15 Pemandangan Alam Terindah di Indonesia yang Menakjubkan


Pemandangan Terindah di Indonesia bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat indonesia, karena dengan ini banyak wisatawan yang berkunjung. Sebagai Negara kepulauan yang membentang indah di sekeliling garis khatulistiwa, Indonesia telah menjadi salah satu primadona bagi pecinta wisata di seluruh dunia. Tidak hanya memiliki kekayaan budaya yang luar biasa banyaknya, Indonesia juga menyimpan keindahan alam yang patut untuk diperhitungkan.

Baca Juga :

Pemandangan Terindah di Indonesia

Berikut ini adalah 15 pemandangan yang terindah di Indonesia yang wajib untuk Anda kunjungi sebagai pilihan tujuan wisata saat liburan.

1. Raja Ampat, Papua

Pemandangan Terindah di Indonesia

Di ujung Timur Indonesia tepatnya di Provinsi Papua terdapat keindahan alam yang telah diakui oleh masyarakat dunia. Keindahan alam yang sangat terkenal ini adalah Kepulauan Raja Ampat.

Kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau asri nan hijau yang dikelilingi oleh birunya laut ini terletak persis di atas ‘kepala burung’ Papua. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat gugusan pulau. Potensi wisata bawah laut Kepulauan Raja Ampat telah pada diakui sebagai spot penyelaman terbaik di dunia.

Baca juga:

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaJika mengunjungi Jawa Timur, takkan lengkap rasanya tanpa mengunjungi Gunung Bromo. Gunung Bromo yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru merupakan gunung yang disucikan oleh masyarakat setempat. (Baca: Pengertian taman nasional)

Gunung ini memiliki keindahan berupa kawah-kawah atau kaldera dan pemandangan matahari terbit yang tiada duanya. (Baca: Fenomena unik matahari)

3. Gunung Krakatau

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaGunung Karakatau merupakan gunung besar dan tinggi yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, tepatnya di Selat Sunda. Meskipun Gunung Krakatau pernah terkenal lantaran letusan dahsyatnya yang menewaskan ribuan orang pada tahun 1883, keindahan gunung yang konon katanya berhasil ‘membelah’ Pulau Sumatera dan Pulau Jawa menjadi terpisah melalui erupsi ini tetap tak dapat dipungkiri. (Baca: Pengertian erupsi)

Keindahan alam Gunung Krakatau yang menjulang di tengah laut merupakan salah satu dari pemandangan paling memesona di Indonesia. (Baca: Bahaya gunung api di bawah laut)

4. Danau Toba

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaDanau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau ini adalah danau alami yang terbentuk dari proses tekto-vulkanik. (Baca juga : Danau) Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang dapat dikunjungi dengan menggunakan perahu. Pulau yang terkenal berada di tengah-tengah Danau Toba ini bernama Pulau Samosir. Saat ini, lingkungan di sekeliling Danau Toba sedang digalakkan untuk penghijauan. Hal ini dilakukan oleh pemerintah setempat agar suasana hijau nan asri di kawasan Danau Toba tetap terjaga. (Baca juga : Penghijauan)

5. Danau Kelimutu

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaPemandangan Terindah di Indonesia selanjutnya adalah danau kelimutu. Danau Kelimutu merupakan salah satu danau ‘ajaib’ yang selalu menjadi primadona wisata di Kabupaten Ende, Flores. Danau atau Tiwu Kelimutu adalah tiga buah danau serupa kawah di puncak Gunung Kelimutu. (Baca juga : Jenis letusan gunung berapi)

Danau Kelimutu dapat berubah warna di sepanjang perjalanan waktu. Setiap kali ada perubahan warna pada danau ini, penduduk setempat akan memberikan sesajen untuk keselamatan dan penolak bala.


6. Pantai Pink, Lombok

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaPantai Pink atau yang disebut sebagai Pantai Tangsi adalah sebuah pantai unik di Lombok Timur. Pantai ini disebut sebagai pantai pink dikarenakan pasir pantainya berwarna pink. Warna pink ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang tak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya. Pantai Pink sebentar lagi akan dapat menyamai popularitas pantai-pantai yang lebih dahulu terkenal di Lombok, seperti Gili Trawangan dan Selong Belanak.

Pantai ini juga menjadi tujuan paling utama saat berlibur ke Lombok, karena di pantai ini akan akan menemukan hal yang tidak anda temukan di pantai lainnya.

Baca Juga :

7. Taman Nasional Baluran

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaTaman Nasional Baluran terletak perbatasan antara Kabupaten Situbondo dengan Kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur. Taman nasional ini juga dikenal sebagai Africa van Java karena keindahan alamnya yang masih liar dan belum banyak terjamah manusia.

Di sini, pengunjung dapat menemukan satwa-satwa liar seperti rusa, banteng, monyet, dan burung merak. Tidak hanya memiliki satu jenis hutan saja, Taman Nasional Baluran memiliki banyak jenis hutan yang berkumpul menjadi satu dalam areanya yang sangat luas, seperti hutan mangrove, hutan pantai, hutan hujan, serta savana. (Baca: Jenis-jenis ekosistem)

8. Karst Bantimurung

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaKarst Bantimurung merupakan area dari Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Sulawesi Selatan. Karst Bantimurung merupakan kawasan pegunungan yang tak terlalu tinggi dan tersusun dari bebatuan kapur yang sangat unik.

Karst Bantimurung merupakan karst nomor dua terluas di dunia. Di sana terdapat air terjun, tebing-tebing terjal yang menjulang, serta peninggalan-peninggalan kebudayaan lama yang masih terjaga dengan alami.

Baca juga:

9. Kepulauan Derawan

15 Pemandangan Terbaik di IndonesiaSaking indahnya, Kepulauan Derawan juga sering disebut sebagai Maldives-nya Indonesia. Kepulauan Derawan terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau. Air laut yang mengelilingi Kepulauan Derawan sangat biru hingga nyaris tembus cahaya. Selain warna air laut biru toska seperti di Maldives, keindahan yang ditawarkan oleh Derawan adalah keanekaragaman terumbu karang. Terkait dengan keberadaan terumbu karang, Kepuluan Derawan memiliki lebih dari 53 persen keanekaragaman koral dunia yang akan menyihir mata para penyelam. (Baca juga : Ekosistem laut dalam)

10. Pulau Bintan

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaPemandangan Terindah di Indonesia selanjutnya adalah pulau bintan. Pulau Bintan disebut juga sebagai Negeri Segantang Lada. Pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang dekat dengan Singapura serta Malaysia.

Selain memiliki potensi wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan oleh para pelancong, Pulau Bintan juga memiliki kolam renang terbesar se-Asia Tenggara yang lebih mirip seperti pantai buatan. Luas dari kolam renang raksasa ini adalah 6,3 hektar dan bagian tepinya didesain landai seperti pasir pantai. (Baca Juga : Gunung Meletus)

11. Pulau Belitung

15 Tempat Terindah di IndonesiaPulau Belitung mulai terkenal sejak diangkat sebagai latar belakang dalam novel popular karya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi. Usut punya usut, keindahan Pulau Belitung ternyata bukan karangan belaka.

Pulau Belitung terletak di lepas timur Pulau Sumatera. Potensi keindahan wisata di pulau ini terutama berwujud pantai-pantai yang memikat mata. Siapa pun pasti akan takjub dengan pemandangan menakjubkan di Pulau Belitung.

Baca Juga :

12. Pantai Dreamland, Bali

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaBerkunjung ke Bali takkan lengkap tanpa berkunjung ke pantainya. Jika Anda sudah bosan dengan Pantai Sanur atau Kuta, ada baiknya jika kunjungan dialihkan menuju Pantai Dreamland. Pantai Dreamland ini disebut juga sebagai A New Kuta, yang berarti memiliki keindahan seperti Kuta.

Pantai Dreamland terletak di daerah Pecatu dan mulai ramai dikunjungi turis yang menyukai kombinasi menawan antara laut biru dan pasir putihnya. (Baca Juga : Gunung Paling Berbahaya)

13. Lolai, Tana Toraja

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaTidak hanya terkenal karena budaya pemakaman masyarakatnya yang unik, Tana Toraja ternyata juga memiliki sebuah pemandangan menakjubkan yang akan membuat siapa pun berdecak kagum.

Di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terdapat sebuah kampung dengan pemandangan seolah sedang berada di atas awan. Kampung yang mengagumkan ini bernama Lolai, letaknya di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Tana Toraja. (Baca Juga : Gunung Tertinggi di Pulau Jawa)

14. Pulau Komodo

15 Pemandangan Terindah di IndonesiaPulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo yang merupakan habitat asli dari komodo telah diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di pulau ini terdapat sekitar 1.300 ekor komodo yang tinggal dan berkembang biak dengan baik di sana. Pulau komodo dikelola oleh pemerintah menjadi Taman Nasional Komodo dan telah menarik ribuan wisatawan dari seluruh dunia. (Baca Juga : Jenis-jenis Letusan Gunung Berapi)

15. Taman Nasional Bunaken

15 Pemandangan Terbaik di IndonesiaTaman Nasional Bunaken adalah sebuah taman laut yang secara administratif terletak di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken terkenal di kalangan para pecinta selam dan telah menjadi salah satu titik penyelaman terbaik di dunia.

Taman Nasional Bunaken tidak hanya menyimpan kekayaan hayati berupa ikan-ikan yang beraneka warna, melainkan juga merupakan tempat hidup dari ratusan jenis terumbu karang yang sangat memesona.

Baca Juga :

Demikian 15 daftar pemandangan terindah di Indonesia. Sebagai Warga Negara Indonesia yang mencintai negerinya, alangkah baiknya jika kita sama-sama menjaga potensi alam Indonesia ini agar keindahannya tetap terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 10th, July 2017 / 08:30 Oleh :
Kategori : Biogeografi