25 Negara Terkuat di Dunia Saat ini (Termasuk Indonesia)

Negara- negara yang ada di dunia berdampingan seperti halnya manusia yang hidup bertetangga. Jika dimasyarakat kita hidup berdampingan sebagai suatu individu. Maka di seluruh dunia yang berperan sebagai individu adalah negara- negara tersebut. Jika di masyarakat kita dapat menemukan orang- orang yang mempunyai kedudukan lebih, maka negara pun demikian. Ada negara yang kuat ada negara yang lemah, ada negara yang kaya ada negara yang miskin dan ada negara yang maju ada pula negara yang tertinggal. Semua ini terjadi karena adanya faktotr- faktor baik dari dalam maupun dari luar.

Negara Terkuat di Dunia

Sebagai makhluk sosial, kita pun perlu mempelajari segala hal mengenai kehidupan sosial yang ada di bumi, terlebih kaitannya dengan hal- hal yang berkaitan kehidupan bertetangga manusia. Kita perlu mengetahui pula beberapa negara yang merupakan negara yang kuat dibandingkan dengan negara- negara lain. Ada beberapa negara di dunia ini yang mempunyai kekuasaan lebih daripada negara- negara lain sehingga negara- negara tersebut sering dijuluki sebagai negara adidaya atau negara adikuasa. Selain negara adikuasa atau adidaya yang dikenal akan kekuasaannya, ada pula negara- negara yang sangat terkenal akan kekuatan militernya. Negara- negara tersebut juga dikatakan sebagai negara paling kuat. Perlu untuk kita mengetahui beberapa negara terkuat di dunia tersebut. Beberapa negara terkuat di dunia antara lain sebagai berikut:

  1. Korea Utara

Negara yang terkenal akan kekuatan militernya yang pertama adalah Korea Utara. Democratic People’s Republic of Korea atau yang dikenal dengan Korea Utara ini merupakan negara yang dikenal sebagai negara tertutup dengan pemimpinnya yang diktator. Korea Utara merupakan negara yang kuat akan kekuatan militernya. Menurut data, Korea Utara mempunyai 4.200 tank, 994 pesawat tempur, dan 967 kapal tempur. Selain itu, yang paling terkenal di kalangan negara- negara bahwa Korea Utara ini mempunyai senjata nuklir sendiri. Hal ini terlihat karena Korea Utara sering menguji coba senjata nuklirnya tersebut. Meskipun data yang diperoleh tentang kekuatan militer di Korea Utara belum terlalu akurat (karena sangat tertutup), namun negara ini sudah sangat terkenal dengan kekuatan militernya.

  1. Saudi Arabia

Negara lain yang sangat terkenal akan kekuatan militernya adalah Saudi Arabia. Menilik sejarah masa lalu mengenai negara ini mungkin tidak heran bagi kita apabila mendengar negara Arab Saudi ini mempunyai kekuatan militer yang besar. Arab Saudi ini merupakan negara yang sangat kaya. Kekayaan negara ini sebagian besar karena negara ini adalah sumber minyak bumi yang sangat besar. Nah, kekuatan militer yang besar dari Arab Saudi ini terutama dibentuk untuk melindungi kekayaan negara tersebut. Bahkan kekuatan militer Arab Saudi ini menjadi salah satu yang terkaya di dunia (baca: kota terkaya di dunia). Menurut data, peralatan militer yang dimiliki oleh Arab Saudi ini terdiri dari Saudi Arabian Army, Royal Saudi Air Force, Royal Saudi Navy, Royal Saudi Air Defense, Saudi Arabian National Guard (SANG), serta pasukan para militer. Saudi Arabia juga memiliki 230.000 personil tentara yang aktif.

  1. Australia

Selanjutnya adalah Australia yang merupakan negara persemakmuran Inggris. Kekuatan militer dari Australia ini adalah kekuatan yang terkenal dan semakin lama semakin kuat. Negara Australia selama ini bukan negara (baca: negara maju dan berkembang) yang terlalu mementingkan aspek militernya, namun demikian Australia selalu meng upgrade peralatan militernya  terlebih persenjataan agar tidak ketinggalan dengan lain, sehingga jika Australia dilanda perang maka sekutu negara ini akan segera datang membantu.

