176 Daftar Sungai Terpanjang Di Dunia

Menurut letak geografis, bumi yang bulat ini memiliki porsi bagian perairan lebih besar dari pada daratan. Perbandingan antara laut dan darat adalah 2 (daratan) banding 3 (lautan). Setiap benua di kelilingi oleh laut dan samudra yang sangat luas. Belum lagi di bagian utara dan selatan terdapat kutub yang berisi es dan gleitser yang belum mencair. Baik es dan gleitser tersebut bisa kapan saja mencair jika mengalami peningkatan suhu di bagian daratan.

Letak air bukan hanya terbentang di luar batasan benua dan pulau. Namun di tengah dan di dalam daratan masih terdapat perairan kecil seperti danau, waduk serta sungai. Ada beberapa sungai yang sengaja di bentuk untuk mengairi air di daratan, atau sungai yang memang sudah terbentuk secara alamiah oleh alam.

Peneliti akhir akhir ini lebih tertarik untuk mengamati dan mengukur panjang sungai yang terbentang di seluruh dunia. Seberapa panjang sungai di tentukan oleh perkiraan peneliti. Memang dasar awalnya hanya berupa perkiraan saja, namun tetap di lakukan pengukuran yang di buktikan keakuratannya.

Inilah daftar sungai terpanjang di dunia :


10. Sungai Amur (4.444 km) : Rusia & China

Sungai Amur yang biasa di sebut dengan nama река Аму́р  di bahasa Rusia, atau bisa juga di sebut Heilong Jiang untuk bahasa Tionghoa, atau Sahaliyan Ula untuk orang orang yang emnggunakan bahasa Manchu. Sungai yang di nobatkan sebagai sungai terpanjang ke 10 di seluruh dunia.

Sungai ini menjadi perbatasan antara Eropa dengan Asia, melalang lintang dari arah timur Rusia yang di batasi dengan china laut bagian timur. Sungai ini sebenarnya menjadi tanda dan paktor geopolitik yang di nilai krusial dalam hubungan bilingual antara Chinna dan Rusia. Pada tahun 1960 an lalu, sungai ini sangat berperan dalam perang antara Sino dan Soviet.


9. Sungai Lena (4.472 km ) : Rusia

Sungai yang terletak di daerah Siberia, sekitar kawasan Benua Eropa, tepatmya di Negara Rusia ini memiliki panjang sekitar 4.400 kilo meter. Sungai Lena menjadi sungai terbesar ke 10 dengan capaian panjang yang hampir setara 2.734 mil.

Sungai ini juga di kenal dengan sebutan sungai Irtish yang mengalir dari hilir pengunungan altai daerah Rusia, kemudian sampai ke sungai Ob. Perjalanan sungai Lena ini nantinya akan bermuara hingga ke Laut Arktik kemudian sampai Gunung Baikal.


8. Sungai Kongo (4.700 km)

Negara yang dilintasi : 

  • Angola, Burundi, Cameroon,Central African Republic,Congo-Kinshasa, Gabon,Congo-Brazzaville, Rwanda,Tanzania, Zambia

Sungai Kongo menjadi sungai yang terpanjang di dunia nomor 8. Biasa di sebut juga dengan Sungai Zaire yang menjadi sungai terbesar di kawasan Afrika Tengah. Dengan panjang mencapai 4.700 kilo meter ini menjadikan Sungai Kongo sebagai sungai terbesar nomor dua setelah posisi pertama di duduki oleh Sungai Nil di benua Afrika sana.

Manfaat sungai Kongo

Seperti halnya fungsi danau, sungai Kongo juga sangat berperan bagi masyarakat sekitarnya. Pemanfaatan Sungai Kongo yang mengalir sampai melewati hutan hutan dengan pemandangan yang indah ini membawa manfaat sendiri. bahkan lintasannya bisa mengitari hutan terbesar di dunia, kerap di jadikan tempat latihan syuting film barat.

Sebenarnya nama Kongo sendiri merupakan asli nama kerajaan di masa itu yang juga bernama Kerajaan Kongo. Kemudian pada tahun 1971 setelah itu, pemerintahan Zaire menyebut sungai Kongo tersebut dengan nama Sungai Zaire. Itulah mengapa Sungai Kongo di sebut juga dengan Sungai Zaire.


7. Sungai Ob (5.410 km) : Rusia

Sungai Ob atau juga di sebut dengan sungai Obi merupakan sungai terpanjang nomer 7 yang panjangnya mencapai 5.410 kilo meter atau sekitar 3.364 mil. Tapi jangan salah, sungai ini menjadi sungai terluas di dunia. Letak sungai ini berada di Siberia bagian barat, Rusia yang menjadi salah satu dari tiga sungai yang berhasil mengalir sampai ke samudra artic. Sedangkan ke dua sungai lainnya adalah sungai Yensey yang merupakan sungai terpanjang nomer lima dan sungai Lena.

