8 Karakteristik Samudera Pasifik Paling Lengkap

Karakteristik Samudera Pasifik merupakan yang terletak di antara tiga benua di dunia sekaligus yakni benua Asia, Amerika dan Australia jika dilihat dari Globe tampak menutup sampai setengah dari permukaan bumi. Pasifik sendiri jika ditinjau dari sisi bahasa berasal dari istilah “pacifio (Italia)” yang bermakna “tenang”. Dinamakan dengan pasifik sebab ombak dari Samudra ini cenderung lebih tenang dibandingkan dengan ombak di Samudera di dunia lainnya.

Baca Juga :

Karakteristik Samudera Pasifik

Karakteristik Samudra PasifikLuas dari Samudra ini mencapai kurang lebih 165 juta km persegi yang membentang dari sisi Barat Amerika, pantai Cina hingga ke wilayah Australia. Panjang dari Samudra ini mencapai 15.500 km dan sangat lebar yang membentang dari kepulauan Indonesia hingga wilayah Kolombia, lebarnya terhitung sekitar 19.800 km. Samudra ini juga memiliki bentuk reilef dasar laut yang sangat beragam.

Adapun batas-batas tepi dari Samudra Pasifik antara lain; 1) disebelah timur dibatasi dengan pantai Amerika, 2) disebelah barat dibatasi dengan antara Asia dan Australia, 3) disebelah utara dibatasi oleh Samudra lainya yakni Samudra Artik, 4) disebelah selatan Benua Antraktika.

Setelah mengetahui deskripsi umum dari  Samudera Pasifik, lebih detail lagi mari kita bahas bersama karakteristik-karakteristik khusus dari Samudra ini yang membedakan dengan yang lainya. Adapun diantara karakteristik Samudra Pasifik adalah sebagai berikut:

1. Nama dari Samudra Pasifik

Salah satu keunikan yang menggambarkan karakteristik dari Samudra Pasifik adalah namanya sendiri yang dalam bahasa kita sering disebut sebagai “lautan teduh” atau dalam bahasa Italia disebut sebagai “Pacifio” yang berarti tenang. Nama tersebut menurut catatan sejarah diberikan oleh seorang penjelajah dari kawasan Portugis bernama Fernando de Magelhaens, menurutnya dalam perjalanannya di kawasan pasifik ia merasakan ketenangan dari lautan tersebut jika dibandingkan dengan laut lainnya. Sehingga dari situlah kemudian muncul inspirasi bahwa lautan tersebut cocok untuk diberi nama dengan Samudra Pasifik. (Baca Juga : Negara Adidaya)

2. Samudera Terluas di Dunia

Sebagaimana disingung di atas bahwa total luas dari Samudra ini mencapai 165 juta km, bahkan ada yang mengatakan mencapai  (179, 7 juta) km. Luas tersebut bila dibandingkan dengan luas bumi kita yang mencapai sekitar 510, 1 km berarti hampir 1/3 dari luas bumi ini diwakili oleh Samudra Pasifik. Bahkan saking luasnya tiga dataran benua yang ada di dunia ini dibentangi oleh Samudra Pasifik ini.

3. Palung/Lautan Paling Dalam di Dunia

palung marianaCiri selanjutnya dari Samudra Pasifik ini adalah letaknya palung terdalam dunia yang disebut sebagai Palung Mariana. Palung laut sendiri secara sederhana diartikan sebagai jurang berbentuk huruf V yang terletak di dasar laut yang merupakan zona laut dalam, palung Mariana ini memiliki kedalaman yang sangat fenomenal yakni 10.911 dibawah permukaan laut, bisa kita bayangkan betapa dalamnya palung ini jika kita bandingkan dengan ketinggian gunung di atas permukaan laut.

Gunung tertinggi di Dunia saja tidak mencapai ketinggian tersebut. Palung ini merupakan titik terdalam di bumi ini dan bisa dipastikan belum ada yang mampu mencapai kedalaman tersebut. Sehingga di Samudra ini merupakan lokasi dari laut terdalam di dunia.

