Sponsors Link

15 Gunung Tertinggi di Myanmar yang Perlu Diketahui (Paling Lengkap)

Sponsors Link

Gunung Tertinggi di Myanmar bisa menjadi bukti bahwa myanmar juga memiliki gunung pencakar langit yang tidak kalah tinggi. Republik Persatuan Myanmar atau yang di dunia barat disebut sebagai Burma merupakan sebuah negara di Kawasan Asia Tenggara. Negara yang dahulu beribu kota di Yangon atau Rangoon ini sekarang memiliki ibukota di Naypyidaw. Negara ini merupakan Negara berkembang yang masih berusaha untuk mengusahakan kesejahteraan warganya.

Baca juga:

Gunung Tertinggi di Myanmar

Gunung Tertinggi di MyanmarNegara Myanmar pernah dijajah oleh Inggris. Mata uangnya adalah kyat yang oleh penduduk setempat disebut sebagai chat. (baca: mata uang terendah di dunia) Wilayah Myanmar sebagian besar bukan merupakan wilayah dataran, melainkan area pegunungan yang memiliki banyak gunung-gunung tinggi. (baca: gunung meletus) Di gunung-gunung tinggi ini, banyak ditemukan hutan yang luas dengan kekayaan flora dan fauna khas Myanmar. (baca: pelestarian ekosistem) Selain itu, di ketinggian tertentu, beberapa puncak gunung di Myanmar juga dilapisi oleh keberadaan salju.

 

Myanmar merupakan Negara yang terletak di perbatasan China, India dan Tibet. Hal ini menyebabkan beberapa gunung di Myanmar akhirnya menjadi bagian dari wilayah Pegunungan Besar Himalaya. (baca: pengertian pegunungan) Berikut ini adalah daftar dari 15 gunung tertinggi di Negara Myanmar.

15. Gunung Nat Ma Taung

Gunung Nat Ma Taung adalah salah satu gunung tertinggi di Myanmar. Gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Victoria atau Khaw-nu-soum. Gunung Nat Ma Taung adalah gunung yang kaya dengan hutan tropis, sekaligus hutan sub tropis. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.231 meter dari atas permukaan laut, atau sekitar 7.320 kaki.

Gunung Nat Ma Taung merupakan salah satu obyek wisata unggulan Negara Myanmar. (baca: hutan wisata) Dalam mewujudkan usaha pelestarian ekosistem dari Gunung Nat Ma Taung, pemerintah Myanmar telah membangun kawasan gunung ini sebagai Taman Nasional Nat Ma Taung yang terkenal di Myanmar.

14. Gunung Moi Len

Gunung Moi Len merupakan salah satu gunung tinggi yang terkenal di wilayah Negara Myanmar. Gunung ini terletak di perbatasan antara Myanmar dan India. Gunung Moi Len memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter, atau sekitar 10.131 kaki. Gunung ini terletak sekitar 20 kilometer dari daerah Nagaland, Myanmar.

13. Gunung Bumpha Hum

Gunung Bumpha Hum merupakan salah satu gunung tertinggi di Burma. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.411 meter dari atas permukaan laut. Gunung Bumpha Hum terletak di Perbukitan Kachin. (baca: pengertian perbukitan)

12. Gunung Hkaru Bum

Gunung Hkaru Bum memiliki ketinggian 3.677 meter dari atas permukaan laut. (baca: laut terluas di dunia) Gunung ini terletak di wilayah Kachin, Myanmar. Para pendaki Gunung Hkaru Bum dapat beristirahat di Desa Kaunglanhpu sebelum memutuskan untuk menjelajahi pemandangan indah gunung ini secara langsung dari ketinggian dan melihat hutan-hutan rimbunnya. (baca: hutan terlebat di dunia)

11. Gunung Saramati

Gunung Saramati merupakan salah satu gunung yang terletak di perbatasan antara India dengan Myanmar. Gunung ini berlokasi di daerah Nagaland. Ketinggiannya adalah sekitar 3.885 meter. Gunung Saramati merupakan puncak tertinggi dari rangkaian Pegunungan Patkai Range. (Baca Juga : Danau)


10. Phonyin Razi

Phonyin Razi merupakan gunung tertinggi kesembilan di Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.282 meter dari atas permukaan laut. Phonyin Razi terletak di wilayah Kachin. Gunung ini merupakan salah satu dari gunung yang menyusun rangkaian Pegunungan Besar Himalaya. Phaonyin Razi terletak dekat dengan perbatasan antara Myanmar dengan India. (Baca Juga : Danau Terluas di Benua Amerika )

9. Phangran Razi

Phangran Razi merupakan gunung tertinggi kesembilan di Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.328 meter dari atas permukaan laut. Gunung ini terletak di wilayah Kachin, sekaligus merupakan salah satu dari gunung yang menyusun rangkaian Pegunungan Besar Himalaya. Phangran Razi terletak dekat dengan perbatasan antara Myanmar, China, India, dan Tibet. (Baca Juga : Danau Terluas di Indonesia)

8. Tani Razi

Tani Razi merupakan gunung tertinggi kedelapan di Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.580 meter dari atas permukaan laut. (Baca Juga : Ciri- ciri Danau Eutropik)

7. Madoi Razi

Madoi Razi merupakan gunung tertinggi di Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.616 meter dari atas permukaan laut.

