16 Cara Melestarikan Alam Laut dan Lingkungan

Bumi adalah planet yang di dalamnya memiliki banyak ekosistem. Banyaknya ekosistem di bumi akibat dari relief permukaan bumi yang tidak rata (baca: Relief Permukaan Bumi Daratan dan Lautan). Permukaan bumi menjadi tidak rata akibat adanya dua tenaga yang membentuk bumi. Dua tenaga itu adalah tenaga eksogen dan tenaga endogen. Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi (baca: Jenis Tenaga Eksogen Pengubah Muka Bumi). sedangkan tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi (baca: Macam-macam Tenaga Endogen dan Penjelasannya). akibat kedua tenaga tersebut, permukaan bumi yang juga bisa disebut sebagai kerak bumi memiliki tonjolan atau cekungan yang menjadi tempat setiap ekosistem di bumi.

Bumi sendiri terdiri dari daerah daratan dan daerah perairan. Hal ini menyebabkan bumi memiliki dua ekosistem besar, yaitu ekosistem darat dan ekosistem air. Ekosistem darat adalah ekosistem yang berada di darat atau sebagian besar daerahnya berupa daratan (baca: Ekosistem Darat : Pengertian, Ciri- ciri, Jenis dan Manfaatnya). Dalam ekosistem darat, terdapat ekosistem- ekosistem kecil yang melangkapi ekosistem di darat. Salah satu ekosistem di darat adalah ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem karst, ekosistem hutan gugur, ekosistem padang rumput, ekosistem gurun, dan ekosistem tundra.

Sedangkan ekosistem air adalah ekosistem yang sebagian wilayahnya terdiri dari air (baca: Ekosistem Air : Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya). Sebagai contoh ekosistem sungai, ekosistem rawa, ekosistem danau, ekosistem air laut, dan ekosistem terumbu karang. Setiap ekosistem memilki kegunaan dalam menjaga keseimbangan pada bumi. akan tetapi ekosistem di bumi mulai mengalami kesusakan hal akibat ulah manusia yang tidak mau hidup berdampingan dengan alam. Alam yang rusak akan menyebabkan bumi rusak, yang kelak akan mengganggu kehidupan manusia. Menjaga keseimbangan ekosistem sangat diperlukan. Karena kesimbangan ekosistem maka berdampak pada kelestarian alam. Menjaga kelestarian alam dapat dilakukan dengan menjaga laut dan lingkungan. Berikut adalah Cara Melestarikan Alam Laut dan Lingkungan :

Melestarikan Alam laut

Laut adalah salah satu daerah terbanyak di bumi. laut adalah habitat bagi ikan serta terumbu karang. Ikan adalah salah satu sumber protein bagi manusia. Selain terumbu karang menyimpan keindahan serta tempat timbuh bagi rumput laut. Rumput laut adalah salah satu jenis tumbuhan yang memilki berbagai macam manfaat bagi manusia. Selain itu laut berfungsi sebagai pengatur suhu di bumi. Laut mampu membawa udara panas dari khatulistiwa menuju kutup. Begitu juga sebaliknya.

Sehingga suhu udara di bumi seimbang. Tidak ada daerah yang terlalu panas dan daerah yang terlalu dingin. Hanya saja, akibat ulah manusia, alam laut mulai mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut akibat manusia yang membuang limbah sembarangan ke laut. Selain itu tumpahan minyak ke laut akibat kegiatan pengeboran minyak lepas pantai, juga merusak alam di laut. Nelayan dengan memakai pukat harimau dan bom menyebabkan keseimbangan ekosistem di laut menjadi terancam. Keseimbangan ekosistem penting untuk dijaga. Karena ekosistem yang seimbang sama saja dengan melesarikan alam. Cara melestarikan alam laut dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut:

  1. Tidak membuang sampah sembarangan. Di laut maupun di sungai. Sungai adalah aliran air yang akan bermuara ke laut. Jika air sungai kotor, maka laut ikut kotor.
  2. Tidak membuang limbah pabrik ke laut.
  3. Tidak memakai pukat harimau atau bom dalam menjaring ikan. Hal ini akan melestarikan dan menjaga populasi ikan tetap seimbang.
  4. Tidak membuang sampah di pantai. Pantai adalah daratan yang paling dekat dengan laut. Jika pantai kotor, akan berdampak pada kebersihan laut.
  5. Tidak menyentuh terumbu karang saat sedang menyelam di laut.
  6. Tidak membunuh hewan yang terancam punah di laut.
  7. Melakukan penanaman kembali terumbu karang.
  8. Memberikan sangsi tegas pada pelaku pengerusakan hewan laut.