Sungai Ob memiliki teluk yang di sebut dengan nama teluk Ob dan menjadi teluk yang memiliki muara terpanjang di dunia. Alisan air sungai ini berawal dari gunung Altai, Rusia lalu mengarah ke barat daya Biys yang nantinya akan berakhir di teluk Ob. Beberapa anak sungai yang nantinya akan bermuara ke sungai ini adalah sungai biysk, sungai bernaul, sungai Novosibirsk, sungai nizhnervartosk, serta sungai Surgut. Nantinya di musim dingin, kisaran antara bulan November sampai april, sungai ini akan membeku.


6. Sungai Kuning/Yellow River (5.464 km) : China

Sungai kuning atau biasa di kenal dengan sebutan ‘Yellow River’, atau biasa juga di sebut sebut dengan Huang He merupakan sungai terpanjang nomor 2 setelah sungai Yangtze. Panjang sungai yang mencapai 5.464 kilo meter atau sekitar 3.395 mil ini juga merupakan sungai terpanjang nomer 6 di dunia.

Jalur yang dilewati

Asal mula sungai ini dari Teluk Vhihli di bagian Chinna barat, kemudian sampai ke peggunungan har Bayan di daerah provinsi Qinghai, Chinna di sayap barat. Lalu mengaliri sampai dnegan 9 provinsi di Negara Chinna, kemudian berakhir di Laut Bohai, yakni laut yang berada di sekitar kawasan kota Dongying di Provinsi Shandong.

Sekitar 1.900 kilo meter atau setara 1.180 mil lebar cekungan dai sungai kuning ini di bagian timur dan barat. Sedangkan lebar cekungan di bagian utara dan selatan hanya mencapai 1.100 kilo meter atau sekitar 680 mil saja. Jika anda menjumlahkan total cekungan yang ada di sungai kuning ini ada sekitar 742.443 jilo meter persegi, atau setara dengan 286.659 mil persegi.

Yellow River merupakan bukti majunya peradapan Chinna. Sungai inilah yang menyaksikan kemajuan peradapan Chinna di masa lampau, yang sudah memiliki terracotta yang modern dan tata letak kota yang sudah strategis. Di sekitar lembah Sungai Wei mengarah ke selatan sampai dengan Loop Ordos merupakan pusat kemakmuran china dalam sejarah pembentukan Negara tersebut pada jaman kuno. Di situ pulalah awal dari kelahiran bangsa China.


5. Sungai Yenisei (5.539 km) : Mongolia, Rusia

Daftar sungai berikutnya yang di nobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia nomer 5 adalah sungai Yenisei atau biasa di tulis dengan kata ‘yenisey’. Sungai ini mengalir sampai ke samudra artic, dan menjadi salah satu sungai terbesar di Negara Siberia yang berhasil mengalir dari gunung Tannu Ola di kawasan Rusia sampai ke samudra artic, selain sungai Ob dan sungai Lena.

Sungai yang memiliki panjang mencapai 5.539 kilo meter atau setara dengan 3.445 mil ini memiliki kedalaman maksimum mencapai 80 kaki atau sekitar 24 meter. Sedangkan kedalaman rata rata hanya sampai 45 kaki atau sekitar 14 meter. Kedalaman sungai ini yang mengarah ke luar mencapai 106 kaki atau setara dengan 32 meter, sedangkan bagian inflow hanya sampai 101 kaki atau 31 meter.

Aliran air sungai ini juga berasal dari beberapa anak sungai di daerah Mongolia, lalu berjalan ke arah utara sampai ke Teluk Yenisey di kawasan Laut Kara. Di bagian Siberia Tengah, sungai ini mengalami penyusutan lebar, lalu terus mengalir lagi hingga Angara, Selenga, dan Ider.

Fakta menarinya adalah, sungai ini juga membeku sepanjang tahun. Mengingat kawasannya berada di Rusia, Benua Eropa yang memiliki 4 musim di negaranya. Betapa menyenangkannya bermain Ice Skyting di atas sungai ini bukan?


4. Sungai Mississippi (6.275 km) : Amerika, Kanada

Jika sungai Amazon merupakan sungai yang memiliki cekungan drainase terbesar du dunia, maka sungai Mississippi adalah sungai yang memiliki drainase terbesar di Amerika Utara. Air yang ada di sungai tersebut terus mengalir sampai ke Amerika Serikat, bahkan beberapa ada yang sampai ke Negara Kanada.

