15 Negara Terkaya di Asia Yang Perlu Diketahui (#Paling Lengkap)


Negara Terkaya di Asia menjadi negara-negara dengan angka pendapatan yang sangat tinggi. Suatu negara bisa masuk dalam kategori terkaya karena nilai GDP (Gross Domestic Product) atau sering di sebut PDB (Pendapatan Domestik Bruto). Setidaknya ada 15 negara terkaya dengan nilai GDP tinggi.

Baca Juga :

Negara Terkaya di Asia

Beberapa negara di asia berikut ini, masuk dalam deretan 15 negara terkaya di benua asia.

15. Libanon

Di nomer 15 negara terkaya adalah negara lebanon . Negara dengan GDP PP Percapita 17,986 USD ini merupakan negara dengan luas 10.452 km2 dan jumlah penduduk 5 juta . Dengan jumlah penduduk yang hanya segitu libanon mampu bersaing dengan beberapa negara asia lainnya . Libanon memiliki 4 iklim dimana pada musim panas dapat mencapai 39 derajat celcius dan musim dingin hingga – 10 derajat celcius , karena dinginnya iklim disana tak heran beberapa wilayah dari libanon sering di hampiri musim salju. (Baca juga : Pembagian musim di indonesia )

Salah satu daya tarik libanon adalah ibu kotanya yaitu beirut. Beirut sendiri secara geografis memiliki letak yang cukup baik karena berada dalam garis antara timur dan barat . Tak heran beirut memiliki iklim hangat yang bisa di terima oleh banyak orang. Beirut ini termasuk dalam salah satu kota tertua dan masuk dalam kota terindah yang ada di libanon yang sudah ada kurang lebih 5 ribu tahun silam .(Baca juga : Kota terindah di indonesia)

14. Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara antar benua dengan luas wilayah 2.724.900 km2  dimana wilayahnya terbesar berada di wilayah asia tengah dan beberapa wilayah masuk dalam wilayah eropa timur. Negara dengan sistem kepemerintahan republik presidential ini masuk dalam negara terluas ke-9 di dunia ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. (Baca juga : Danau terluas di eropa )

Kazakhstan memiliki jumlah  GDP PP 24,345 USD dimana nilai itu di raih dengan jumlah penduduk 18 juta. Dengan mata uang tenge , kazakhstan mampu membuktikan dirinya masuk dalam jajaran negara terkaya di asia. Negara ini merupakan negara yang dimana bidang jasa memberikan kontribusi terbesar dengan menyumbangkan 53,9% dari total GDP Kazakhstan. Disusul kemudian oleh sektor industri 38%, dan agrikultur sebesar 8%.

Meskipun di bidang jasa sangat kuat di kazakhstan akan tetapi beberapa hasil bumi seperti pertambangan di kazakhstan seperti lead, copper, manganese, iron ore masih memberi peran penting dalam ekonomi global. Tak hanya itu kazakhstan memiliki cadangan minyak dan gas alam yang cukup besar untuk beberapa puluh tahun kedepan.

Baca juga :

13. Malaysia

Negara yang letaknya berdekatan dengan indonesia ini memiliki moto “Bersekutu Bertambah Mutu” yang dimana membuat para masyarakatnya termotivasi akan moto yang di miliki malaysia. Tak hanya termotivasi untuk diri sendiri ,  motivasi secara luas pun sebagai warga negara yang membuat malaysia mampu berada di 15 negara yang terkaya di asia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 30 juta ini mampu menghasilkan GDP PP 26,141 M USD yang dimana  berbeda dengan negara indonesia yang menghasilkan GDP PP 11,633 M USD.

