Perbedaan Laut dan Samudera berdasarkan Seginya

Seringkali saat kita liburan, salah satu tempat yang ingin sekali kita kunjungi adalah pantai. Namun apa sih sebenarnya pantai itu? Apakan pantai itu merupakan batas antara daratan dengan lautan? Saat kita dipantai, sebenarnya apa yang kita lihat? Laut ataukan samudera? Kita kerap sekali mendengan dua hal ini diperdebatkan, sebenarnya apa sih samudera dan apa sih laut itu? Bukankah keduanya sama saja?.Laut merupakan kumpulan air yang menutupi permukaan lapisan tanah yang sangat luas dan umunmnya airnya mengandung garam dan berhubungan dengan samudera. Sedangkan samudera adalah laut yang  berukuran luas dan juga merupakan massa air asin yang bersambung dan hanya terpisahkan oleh benua atau pun pulau yang besar.  Nah dilihat dari pengertiannya saja sudah menampakkan perbedaan laut dan samudera.

Meski sama-sama merupakan perairang yang luas, sama-sama memiliki air yang umumnya berwarna biru dan asin, ternyata ada perbedaan antara laut dengan samundera. Oleh karena adanya perbedaan itu, maka pada benua di dunia seperti Samudera Pasifik tidak bisa dikatakan sebagai Laut Pasifik, begitu pulan dengan Samudera Hindia, Samudera Altantik, keduanta tidak dapat disebut sebagai Laut Hindia maupun Laut Atlantik. Dan sebaliknya, begitu juga dengan Laut Jawa tidak bisa disebut dengan Samudera Jawa, Laut Arafuru tidak dapat disebut dengan Samudera Arafuru, Lut Hitam, Laut Merah, dan sebagainya tidak dapat disebut sebagai samudera. Lalu, sebenarnya apa yang membedakan antara laut dengan samudera?. Sebenarnya kedua perairan tersebut memiliki perbedaan yang dilihat dari beberapa sisi. Sisi- sisi tersebut diantaranya adalah ukuran, kedalaman, dan juga letak. Oleh sebab itu dikatakan bahwa samudera dan laut adalah dua hal yang mirip namun jelas berbeda.

Berikut adalah perbedaan laut dan samudera :

1. Dilihat dari segi luas

Dilihat dari segi ukuran atau luasnya, laut dan samudera mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Samudera ini jauh lebih luas daripada laut. Sebagai pembuktiannya, kita dapat melihat ukuran- kuran beberapa samudera dan beberapa laut yang ada di dunia.

  • Samudera Pasifik memiliki luas 165.250.000 kilometer persegi
  • Samudera Atlantik memiliki luas 106.450.000 kilometer persegi
  • Samudera Hindia memiliki luas 73.556.000 kilometer persegi
  • Saudera Antartika memiliki luas 20.327.000 kilometer persegi
  • Samudera Arktik memiliki luas 14.056.000 kilometer persegi
  • Laut Cina Selatan memiliki luas 3.500.000 kilometer persegi
  • Laut Karibia memiliki luas 2.754.000 kilometer persegi
  • Laut Mediterania memiliki luas 2.500.000 kilometer persegi
  • Laut Bering memiliki luas 2.000.000 kilometer persegi
  • Laut Teluk Meksiko memiliki luas 1.600.000 kilometer persegi

Nah, dari ringkasan luas samudera dan laut diatas dapat dibuktikan bahwa samudera dan laut mempunyai perbedaan luas atau ukuran yang sangat mencolok. Laut yang paling luas saja yaitu laut Cina Selatan dibandingan dengan samudera yang paling kecil, yaitu Samudera Arktik saja perbedaannya lebih dari 10.000.000 kilometer persegi. Hal ini menunjukkan bahwa dari segi ukuran, samudera memang jauh lebih luas. Salah satu faktor yang menjawab mengapa ukuran atau luas samudera dengan laut ini berbeda sangat banyak adalah laut merupakan bagian dari samuderan, sedangkan samudera merupakan kumpulan beberapa laut. Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa pengematan mengenai daftar samudera di dunia berikut .