Asal Nama

Sebenarnya nama Mississippi merupakan nama asli dari penduduk Amerika Serikat. Jika di artikan secara harfiah, Mississippi mengandung makna ‘bapak air’. Sungai ini merupakan sungai yang melintasi banyak Negara. Meskipun aliran sungai ini ada yang mengaliri ke semua Negara, juga ada yang hanya beberapa bagian Negara saja. Sekitar 31 negara yang berada di Amerika Serikat di aliri sungai ini, serta 2 bagian provinsi di Kanada sampai dengan Pegunungan Rocky dan pegunungan Appalachian.

Panjang dari sungai ini mencapai 6.275 kilo meter atau setara dengan 3.902 mil menjadi sungai terpanjang ke empat di dunia, bahkan menjadi sungai terbesar di dunia nomer 10. Pemanfaatan sungai ini sebagai batas Negara antara Negara bagian, seperti Minnesota, Wiscousin, Lowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, Mississippi serta Louisiana.

Nantinya sungai ini akan bermuara di salah satu Negara bagian Amerika, yakni di kawasan Lousiana, yakni bagian selatan kota New Orleans. Beberapa anak sungainya juga ada yang bermuara di Teluk Mississippi. Sebab cukup banyak anak sungai dari Mississippi ini. Beberapa anak sungai yang cukup penting dan berperan adalah :

  • Sungai Minnesota
  • Sungai Saint Croix
  • Sungai Wiscousin
  • Sungai illnois
  • Sungai Missouri
  • Sungai Ohio
  • Sungai Arkansas


3. Sungai Yangtze (6.300 km) : China

Nama dari Sungai Yangtze juga terkenal dengan sebutan sungai Chang Jiang, yakni menjadi sungai yang terpanjang di seluruh kawasan Asia atau bisa di sebut juga dengan ‘long river’. Sungai yang memiliki panjang sekitar 6.300 kilo meter atau setara dengan 3.917 mil menjadi sungai terpanjang di dunia nomer 3. Alirannya di mulai dari gketser di dataran tinggi daerah Qinghai Tibet, Qinghai yang mengarah ke barat daya, juga kea rah timur, serta ke arah tengah, sampai ke China bagian timur. Ujung dari sungai ini adalah di daerah timur laut China yang berada di Shanghai.

Panjangnya sungai ini bahkan mampu mengaliri satu perlima dari luas penduduk di Republik Rakyat Chinna (RRC). Bukan hanya penduduk yang menggunakan air sungai tersebut, namun juga industry industry yang sampai saat ini berkembang di Negara berkembang tersebut.

Banyak sejarah dan kebudayaan penting yang mengaitkan dirinya dengan keberadaan sungai Yangtze. Perekonomian Chinna memang semapat bergantung dengan keberadaan sungai ini menunjukan seberapa pentingnya sungai ini untuk kehidupan masyarakat china. Bukan hanya itu, beberapa ekosistem serta habitat laut yang menjadi fauna endemic yang terancam punah memang tinggal dan berada di sungai tersebut. Salah satu hewan yang habitatnya mulai berkurang dan terancam punah ini adalah buaya Chinna dan sturgeon Yangtze.

Pemanfaatan sungai ini biasanya di gunakan untuk irigasi, sanitasi, sarana transportasi, industry, batas batas tertentu, serta sumber mata air. Paling mengejutkan dari sungai Yangtze ini adalah 3 dam yang berada di dalam sungai merupakan pembangkit listrik hidro elektrik yang menjadi sumber pembangkit terbesar di dunia. Negara mana yang berani mengusik sungai ini?


2. Sungai Amazon (6.437 km) : Brazil, Colombia, Peru, Ecuador

Dibuktikan dengan seberapa banyak jumlah air wtawar yang di lepaskan dari sungai menuju samudra atlantik yangbanyak, yakni 184.000 meter persegi per detik atau sekitar 6.5 juta kaki kubik di kala musim hujan. Air yang di bawa dari sungai amazon menjadi total satu perlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke dalam air laut dunia. Menjadi sungai yang bisa di manfaatkan untuk kebutuhan air, pasalnya kandungan garam pada sungai tersebut tergolong rendah, bahkan sampai jarak beratus mil jauhnya.Sungai yang di nobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia ke dua adalah sungai Amazon yang berada di daerah Negara Amerika Selatan. Besar debit rata rata aliran air sungai ini sangat tinggi, bahkan lebih tinggi jika di bandingkan dengan debit rata rata total sungai terpanjang seperti sungai nil, sungai Mississippi, dan sungai Yangtze yang di gabungkan menjadi satu. Meskipun sungai amazon bukan sungai terpanjang nomor satu di dunia, namun sungai ini menjadi nomoe wahid dalam bentuk jumlah aliran air atau debit. Inilah mengapa sungai amazon di sebut juga sebagai sungai terkuat.