Beribukota di Kuala lumpur yang merupakan kota terbesar di malaysia membuat banyak wisatawan internasional datang ke Kuala lumpur dengan beragam aktivitas dan tujuan. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik dikuala lumpur seperti menara kembar petronas , batu caves, sampai aquaria lcc yang merupakan akuarium yang terbesar di malaysia. Tak hanya destinasi wisata yang menarik , iklim  yang bersahabat menjadi nilai plus malaysia untuk menarik para wisatawan untuk datang ke malaysia.Iklim lokal  khatulistiwa dan dicirikan oleh angin muson barat daya (April hingga Oktober) dan timur laut (Oktober hingga Februari). (Baca juga : Unsur cuaca dan iklim )


12. Israel

Di nomer 12 ada Israel , Negara yang berada di timur tengah ini memiliki GDP 33,658 USD dengan jumlah penduduk 8.5 juta. Seperti kita ketahui israel yang beribu kota di yarusalem ini di tahun ini sedang ada konflik panas antara israel dengan tetangganya suriah maupun jalur gaza.

Tanpa melihat konflik yang terjadi , israel termasuk negara terkaya dari sektor agrikultur dan industri selama puluhan tahun menjadikan Israel dapat berswasembada pangan secara garis besarnya, terkecuali pada serealia dan daging sapi. Meski dikelilingi oleh padang gurun , ada beberapa laut dan pohonan hijau yang tumbuh di israel yang membuat udara tidak terlalu gersang disana.(Baca juga : ekosistem gurun )

Selain dari segi agrikultur , segi bisnis Israel menduduki peringkat pertama di dunia dalam hal konservasi air dan penggunaan energi panas bumi. Israel juga mengembangkan teknologi-teknologi Software, komunikasi, dan sains di sana. Kuat dari segi militer adalah ciri khas negara ini ,  dengan pengembangan teknologi nasional membuat israel bisa mengembangkan sendiri alat alat tempurnya sendiri, bahkan ada beberapa yang menjadi pesokong senjata yang menjadi income negaranya yang membuat israel masuk dalam negara maju.

Baca juga :

11. Korea Selatan

Di urutan ke 11 ada pada korea selatan , negeri dengan julukan negeri gingseng ini merupakan salah satu yang mampu bersaing dengan beberapa negara eropa lain dalam segi sumber daya alam yang kuat. Selain budaya yang kuat , korea selatan memiliki daya tarik dalam segi industri hiburan yang terbilang sukses masuk ke pasar internasional. Dengan beribu kota di seoul , korea selatan mampu mencapai GDP 36,528 USD perkapita berkat 51 juta penduduknya. Dengan total luas 100.210 km2 korea selatan hanya mempunyai 0.3 % lautan dari total luas yang mereka miliki. Oleh karena itu industri pangan yang dari  laut cenderung sedikit . (Baca juga : Pembagian zona kedalaman laut )

Meninjau secara geografis , korea selatan mempunyai luas cenderung lebih kecil dari pada tetangganya korea  utara. Sedangkan secara topografi sebagian besar berbukit dan tidak rata. Pegunungan di wilayah timur umumnya menjadi hulu sungai-sungai besar, seperti sungai Han dan sungai Naktong.(Baca juga : Arti letak astronomis dan geografis )

Ditinjau dari segi ekonomi, korea selatan termasuk negara yang sukses dalam bidang expor . Dengan ekspor  dalam bidang semi konduktor, peralatan telekomunikasi nirkabel, kendaraan bermotor, komputer, baja, kapal dan petrokimia dengan mitra ekspor utama , Amerika Serikat , Jepang  dan Hong Kong korea selatan mampu menjadi macan asia yang hebat.

10. Jepang

Japan adalah salah satu negara terkaya dan termaju di asia. Negara yang beribu kota di tokyo ini dalam sejarahnya pernah hancur oleh sekutu oleh peristiwa bom di hiroshima dan nagasaki. Akan tetapi dengan pribadi individu dan kultur budaya yang kuat dari pemerintah , jepang kembali bangkit dan mampu menunjukan bahwa jepang merupakan negara  yang kuat dalam hal pengelolaan sumber daya manusia. (Baca juga :Sumber daya alam energi )

Dengan jumlah penduduk 126 juta yang tersebar di 3 ribu pulau jepang mampu mendapatkan GDP 36,528 M USD. Dalam segi ekonomi jepang menganut pasar bebas yang di ambil dari metode amerika . Dari tahun dimana jepang hancur oleh bom sekutu jepang mulai menata diri dengan memperbaiki diri dalam segi pengajaran. Tercatat ribuan tenaga pengajar di ambil jepang dari amerika guna mengajar di jepang. Dan tak sedikit pelajar jepang yang dengan sengaja di berangkatkan ke luar jepang demi menimba ilmu.