  1. Kanada

Kanada juga merupakan salah satu negara yang mempunyai kekuatan militer yang besar. Meskipun Kanada dikenal dunia sebagai negara paling damai dan juga paling bersahabat di dunia, namun Kanada mempunyai peralatan militer yang lengkap. Kanada memiliki peralatan perang sebanyak 181 tank, 426 pesawat tempur dan juga 63 kapal perang.

  1. Iran

Seperti halnya negara lain yang ada di timur tengah, Iran merupakan negara yang mempunyai kekuatan militer yang terkenal. Jumlah militer negara Islamic Republic of Iran adalah sebanyak 545.000 personil militer yang aktif. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa Iran merupakan negara yang terkuat tidak hanya di timur tengah namun juga di dunia.

Sponsors Link

  1. Thailand

Salah satu negara yang terkuat akan kekuatan militernya adalah Thailand, Negeri Gajah Putih. Thailand merupakan negara yang mempunyai kekuatan militer terbesar nomor 3 di Asia Tenggara (baca: negara berkembang di Asia Tenggara)dan yang terkuat nomor 20 di dunia.

  1. Taiwan

Negara selanjutnya yang mempunyai kekuatan militer yang besar adalah Taiwan. Dibawah ancaman peng- invasian militer dari negara China (baca: sungai terpanjang di China) yang sangat kuat, membuat negara Taiwan ini memfokuskan pengembangan militer dalam hal self- defence. Berbeda dengan Saudi Arabia yang memfokuskan militernya untuk menjaga kekayaan negara, militer Taiwan ini difokuskan untuk melindungi diri dari ancaman musuh. Peralatan militer Taiwan ini terdiri atas 307 helikopter, 2005 tank, serta 815 pesawat tempur. Jumlah yang demikian ini sangatlah fantastis jika dilihat dari luas wilayah negara ini.

  1. Polandia

Polandia juga merupakan negara (baca: negara yang terbaik dengan pendidikannya) yang dikenal akan kekuatan militernya yang kuat. Kerusuhan serta ketegangan yang terjadi di Ukraina telah memaksa pemerintah Polandia menghabiskan anggaran dalam aspek militer di beberapa dekade terakhir ini. oleh sebab itulah dalam beberapa tahun terakhir kekuatan militer Polandia berkembang sangat pesat dan menjadikan negara ini sebagai negara nomor 18 yang terkuat kekuatan militernya.

  1. Vietnam

Negara tetangga kita, Vietnam juga merupakan negara yang terkenal akan kekuatan militernya. Negara ini memperkuat di bidang militer setelah berhasil mengalahkan negara Adidaya Amerika Serikat dan Perancis pada abad ke 20. Yang merupakan kebanggan dari Vietnam dan dianggap sangat penting oleh negara ini adalah The Vietnam People Army atau VPA.

  1. Israel

Mungkin siapa saja setuju jika Israel merupakan negara yang sangat hebat di bidang militernya. Hal ini dapat dilihat dengan sangat jelas pada serangan- serangan yang kerap kali dijautuhkannya dan hampir tiada hentinya kepada negara yang menjadi lawannya. Padahal negara Israel ini merupakan negara yang kecil. Meski demikian negara ini mempunyai peralatan militer yang serba modern. Bahkan pasukan militer Israel ini menjadi salah satu pasukan paling aktif di 5 dekade ini.

Sponsors Link

  1. Brazil

Negara yang terkenal akan sepak bolanya ini adalah negara yang mempunyai kekuatan militer paling kuat Nomor 1 di wilayah Amerika Selatan, nomor 2 di Benua Amerika(baca: danau terluas di Benua Amerika) serta nomor 12 di dunia. Salah satu hal yang memicu ini adalah etak dari negara Brazil sendiri yang berada di sekitar 10 negara yang membuat Brazil harus waspada. Peralatan militer yang dimiliki Brazil ini tergolong banyak, yakni 330.000 tentara yang aktif, sebanyak 486 tank perang, 735 pesawat tempur, serta 110 unit kapal perang yang siap digunakan.

