harganya sangat mahal dan tentu saja sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Menarik bukan? tentu saja keberadaan puau ini menjadi dayavtarik tersendiri, khususnya untuk masyarakat Amerika.

  1. Pulau Maldives atau Maladewa

Belakangan ini pulau Maldives atau Maladewa menjadi sebuah pulau yang menjadi perbincangan hangat karena keindahannya. Pulau Maldives atau Maladewa ini berada di pinggiran Samudera Pasifik. Karena letaknya masih di dekat garis khatulistiwa, maka pulau ini mempunyai iklim tropis. Karena iklimnya yang tropis, maka pemnadangan yang ada di Maldives ini manjadi sangat memukau. Terlebih adanya rumah- rumat atau cotage- cotage yang dibangun menyerupai ekor pulau ini menambah keindahan yang lebih memukau dan tentu berbeda dengan pulau lainnya. Maldives atau Maladewa tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya, namun lebih sari itu. Kelebihan lainnya adalah Maldives ini mempunyai flora dan fauna yang khas dan tidak dimiliki oleh negara- negara lain.

  1. Pulau Palawan

Selanjtnya adalah Pulau Palawan. pulau ini berada di wilayah negara Filiphina. Pulau Palawan ini memiliki keindahan alam yang tidak diragukan lagi. Saking indahnya, pulau ini dijuluki sebagai “Heaven on the Earth”. Lebih dari itu, pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Pulau Palawan ini memiliki ragam yang subur dan indah. Di pulau ini juga terdapat ikan tropis yang akan memberikan tawaran kepada pengunjung untuk menyelam dan menyaksikan keindahan laut yang menakjubkan.

  1. Pulau Seychelles

Pulau yang terindah selanjutya adalah Pulau Seychelles. Pulau Seychelles adalah salah satu pulau khas yang keindahannya jarang dimiliki oleh pulau- pulau lainnya. Pulau Seychelles terletak di sebelah timur Kenya. Keidahan alam pulau Seychelles ini sudah tersohor di beberapa wilayah sekitar pulau tersebut. Sama seperti beberapa pulau yang telah kita jelaskan di atas, pulau Seychelles ini memiliki keindahan laut yang memukau. Keindahan alam bawah laut ini menjadikan banyak orang yang datang ke pulau ini untuk berlibur.

  1. Pulau Cook

Anda seorang petuang sejati? Jika benar, mungkin Anda lebih memilih ke tempat yang masih “perawan” dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Terlebih tempat tersebut adalah tempat yang sangat indah. Selain bisa menikmati pemandangan alam dengan puas tanpa gangguan, kita juga akan memperoleh ketenangan. Nah, jika demikian pulau Cook lah menjadi pilihan yang sangat tepat. Kepulauan atau Pulau Cook merupakan pulau yang terletak di bagian selatan Samudera Pasifik (baca: samudera Atlantik). Pulau ini disebut- sebut sebagai pulau yang sangat indah dan belum terjamah oleh manusia. di Pulau ini kita bisa menemukan banyak pohon kelapa yang berwarna hijau berjajar- jajar di tepi pantai, dipadukan dengan warna pasir pantai yang putih berkilau seperti mengandung mutiara, serta kita dapat menemukan sebuah gunung berapi di pulau tersebut. Benar- benar seperti di film, kita bisa merasakan sensasi pulau pribadi di sana.

  1. Pulau Dalmatian

Selanjutnya adalah Dalmatian Island. Pulau Dalmatian terletak di Negara Kroasia. Pulau Dalmatian ini memiliki ciri khas sekaligus icon bagi keindahannya, yakni pemandangan sun set atau matahari (baca: bagian- bagian matahari) tenggelam yang menakjubkan. Bahkan di setiap sore, pantai di pulau ini selalu dipadati ribuan orang untuk menyaksikan pemandangan sun set yang terkenal itu.

  1. Pulau Fiji

Pulau Fiji adalah salah satu pulau yang dimiliki Negara Australia. Pulau ini menjadi sangat menarik karena dikenal mempunyai pemandangan yang sangat indah. Pantai yang memiliki pasir putih berkilau seperti mutiara, ombak laut yang biru menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

  1. Pulau Kaua’i

Pulau Kaua’I disebut- sebut sebagai salah satu pulau terindah di dunia. Pemandangan alam di pulau ini, yakni kombinasi antara pantai dan taman menjadikan mata tak lelah memandang. Pulau Kaua’I dikenal dengan sebutan “The Garden Isle”, bahkan ada yang mengatakan bahwa pulau ini keindahannya bagaikan surga firdaus yang menetes ke Bumi. Penasaran?

Nah, itulah beberapa pulau di dunia ini yang dikenal dengan keindahan alamnya. Pulau- pulau tersebut menjadi terkenal karena kenapakan alamnya yang sangat indah. Pulau- pulau di atas merupakan destinasi wisata bagi wisatawan dari seluruh dunia.