  • Samudera Hindia merupakan kumpulan beberapa laut, yaitu Laut Cina Selatan, Laut Arab, Laut Indonesia, dan lainnya.
  • Samudera Atlantik merupakan kumpulan beberapa laut, yaitu laut Karibia, Teluk Meksiko, Teluk St. Lawrence, Laut Mediterania, Laut Utara, Laut Hitam, Laut Baltik, dan juga Laut Norwegia- Greenland.
  • Samudera Arktik merupakan kumpulan beberapa laut yaitu Laut Barents, Laut Beaufort, Laut Chukchi, Laut Siberia Timur, Laut Greenland, Laut Hudson, Tanjung Hudson, Tanjung Baffin, Laut Kara, Laut Laptev, Laut Putih, beserta dengan badan- badan air lainnya yang ada di sekitarnya.
  • Samudera Pasifik merupakan kumpulan dari beberapa laut, yaitu Laut Sulawesi, Laut Koral, Laut Cina Timur, Laut Cina Selatan, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman, dan Laut Kuning

Itulah beberapa penjabaran samudera dengan beberapa laut yang menjadi badannya. Terbukti bahwasannya memang samudera ini adalah penggabungan dari beberapa laut yang bersatu kemudian dinamakan Samudera.

2. Dilihat dari Sisi Kedalamannya

Perbedaan antara laut dengan samudera tidak hanya dilihat dari segi ukuran atau luasnya saja, namun juga dilihat dari segi kedalamannya. Jika dilihat dari segi kedalamannya, samudera jauh lebih dalam daripada laut, karena dilihat dari ukurannya pun samudera juga lebih luas daripada laut. Untuk membuktikannya, bisa dilihat dari beberapa data kedalaman laut dan juga samudera yang ada di dunia.

  • Palung Mariana yang terletak di Samudera Pasifik memiliki kedalaman 11.033 meter
  • Palung Laut Puerto Rico yang berada di Samudera Atlantik memiliki kedalaman 8.648 meter
  • Palung Laut di sebelah selatan Jawa yang berada di Samudera Hindia memiliki kedalaman 7.725 meter
  • Laut Jepang memiliki kedalaman rata- rata 1.666 meter
  • Laut Mediterania memiliki kedalaman rata- rata 1.501 meter.
  • Laut Bering memiliki kedalaman rata- rata 1.491 meter
  • Laut Cina Selatan memiliki kedalaman rata- rata 1.463 meter

Jika dilihat dari data kedalaman samudera dan laut diatas maka dapat dilihat bahwasannya samudera memang memiliki kedalaman yang lebih banyak daripada laut.

3. Dilihat dari letaknya

Perbedaan samudera dan juga laut ini selain dilihat dari segi kedalaman dan juga luas atau ukurannya, perbedaan ini juga dilihat dari letaknya atau ciri fisik yang dapat dilihat. Dari segi letaknya atu ciri fisik yang bisa dilihat, laut memisahkan dua daratan yang berupa pulau-pulau sedangkan samudera memisahkan dua daratan atau lebih dan berupa benua. Untuk pembuktiannya apakah sesuai atau tidak dapat dilihat dari beberapa data tentang letak laut dan juga samudera yang ada di dunia.

  • Samudera Pasifik memisahkan Benua Asia, Benua Australia, dan juga benua Amerika
  • Samudera Atlantik memisahkan Benua Amerika, Benua Eropa, dan juga Benua Arika
  • Samudera Hindia memisahkan Benua Afrika, Benua Asia, dan juga Benua Australia.
  • Laut Jawa memisahkan Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan
  • Laut Maluku memisahkan Pulau Sulawesi dengan Kepulauan Maluku
  • Laut Seram memisahkan Kepulauan Maluku dengan Maluku Utara

Dari data- data di atas dapat dilihat bahwasannya samudera yang notebene lebih luas dan lebih dalam daripada laut, juga memisahkan daratan- daratan yang lebih besar daripada daratan yang dipisahkan oleh laut.

 

fbWhatsappTwitterLinkedIn