  1. Indonesia

Indonesia, negara kita ternyata merupakan salah satu negara yang terkenal akan kekuatan militernya yang besar. Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terdiri atas TNI AD (Angkatan Darat), TNI AU (Angkatan Udara) dan TNI AL (Angkatan Laut) merupakan kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia. Tentara Nasional Indonesia dibentuk selama revolusi nasional Indonesia yang sangat terkenal dengan taktik perang gerilya nya. Jumlah persolin TNI yang dimiliki oleh Indonesia ini berjumlah lebih dari 500.000 personil. Dengan jumlah yang banyak serta didukung peralatan yang modern membuat Indonesia (baca: kota terindah di Indonesia) menjadi negara terkuat akan kekuatan militernya nomor 4 di dunia adan nomor 1 di Indonesia.

  1. Pakistan

Pakistan adalah negara yang kuat selanjutnya akan kekuatan militernya. Pakistan terus menerus melakukan pengembangan dan memperkuat peralatan militernya. Pakistan juga merupakan negara yang paling banyak berkontribusi dalam upaya perdamaian yang dilakukan oleh PBB, yakni dengan mengirimkan 10.000 personil yang dikerahkan ke luar negeri, yakni pada tahun 2017.

  1. Mesir

Negara dengan kekuatan militer terkuat di Afrika (baca: danau terluas di Afrika) adalah Mesir, bahkan di wilayah Timur Tengah. Mesir mempunyai anggota personil militer yang aktif sebanyak 470.000. Dengan jumlah yang banyak tersebut, Mesir mampu menduduki sebagai negara terkuat nomor 13 di dunia. Namun ada yang unik dari tentara Mesir ini, yakni tentara Mesir adalah yang paling tua di dunia sejak didirikan pada tahun 3200 SM.

  1. Korea Selatan

Saudara nama Korea Utara ini merupakan negara yang mempunyai kekuatan militer terkuat nomor 11 di dunia. Salah satu penyebab mengapa Korea Selatan memperkuat kekuatan militernya secara besar- besaran adalah karena negara ini sempat terlibat konflik dengan negara tetangganya. Untuk mengembangkan kekuatan militernya ini Korea Selatan telah menghabiskan banyak sekali uang. Korea Selatan juga mempunyai program bela negara yang begitu baik, dimana seluruh pemuda Korea Selatan ini wajib mengikuti Wajib Militer yang ada di negara tersebut. Angkatan bersenjata Korea Selatan dibentuk pada tahun 1948 bersamaan dengan terpecahnya semenanjung Korea menjadu dua negara. Hingga saat ini militer Korea Selatan semakin kuat karena mempunyai 2.381 buah tank, 2.660 kendaraan berlapis baja serta 214 sistem peluncur berbagai jenis. Selain itu, peralatan militer lain yang dimiliki negara ini antara lain sebanyak 1.452 pesawat militer, termasuk di dalamnya 845 pesawat tempur, 77 helikopter serbu, 166 kapal perang (termasuk di dalamnya adalah 1 buah kapal induk dan 15 kapal selam).

  1. Italia

Angakatn militer yang dimiliki oleh Italia sama seperti Indonesia, yakni terdiri atas angkatan udara, angkatan laut dan angkatan darat, namun ada satu lagi yang dimiliki oleh Italia yakni carabienieri yakni personil yang bertugas sebagai polisi militer. Hingga tahun 2014, Italia merupakan negara yang terkuat di Benua Eropa (baca: danau terluas di Eropa) dengan tentara aktif sebanyak 320.000 orang, 42.000 personel cadangan, 586 buah tank, kendaraan berlapis baja, 6.972, 92 artileri, 786 pesawat tempur, 143 kapal perang termasuk 2 kapal induk 6 kapal selam.

  1. Jerman

Jerman adalah salah satu negara yang terlibat Perang Dunia ke- 2. Pada saat itu Jerman merupakan pihak yang kalah. Akibat kalah dalam perang dunia ke 2 inilah Jerman harus membayar konsekuensi dengan harus mengembalikan kekuatan militer mereka. Kemudian melalui banyak reformasi militer, Jerman menghasilkan kembali para tentara yang professional dan juga mempunyai peralatan militer yang canggih. Dengan demikian Jerman menjadi negara dengan kekuatan militer terkuat nomor 9 di dunia.