3. Dilalui oleh Garis Tanggal Internasional

Garis tanggal internasional merupakan garis pertemuan antara garis bujur timur (BT) dan bujur barat (BB) sebagai hasil dari konveksi  internasional dengan isi kesepakatan bahwa garis tersebut dijadikan dasar sebagai titik pergantian waktu. Garis ini memanjang dimulai dari Selat Bering hingga Samudra Pasifik. Garis yang mempunyai nama lain Time Zone ini adalah anti poda dari meridian utama yaitu Greenwich (titik 0 derajat) setelahnya menurut konveksi setiap menjauh 15 derajat maka perbedaan waktu ditambah 1 jam hingga titik terbesar dengan rentang perbedaan waktu 12 jam. Kesepakatan ini merupakan keputusan yang paling proporsional tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari manusia.

Baca Juga :

4. Arus Laut Samudra Pasifik

arus laut samudra pasifikSalah satu hal yang dapat membedakan suatu Samudra dengan Samudra lainnya adalah pola arusnya. Khusus untuk arus laut dari Samudra Pasifik ini memiliki empat jenis arus yaitu: (Baca : morfologi laut)

  • Arus Khatulistiwa Utara

Arus yang ditimbulkan sekaligus di dorong oleh angin Timur Laut ini adalah jenis arus panas. Mengalir kesisi barat mengikuti garis khatulistiwa. (baca : angin muson)

  • Arus Kuroshio

Arus ini mengalir ke arah utara yang didorong oleh angin barat. Arus ini merupakan bentuk kelanjutan dari dari arus Khatulistiwa Utara, setelah mengalir ke arat barat karena didorong oleh angin barat arus ini kemudian mengalir ke arah utara yang dimulai dari utara wilayah pulau Filipina, kemudian kesisi timur Jepang hingga ke kawasan Kanada (Amerika Utara). (baca : angin muson barat)

  • Arus California

Jenis arus selanjutnya yang dimiliki oleh Samudra Pasifik adalah pola arus California. Berbeda dari dua arus sebelumnya yang merupakan arus panas. Arus ini merupakan arus dingin dengan pola menyimpang. Sebagaimana pola arus sebelumnya arus ini merupakan kelanjutan dari Arus Kuroshio yang dimulai dari Amerika Utara hingga ke wilayah selatan menuju ke khatulistiwa.

  • Arus Oyashio

Jenis dari arus ini merupakan arus dingin, mengalir ke arah selatan dimulai dari Selat Bering hingga ke Wilayah Jepang di sinilah arus ini kemudian bertemu dengan arus kuroshio yang merupakan arus berjenis panas. Arus ini didorong oleh angin timur.

5. Merupakan Pusat Badai Tropis

Pastinya kita sudah familiar dengan badai yang memiliki nama ” El-Nino” yakni merupakan bentuk peyimpangan suhu di kawasan pasifik di timur dan tengah yang kemudian menyebabkan peningkatan suhu di atmosfer sehingga berdampak pada inkonsistensi kondisi cuaca. Salah satu dampak dari badai ini adalah biasanya di kawasan yang umumnya terjadi musim hujan justru terjadi musim kering, sebaliknya di daerah yang seharusnya bermusim kering justru terjadi musim hujan.

Baca juga:

6. Gunung Api Bawah Laut

Fakta mengejutkan yang disuguhkan kawasan Samudra Pasifik ini adalah ditemukannya gunung dengan lebar 643 km, yang berada di bawah laut Samudra Pasifik. Gunung ini ditemukan oleh Texas A & M University oleh karena itu nama depan dari gunung ini adalah “TAMU” dan ditambah dengan “Massif” sebagai wakil dari struktur pegunungannya. Gunung ini merupakan gunung berjenis shield volcano yang mana kubah atau kawasan masih menutup.

7. Banyak Terdapat Kepulauan

Karakteristik Samudera Pasifik yang ketujuh adalah adanya gunung berapi dibawah laut. Di Samudra ini terhampar berbagai pulau yang didominasi oleh pulau kecil dan beberapa pulau besar, terhitung sebanyak 25.000 pulau yang mayoritas terdapat di garis khatulistiwa. Dengan banyaknya jumlah pulau yang dimiliki tersebut maka Samudra ini merupakan Samudra yang memiliki pulau terbesar dibandingkan dengan Samudra lainnya.