Hasil dari itu akhirnya jepang menemui ritme ekonomi nya , dalam sisi lain teknologi jepang termasuk yang paling maju di asia. Takhanya teknologi dari software , teknologi industri otomotif dari brand ternama honda,yamaha,suzuki,kawasaki pun menjadi brand yang mendunia. (Baca juga : Klarifikasi industri ) Jepang pun sering menarik wisatawan mancanegara dari berbagai sektor seperti festival kebudayaan , musim , adat istiadat pun seringkali mendapat peran yang vital guna menarik wisatawan.

Baca Juga :

9. Oman

Oman , terkadang kita kurang familiar akan negara ini , tapi jangan di sangka oman mampu bersaing dengan beberapa negara bagian lain jika di tinjau dari income percapita tiap orangnya. Dengan nilai 44,727 M USD dan jumlah penduduk  4.2 juta oman masuk dalam 10 besar negara terkaya di asia.

Beberapa fakta tentang oman adalah setiap tahunnya kepala negara oman selalu turun ke rakyat untuk menayakan kendala rakyatnya dan tanya jawab soal tour dan pariwisata. Karena dari tahun 2010 sampai saat ini jumlah tourist yang berkunjung ke oman menunjukan grafik yang meningkat tiap tahunnya. (Baca juga : Julukan julukan negara di dunia )

8. Taiwan

Negara terkaya yang satu ini merupakan salah satu negara yang masuk dalam kategori macan asia.Negara yang lebih dikenal dengan tiongkok memiliki GDP PPP 47,407M USD dengan jumlah penduduk 23 juta. Taiwan memiliki perkembangann ekonomi yang termasuk sangat pesat.

Taiwan memiliki banyak museum bersejarah yang besar dan kaya di seluruh Asia yang terdiri dari 35 ribu lebih artefak yang sudah berusia berabad-abad dari seluruh dunia. Hal ini juga yang membuat banyak turis yang datang ke taiwan hanya untuk melihat lihat artefak. Kenaikan Ekonomi taiwan di dapat dari banyaknya expor produk produk seperti smartphone dan barak elektronik. Semua itu didapat dari pendidikan yang bisa di bilang cukup baik karena saat ini di setiap penjuru taiwan bisa mengakses wifi secara gratis.

Baca Juga :

7. Bahrain

Dengan GDP PP 50,667 bahrain masuk dalam urutan ke 7. Bahrain adalah negara yang beruntuk karena terletak di daerah yang kadar minyak yang tinggi. oleh karena itu hampir 30 persen pendapatan bahrain terdapat di minyak.

Dalam hal Geografi bahrain termasuk kawasan yang datar dan bergurun , dataran tinggi di bahrain hanya 122M. Iklim di bahrain termasuk iklim yang sejuk saat musim dingin dan jika musim panas mempunyai iklim yang cenderung tinggi dan lembab

6. Saudi Arabia

Tak perlu di bahas terlalu banyak , Negara dengan pemimin raja ini layak masuk dalam negara yang kaya di asia karena memiliki GDP 53,564. Kekayaan terbesar dari saudi arabia terletak dari minyaknya. Persediaan minyak yang banyak membuat arab mengekpor sebagian persediaan minyaknya. (Baca juga : Dampak penggunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari ). Beberapa wilayah arab merupakan wilayah perdagangan yang cukup sibuk , tak hanya dari minya beberapa hasil tani seperti kurma pun menjadi pendapatan yang membantu meningkatkan ekonomi nasional.