Keindahan sungai Amazon memang tidak tertandingi dengan sungai sungai lainnya. Apalagi bentuk simetris cekungan drainase yang merupakan cekungan terbesar di dunia. Selain itu anda bisa menikmati hutan hujan di sekitar aliran sungai amazon yang keindahannya tiada duanya. Habitat yang masih alami dari mulai burung yang bebas terbang, mamalia yang masih liar, serta berbagai jenis satwa liar dengan jumlah habitat lebih dari 100 macam. Jika anda mengamati lebih lama, di tempat tempat tertentu, anda bisa melihat kupu kupu dengan berbagai jenis dan spesies. Menurut penelitian terkait, ada sekitar 4000 spesies kupu kupu yang tinggal di hutan hujan amazon.

Secara mitologi bangsa Eropa, terdapat cerita mengenai Fransisco de Orellanna yang merupakan pahlawan melawan pajurit wanita saat terjadi penjajahan pada tahun 1541 sampai dengan 1542 lalu. Orellana menyamakan musuh baik perempuan maupun laki laki, sebab keduanya memiliki kualitas yang sama baik. Dari mitologi Yunani kuno, menamakan sungai ini dengan ‘Amazon’ juga merupakan sebuah penghormatan bagi mereka semua. Nama Fransisco de Orlanna pun juga terdapat di sungai Amazon.

Aliran Sungai

Sungai yang sudah ada sejak 11 juta tahun lalu ini merupakan sungai yang memiliki DAS (daerah aliran sungai) yang terbesar di dunia. Das tersebut melewati Bolivia, Brazil, Peru, Ekuador, serta Kolumbia. Besar cekungan tersebut sebesar 7.050.000 kilo meter persegi atau setara dengan 2.720.000 mil persegi. Untuk itulah sungai ini menjadi salah satu donator air terbesar, sekitar satu perlima aliran sungai total terbesar di dunia.

Luas

Sungai amazon juga kerap kali di sebut dengan Laut sungai. Bagaimana tidak, jika sungai tersebut memiliki mulut utama sungai sekitar 80 kilo meter atau setara degan 50 mil. Ketika bermuara di samudra atlantik inilah yang memiliki lebar sekitar 240 kilo meter, sebutan laut sungai ini mulai melebel sungai amazon.

Secara astronomis, letak sungai amazon berada di koordinat 5⁰ lintang utara sampai dengan 20⁰ lintang selatan. Sungai amazon yang berada di ujung berada di dataran tinggi inter Ades, letaknya dekat dengan damudra pasifik. Kemudian setelah sampai jarak sekitar 7.200 kilo meter atau sekitar 4.800 mil akan melewati Peru di bagian pedalamannya. Jika anda melanjutkan arah aliran mata airnya lagi, terus melaju sampai Brasil. Sampai nanti ujungnya samudra atlantik di daerah khatulistiwa dunia.


1. Sungai Nil (6.650 km)

Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia. Terletak di bagian timur laut benua Afrika. Di sebut dalam Al Quran menjadi sebuah anugrah bagi Nabi Musa saat kehausan di tengah padang pasir. Lalu sanga ibunda Siti Hajjar mencari cari sumber mata air, mengelilingi bukit Shawa dan Marwa sebanyak 7 kali. Dengan kehendak Allah SWT, Musa kecil mulai menggesek gesekkan kakinya di tanah yang kemudian muncul mata air. Semakin banyak gesekan, mata air yang keluar juga semakin banyak. Hingga akhirnya menjadi sungai Nil yang memiliki panjang 6.650 kilo meter atau setara dengan 4.132 mil. Pemanfaatanya sangat banyak sekali untuk penduduk setempat, bahkan di tengah gurun, padang pasir, sungai tersebut tak akan pernah kering mata airnya.

Aliran Sungai

Merupakan sungai internasional, sebab mata airnya mengaliri banyak Negara yang adadi dunia. Misalnya seperti Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Sudan Selatan, Sudan, serta Mesir. Bahkan sungai ini merupakan jantung bagi Negara Mesir dan Sudan dalam hal pemanfaatan sungai nil serta beberapa daerah hilir lainnya.