8. Terdapat Karang Terpanjang di Dunia

karang terpanjangGreet Barier Reef itulah nama besar dari karang terpanjang dunia yang terletak di Samudra Pasifik. Di lokasi ini berkumpul sebanyak 3.000 dan 900 pulau sepanjang 2.600 km. Saking besarnya karang di kawasan ini kita bisa melihatnya dari satelit.

Kekayaan alam yang dimilikinya banyak menarik minat para wisatawan berupa organisme kecil dengan sebutan polip koral. Pada tahun 1981 karang ini dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Baca Juga :


Macam-macam Samudra

Di atas telah di bahas salah satu macam dari Samudra yang ada di Dunia. Kali ini kita akan membahas pengertian dari Samudra itu sendiri. Samudra sendiri secara sederhana diartikan sebagai himpunan dari berbagai laut lepas sehingga membentuk suatu laut yang sangatlah luas. Jika dilihat dari perbedaannya maka dapat didistingsikan perbedaan laut dan samudera sebagai berikut:

  • Laut dan Samudera memiliki perbedaan yang sangat mencolok karena memang samudra sendiri adalah kumpulan dari laut sehingga luasnya adalah akumulasi dari luas laut itu sendiri; (Baca : pembagian laut)
  • Dari sisi kedalamannya pun samudra sudah pasti memiliki palung terdalam salah satunya adalah palung Mariana. Sedangkan laut belum tentu memiliki palung yang dalam;
  • Di lihat dari segi letaknya, samudra selalu membentang dan bahkan membelah diantara beberapa benua. Sedangka laut hanya terbatas pada kepulauan atau negara saja.

Terkait dengan macam-macam samudera, di dunia ini dikenal 5 (lima) macam samudra yaitu:

1. Samudera Antartika

Merupakan samudra dengan luas sekitar 20 juta km, berair asin, wilayahnya didominasi oleh es, serta suhu yang dimilikinya bersifat variatif. Samudra yang mengelilingi benua Antartika ini jika dibandingkan dengan 5 samudra di bumi lainya memiliki luas dan kedalaman dengan urutan nomor 4 (empat).

2. Samudera Pasifik

Mengenai detail dari samudra ini sudah kita bahas sebelumnya di atas, hanya saja kali ini ditekankan kembali bahwa samudra ini merupakan samudra yang memiliki luas dan kedalaman terbesar di dunia.

3. Samudera Hindia

Samudra dengan luas 65 juta kilo meter ini jika diprosentasekan berdasarkan luas bumi mewakili sekitar 20 persen dari total luas permukaan bumi. Samudra ini jika dibandingkan dengan samudra lain di dunia menempati urutan ketiga terluas di dunia. Samudra Hindia ini juga memiliki nama lain Samudra Indonesia.

4. Samudera Atlantik

Samudra ini menempati urutan kedua terluas dari 5 macam Samudra yang tersebar di dunia dengan luas kisaran 106 juta km. Tidak hanya hamparan laut luas yang disuguhkan melainkan juga kedalaman laut yang mencapai hampir rata-rata 3.800 meter. Di Samudra ini juga terdapat palung yang dalam bernama Palung Pourte Rico yang memiliki kedalaman sekitar 8.646 meter.

5. Samudera Arktik

Samudra kelima adalah Samudra Arktik, dibandingkan dengan 5 Samudra lainya samudra ini  merupakan samudra tersempit dan terdangkal. Luasnya sekitar 15 juta km dengan titik terdalam mencapai 5.500 meter. Salah satu ciri utama dari samudra ini adalah didominasi oleh lapisan es dan dijumpai banyak pulau dan kepulauan seperti Greenland.

Baca juga:

Demikianlah paparan mengenai karakteristik Samudera Pasifik secara detail. Melalui ulasan di atas kita dapat memahami bagaimana sesungguhnya karakteristik dari Samudra Pasifik sekaligus membedakannya dengan Samudra lainnya di dunia.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Samudera
Teachers Room

Sering dengar Exoplanet? Sebagian dari kita mengetahui dari grup asal Korea Selatan yaitu EXO, yang pada saat kemunculan mereka, memperkenalkan diri sebagai yang datang dari Exoplanet. Lalu apakah benar Exo planet itu ada? Simak penjelasannya.