10 Manfaat Oseanografi – Studi Tentang Kelautan

Oseanografi sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris, Oceanography. Ocean berarti laut, sedangkan Graphy berasal dari kata Yunani, Graphein, yang memiliki arti menulis. Jadi secara harafiah Oseanografi memiliki arti menulis hal-hal tentang laut. Menurut Ingmanson dan Wallace, akhiran grafi mengandung arti suatu proses menggambarkan, mendeskripsikan, atau melaporkan seperti tersirat dalam kata Biografi dan Geografi. Jadi Oseanografi berarti deskripsi tentang laut.

Oseanografi Menurut Para Ahli 

Selain Oseanografi, ada juga istilah Oseanologi. Masih menurut Ingmanson dan Wallace, akhiran ologi mengandung arti sebagai suatu ilmu pengetahuan atau cabang pengetahuan. Jadi Oseanologi berarti ilmu atau studi tentang laut. Namun meskipun sedikit memiliki perbedaan, kedua kata itu sering digunakan sebagai arti yang sama yaitu sebagai mendefinisikan eksplorasi atau studi ilmiah tentang laut dan berbagai fenomena atau peristiwa yang terjadi di laut. Perbedaan ini hanyalah perbedaan istilah yang diakibatkan oleh perbedaan penggunaan isitlah di daerah yang berbeda.

Di negara-negara Eropa Timur, China dan Rusia cenderung menggunakan kata Oseanologi, sedangkan negara-negara Eropa Barat dan Amerika cenderung memakai kata Oseanografi. Jadi secara sederhana Oseanografi dapat disebutkan sebagai aplikasi semua pengetahuan dan ilmu terhadap fenomena dan peristiwa yang terjadi di laut seperti angin laut. Jadi dapat disimpulkan bahwa Oseanografi bukan merupakan ilmu tunggal, melainkan ilmu yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu.

Menurut para ahli Oseanografi, secara umum Oseanografi dibagi menjadi lima kelompok, yaitu :

  • Oseanografi Kimia (Chemical Oceanography), mempelajari semua reaksi kimia yang terjadi dan distribusi unsur-unsur kimia di samudera dan di dasar laut.
  • Oseanografi biologi (Biological Oceanography) mempelajari tipe-tipe kehidupan di laut,distribusinya, saling keterkaitannya, dana aspek lingkungan dan kehidupan di laut.
  • Oseanografi Fisika (Physical Oceanography) mempelajari berbagai aspek fisika air laut seperti gerakan air laut, distribusi temperatur air laut, transmisi cahaya, suara, dan berbagai tipe energi dalam air laut, dan interaksi udara (atmosfer) dan laut (hidrosfer).
  • Oseanografi Geologi (Geological Oceanography) mempelajari konfigurasi cekungan laut, asal usul cekungan laut, sifat batuan dan mineral yang dijumpai di dasar laut, dan berbagai proses geologi di laut. Oseanografi Geologi bisa juga disebutkan dengan istilah Geologi Laut (Marine Geology).
  • Oseanografi Meteorologi (Meteorological Oceanography) mempelajari fenomena atmosfer di atas samudera, pengaruhnya terhadap perairan dangkal dan dalam, dan pengaruh permukaan samudera terhadap proses – proses lapisan atmosfer.

Manfaat Oseanografi

Jadi dapat disimpulkan bahwa Oseanografi merupakan ilmu yang terdiri dari banyak ilmu. Oseanografi tidak dapat berdiri sendiri karena di dalamnya terdapat banyak ilmu yang terkait sehingga untuk mempelajari Oseanografi, haruslah mempelajari semua ilmu yang mengaitnya, Kita harus mempelajari Kimia, Fisika, Biologi, Meteorologi, Geologi walaupun tidak secara mendalam. Lalu mengapa ilmu Oseanografi dipelajari?

Dan apa manfaatnya? Berikut akan disebutkan manfaat oseanografi :

  1. Untuk memenuhi rasa penasaran dan keingintahuan. Pada masa lampau ketika belum adanya ilmu pengetahuan yang semaju sekarang ini, banyak hal yang belum terungkap. Hal ini tentu menimbulkan rasa ingin tahu pada diri manusia terutama para ilmuan, dan laut menjadi obyek yang diteliti juga. Jadi Oseanografi pun dikembangkan untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut.
  2. Kemajuan ilmu pengetahuan. Mempelajari Oseanografi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di bidang kelautan banyak dilakukan sekarang. Namun berbeda untuk memenuhi rasa ingin tahu, mempelajarai ilmu oseanografi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dilakukan secara sistematis dan ilmiah bedasarkan hasil penelitian dan pengetahuan yang sebelumnya. Kemudian hail penelitian ini akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal atau majalah ilmiah.
  3. Memanfaatkan  jenis jenis sumber daya alam hayati laut. Dengan adanya Oseanografi kita bisa mempelajari tentang sumber daya hayati laut. Berbagai jenis ikan dan biota laut bisa dijadikan sumber pangan dan bahan obat – obatan. Oseanografi berfungsi sebagai pengetahuan untuk mengetahui keberadaan sumber daya tersebut, mengetahui potensinya, cara memperolehnya dan cara mengolahnya, serta bagaimana cara membudidayakannya agar tidak cepat punah.
  4. Memanfaatkan sumber daya non hayati laut. Dalam laut banyak sekali sumber daya yang bisa dimanfaatkan seperti mineral dan bahan galian lainnya, minyak bumi, gas alam, energi panas, arus laut, gelombang dan pasang surut. Sama seperti dalam pemanfaatan sumber daya hayati laut, oseanografi digunakan sebagai pencari sumber daya non hayati laut, mengetahui potensi dan karakter sumber daya tersebut.
  5. Memanfaatkan laut untuk sarana berkomunikasi. Seperti peletakan kabel dalam laut, oseanografi digunakan untuk menentukan tempat yang tepat untuk memasang dan meletakkan posisi kabel yang tepat agar kabel bisa digunakan secara maksimal.
  6. Memanfaatkan laut untuk sarana perdagangan dan transportasi. Oseanografi digunakan untuk menentukan jalur – jalur pelayaran, fenomena – fenomena yang terjadi dan tempat berlabuh yang aman.
  7. Untuk menentukan batas – batas dan juga pertahanan negara. Oseanografi digunakan untuk menentukan batas – batas laut dari suatu negara di laut dan juga menentukan untuk tempat yang tepat meletakkan armada pertahanan.
  8. Menjaga lingkungan laut dari kerusakan dan pencemaran lingkungan karena aktifitas manusia.
  9. Menjaga lingkungan dari bencana alam di laut.
  10. Untuk rekreasi. Kegiatan rekreasi banyak dilakukan di laut. Untuk itu oseanografi digunakan untuk mengetahui dan menentukan tempat rekreasi yang aman.

Itulah beberapa manfaat oseanografi sehingga kita tidak ragu untuk mempelajarinya. Ternyata banyak manfaat yang diperoleh dengan mempelajari oseanografi. Demikian artikel tentang manfaat oseanografi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Laut