Daftar Sungai Terpanjang di Jepang

Salah satu Negara yang sudah cukup maju di kawasan Asia Timur, Jepang merupakan salah satu Negara yang di kenal memiliki pulau stratovolcano. Negara tersebut memiliki empat pulau utama, yakni Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Selain empat pulau utama di atas, Jepang masih memiliki ribuan pulau pulau kecil. Salah satu pulau yang cukup terkenal adalah Pulau Okinawa.

Jepang merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak sungai di pulaunya. Bukan hanya sebagai tempat untuk mengaliri air di sawah, namun sungai yang ada di Jepang memiliki tingkatan magis dan religious. Beberapa sungai yang ada di sana di anggap suci.

Sebenarnya diantara sungai sungai yang terkenal di Jepang, sungai apa sih yang paling panjang? Ini dia daftar sungai terpanjang di Jepang :

10. Sungai Sumida (27 km)

Sungai yang paling banyak di kenal dan di gunakan masyarakat. Sebab di sungai ini kerap di gunakan untuk acara festival kembang api setiap tahunnya. Sungai yang di kenal pula dengan nama Asakusa saat zaman Edo ini merupakan sungai yang di bangun untuk menanggulangi banjir. Kemudian pada tahun 1965 kanal drainase yang berada di hulu di namakan dengan Sungai Arakawa, sedangkan bagian hilir di sebut dengan Sungai Sumida, yang nantinya akan bermuara pada Teluk Tokyo.

9. Sungai Kamo (37 km)

Sungai Kamo atau dikenal dengan nama Kamo-gawa merupakan salah satu sungai di Jepang yang menawarkan keindahan tersendiri. Bahkan, jika anda sudah sampai di Kyoto, namun belum sempat mampir di sini, maka anda belum layak di sebut ‘mampir ke Kyoto’. Sungai yang sangat popular ini merupakan wilayah perairan yang besar, dengan pemandangan dan suasana yang menyenangkan. Biasanya masyarakat menikmati keindahan tersebut dengan jalan jalan di sisi sungai ataupun bersepedaan bersama pasangan.

8. Sungai Nagara (166 km)

Sungai yang memiliki panjang 166 kilo meter atau setara dengan 103 mil ini merupakan salah satu sungai besar yang terletak di Pulau Honshu. Alirannya berasal dari Gunung Daitake lalu menuju ke Gujo, kemudian berjalan ke Prefektur Gifu yang nantinya akan bermuara di Teluk Ise. Awalnya Sungai Nagara ini di sebut juga dengan Sungai Sunomata, sebab sempat terjadi perperangan yang di namakan Pertempuran Sunomata. Sungai ini pula yang di beri penghargaan sebagai sungai terbersih, sehingga Kementrian Lingkungan Hidup Jepang menobatkannya sebagai salah satu dari 100 sungai terbaik di Jepang.

7. Sungai Agano (210 km)

Sungai Agano merupakan salah satu sungai yang berada di kota Nigata menurut letak geografisnya. Aliran air sungainya membanjiri jantung kota utama Nigata. Lalu melaju sampai ke Laut Jepang. Jika anda tertarik dan ingin mengunjungi sungai ini, bisa menempuh kereta api dengan kecepatan tinggi Shinkansen dari Tokyo dalam waktu 100 menit.

6. Sungai Mogami (229 km)

Biasa di kenal sebagai sungai Ibu oleh masyarakat Jepang. Sebab sungai ini membawa kemakmuran tersendiri bagi penduduknya setiap musim. Aliran sungai ini melewati sepanjang prefektur Yamagata. Banyak turis yang melakukan penjelajahan demi melihat pemandangan

5. Sungai Kiso (229 km)

Merupakan sungai yang di sebut ‘rhine’ milik Negara Jepang. Kemiripannya degan sungai rhine yang berada di Eropa menjadikan sungai ini cukup terkenal. Dengan panjang 229 km, sungai ini di fungsikan mirip taman bermain. Anda bisa menikmati liburan dengan menaiki prau bebek atau permainan lainnya. Selain itu sungai ini juga kerap di gunakan masyarakat untuk bermain ukai, yakni suatu metode dalam menangkap ikan tradisional di waktu siang atau malam hari. Konon katanya metode ini memiliki sejarah tersendiri pada tahun 1300 silam.

4. Sungai Abukuma (234 km)

Di daerah Tohuku ini terdapat salah satu sungai yang masuk golongan sungai terpanjang nomor 6 di seluruh Jepang. Di kenal sebagai sungai Abukuma yang memiliki panjang 234 km. Sungai ini termasuk banyak pengunjungnya, sebab pemandangan yang indah dan menawan. Seperti fungsi danau, masyarakat banyak yang melewatinya menggunakan perahu demi melihat bukit bukit di tengah perubahan musim. Sang pengemudi akan mengiringi dengan nyanyian algu Marumori.

3. Sungai Ishikari (268 km)

Di pulau Hokkaido juga terdapat sungai yang cukup panjang. Termasuk ke dalam kategori sungai terpanjang di daerah Hokkaido serta termasuk sungai terpanjang di Jepang. Nama ishikari merupakan dari bahasa ainu, yakni suku asli Jepang yang tinggal di daerah Hokkaido. Sungai ini memiliki panjang sekitar 268 km.

2. Sungai Tonegawa (298 km)

Selanjutnya sungai panjang yang berada di Jepang adalah sungai Tonegawa. Sekitar kurang lebih 298 km yang berada di daerah Kanto, Jepang. Manfaat sungai memang sangat banyak, masyarakat memanfaatkan sungai ini sebagai pembangkit tenaga listrik yang di bantu dengan generator air. Selain itu juga sangat efektif untuk mengairi pertanian serta membantu kegiatan industry. Karena masih termasuk air yang jernih, maka beberapa masyarakat juga menggunakannya untuk air minum.

1. Sungai Shinano (367 km)

Anda pernah menonton drama live action Jepang yang berjudul Shingeki no Kyoujin pasti paham dengan sungai ini. Benar, sungai ini sebagai salah satu latar belakang di film tersebut. Sungai Shinano ini juga biasa di panggil dengan sebutan Shinanogawa panjang terbentang dari prefektur nagano sampai prefektur nigata. Panjang dari sungai ini kurang lebih sekitar 367 km dan terletak di Pulau Honshu. Salah satu keunikan dari sungai ini, bagian sungai yang berada di daerah prefektur nagano di sebut dengan sungai chikuma.

Daftar sungai terpanjang lainnya :

,
Oleh :
Kategori : Sungai