Melestarikan alam laut, bererti telah melestarikan setengah ekosistem di bumi. karena laut mewakili separuh dari seluruh daerah bumi. separuh bagian dari bumi lainnya adalah daratan. Dan daratan mewakili lingkungan tempat manusia tinggal.

Melestarikan Alam Lingkungan

Manusia adalah makhluk hidup yang tinggal di darat. Oleh karena ini, darat adalah lingkungan bagi manusia. Daratan memiliki banyak manfaat. Sama seperti laut, daratan menyimpan manfaat bagi manusia. Dartan menyimpan berbagai makanan yang di butuhkan manusia untuk menjaga nutrisi manusia tetap terpenuhi. Daratan di pakai manusia untuk bekebun dan bertani.

Selain itu daratan adalah tempat manusia untuk bertenak. Akan tetapi daratan yang menjadi lingkungan manusia, juga telah dirusak oleh manusia itu sendiri. Hal ini akibat manusia yang tidak mau berbagi tempat tinggal dengan alam. Lingkungan mulai rusak akibat polusi yang dilakukan oleh manusia. Perusakan lingkungan oleh manusia terlihat dari munculnya pemanasan global yang ada di bumi. pemanasan global di bumi akibat dari pencemaran udara oleh manusia (Baca: Pemanasan Global : Pengertian – Dampak – Proses Terjadinya).

Selain itu, demi memenuhi kebutuhan manusia, banyak hutan yang digunduli, sehingga pohon sebagai produsen oksigen menjadi semakin sedikit. Pemakaian bahan bakar minyak hasil dari minyak bumi juga salah satu penyebab rusaknya alam. Salah satu cara paling buruk dalam menambang minyak bumi adalah dengan memakai pasir minyak. Pasir minyak adalah cara menambang minyak dengan cara memompa gas keluar, lalu mendinginkannya. Gas yang dingin menjadi minyak dan jatuh ke pasir. Pasir tersebut di peras dan diambil minyaknya saja. Penambangan minyak ini telah menyebabkan satu hutan di kanada menjadi tercermar. Selain itu, CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor menyebabkan udara menjadi tercemar. Dan tambang batubara juga menjadi masalah dalam pencemaran lingkungan.

Oleh karena itu, diperlukan usaha dari manusia untuk menjaga kelestarian alam lingkungan. Lingkungan yang tidak sehat, akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia juga. Cara meletarikan lingkungan antara lain:

  1. Memakai kertas dan tissue dengan bijak dan tidak boros.
  2. Menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  3. Melakukan penghematan dalam pemakaian listrik.
  4. Mengubah perilaku konsumsi dengan tidak membeli produk yang berbahan kelapa sawit, tetapi memakai produk alternatif yang lebih baik.
  5. Tidak menebang hutan sembarangan.
  6. Melakukan reboisasi.
  7. Memberikan pajak karbon bagi negara yang memiliki tingkat pencemaran melebihi ketentuan. Uang hasil pajak karbon digunakan untuk konservasi alam.
  8. Memakai pembangkit listrik tenaga yang berasal dari alam seperti angin atau matahari.

Melestarikan alam lingkungan penting untuk dilakukan. Karena melestarikan alam, sama saja dengan melindungi bumi. Semakin alam sehat, maka bumi akan semakin nyaman untuk di tinggali oleh manusia dengan ikut menerapkan Cara Melestarikan Alam Laut dan Lingkungan.

Baca Juga:

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!