5 Manfaat Pasang Surut Air Laut

Tahukah anda mengenai pasang surut air laut ? mungkin tidak banyak orang yang mengetahui kapan terjadinya pasang surut air laut dan memberikan dampak apa saja bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Pasang surut air laut yang terjadi di Indonesia biasanya bergantung pada iklim di Indonesia.

Pasang surut air laut merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi pada daerah pesisir pantai. Pasang surut air laut terjadi karena pengaruh gaya gravitasi yang dimiliki oleh bulan, sehingga menyebabkan terjadinya fenomena pasang surut air laut dan juga ditentukan oleh pembagian musim di Indonesia.

Ketika pasang surut air laut terjadi, maka air laut yang berada pada permukaan akan mengalami pasang dan juga surut dalam waktu yang bergantian, sesuai dengan siklusnya. Biasanya, air akan mulai pasang ketika hari mulai malam, dimana bulan sudah mulai menampakkan dirinya di ufuk barat, dan kemudian akan surut pada saat fajar dimana bulan akan terbenam.

Pasang surut air laut sendiri sudah pasti terjadi di semua pantai dan dipengaruhi oleh jenis-jenis hujan yang turun pada daerah pesisir pantai, yang tentunya dapat menimbulkan dampak serta manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Berikut adalah manfaat mengenai manfaat pasang surut air laut :

1. Sebagai Sumber Tenaga Listrik

Manfaat pasang surut air laut yang pertama adalah sebagai salah satu sumber energi listrik. Meskipun saat ini penggunaan dan juga pemanfaatan pasang surut air laut sebagai sumber pembangkit listrik tidak digunakan sebagai semestinya, namun ada potensi tinggi bagi gaya yang ditimbulkan oleh pasang surut air laut menjadi energi listrik. Gaya pasang surut air laut dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan generator yang dapat menjadi sumber listrik bagi pemukiman sekitar pesisir pantai. Karena di daerah pesisir pantai sulit untuk mencari sumber tenaga listrik, sehingga pasang surut air laut bisa di manfaatkan untuk menjadi sumber tenaga listrik. Namun masih butuh pengkajian lebih lanjut lagi untuk memastikan pemanfaatan potensi dari gaya pasang surut air laut untuk menjadi pembangkit listrik secara penuh.

2. Pasang Surut Air Laut Dimanfaatkan Untuk Kegiatan Transportasi Perairan

Pasang surut air laut juga memberikan manfaat untuk kegiatan transportasi perairan. Bagi anda yang senang dengan kegiatan melaut, baik itu menggunakan kapal nelayan yang kecil, ataupun menggunakan jenis kapal besar, maka anda sudah pasti memahami tentang konsep pemanfaatan pasang surut air laut untuk kegiatan transportasi laut ini. Kondisi pasang surut air laut dapat dimanfaatkan untuk membantu kegiatan pelabuhan, seperti berangkat dan juga berlabuhnya kapal-kapal dari berbagai ukuran. Karena pasang surut air laut sangat mempengaruhi transportasi perairan dan banyak pengunjung yang akan mengunjungi pantai dan laut di daerah sekitar. Namun ketika air laut mulai pasang, maka kapal-kapal bisa pergi dan juga berlabuh pada pelabuhan, dan ketika air laut sedang surut, maka kapal-kapal dapat bersandar sejenak sebelum memulai perjalanannya.

Sponsors Link

3. Pasang Surut Air Laut Dapat Membantu untuk Pembuatan Garam

Bagi mereka yang tinggal di pesisir pantai, biasanya selain menjadi seorang nelayan yang mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan sehari – harinya, maka salah satu industri yang bisa dilakukan oleh warga pesisir pantai adalah menambang garam. Garam yang dihasilkan dari air laut merupakan salah satu contoh konkrit dari manfaat pasang surut air laut bagi warga sekitar pesisir pantai. Ketika air pasang, maka ini merupakan waktu yang tepat untuk mengumpulkan air laut, yang kemudian akan dijemur dan akan membentuk kristal-kristal garam yang dapat menjadi salah satu mata pencaharian utama dan juga sampingan bagi para warga yang tinggal di sekitar pesisir pantai selain mencari ikan di laut.

4. Dimanfaatkan Untuk Kegiatan Water Sport

Bagi anda yang senang dengan olahraga air, seperti surfing, maka pasti anda sudah memahami konsep dari manfaat pasang surut air laut untuk membantu anda dalam melakukan hobi anda berselancar di laut, Sufing ini biasanya banyak di minati oleh para wisatawan yang datang berkunjung di wilayah pesisir pantai. Karena surfing merupakan olahraga air yang menguji adrenalin dan dapat memberikan manfaat tersendiri. Dan pasang surut air laut dapat membantu membuat dan juga menambah jumlah ombak di lautan yang tentu saja dapat memuat ombak menjadi semakin tinggi dan cocok jika melakukan olahraga surfing pada saat ombak tinggi.

5. Pasang Surut Air Laut juga Dimanfaatkan Untuk Mata Pencarian Nelayan

Sponsors Link

Manfaat pasang surut air laut lainnya adalah untuk mencari ikan. Ketika air laut sedang mengalami pasang, maka ikan-ikan banyak yang ikut terbawa hingga sangat dekat dengan pesisir pantai. Dan ketika surut, banyak pula ikan-ikan yang terdampar di pinggir pantai. Hal inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh para penduduk di pesisir pantai untuk digunakan sebagai mata pencarian di laut atau di pantai, dengan memanfaatkan pasang surut air laut, dapat dengan mudah mencari ikan, dan menemukan hewan laut lainnya, seperti kepiting, udang dan juga lobster.

Itulah beberapa manfaat dari pasang surut air laut, terutama bagi para penduduk yang tinggal di pesisir pantai.

Baca juga artikel mengenai fenomena alam lainnya :

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi si pembaca.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 29th, September 2015 / 08:16 Oleh :
Kategori : Laut