Baca Juga :

5. Emirates  Arab

Emirates arab adalah adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain. Tak banyak yang bisa di bahas karena kekayaan emirates arab hampir sama dengan saudi arabia yaitu berada di sektor minyak dan gas alam. Beberapa sektor seperti tours and travel pun membantu pemasukan arab dengan destinasi wisata abi dhabi dan dubai. (Baca juga : Jenis minyak bumi dan gas alam )


4. Kuwait

Negara dengan bentuk monarki ini hampir sama dengan beberapa negara di atas yaitu memiliki sumber minyak yang berlimpah. dengan GDP 70,258 kuwait mampu melampaui kerajaan arab dan emirates arab dalam hal income percaitanya.

Dengan total luas kurang lebih 17.820 km2 kuwait mampu dihuni setidaknya 5 juta penduduk. Dengan mata uang dinar kuwait unggul dalam hal tukar mata uang asing karena 1 dinar kuwait mencapai 43 ribu rupiah , itu membuat dinar menjadi mata uang termahal di dunia.

Baca Juga :

3. Brunei Darusalam

Brunei adalah negara dengan jumlah pendapatan terbesar ketiga setelah kuwait dengan GDP 78,475M USD. Bruneidi pimpin oleh seorang raja dimana suatu negara dengan di pimpin oleh seorang raja akan mempermudah pengaturan kepemerintahannya. Dengan letak geografis dekat dengan lautan,brunei memiliki iklim tropis khatulistiwa, dengan suhu serta kelembapan yang tinggi, dan sinar matahari serta hujan lebat sepanjang tahun.

Dilihat dari sisi ekonomi brunei memiliki kekuatan di sektor kewirausahaan dan budaya . Tak hanya itu Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia satuan mata uangnya adalah Brunei Dolar yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura. (Baca juga : Negara penghasil minyak )

2. Singapura

Kali ini negara dengan GDP tertinggi adalah negara tetangga kita yaitu singapura. Singapura memperoleh GDP 84,900M USD dengan jumlah penduduk 6 juta jiwa. Singapura terdiri dari  lebih dari 50 pulau, termasuk daratan Singapura dan juga beberapa pulau reklamasi. Singapura memiliki iklim tropik khatulistiwa dimana memiliki, kesamaan suhu, kelembapan tinggi, dan curah hujan yang melimpah.

Untuk sektor ekonomi singapura memiliki banyak produk untuk di expor terutama dengan negara negara macan asia seperti taiwan,hongkong dan korea selatan.Memiliki kekuatan di sektor manufactur, sektor elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik dan ilmu biomedi membuat pendapatan nasional singapura terus menerus mengalami peningkatan. (Baca juga :pelapukan kimia )

1. Qatar

Negara nomor 1 sebagai Negara Terkaya di Asia ini dihuni oleh qatar. dengan GDP 133,039 qatar mampu mengungguli banyak negara di benua asia dan mendapat predikat negara terkaya no 1 di asia. Beribu kota di doha , qatar memiliki sistem hukum yang dimana syariat di tegakan di satukan dengan hukum sipil. Jadi sudah tidak aneh ada beberapa orang di cambuk karena melanggar aturan di qatar. Dalam segi ekonomi , Qatar mempunyai fokus di perairan yaitu perikanan dan mutiara. tak hanya sisi peraiaran , dalam segi export gas dan minyak pun menopang penting dalam ekonomi qatar.

Baca juga :

Dengan penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa suatu negara bisa di katakan terkaya berkat hasil kerja keras para penduduknya . Tidak serta merta melimpahkan kepada pemimpin negara  yang harus membuat suatu negara menjadi terkaya. Selain itu pemanfaatan sumberdaya yang efektif pun berperan penting yang membuat sebuah negara mendapatkan income yang banyak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 08th, June 2017 / 13:01 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial