5 Negara Yang Ditakuti Amerika Serikat Karena Kekuatan Militernya

Negara Yang Ditakuti Amerika karena memiliki beberapa faktor seperti kekuatan militernya. Amerika adalah salah satu negara adidaya yang dimana negara ini memiliki banyak manfaat dalam hal kekuatan militer, sumber daya ekonomi dan kekuasaan politik. Amerika juga memiliki PDB diperkirakan sebesar $16,7 triliun. Pengeluaran Amerika adalah 39% di bidang militer dan riset kemiliteran yang membuat perkembangan militer amerika pesat. Amerika juga merupakan pertama yang telah mengembangkan tenaga nuklir. Dengan kekuasaan dan kehebatan tentang militer amerika tidak bisa di pungkira ada beberapa negara yang di takuti amerika jika negara tersebut mengeluarkan kekuatan militernya.

Baca juga :

Negara Yang Ditakuti Amerika

Beberapa negara merupakan negara yang di bawah amerika dalam segi riset dan juga peralatan militernya.  ini dia 5 Negara yang di takuti amerika karena kekuatan militernya :

5. Indonesia

Negara Yang Ditakuti AmerikaSiapa sangka ternyata negara tercinta kita yaitu indonesia masuk ke dalam list 5 negara yang di takuti amerika. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki luas 1.904.569 km2. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 300 juta jiwa memiliki kekuatan militer yang bisa di bilang lebih dari beberapa negara lain. Ada beberapa fakta dimana nama kekuatan militer indonesia di kagumi militer luar yaitu:

1. Mempunyai Materi Latihan Yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Salah satunya adalah pendidikan gerilya. Sedangkan pendidikan gerilya sendiri merupakan salah satu strategi perang yang dikenal luas dan sangat efektif untuk menjatuhkan, menipu, dan bahkan menyerang. Selain itu pendidikan menggunakan peluru asli pun menjadi salah satu materi pelatihan yang tidak di miliki militer lain.( Baca juga : Negara paling aman di dunia )

2. Urutan Ketiga Militer Terkuat Dunia

Setelah Inggris dan Israel, Indonesia berada di posisi ketiga militer terkuat di dunia. Komando pasukan Khusus atau lebih di kenal kopasus lah yang membawa nama indonesia di kancah dunia.

3. Angkatan Udara dengan Pasukan Terlengkap dan Terkuat di Asia

Meski bukan yang terlengkap di dunia tapi indonesia mem buktikan bahwa memiliki pasukan terlengkap dan terkuat di asia dengan dimana beberapa produksi senjata militer buatan pt.pindad sebagai sarana pendukung.

Baca juga :

Selain fakta dan juga prestasi indonesia di dunia , indonesia sendiri memiliki cabang militer terlengkap di mana di setiap kesatuan angkatan memiliki cabang sendiri  seperti :

  • TNI Angkatan Darat

Yaitu Satuan Tentara Nasional Indonesia yang memiliki keahlian khusus di daerah bidang darat.( Baca juga : Negara maju dan negara berkembang di dunia)

  • TNI Angkatan Laut

Yaitu Satuan Tentara Nasional  Indonesia yang memiliki keahlian khusus spesialis Laut.

  • TNI Angkatan Udara

Yaitu Satuan Tentara Nasional  Indonesia yang memiliki keahlian khusus spesialis Udara. (Baca juga : Negara terkotor di dunia )

Dari 3 divisi di atas ada beberapa cabang dan skuadron tertentu yang di mana memiliki keahlian khusus di atas rata rata yaitu :

  • DENBRAVO-90

Detasemen Bravo 90 (disingkat DENBRAVO-90) dibentuk secara terbatas di lingkungan Korps Pasukan Khas TNI-AU pada 1990, Bravo berarti yang terbaik. Konsep pembentukannya merujuk kepada pemikiran Jenderal. Denbravo memiliki 3 tim dengan kekutan 1 Prajurit DENBRAVO-90 = 5 Prajurit TNI biasa.

Baca juga :

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi KOPASSUS adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. KOPASSUS memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.  Kekuatan kopassus seperti 1 Prajurit KOPASSUS = 8 Prajurit TNI.

  • KOPASKA

Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan KOPASKA didirikan 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Kopaska memiliki 2 group dengan kekuatan 1 Prajurit KOPASKA = 24 Prajurit TNI.( Baca juga : Negara maju )

  • YONTAIFIB

Batalyon Intai Amfibi atau disingkat YONTAIFIB adalah satuan elit dalam Korps Marinir seperti halnya KOPASSUS dalam jajaran TNI Angkatan Darat. Dahulunya satuan ini dikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi). Untuk menjadi anggota YONTAIFIB, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Sama seperti julukannya anggota yontaifib memiliki kemampuan amfibi yaitu darat dan laut dengan kekuatan 1 Prajurit YONTAIFIB = 24 Prajurit TNI biasa.( Baca juga : Negara anggota asean)

  • DENJAKA

Pasukan ini di kenal dengan pasukan paling hebat di berbagai batalyon.Detasemen Jala Mangkara (disingkat DENJAKA) adalah sebuah detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut. DENJAKA adalah satuan gabungan antara personel KOPASKA dan YONTAIFIB Korps Marinir TNI-AL. Anggota Denjaka dididik di Bumi Marinir Cilandak dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pendidikan ini adalah 9 bulan. Intinya DENJAKA memang dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan dimana saja terutama anti teror aspek laut. Kekuatan nya 1 Prajurit DENJAKA = 120 Prajurit TNI biasa. Jadi sudah tidak heran bahwa sumber daya militer indonesia membuat militer amerika takut.

Baca juga :

4. Korea Utara

Negara Yang Ditakuti Amerika selanjutnya adalah korea utara. Dibawah komando kim jong un di tahun tahun ini membuat militer korea utara menjadi sorotan mata dunia , karena korea utara terus melakukan uji coba dan peningkatan dalam sisi militer terlebih khusus adalah bom nuklirnya. Bom nuklir ini lah yang menjadi hal yang menakutkan bagi amerika karena kita tahu sendiri korea utara sering menyindir dan juga mengeluarkan statement untuk amerika.( Baca juga : Pengertian geopolitik menurut para ahli )

Rincian kekuatan militer korea utara yang beredar  antara lain :

  • Tentara aktif sebanyak 700.000 personel.
  • Ttentara cadangan sebanyak 4,5 juta personel.
  • Total pesawat 944 unit.
  • Jumlah kapal perang perusak lebih dari 100.
  • Kemudian anggaran pertahanan tahunan mencapai USD7.500.000.000.
  • Jumlah artileri derek sebanyak 4.500 unit dan stok bom nuklir 10 unit.

Soal stok bom nuklir pernah ada sebuah media yang menjelaskan bahwa stok bom unit korea utara tidak lebih dari 50 unit.  Akan tetapi kekuatan dan perjuangan pasukan korea utara patut di takuti oleh amerika.

Baca juga :

3. China

Negara dengan kekuatan militer dari china merupakan negara yang ke 3 yang di takuti amerika di benua asia. Selain memiliki hutang pada china, beberapa sektor militer china patut di waspadai oleh banyak negara lain termasuk amerika.

Pada 2013, China merilis jumlah personel PLA untuk pertama kalinya, Dalam klaimnya bahwa pasukan militer china memiliki total 1.483.000 tentara, termasuk 850.000 di Angkatan Darat, 235.000 di Angkatan Laut, dan 398.000 di Angkatan Udara PLA. Sementara Departemen Pertahanan AS memperkirakan pada tahun yang sama bahwa PLA Angkatan Darat sendiri memiliki 1,25 juta orang. Dan berikut perkembangan milter China di berbagai matra yang di publikasikan pada banyak negara.( Baca juga :  Negara dengan koneksi internet tercepat )

Kekuatan china merupakan kekuatan yang sangat misterius dimana tidak banyak orang mengetahui ada berapa divisi dan juga jumlah pasti personil setiap batalyonnya. Akan tetapi menurut  releasenya militer China di bagi menjadi 3 Kekuatan inti yaitu :

  •  PLA Angkatan Darat

Beberapa pakar militer di beberapa negara memperkirakan bahwa Angkatan Darat china memiliki 18 korps seukuran Grup dengan 7.000 tank modern, 8.000 artileri. Jika senjata tua dihitung dan masih operasional dimasukkan dalam hitungan Angkatan Darat diperkirakan memiliki total 9,000-12,000 tank. kemudian 12.000 kendaraan infanteri dan kendaraan lapis baja, lebih dari 2.000 jenis artileri self-propelled, hampir 3.000 roket, lebih dari 7.000 sistem anti-tank rudal, 15.000 senjata anti-pesawat dan sistem rudal, dan sekitar 6.000 artileri dan 10.000 mortir.

Selain itu beberapa alat modern seperti 1.000 tank tempur utama Jenis-99, yang dapat melawan tank dari negara-negara maju, dan persenjataan yang dilengkapi berbagai self-propelled artillery and rockets, termasuk yang paling kuat di dunia roket WS-2D, yang memiliki jangkauan hingga 400 kilometer.

Baca juga :

Angkatan Udara China saat ini memiliki jumlah pesawat tempur terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Rusia. Diperkirakan negara china memiliki sekitar 2.100 jet tempur modern dan 1.500 pesawat tempur tua, 500 pesawat angkut dan lebih dari 100 pesawat pengintai.

  • Angkatan Laut

China telah menjadi pembuat kapal terbesar di dunia dengan lebih dari 3.000 galangan kapal di seluruh negeri. Pada saat yang sama empat kapal perusak dan 10 kapal selam dari Rusia pada pergantian abad, serta berbagai jenis sistem pertahanan laut dan rudal udara. China sekarang juga memiliki kapal induk, Liaoning, ditugaskan pada tahun 2012 setelah dibangun kembali dari pembawa kapal induk era Soviet Varyag yang dibeli dari Ukraina. Selain itu ada juga dua kapal induk yang tengah dibangun.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa china memiliki satu kapal induk, 24 kapal perusak, 49 frigat dipandu-rudal, sembilan korvet, 57 kapal pendarat, lebih dari seratus kapal rudal modern dan beberapa ratus kapal patroli penjaga pantai, serta 61 kapal selam diesel dan 5-8 kapal selam nuklir.( Baca juga : Negara terkecil di dunia  )

Selain itu China memiliki stasiun ruang angkasa sendiri, the-Tiangong 1, yang diluncurkan pada bulan September 2011. Kekuatan Rudal china pun tidak bisa di anggap remeh memiliki sekitar  1,500-2,000 rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir, termasuk hampir 100 rudal balistik antarbenua (ICBM) seperti DF-5A dengan jangkauan 13.000 km.

2. Iran

Negara Yang Ditakuti Amerika selanjutnya adalah iran. Negara satu ini masuk kedalam kategori Republik Islam Iran, yang dimana islam menjadi kepercayaan mayoritas disana. Militer Iran terbagi atas dua pasukan yaitu pasukan militer negara, dan pasukan militer revolusi. Pasukan militer revolusi berjumlah 545.000 jiwa. Kedua-dua pasukan bersenjata ini dibawah kendali Menteri Pertahanan, dan Logistik Pasukan Bersenjata Iran.( Baca juga : Negara adidaya )

Tentara nasional Iran mempunyai 420.000 prajurit yang terbagi atas tiga angkatan utama yaitu:

  • Angkatan Darat Iran sebanyak 350.000 pasukan
  • Angkatan Laut Iran sebanyak 18.000 pasukan
  • Angkatan Udara Iran sebanyak 52.000 pasukan.

Angkatan revolusi mempunyai 125.000 pegawai yang terbagi atas lima cabang yaitu Pasukan Qods (pasukan khusus), Basij (paramiliter), Angkatan Laut Revolusi, Angkatan Udara Revolusi, dan Angkatan Darat Revolusi.

Dalam pengamatan dunia iran memiliki 8 inti kekuatan yang cukup di takuti amerika yaitu :

1. The qods

pasukan militer Iran ini mempunyai kemampuan berperang dan bertahan hidup yang sangat tangguh. Selain itu, pasukan ini juga berjumlah lebih dari 15 ribu tentara yang siap mati untuk membela Iran.

2. Rudal Nasr

Nasr ini merupakan rudal terbaru Iran yang mempunyai kemampuan menghancurkan jet tempur secara cepat dan tepat sasaran. Rudal yang tidak bisa di deteksi oleh radar musuh.

