10 Laut Terluas di Dunia beserta Penjelasannya


Planet Bumi adalah planet di tata surya yang subur dan makmur. Planet yang subur  (baca: ciri tanah subur dan tidak) untuk ditumbuhi berbagai macam tumbuhan, dan makmur untuk ditinggali manusia dan juga binatang. Tidak ada planet lain (baca: ciri- ciri planet) di dunia ini yang subur menyerupai Bumi. Materi- materi apapun yang dibutuhkan oleh makhluk hidup disediakan oleh bumi, seperti kandungan oksigen yang cukup untuk bernafas, jenis tanah untuk berpijak, dan jenis air untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari. Permukaan Bumi mengandung banyak sekali kekayaan alam yang penting bagi kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

Bentuk permukaan Bumi terdiri atas dua bentuk yakni daratan (baca: ekosistem darat) dan juga perairan. Daratan merupakan tanah yang digunakan untuk berpijak manusia dan juga binatang. Tanh yang ada di daratan jenisnya ada banyak sekali. Jenis- jenis tanah ini juga disesuaikan dengan kondisi geografis yang ada di suatu tempat. Jenis- jenis tanah tersebut ada yang subur dan ada yang tidak subur. Jenis- jenis tanah tersebut pun mempunyai peruntukannnya masing- masing. Sementara itu perairan yang menutupi permukaan Bumi ini bisa berbentuk samudera (baca: samudera di dunia) atau macam-macam laut, macam-macam danau, sungai (baca:manfaat sungai), waduk (baca: waduk terbesar di indonesia) atau bendungan (baca: bendungan terbesar di dunia) dan lain sebagainya. Perairan yang ada di Bumi bahkan lebih luas daripada daratan. perairan di Bumi ini meliputi dua per tiga dari total luas Bumi.

Laut Terluas di Dunia

Laut adalah sumber daya alam yang keberadaannya sangat luas. Bahkan lautan atau juga samudera ini merupakan bagian yang paling besar dari permukaan Bumi. Laut yang merupakan sekumpulan air asin mempunyai luas hingga menutupi 2/3 dari luas permukaan Bumi. Jadi terbayang bukan perbandingan antara daratan dan lautan? Kumpulan dari beberapa lautan sering disebut dengan samudera, sehingga samudera tentu lebih luas daripada laut. Namun pada kesempatan kali ini kita akan menginformasikan mengenai apa saja nama- nama laut di Bumi yang mempunyai luas sangat luas. Bahkan lautan- lautan tersebut menjadi lautan yang paling luas di dunia. Dari beberapa nama lautan, kita akan mengurutkannya dari yang paling kecil. Penasaran kan apa saja laut- laut itu? Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Laut Andaman

Laut pertama yang termasuk dalam kategori laut terluas di dunia adalah laut Andaman. Laut Andaman ini mempunyai luas  sekitar 564.879 km persegi. Laut Andaman ini terletak di beberapa negara yakni tenggara Teluk Benggala, barat Myanmar dan barat Thailand. Laut Andaman merupakan bagian dari Samudera Hindia. Laut Andaman ini mempunyai panjang 1200 km yakni dari arah utara ke selatan, dan memiliki lebar 650 km dari timur ke barat. Laut Andaman ini mempunyai kedalaman rata- rata 870 meter. Dan kedalaman maksimum dari Laut Andaman ini mencapai 3.777 meter.

  1. Laut Cina Timur

Setelah laut Andaman, ternyata ada yang lebih luas lagi yakni Laut Cina Timur. mengapa dinamakan sebagai Laut Cina Timur? Hal ini karena letaknya yang ada di sebelah Timur negara Cina (kemungkinan seperti itu). Laut Cina Timur ini mempunyai luas 664.594 km persegi. Laut Cina Timur yang juga disebut dengan Laut Tiongkok Timur merupakan laut tepi yang membentang di sebelah timur Cina yang menghubungkan Jepang, Korea dan juga pesisir timur Cina. Menurut peta, laut Cina Timur ini merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Keberadaan Laut Cina Timur ini keberadaannya dibatasi oleh beberapa negara. Negara- negara yang berdekatan dengan Laut Cina Timur ini adalah Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Tiongkok. Secara lebih detail, berikut ini merupakan batas- batas dari Laut Cina Selatan:

  • Sebelah Timur dibatasi oleh Pulau Kyushu dan Kepulauan Ryukyu
  • Sebelah Selatan dibatasi oleh Taiwan
  • Sebelah Barat dibatasi oleh daratan Tiongkok atau Cina
  • Sebelah utara laut Cina Timur dihubungkan dengan Laut Kuning

Nah, itulah beberapa batas- batas dari laut Cina Timur. Ada sebuah sungai yang terhubung dan bermuara di Laut Cina Timur, adalah ekosistem sungai Yangtse atau Chang Jiang. Sungai ini merupakan sungai terbesar yang bermuara di Laut Cina Timur ini. Laut Cina Timur ini juga mempunyai beberapa karang yang berada di dalam laut ini. Beberapa karang yang berada di laut ini adalah Karang Socotra (karang yang sekarang tengah menjadi sengketa zona ekonomi eksklusif antara RRC dan Korea Selatan), Karang Hupijiao, dan Karang Yaijao.