  1. Turki

Kekuatan militer negara Turki menjadikan negara ini sebagai negara yang sangat kuat. Turki adalah negara yang paling kuat dengan peringkat kedua di NATO (setelah Amerika Serikat). Turki mempunyai personil tentara yang aktif sebanyak 495.000 orang. Turki ini juga merupakan salah satu dari 5 negara NATO yang mengambil kebijakan nuklir aliansi bersama Belanda, Jerman, Italia dan juga Belgia. Pemerintah negara Turki telah mengucurkan anggaran yang sangat besar untuk mengembangkan kekuatan militernya. Pemerintah Turki mengucurkan anggaran sebesar 18,2 Milyar dolar atau Rp 240 Triliun dalam waktu satu tahun. Beberapa peralatan militer yang dimiliki oleh negara Turki antara lain 3.778 tank, 1.020 pesawat tempur, 194 kapal perang dan juga 13 kapal selam.

  1. Jepang

Japan Self- Defence Force atau JSDF dibuat setelah Jepang (baca: sungai terpanjang di Jepang) menjadi pihak yang kalah dalam Perang Dunia ke- 2. Setelah itu Jepang juga dilanda ketegangan dengan Korea Selatan. Karena ketegagan inilah maka JSDF mau tidak mau harus memperkuat kekuatannya. Dalam beberapa tahun belakangan ini JSDF sudah mulai menampakkan kekuatannya. Jepang mampu mengeluarkan anggara sebesar 41, 6 Milyar Dolar atau hampir setara Rp 550 Triliun dalam satu tahun. Saat ini Jepang memiliki 250.000 personel aktif dengan 57.900 personel cadangan. Sementara untuk peralatan militer, angkatan militer Jepang dilengkapi dengan 678 buah tank, lebih dari 700 pucuk merial artileri serta 99 sistem peluncur rudal. Jepang juga merupakan negara yang mempunyai pesawat jet yang sangat banyak, yakni sejumlah 1.590 jet tempur, 131 apal perang, termasuk di dalamnya 2 kapal induk dan 17 kapal selam.

  1. Inggris

Inggris merupakan negara yang mempunyai posisi sangat penting di dunia militer. Meskipun luas negaranya yang tidak seberapa, namun Inggris sudah berhasil menakhlukkan beberapa negara di dunia. Inggris juga merupakan induk dari negara- negara persemakmuran. Luas negara Inggris ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, Russia, dan juga China. Menyadari luas wilayahnya yang tidak seberapa, maka Inggris memperkecil kekuatan miliuternya sebanyak 10% (hingga tahun 2018). Namun penurunan kekuatan militer ini tidak membuat predikat Inggris sebagai negara dengan kekuatan militer nomor 6 di dunia tergeser. Secara tradisi, Inggris mempunyai angkatan mmiliter yang sangat kuat, khususnya adalah angkatan laut. Anggaran yang disediakan oleh pemerintah Inggris untuk membiayai militernya sangat banyak. Pemerintah Inggris telah menganggarkan 60,5 Milyar dolar atau lebih dari 800,5 Triliun. Dengan biaya yang sedemikian banyaknya, Inggris bisa membiayai 146.980 personel aktif dan sekitar 182.000 personel cadangan. Dari jumlah peralatan militernya, Inggris mempunyai 407 tank, 936 pesawat tempur, 76 kapal perang serta 1 kapal induk dan 10 kapal selam.

  1. Perancis

Negara menara Eiffel ini sekarang ini menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Berkat perlawanan yang banyak terhadap ISIS di negara ini serta keterlibatannya dalam perang di Libya menjadikan negara ini mau tak mau harus memperkuat kekuatan militernya. Alhasil Perancis ini merupakan negara yang terkuat nomor 5 di dunia. Beberapa peralatan militer yang dimiliki negara Perancis yang tidak kalah dengan negara lain antara lain adalah 423 buah tank, lebih dari 500 jenis meriam artileri serta 44 sistem peluncur rudal. Ada pula sejulmlah 1. 282 pesawat (termasuk di dalamnya adalah 568 pesawat tempur dan 48 helikopter serbu). Untuk peralatan air, Perancis mempunyai 118 kapal perang yang di dalamnya termasuk 4 kapal induk, 10 kapal selam serta 18 kapal penyapu ranjau.