3. Misil Soumar

Senjata mematikan milik Iran ini mampu untuk menempuh jarak 1500 mil dengan menggunakan radar otomatis.

Baca juga :

4. Kapal selam Ghadir

Kemampuan kapal selam ini memang sudah tidak diragukan lagi, kapal selam Iran ini bisa menghancurkan dan melumpuhkan kapal-kapal besar teluk Persia dalam waktu yang sangat cepat. Apalagi kapal selam ini juga sudah dilengkapi dengan torpedo yang besarnya 21 inci.

5. Kapal serang cepat

Kapal serang cepat milik Iran ini sangat efektif untuk melumpuhkan lawan di lautan. Bahkan jika terjadi perang dengan Arab maka kapal serang cepat ini siap untuk melumpuhkan distribusi minyak Arab yang ada saat ini.

6. Rudal S300

Rudal ini memang bukan termasuk rudal buatan Iran melainkan rudal buatan Rusia yang khusus dibeli Iran untuk melengkapi senjata militernya.( Baca juga :  Negara dengan pendidikan terbaik )

7. Rudal balistik

Senjata mematikan milik Iran ini mampu menghancurkan daratan Arab dalam waktu yang singkat. Radius capaian dari rudal ini mencapai 1000 mil. Jadi, sekali menembakkan rudal ini bisa banyak wilayah yang bisa dihancurkan oleh Iran.

8. Rudal Shahab 3

Rudal ini merupakan rudal hasil buatan militer Iran yang paling canggih. Sebelum dilakukan uji coba, rudal ini sempat diumumkan di TV nasional Iran. Kekuatan rudal ini diperkirakan lebih dahsyat dibandingkan rudal buatan Iran sebelumnya. Apalagi rudal ini juga sudah dilengkapi dengan kontrol jarak jauh yang bisa membuat rudal dikendalikan dari jarak 700 km. Jadi sudah sepantasnya dengan peralatan di atas iran menjadi lawan yang harus di pikirkan amerika.

Baca juga :

1. Rusia

Negara kali ini bukan hanya negara yang di takuti amerika saja , akan tetapi banyak negara yang takut akan kekuatan militer dan peralatan dari negara ini.( Baca juga : Samudera)

Rusia merupakan negara yang memiliki senjata terbanyak di dunia, beberapa senjata milik iran meliputi:

  • Senjata darat dengan jumlah 22.800 tank,
  • Aangkatan laut mereka memiliki total 526 mesin perang
  • Angkatan udara mereka memiliki 3,888 angkatan udara.

Selain itu Rusia memiliki 766.055 tentara aktif dan menyimpan 2,48 juta kekuatan cadangan. Dari jumlah itu, 47 juta warganya juga dinilai memenuhi syarat untuk mengikuti dinas militer. Sejauh ini, Rusia telah mengoperasikan 15.398 unit tank, 31.298 unit kendaraan tempur lapis baja, 5.972 unit artileri swagerak, dan 3.793 unit sistem peluncur roket. Rusia juga diketahui memiliki 4.625 artileri berbagai jenis.( Baca juga : Negara penghasil minyak)

Dari angkatan udara Rusia memiliki 3.547 pesawat, yang terdiri atas 751 pesawat tempur, dan 1.438 unit pesawat serbu. Tak hanya itu, Rusia juga mengoperasikan 478 unit helikopter tempur. Selain itu, Rusia juga memiliki 4 kapal frigat, 15 unit kapal perusak, 81 unit kapal korvet dan 60 unit kapal selam.Dengan jumlah yang begitu banyak rusia sudah di pastikan menjadi pemilik alat perang terbanyak di dunia.

Baca Juga :

Dari 5 Negara Yang Ditakuti Amerika diatas bukan berarti amerika dengan mudah bisa kalah oleh paasukan pasukan negara di atas. Kekuaran amerika yang tidak bisa di pandang sebelah mata pun seharusnya menjadi pertimbangan tersendiri bagi yang mau menyerang amerika nanti.( Baca juga : Negara koneksi internet tercepat )

fbWhatsappTwitterLinkedIn