  1. Laut Hudson

Laut terluas selanjutnya adalah Laut Hudson. Dibandingkan dengan Laut Andaman dan Laut Cina Timur, Laut Hudson ini paling besar. Laut Hudson mempunyai luas sekitar 730.121 km persegi. Laut Hudson ini merupakan sebuah teluk di timur laut Kanada. Menurut IHO, Laut Hudson ini merupakan bagian dari Samudera Arktik. Laut Hudson sebelah timur terhubung dengan Samudera Atlantik oleh Selat Hudson, sementara di utara dihubungkan dengan selat Foxe dan Selat Fury dan Hecla. Seluruh pulau di teluk ini dan di Teluk James merupakan bagian dari kepulauan Nunavut.

  1. Laut Jepang

Selanjutnya adalah Laut Jepang. Laut Jepang merupakan laut yang ukurannya lebih besar atau lebih luas dari laut Hudson, yakni mencapai luas 1.012.949 km persegi. Dinamakan Laut Jepang karena keberadaannya di sekitar negara Jepang. Laut Jepang juga dinamakan dengan Laut Timur. Sebenarnua penamaan Laut Jepang atau Sea of Japan ini istilah yang umum digunakan di dunia Internasional. Korea Utara dan juga Korea Selatan secara terus menerus mengusulkan nama baru untuk mengganti nama Laut Jepang. Menurut Korea Selatan, nama Laut Jepang harus diganti dengan Laut Timur (East Sea). Sementara Korea Utara menginginkan nama pengganti yakni Laut Timur Korea (East Sea of Korea). Laut Jepang merupakan laut tepi yang berada di sebelah barat Samudera Pasifik yang mempunyai ombak sedikit karena dikelilingi oleh daratan.

Secara geografis, Laut Jepang ini dikelilingi oleh daratan Rusia dan juga pulau Sakhalin di sebelah utara. Di sebelah barat dikelilingi oleh daratan Korea Utara dan Korea Selatan. Sementara di sebelah timur dikelilingi oleh kepulauan Jepang yang terdiri dari Pulau Hokkaido, Honshu dan Kyushu. Laut Jepang juga dihubungkan dengan laut- laut yang ada di sekitarnya oleh selat- selat yang dangkal, yakni:

  • Selat Tartary yang berada di antara daratan Asia dan Sakhalin
  • Selat La Perouse yang berada di antara pulau- pulau Sakhalin dan Hokkaido
  • Selat Tsugaru yang berada di antara Hokkaido dan Honshu
  • Sealt Korea yang berada di antara Semenanjung Korea dan Pulau Kyushu. Selat ini terdiri dari Kanal Barat dan Selat Tsushima yang berada di kedua sisi pulau Tsushima.

Laut Jepang mempunyai kedalaman rata- rata sekitar 1.752 meter. Dengan kedalaman rata- rata demikian, titik terdalam dari laut ini mencapai 3.742 meter dibawah permukaan air laut. Kedalaman yang dimiliki Laut Jepang ini juga terletak di palung- palungnya. Laut Jepang memiliki tiga buah palung laut, yakni Palung Yamato yang berada di sebelah tenggara, Palung Jepang di sebelah timur dan Palung Ulleung yang berada di sebelah barat daya. Sementara ada palung yang lain juga yakni Palung Tsishima (baca: laut terdalam di dunia). Dari ketiga palung tersebut, yang mempunyai titik terdalam adalah Palung Jepang. Dan yang paling dangkal adalah Tsushima.Arus hangat Tsushima merupakan cabang dari Arus Kuroshio yang mengalir ke utara menuju ke Selat Korea sepanjang garis pantai Jepang. Arus dingin Liman mengalir ke arah selatan melalui Selat Tartary di sepanjang garis pantai Rusia. Kedua arus yang berbeda ini (yakni arus hangat dan arus dingin) saat bertemu membentuk pusaran arus dingin dan pusaran hangat.

Laut Jepang merupakan laut yang menyimpan banyak kekayaan laut. Di sebelah utara dan tenggara Laut Jepang ini kaya akan hasil laut. Laut Jepang kemungkinan juga mempunyai deposit gas alam dan juga minyak bumi.bih besar atau lebih luas dari laut Hudson, yakni me

  1. Laut Okhotsk

Laut Okhotsk merupakan laut yang lebih besar lagi. Laut ini mempunyai luas yang mencapai  1.392.125 km persegi. Laut ini merupakan laut yang berada di wilyah Samudera Pasifik di bagian barat, di Semenanjung Kamchatka di sebelh timur, kepulauan Kuril di sebelah tenggara, Pulau Hokkaido di sebelah selatan, pulau Sakhalin di sebelah barat dan Siberia di sebelah utara. Laut Okhotsk ini berada di Distrik Federal Timur Jauh serta bermuara di Laut Jepang.

  1. Laut Mexico

Laut yang lebih luas daripada kelima laut di atas adalah Laut Mexico. Laut Mexico merupakan laut yang berada di dekat Mexico. Laut ini mempunyai luas 1.507.639 km persegi. Laut Mexico merupakan bagian dari Laut Karibia. Laut Mexico menjadi laut yang sangat istimewa. Mengapa? Hal ini karena di Laut Mexico terdapat sebuah fenomena alam yang langka dan menakjubkan. Fenomena alam ini menjadi bukti pembenaran dari Kitab Suci Umat Islam, yakni Al- Qur’an. Fenomena yang ditemukan di Laut Mexico ini adalah adanya sungai yang mengalir di bahwah laut. Langka memang apabila kita menemukan air mengalir memisah di bawah air, namun semua itu dapat terjadi karena kekuasaan Tuhan. Sungai di dasar laut ini ditemukan oleh seorang penyelam yang bernama Jacques Yves Costeau yang tengah melakukan penelitian dasar laut untuk mengisi program Discovery Channel. Nah kebetulan lokasi yang diambil adalah bawah laut Mexico ini, tepatnya di Cenota Angelita. Sebelum menemukan sungai tersebut, Jacques dikejutnkan dengan keberadaan air tawar di antara air laut yang terasa asin. Untuk mengobati rasa penasarannya, akhirnya ia memutuskan untuk menyelam lebih dalam lagi. Dan dikedalaman yang lebih dalam tersebut ia menemukan adanya sungai yang mengalir. Air yang mengalir tersebut adalah air tawar, dan disekitarnya juga ditumbuhi tumbuh- tumbuhan dan juga pepohonan. Para penelitian menyebut fenomena tersebut sebagai Hidrogen Sulfida. Fenomena alam yang menakjubkan demikian sempat menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat dan menyebutkan betapa Al- Qur’an sebagai kitab suci umat Islam telah menjelaskan mengenai Bumi dan fenomena di dalamnya selama ribuan tahun yang lalu.

  1. Laut Bering

Laut Bering merupakan laut yang lebih luas lagi. Laut Bering ini memiliki luas laut 2.261.070 km persegi. laut Bering merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Laut Bering ini merupakan lautan yang terdiri dari cekungan yang dalam, kemudian naik melalui lereng sempit ke dalam air yang dangkan tang berada di atas benua. Laut Bering ini berada di dekat Teluk Alaska, hanya saja keduanya dipisahkan oleh Semenanjung Alaska. Beberapa batas- batas dari Laut Bering antara lain sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Arktik dan Laut Chucki, keduanya ini dipisahkan oleh Selat Bering.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Semenanjung Alaska dan Kepulauan Aleutian.
  • Sebelah timur dan timur laut berbatasan dengan Alaska.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Siberia dan Semenanjung Kamchatka.

Ada sejarah yang cukup terkenal yang membahas tentang Laut Bering ini. bahwasannya banyak ilmuwan percaya bahwa sejak zaman es terakhir, permukaan laut menjadi cukup rendah untuk memungkinkan manusia dan hewan untuk melakukan migrasi dengan berjalan kaki dari Asia ke Amerika utara di kawasan yang sekarang dikenal dengan sebutan Selat Bering. Kawasan ini sering disebut juga sebagai Jembatan Bering. Dari jalur inilah sebagian ilmuwan percaya bahwa awal masuknya manusia ke Amerika melalui jalur ini. Laut Bering memiliki ekosistem yang aktif. Ada banyak sekali binatang dan tumbuhan yang hidup di sekitar laut Bering. Bahkan Laut Bering merupakan rumah bagi beberapa satwa liar yang sangat menarik di dunia. Beberapa satwa yang hidup di sekitar Laut Bering antara lain adalah Paus Bowhead, Paus Biru, Paus Sei, Paus Bungkuk, Paus Sperma dan Paus Pasifik Utara yang menjadi paus paling langka di dunia. Selain paus ada pula satwa yang lain seperti Walrus, Sapi Laut Steller, Beluga, dan Beruang Kutub. Selain itu banyak pula jenis ikan yang hidup di laut ini seperti 6 jenis Pasifik Salmon, Pollock Alaska, Raja Kepiting Merah, Kod Pasifik, Halibut Pasifik dan Sole Kuning. Laut Bering juga merupakan rumah bagi burung- burung laut. Ebberapa jenis burung laut yang dapat kita temukam di Laut Bering antara lain Puffins berumbai, Albatros ekor pendek (terancam punah), dan Kittiwakes Kaki Merah.