  1. India

Melihat peduduk India yang banyak, kita dapat memprediksi bahwa India tentu mempunyai personil tentara aktif yang jumlahnya sangat banyak, yakni sekitar 1,3 juta. Jika melihat orang- orang Indoa yang berotot maka tidak heran bahwa militer di India pun menjadi salah satu yang paling kuat. India mempunyai prestasi yang gemilang, yakni sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia nomor 3, kemudian negara dengan relawan militer terbesar nomor 2 di dunia, dan negara dengan kekuatan militer terkuat nomor 4 di dunia. Jumlah dari personel militer India yang sangat banyak tadi semakin diperkuat dengan berbagai macam peralatan perang, seperti 6. 464 tank, 6.704 kendaraan lapis baja serta 7.600 persenjataan artileri. Untuk perlengkapan militer udara, India semakin kuat karena memiliki 2.086 pesawat (termasuk di dalamnya 1.488 pesawat tempur dan 19 helikopter tempur). Semntera untuk peralatan militer lalut, India semakin kuat dengan perlengkapan  perang sebanyak 295 kapal perang (termasuk di dalamnya adalah 2 kapal induk, 14 kapal selam dan 6 kapal penyapu ranjau). Untuk mengambangkan kekuatan militernya, tentu saja India mempunyai anggaran untuk mengembangkannya. Anggara yang disediakan pemerintah adalah sebesar 50 Milyar Dolar atau sekitar Rp 660 Triliun untuk angkatan perangnya.

  1. China

Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat nomor 3 di dunia. China mempunyai tentara aktif sebanyak 2,3 juta jiwa. Jumlah ini adalah yang begitu fantastis, namun tahukah Anda bahwa jumlah yang demikian ini adalah 0,18% dari total populasi negara tersebut. Hal ini tidak mengherankan bahwa China termasuk negara dengan kekuatan militer terkuat nomor 3 di dunia. Kehadiran China menjadi saingan bagi Amerika serikat. Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir China menjelma menjadi kekuatan militer yang baru di Asia Pasifik.militer China mempunyai peralatan militer yang terdiri dari 9.150 tank, 4.788 kendaraan lapis baja, 7.950 meriam artileri berbagai jenis, serta 1.770 sistem peluncur roket.

  1. Rusia

Dulunya adalah negara yang bernama Uni Soviet, namun negara ini kembali bangkit dengan nama Russia. Negara ini merupakan saingan berat dari Amerika Serikat (baca: negara yang ditakuti Amerika Serikat). Dari dahulu negara ini adalah oposisi dari kekuatan Amerika. Seorang pemimpin, Puttin memberlakukan penguatan militer secara besar- besaran selama 2 dekade terakhir untuk dapat mengimbangi kekuatan Amerika Serikat. Rusia menggunakan alat militer yang super canggih dan ditambah proyek uklir gila- gilaan membuat begara ini mampu membuktikan kenapa mereka dipanggil saingan kuat Amerika Serikat.

  1. Amerika Serikat

Kekuatan militer dari Amerika Serikat diakui menjadi negara yang paling kuat di dunia (baca: negara dengan kekuata militer terkuat di Dunia). Kekuatan militer Amerika Serikat hampir sama dengan Rusia. Amerika Serikat memang negara yang dikenal sebagai negara kuat, bukan hanya di bidang militernya saja, namun juga dibidang yang lainnya. Negara ini merupakan negara adikuasa yang sangat besar. Negara Amerika Serikat sangat mempengaruhi negara- negara lain di dunia dalam berbagai bidang. Meskipun kekuatan militer Amerika Serikat ini sebanding dengan Rusia, namun menurut beberapa sumber kekuatan militer Amerika Serikat ini adalah kekauatn yang paling besar di dunia.

Nah, itulah beberapa negara di dunia yang merupakan negara pemilik kekuatan militer terbesar dan juga terkuat. Negara- negara tersebut mempunyai angkatan militer yang terbaik dan diakui di seluruh dunia.nggota personil militer yang aktif sebanyak 470.000. Dengan jumla

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 24th, June 2017 / 05:19 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial