10 Sumber Daya Alam Laut beserta Manfaatnya

Bumi adalah planet dengan kehidupan didalamnya (Baca: Pengertian Bumi dan Lapisannya). Setiap kehidupan di bumi, tergabung dalam berbagai ekosistem. Ekosistem di bumi terdisi dari dua. Yaitu ekosistem darat dan ekosistem air. Ekosistem darat adalah ekosistem yang hebiatnya di darat, seperti hutan hujan, hutan musim, ekosistem gurun, hutan taiga, ekosistem tundra, ekosistem padang rumput, dan hutan sabana. Sedangkan ekosistem air, adalah ekosistem yang habitatnya berada di air, seperti ekosistem sungai, ekosistem danau, rawa- rawa, ekosistem pantai dan terumbu karang.

Setiap ekosistem memiliki sumber daya alam masing- masing. Setiap sumber daya alam, dapat dimanfaatkan oleh manusia, untuk kepentingan manusia. Sumber daya alam dapat dibagi menjadi sumber daya alam daratan dan lautan. Sumber daya alam daratan adalah sumber daya alam yang berada di darat. Sedangkan sumber daya laut adalah sumber daya alam yang berada di laut.

Potensi Kekayaan Laut

Sumber daya alam laut adalah sumber daya alam yang berasal dari laut. Laut adalah salah satu bagian terbesar dari bumi. Laut merupakan daerah yang sepenuhnya di kelilingi oleh air. Sehingga hanya sedikit ekosistem yang ada di laut (Baca: Ekosistem Air Laut : Pengertian, Ciri-ciri dan Jenisnya). Walau begitu, laut menyimpan banyak sumber daya alam. Sumber daya alam di laut sebagian besar adalah sumber daya alam yang dapat diperbaiki. Sumber daya alam yang dapat diperbaiki adalah sumber daya alam yang dapat berkembang biak, serta memiliki jumlah yang masih sangat banyak (Baca: Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui). Sehingga dapat dipakai dalam waktu sangat lama, untuk kebutuhan manusia. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaiki adalah sumber daya alam yang membutuhkan waktu ribuan tahun dalam proses pembentukannya. Sehingga jumlahnya sangat terbatas. Berikut ini 8 sumber daya alam di laut.

1.Garam

Garam adalah salah satu bahan dapur yang wajib dipakai dalam memasak. Garam mengandung yodium, yang sangat baik dalam mencegah kanker, serta menghilangkan jerawat. Garam berasal dari air laut yang mengering, dan menyisakan hanya butiran- butiran kristal garam. Dalam proses pembuatan, dapat dilakukan secara tradtional, dengan manfaatkan tenaga matahari dan api. Atau dengan cara yang lebih moderen dengan memanfaatkan mesin. Madura adalah pulau di Indonesia yang menghasilkan garam dengan kualitas baik. Hanya saja, karena masih memakai cara traditional, maka produksi yang dihasilkan sangat sedikit.

2.Ikan     

Ikan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di laut. Ikan adalah salah satu sumber protein bagi manusia. Ikan tergolong sumber daya yang dapat diperbaharui, karena mampu berkembang biak. Akan tetapi, akibat dari perburuan yang tidak melihat aspek keseimbangan ekosistem, banyak hewan- hewan laut yang mulai terancam punah (Baca: Gangguan Keseimbangan Lingkungan Oleh Alam dan Eksploitasi). Salah satunya adalah ikan terbang, yang telurnya di anggap sebagai makanan mewah dengan nama caviar. Selain itu, mamalia laut seperti ikan paus juga terancam punah, akibat perburuan yang sembarangan.

3.Tumbuhan

Walaupun laut adalah daerah dengan 100% air di dalamnya, akan tetapi laut juga memiliki tumbuhan hidup yang berfungsi sebagai tempat tinggal ikan- ikan. Bukan hanya sebagai tempat tinggal ikan, tumbuhan laut juga memiliki fungsi yang sangat banyak bagi manusia. Tumbuhan laut seperti rumput laut, memiliki kadar serat yang tinggi, yang dapat membatu manusia dengan masalah pencernaan. Rumput laut juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan kapsul untuk obat. Selain rumput laut, terumbu karang juga merupakan jenis tumbuhan dilaut.

4.Terumbu Karang

Terumbu karang adalah salah satu dari tumbuhan laut. Terumbu karang biasa hidup pada perairan laut dangkal. Beberapa terumbu karang dianggap sebagai indikator kebersihan laut. Selain itu, terumbu karang mampu menghasilkan oksigen yang berasal dari fotosintesis. Terumbu karang memiliki banyak jenis. Setiap terumbu karang dapat menjadi rumah bagi ikan- ikan. Dengan adanya terumbu karang, laut menjadi indah, dan dapat menjadi tempat wisata bagi manusia (Baca: Fungsi Ekosistem Terumbu Karang bagi Manusia dan Biota Laut).

5.Fosfat

Fosfat adalah tulang- belulang ikan yang telah mati. Tulang belulang ikan yang mati, dikumpulkan dan dihancurkan. Tulang belulang ikan yang mengandung fosfat ini, dapat dipakai dipakai sebagai pupuk organik.

6.Ombak

Tidak hanya makhluk hidup yang dapat dimanfaat sebagai sumber daya alam. Laut adalah bagian dari bumi yang setiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Salah satunya adalah ombak. Ombak adalah gerakan naik turun air laut, akibat adanya angin san perbedaan ketinggian permukaan laut. Ombak dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Pembangkit listrik tenaga ombak, untuk di indonesia sendiri masih belum cukup dikenal. Akan tetapi, pemakaian listrik tenaga ombak, dapat membatu memberikan pasokan listrik, di daerah- daerah pesisir yang sulit mendapatkan akses listrik.

7.Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air lain adalah perubahan ketinggian air laut akibat adanya gravitasi bulan. Pasang surut air laut di manfaatkan oleh nelayan untuk bekerja. Dimana nelayan berangkat kerja saat sedang pasang, dan pulang pada saat sedang surut. Tidak hanya itu. Pasang surut air laut juga dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk menyalakan mercusuar yang ada di tebing. Mercusuar berfungsi sebagai pertanda bahwa ada tebih di sekitar daerah tersebut. Selain itu, mercusuar dapar membatu kapal menentukan arah (Baca: Manfaat Pasang Surut Air Laut).

8.Mutiara

Mutiara adalah salah satu hasil laut yang memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Mutiara berasal dari sebuah kerang. Kerang yang diberikan makanan benda- benada yang padat, akan membungkus benda- benda tersebut dengan liurnya. Dan dalam proses tersbut, jadilah mutiara. Mutiara di manfaatkan manusia sebagai bagian dari perhiasan. Selain itu, ekstrak dari mutiara juga dipercaya mampu meutihkan kulit. Mutiara adalah salah satu sumber daya alam laut yang dapat diperbaharui. Hal ini karena manusia, dapat menciptakan mutiara sendiri, dengan cara membudidaya kerang.

9.Plankton

Beberapa ikan yang ada di laut, bukan merupakan hewan karnivora. Beberapa ikan memakan tumbuhan laut. Seperti plankton. Plankton adalah salah satu tumbuhan air laut yang berukuran sangat kecil. Plankton biasa dimanfaatkan sebagai campuran untuk makanan ikan hias yang dipelihara oleh manusia. Karena ukurannya yang sangat kecil, plankton tidak dapat dilihat secara jelas oleh mata manusia.

10.Minyak Lepas Pantai

Bangkai makhluk hidup laut yang terendap selama jutaan tahun, akan menjadi minyak bumi. Hal tersebut juga terjadi padahewan- hewan laut yang telah mati selama jutaan tahun, dna terendap di dalam lapisan kulit bumi. Minyak bumi lepas pantai adalah, minyak bumi yang berada di dalam laut. Minyak bumi lepas pantai di Indonesia berada di laut jawa, laut cina selatan, laut sulawesi, dan laut malaka.

Demikian tadi 10 macam sumber daya laut. Setiap sumber daya laut ada yang dapat diperbaharui dan ada yang tidak dapat diperbaharui. Akan tetapi, walau dapat diperbaharui, sumber daya laut juga memiliki batasan. Jika manusia mengkonsumsi sumber daya laut secara berlebihan, akan menyebabkan hilang suberdaya laut tersebut. Maka dari itu, penting bagi manusia menjaga keseimbangan lingkungan. Agar tidak ada lagi sumber daya alam yang mengalami kepunahan.

Baca Juga:

, , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!