Menurut arah alirannya, sungai nil terdapat dua bagian. Yakni sungai nil putih yang mengaliri wilayah Afrika Tengah bagian danau besar, lalu mengarah ke Negara Rwanda, setelah itu masih melaju sampai Burundi, meski belum di tentukan seberapa jauh arah alirannya. Sungai nil putih ini memang lebih panjang, sehingga melewati beberapa Negara sekaligus. Selain itu alirannya yang mengarah ke utara juga masih melaju sampai Tazmania, dan danau Victoria. Kemudian melaju sampai Negara Uganda dan Sudan Selatan.

Sedangkan sungai Nil biru yang memiliki panjang lebih pendek di bandingkan dengan sungai nil putih, mengaliri dari danau Tana yang terletak di kawasan Ethiopia, lalu mengalir lagi sampai Sudan. Dari arah tenggara, sungai nil biru ini terus mengalir, hingga sampai di sekitar ibukota Sudan Khartoum kedua belah pihak sungai ini bertemu.

Pemanfaatan sungai nil

Negara Mesir dan Sudan merupakan Negara yang sangat bergantung sekali dengan sungai Nil sejak jaman dahulu kala. Hal ini di buktikan dengan letak peradapan serta tenpat tinggal penduduk berada di sekitar bantaran sepanjang sungai Nil Aswan utara. Bahkan beberapa situs budaya dan sejarah yang terkenal di kawasan daerah tersebut berada di sekitar tepian sungai. Ujung dari sungai ini mengalir ke Laut Mediterania

Pemanfaatan sungai Nil ini di gunakan sebagai energi pembangkit tenaga listrik air. Bendungan Aswan yang di bangun pada tahun 1970 lalu juga memanfaatkan tenaga air sungai sebagai alat pengendali banjir di kala musim panas. Sekitar lebih dari 500 juta orang yang ada di sekitar Mesir dan Negara Negara yang di lewati sungai, sangat menggantungkan kehidupannya pada nil. Mereka memanfaatkan air sebagai air minum dan irigasi tanaman.

Orang Mesir kuno menyebut sungai Nil dengan kata Iteru. Sedangkan nama Nil sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘Neilos’ yang memiliki makna ‘lembah sungai’. Salah satu sejarawan Yunani, Herodotus mengatakan bahwa bangsa Mesir di sebut pula dengan ‘karunia Nil’.


Inilah 10 sungai terpanjang di dunia dan segala mitologinya.

Tabel Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Selain sungai di atas ada ratusan lagi sungai yang terdapat di dunia yang memiliki panjang menakjubkan (Source : Wikipedia).

No.Nama SungaiPanjang (Km)Panjang (Mil)Daerah Pengairan (Km²)Rata-Rate Debit (m³/detik)HilirNegara yang dilalui
1.Nile – Kagera6,650
(6,853)
4,132
(4,258)
3,254,5555,100MediterraneanEthiopia, Eritrea, Sudan, Uganda,Tanzania, Kenya, Rwanda, Burundi,Egypt, Democratic Republic of the Congo, South Sudan
2.Amazon – Ucayali – Apurímac6,400
(6,992)
3,976
(4,345)
7,050,000219,000Atlantic OceanBrazil, Peru, Bolivia, Colombia,Ecuador, Venezuela, Guyana
3.Yangtze
(Chang Jiang)
6,300
(6,418)
3,917
(3,988)
1,800,00031,900East China SeaChina
4.Mississippi–Missouri–Jefferson6,2753,9022,980,00016,200Gulf of MexicoUnited States (98.5%), Canada (1.5%)
5.Yenisei–Angara–Selenge5,5393,4452,580,00019,600Kara SeaRussia (97%), Mongolia (2.9%)
6.Yellow River
(Huang He)
5,4643,395745,0002,110Bohai SeaChina
7.Ob–Irtysh5,4103,3642,990,00012,800Gulf of ObRussia, Kazakhstan, China, Mongolia
8.Paraná – Río de la Plata4,8803,0302,582,67218,000Río de la PlataBrazil (46.7%), Argentina (27.7%),Paraguay (13.5%), Bolivia (8.3%),Uruguay (3.8%)
9.Congo–Chambeshi
(Zaïre)
4,7002,9223,680,00041,800Atlantic OceanDemocratic Republic of the Congo,Central African Republic, Angola,Republic of the Congo, Tanzania,Cameroon, Zambia, Burundi,Rwanda
10.Amur–Argun
(Heilong Jiang)
4,4442,7631,855,00011,400Sea of OkhotskRussia, China, Mongolia
11.Lena4,4002,7362,490,00017,100Laptev SeaRussia
12.Mekong
(Lancang Jiang)
4,3502,705810,00016,000South China SeaChina, Myanmar, Laos, Thailand,Cambodia, Vietnam
13.Mackenzie–Slave–Peace–Finlay4,2412,6371,790,00010,300Beaufort SeaCanada
14.Niger4,2002,6112,090,0009,570Gulf of GuineaNigeria (26.6%), Mali (25.6%), Niger(23.6%), Algeria (7.6%), Guinea(4.5%), Cameroon (4.2%), Burkina Faso (3.9%), Côte d’Ivoire, Benin,Chad
15.Murray–Darling3,672[9]2,2821,061,000767Southern OceanAustralia
16.Tocantins–Araguaia3,6502,270950,00013,598Atlantic Ocean, AmazonBrazil
17.Volga3,6452,2661,380,0008,080Caspian SeaRussia
18.Shatt al-Arab – Euphrates3,5962,236884,000856Persian GulfIraq (60.5%), Turkey (24.8%), Syria(14.7%)
19.Madeira–Mamoré–Grande–Caine–Rocha3,3802,1001,485,20031,200AmazonBrazil, Bolivia, Peru
20.Purús3,2111,99563,1668,400AmazonBrazil, Peru
21.Yukon3,1851,980[6]850,0006,210Bering SeaUnited States (59.8%), Canada (40.2%)
22.Indus3,1801,976960,0007,160Arabian SeaPakistan (93%), India, China
23.São Francisco3,180*
(2,900)
1,976*
(1,802)
610,0003,300Atlantic OceanBrazil
24.Syr Darya – Naryn3,0781,913219,000703Aral SeaKazakhstan, Kyrgyzstan,Uzbekistan, Tajikistan
25.Salween
(Nu Jiang)
3,0601,901324,0003,153[10]Andaman SeaChina (52.4%), Myanmar (43.9%), Thailand (3.7%)
26.Saint Lawrence – Great Lakes3,0581,900[6]1,030,00010,100Gulf of Saint LawrenceCanada (52.1%), United States (47.9%)
27.Rio Grande3,0571,900[6]570,00082Gulf of MexicoUnited States (52.1%), Mexico(47.9%)
28.Lower Tunguska2,9891,857473,0003,600YeniseiRussia
29.Brahmaputra–Tsangpo2,948*1,832*1,730,00019,200[11]GangesIndia (58.0%), China (19.7%), Nepal(9.0%), Bangladesh (6.6%), Disputed India/China (4.2%), Bhutan(2.4%)
30.Danube–Breg
(Duna)
2,888*1,795*817,0007,130Black SeaRomania (28.9%), Hungary (11.7%), Austria (10.3%), Serbia (10.3%), Germany (7.5%), Slovakia (5.8%),Bulgaria (5.2%), Croatia (4.5%),
31.Zambezi
(Zambesi)
2,693*1,673*1,330,0004,880Mozambique ChannelZambia (41.6%), Angola (18.4%),Zimbabwe (15.6%), Mozambique(11.8%), Malawi (8.0%), Tanzania(2.0%), Namibia, Botswana
32.Vilyuy2,6501,647454,0001,480LenaRussia
33.Araguaia2,6271,632358,1255,510TocantinsBrazil
34.Ganges–Hooghly–Padma
(Ganga)
2,620[12]1,628907,00012,037[13]Bay of BengalIndia, Bangladesh, Nepal, China
35.Amu Darya — Panj2,6201,628534,7391,400Aral SeaUzbekistan, Turkmenistan,Tajikistan, Afghanistan
36.Japurá
(Rio Yapurá)
2,615*1,625*242,2596,000AmazonBrazil, Colombia
37.Nelson–Saskatchewan2,5701,5971,093,0002,575Hudson BayCanada, United States
38.Paraguay
(Rio Paraguay)
2,5491,584900,0004,300ParanáBrazil, Paraguay, Bolivia, Argentina
39.Kolyma2,5131,562644,0003,800East Siberian SeaRussia
40.Pilcomayo2,5001,553270,000ParaguayParaguay, Argentina, Bolivia
41.Upper Ob — Katun2,4901,547ObRussia
42.Ishim2,4501,522177,00056IrtyshKazakhstan, Russia
43.Juruá2,4101,498200,0006,000AmazonPeru, Brazil
44.Ural2,4281,509237,000475Caspian SeaRussia, Kazakhstan
45.Arkansas2,3481,459505,000
(435,122)
1,066MississippiUnited States
46.Colorado (western U.S.)2,3331,450390,0001,200Gulf of CaliforniaUnited States, Mexico
47.Olenyok2,2921,424219,0001,210Laptev SeaRussia
48.Dnieper2,2871,421516,3001,670Black SeaRussia, Belarus, Ukraine
49.Aldan2,2731,412729,0005,060LenaRussia
50.Ubangi–Uele2,2701,410772,8004,000CongoDemocratic Republic of the Congo,Central African Republic, Republic of Congo
51.Negro2,2501,398720,11426,700AmazonBrazil, Venezuela, Colombia
52.Columbia2,250 (1,953)1,398 (1,214)415,2117,500Pacific OceanUnited States, Canada
53.Pearl – Zhu Jiang2,2001,376437,00013,600South China SeaChina (98.5%), Vietnam (1.5%)
54.Red (USA)2,1881,36078,592875MississippiUnited States
55.Ayeyarwady
(Irrawaddy)
2,1701,348411,00013,000Andaman SeaMyanmar
56.Kasai2,1531,338880,20010,000CongoAngola, Democratic Republic of the Congo
57.Ohio–Allegheny2,1021,306490,6037,957MississippiUnited States
58.Orinoco2,1011,3061,380,00033,000Atlantic OceanVenezuela, Colombia, Guyana
59.Tarim2,1001,305557,000Lop NurP. R. China
60.Xingu2,1001,305AmazonBrazil
61.Orange2,0921,300Atlantic OceanSouth Africa, Namibia, Botswana,Lesotho
62.Northern Salado2,0101,249ParanáArgentina
63.Vitim1,9781,229LenaRussia
64.Tigris1,9501,212Shatt al-ArabTurkey, Iraq, Syria
65.Songhua1,9271,197AmurP. R. China
66.Tapajós1,9001,181AmazonBrazil
67.Don1,8701,162425,600935Sea of AzovRussia, Ukraine
68.Stony Tunguska1,8651,159240,000YeniseiRussia
69.Pechora1,8091,124322,000Barents SeaRussia
70.Kama1,8051,122507,000VolgaRussia
71.Limpopo1,8001,118413,000Indian OceanMozambique, Zimbabwe, South Africa, Botswana
72.Guaporé (Itenez)1,7491,087MamoréBrazil, Bolivia
73.Indigirka1,7261,072360,4001,810East Siberian SeaRussia
74.Snake1,6701,038279,7191,611ColumbiaUnited States
75.Senegal1,6411,020419,659Atlantic OceanGuinea, Senegal, Mali, Mauritania
76.Uruguay1,6101,000370,000Atlantic OceanUruguay, Argentina, Brazil
77.Murrumbidgee River1,600994Murray RiverAustralia
77.Blue Nile1,600994326,400NileEthiopia, Sudan
77.Churchill1,600994Hudson BayCanada
77.Khatanga1,600994Laptev SeaRussia
77.Okavango1,600994Okavango DeltaNamibia, Angola, Botswana
77.Volta1,600994Gulf of GuineaGhana, Burkina Faso, Togo, Côte d’Ivoire, Benin
83.Beni1,599994283,3508,900MadeiraBolivia
84.Platte1,594990MissouriUnited States
85.Tobol1,591989IrtyshKazakhstan, Russia
86.Jubba–Shebelle1,580*982*Indian OceanEthiopia, Somalia
87.Içá (Putumayo)1,575979AmazonBrazil, Peru, Colombia, Ecuador
88.Magdalena1,550963263,8589,000CaribbeanColombia
89.Han1,532952YangtzeP. R. China
90.Oka1,500932VolgaRussia
91.Pecos1,490926Rio GrandeUnited States
92.Upper Yenisei — Little Yenisei (Kaa-Hem)1,480920YeniseiRussia, Mongolia
93.Godavari1,465910312,8123,061Bay of BengalIndia
94.Colorado (Texas)1,438894Gulf of MexicoUnited States
94.Río Grande (Guapay)1,438894102,600264IchiloBolivia
95.Oder-Warta1,425Baltic SeaPoland, Germany
96.Belaya1,420882KamaRussia
96.Cooper–Barcoo1,420880Lake EyreAustralia
98.Marañón1,415879AmazonPeru
99.Dniester1,411 (1,352)877 (840)Black SeaUkraine, Moldova
100.Benue1,400870NigerCameroon, Nigeria
100.Ili
(Yili)
1,400870Lake BalkhashP. R. China, Kazakhstan
100.Warburton–Georgina1,400870Lake EyreAustralia
103.Sutlej1,372852ChenabChina, India, Pakistan
104.Yamuna1,370851366,2232,950GangesIndia
105.Vyatka1,370851KamaRussia
106.Fraser1,368850220,0003,475Pacific OceanCanada
107.Mtkvari (Kura)1,364848Caspian SeaAzerbaijan, Georgia, Armenia, Turkey, Iran
108.Grande1,360845ParanáBrazil
109.Brazos1,352840Gulf of MexicoUnited States
110.Cauca1,350839MagdalenaColombia
111.Liao1,345836Bohai SeaP. R. China
112.Yalong1,323822YangtzeP. R. China
113.Iguaçu1,320820ParanáBrazil, Argentina
113.Olyokma1,320820LenaRussia
115.Northern Dvina – Sukhona1,302809357,0523,332White SeaRussia
116.Krishna1,300808Bay of BengalIndia
116.Iriri1,300808XinguBrazil
117.Narmada1,289801Arabian SeaIndia
118.Lomami1,280795CongoDemocratic Republic of the Congo
119.Ottawa1,271790146,3001,950Saint LawrenceCanada
120.Lerma – Rio Grande de Santiago1,270789119,543PacificMexico
121.Elbe–Vltava1,252778148,268711North SeaGermany, Czech Republic
122.Zeya1,242772AmurRussia
123.Juruena1,240771TapajósBrazil
124.Upper Mississippi1,236768MississippiUnited States
125.Rhine1,233768198,7352,330North SeaGermany, France, Switzerland, Netherlands, Austria, Liechtenstein, Italy (minimal), Belgium,Luxembourg
126.Athabasca1,23176595,300MackenzieCanada
127.Canadian1,223760ArkansasUnited States
128.North Saskatchewan1,220758SaskatchewanCanada
129.Vaal1,210752OrangeSouth Africa
130.Shire1,200746ZambeziMozambique, Malawi
131.Nen
(Nonni)
1,190739SonghuaP. R. China
132.Kızıl River1,182734115,000400Black SeaTurkey
133.Green1,175730Colorado(western U.S.)United States
134.Milk1,173729MissouriUnited States, Canada
135.Chindwin1,158720AyeyarwadyMyanmar
136.Sankuru1,150715KasaiDemocratic Republic of the Congo
136.Wu1,15071580,3001,108Yangtze RiverChina
137.Red (Asia)1,149714143,7002,640Gulf of TonkinChina, Vietnam
138.James (Dakotas)1,143710MissouriUnited States
138.Kapuas1,143710South China SeaIndonesia
140.Desna1,13070288,900360DnieperRussia, Belarus, Ukraine
140.Helmand1,130702Hamun-i-HelmandAfghanistan, Iran
140.Madre de Dios1,130702125,0004,915BeniPeru, Bolivia
140.Tietê1,130702ParanáBrazil
140.Vychegda1,130702Northern DvinaRussia
145.Sepik1,12670077,700Pacific OceanPapua New Guinea, Indonesia
146.Cimarron1,123698ArkansasUnited States
147.Anadyr1,120696Gulf of AnadyrRussia
147.Paraíba do Sul1,120696Atlantic OceanBrazil
149.Jialing River1,119695YangtzeP. R. China
150.Liard1,115693MackenzieCanada
151.Cumberland1,10568746,830862MississippiUnited States
152.White1,102685MississippiUnited States
153.Huallaga1,100684MarañónPeru
153.Kwango1,100684263,5002,700KasaiAngola, Democratic Republic of the Congo
153.Draa1,100684AtlanticMorocco
156.Gambia1,094680AtlanticThe Gambia, Senegal, Guinea
157.Chenab1,086675IndusIndia, Pakistan
158.Yellowstone1,080671114,260MissouriUnited States
158.Ghaghara1,080671127,9502,990GangesIndia, Nepal, China
160.Huai River1,078670270,0001,110Yangtze RiverChina
161.Aras1,072665102,000285KuraTurkey, Armenia, Azerbaijan, Iran
162.Chu River1,06766362,500noneKyrgyzstan, Kazakhstan
163.Seversky Donets1,078 (1,053)670 (654)DonRussia, Ukraine
164.Bermejo1,050652ParaguayArgentina, Bolivia
164.Fly1,050652Gulf of PapuaPapua New Guinea, Indonesia
164.Guaviare1,050652OrinocoColombia
164.Kuskokwim1,050652Bering SeaUnited States
168.Tennessee1,049652OhioUnited States
169.Vistula1,047630194,4241,080Baltic SeaPoland
170.Aruwimi1,030640Congo RiverDemocratic Republic of the Congo
171.Daugava1,02063487,900678Gulf of RigaLatvia, Belarus, Russia
172.Gila1,015631Colorado(western U.S.)United States
173.Loire1,012629115,271840Atlantic OceanFrance
174.Essequibo1,010628Atlantic OceanGuyana
174.Khoper1,010628DonRussia
176.Tagus
(Tajo/Tejo)
1,00662580,100Atlantic OceanSpain, Portugal

Nah itulah daftar 176 daftar sungai terpanjang di dunia yang beberapa di antaranya juga berada di Indonesia.

Oleh :
Kategori : Sungai
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!