Laut Bering juga mempunyai beberapa pulau dan kepulauan yang berada di kawasannya. Beberapa pulau dan kepulauan Laut Bering antara lain adalah Kepulauan Pribilof, Kepulauan Komandorski, Pulau Bering, Pulau St. Lawrence, Kepulauan Diomede, Pulau King, Pulau St. Matthew, Pulau Karaginsky, dan Pulau Nunivak. Sementara itu untuk region Laut Bering ini meliputi: Selat Bering, Teluk Bristol, Teluk Anadyr, dan Norton Sound.

Iklim yang dimiliki oleh Laut Bering belakangan ini sudah cukup mengalami perubahan. Hal ini karena adanya perubahan yang terjadi di Kutub Utara. Hal ini merupakan masalah yang simetris antara dampak perubahan iklim ekosistem dan ekosistem yang berfungsi sebagai indikator untuk perubahan iklim.

  1. Laut Tengah

Untuk laut yang mempunyai ukuran lebih luas lagi adalah Laut Tengah. Laut Tengah ini merupakan Laut yang terluas nomor tiga di dunia. Luas Laut Tengah ini mencapai 2.509.696 km persegi. Laut Tengah mempunyai nama lain yakni Laut Mediterania. Laut Tengah merupakan laut antar benua yang berada di antara Eropa, Asia dan juga Afrika. Tepatnya Benua Eropa berada di sebelah utara, benua Asia berada di sebelah Timur dan benua Afrika di sebelah selatan. Laut Tengah merupakan laut yang mempunyai sejarah yang sangat penting, dimana pada masa lalu, laut ini merupakan jalur lalu lintas perdagangan yang sangat sibuk. Melaui laut ini pula dimungkinkan adanya perdagangan dan pertukaran budaya antara orang- orang Mesir, Yunani Kuno, Romawi Kuno serta Timur Tengah.

Secara geografis, Laut Tengah ini dihubungkan dengan Samudera Atlantik oleh sebuah selat yang bernama selat Gibraltar di sebelh barat. Dan dihubungkan dengan Laut Marmara dan Laut Hitam oleh Sela Dardanella dan Bosporus yang berurutan di Timur.

  1. Laut Karibia

Laut di bumi yang memiliki predikat sebagai laut terluas kedua adalah Laut Karibia. Laut Karibia merupakan laut dengan luas 2.525.926 km persegi. laut Karibia ini merupakan laut tropis yang letaknya bersebelahan dengan Samudera Atlantik dan juga tenggara Teluk Meksiko. Laut Karibia ini mencakup seluruh lempengan Karibia. Seperti halnya laut- laut yang lain, Laut Karibia juga merupakan lautan yang dibatasi oleh kawasan lain yang berada di sekelilingnya. Beberapa batasan dari Laut Karibia ini antara lain sebagai berikut:

  • Di selatan dibatasi oleh Venezuela, Kolombia dan juga Panama.
  • Di sebelah barat, Laut ini dibatasi oelh Kosta Rika, Nikaragua, Honduras, Guatemala, Belize dan juga semenanjung Yucatan Meksiko.
  • Di sebelah utara dibatasi oleh Kepulauan Antilles besar, Kuba, Histaniola, Jamaica dan Puerto Rico.
  • Di sebelah timur dibatasi oleh Kepulauan Antilles Kecil.

Nah itulah beberapa batasan dari laut Karibia ini yang merupakan kawasan penting untuk laut itu sendiri. Laut Karibia ini merupakan laut yang besar atau luasnya paling besar di dunia. Laut Karibia ini mempunyai titik terdalam di wilayah Palung Cayman, yakni palung yang berada di antara Kuba dan juga Jamaika. Kedalaman yang paling dalam dari laut ini mencapai 7.500 meter.

  1. Laut Cina Selatan

Dan laut yang paling luas di dunoa ini diduduki oleh Laut Cina Selatan. Laut Cina Selatan juga disebut dengan Laut Tiongkok Selatan. Laut ini merupakan laut terluas di dunia dengan luas 2.974.615 km persegi. Laut Cina Selatan merupakan laut tepi dan merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Laut Cina Selatan saking besarnyan sehingga merupakan badan laut terbesar setelah 5 samudera di dunia.

Laut Cina Selatan ini secara geografis merupakan laut yang terbentang dari arah barat daya dan timur laut yang memiliki batas selatan antara Sumatera Selatan dan juga Kalimantan atau yang biasa disebut sebagai selat Karimata.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 24th, June 2017 / 06:32 Oleh :
Kategori : Laut