Baca Juga :

6. Tasudo Razi

Tasudo Razi merupakan gunung tertinggi keenam di Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.841 meter dari atas permukaan laut. (Baca Juga : Danau Terluas di Benua Asia)

5. Timi Razi

Timi Razi merupakan gunung tertinggi kelima di Myanmar yang memiliki ketinggian sekitar 5.101 meter dari permukaan laut. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Timi Razi terletak di daerah Myanmar utara, tepatnya di daerah Kachin. Daerah ini dibatasi oleh Negara China di bagian utara dan timur, wilayah Shan di selatan, serta wilayah India di bagian barat.

Baca Juga :

4. Dindaw Razi

Dindaw Razi adalah gunung yang tertinggi keempat di Negara Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 5.464 meter, atau sekitar 17.927 kaki. Dindaw Razi terletak dekat dengan Timi Razi yaitu di daerah Kachin. Gunung Dindaw Razi juga merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Besar Himalaya yang terkenal di seluruh dunia. (Baca Juga : Potensi Sumber Daya Alam Hutan)

3. Puncak 5710

Puncak 5710 merupakan gunung tertinggi ketiga di Negara Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 5.710 meter, atau sekitar 18.734 kaki.

Baca Juga :

2. Gamlang Razi

Gamlang Razi merupakan gunung tertinggi kedua di Negara Myanmar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 5.870 meter, atau sekitar 19,259 kaki. Gunung ini terletak di perbatasan antara Myanmar dan Tibet. Gamlang Razi juga merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya dan merupakan wilayah dari Taman Nasional Kakhaborazi. Karena ketinggiannya yang menakjubkan, Gamlang Razi merupakan gunung yang dilapisi salju sepanjang tahun pada puncaknya. (Baca Juga : Solusi Kebakaran Hutan )

1. Hkakabo Razi

Gunung tertinggi di Myanmar adalah gunung Hkakabo Razi. Gunung ini adalah bagian dari Pegunungan Himalaya yang terletak tak jauh dari gunung tertinggi kedua di Myanmar yaitu Gamlang Razi.

Hkakabo Razi sangat terkenal di Myanmar dan dunia. Puncaknya belum terpantau pasti dengan teknologi GPS namun dapat dipastikan bahwa Hkakabo Razi merupakan puncak tertinggi di Negara Myanmar, bahkan di Asia Tenggara.

Ketinggian gunung Hkakabo Razi mencapai 5,881 meter dari permukaan laut, atau sekitar 19,295 kaki. Di ketinggian sekitar 2.500 meter pada gunung ini, dapat ditemukan hutan hijau yang sangat sejuk. Semakin naik, pendaki akan menemukan udara dingin dengan salju yang tidak pernah hilang sepanjang tahun. Salju abadi di gunung Hkakabo Razi dapat ditemukan pada ketinggian sekitar 17.500 kaki, atau sekitar 5.300 meter dari permukaan laut. Udara dingin akan menyelimuti siapa pun yang mendaki gunung ini, sehingga untuk menjelajahinya diperlukan kekuatan fisik dan mental yang prima.

Baca juga:

Sebagai salah satu penyusun terpenting dari bentang alam di muka bumi, gunung adalah bagian dari ekosistem yang patut untuk dijaga kekayaan hayatinya. Gunung menyimpan kekayaan flora dan fauna yang menjadi bagian dari identitas suatu negara. (baca: persebaran flora dan fauna di Indonesia)

Tidak hanya di Myanmar, gunung di Negara kita Indonesia maupun gunung di seluruh dunia sudah selayaknya untuk tidak dirusak. Usaha pelestarian seperti pembangunan taman nasional di wilayah gunung-gunung tinggi seperti yang tercantum dalam daftar di atas, merupakan salah satu perwujudan kecintaan manusia pada alam dan seisinya.

Aktivitas yang bermanfaat seperti mendaki gunung, sudah selayaknya digunakan sebagai salah satu upaya untuk mempelajari tentang kekayaan alam, sekaligus usaha untuk mendekatkan diri dengan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan gunung-gunung di muka bumi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gunung