Sponsors Link

40 Negara Dengan Agama Islam Terbanyak Di Dunia (#Terlengkap)

Sponsors Link

Agama Islam telah menjadi agama yang berkembang pesat dan maju saat ini. Dilihat dari jumlahnya, pemeluk Agama Islam terus bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan negara-negara yang sebelumnya bukan penduduk muslim pun, kini telah bertambah jumlah orang yang menjadi muallafnya. Hal ini bisa disebabkan karena ajaran dari Agama Islam itu sendiri yang mengajarkan tentang persaudaraan, kedamaian, dan kerukunan dalam bermasyarakat dan bernegara.

Sponsors Link

Baca Juga :

Negara Dengan Agama Islam Terbanyak

Jika dilihat dari sejarahnya, Agama Islam tumbuh membesar dari negara Arab, yang saat itu dibawakan oleh Nabi Muhammad SAW. Di zaman Rasulullah Islam berkembang luas setelah penaklukan Kota Mekkah terhadap Suku Quraisy. Penyebaran Agama Islam sendiri biasanya disebarkan melalui dakwah, berdagang, pengobatan dan menyediakan sarana pendidikan ke negara-negara yang ada di dunia. Sampai saat ini, Agama Islam masih banyak diminati sebagai agama rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh alam.

Berikut ini akan dijelaskan 40 negara di dunia dengan jumlah pemeluk Agama Islam terbanyak dari populasi agama lain yang ada di negaranya.

1. Indonesia

Sudah menjadi informasi dunia bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Kita harus bangga terhadap Indonesia karena meskipun memiliki jumlah muslim terbesar, Indonesia masih bisa hidup berdampingan dengan agama yang lain dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Agama Islam di Indonesia dibawa oleh pedagang-pedagang Arab yang berkunjung ke Indonesia. Kemudian penyebaran Agama Islam dilanjutkan oleh Wali Songo yang pusat pengajarannya ada di Pula Jawa.

Baca juga :

2. Malaysia

Malaysia adalah negara bekas jajahan Inggris. Negara tetangga Indonesia ini separuh lebih dari populasi penduduknya memeluk Agama Islam. Peradaban Islam di Malaysia dapat ditemukan di daerah Kelantan sampai Serawak. Orang Arab, Cina dan India lah yang membawa Agama Islam ke Malaysia sejak abad ke-12. Jangan sekali-kali memakai pakaian yang terlalu terbuka di sana, karena bisa-bisa dianggap orang yang tidak beretika oleh orang Malaysia.

3. Brunei Darussalam

Negara yang menempati wilayah utara Pulau Kalimantan ini termasuk negara yang kecil. Namun jangan salah, Brunei Darussalam merupakan negara penghasil minyak terbesar di dunia. Dan karena itu, penduduk di sana bisa hidup dengan sejahtera. Negara Brunei Darussalam adalah negara dengan bentuk kesultanan, dengan ibukota Bandar Seri Begawan. Banyak wisata religi jika kamu ingin pergi ke sana. Salah satunya adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifudin yang merupakan masjid termegah di Brunei Darussalam.

4. Arab Saudi

Sudah pasti Arab Saudi menjadi Negara Dengan Agama Islam Terbanyak karena seperti yang saya sebutkan di atas bahwa sumber penyebaran Agama Islam adalah dari Arab Saudi. Di negara ini juga terdapat Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah yang selalu menjadi kunjungan wajib bagi orang yang sedang melakukan ibadah haji dan umroh. Di sinilah pusat peradaban Islam dunia berada. Karena selain dua hal di atas, di sini juga terdapat makam Rasulullah dan para sahabatnya yang selalu diziarahi oleh banyak orang.

5. Turki

Endorgan, adalah Presiden Turki yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Indonesia. Turki adalah negara dengan jumlah pemeluk Agama Islam terbesar dalam sejarah. Tempat ini adalah tempat yang yang cocok untuk kamu jika ingin menikmati pemandangan yang eksotis.

Baca Juga :


6. Mesir

Universitas Al-Ahzar adalah perguruan tinggi Islam yang terkenal dari negara ini. Banyak dari berbagai mahasiswa international datang ke Mesir untuk belajar di sana. Karena Mesir terkenal dengan pendidikan yang maju dan gratis.

7. Palestina

Negara yang saat ini sedang mengalami konflik wilayah dengan Israel ini merupakan negara yang mayoritas pendudukanya adalah muslim. Palestina memiliki Masjid Al-Aqsha yang menjadi primadona bagi negara tersebut.

8. Irak

Baghdad adalah ibukota dari negara Irak. Islam memiliki presentase populasi 97 persen. Namun, aliran Islam di Irak terbagi menjadi dua yaitu Syiah dan Sunni.

9. Iran

Iran adalah negara yang menerapkan hukum Islam dalam pemerintahannya. Masjid-masjid di Iran mempunyai corak-corak yang khas membuat mata tiap orang kagum dengannya.

10. Pakistan

Negara Dengan Agama Islam Terbanyak selanjutnya adalah pakistan. Negara ini merupakan negara yang penduduknya adalah mantan orang India. Dulu penduduk India yang muslim sangat banyak. Namun karena suatu hal akhirnya penduduk India yang muslim memisahkan diri dan membuat negara baru yaitu Pakistan.

11. India

Meskipun India terkenal dengan Bollywood dan Agama Hindunya, negara ini juga mempunyai populasi muslim yang cukup banyak. Hal ini juga karena adanya sisa pengaruh ajaran muslim yang sudah pindah ke Pakistan. Contoh artis India yang beragama Islam adalah Shakh Ru Khan.

Baca Juga:

12. Maroko

Negara ini berada di benua Afrika tepatnya sebelah utara. Masjid yang terkenal di Maroko adalah Masjid Hassan II. Masjid tersebut mempunyai menara yang tinggi mencapai 210 meter. Sudah jelas negara ini penduduknya mayoritas muslim karena terdapat masjid-masjid yang indah dan megah di sana.

13. Turkmenistan

Di Turkmenistan banyak sekali masjid-masjid yang dipengaruhi oleh arsitektur gaya Romawi dan Turki. Negara ini merupakan negara pecahan dari Uni Soviet.

14. Uzbekistan

Penduduk wanita dari negara ini menggunakan baju yang serba tertutup dan memakai cadar untuk melindungi auratnya. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas penduduk di sini adalah muslim.

15. Gambia

Sekitar 90 persen penduduk Gambia adalah pemeluk Agama Islam. Namun ajaran Islam yang diterapkan ini masih terdapat yang menyalahi aturan Islam karena masih menganut sistem masyarakat Marabut.

Baca Juga :

16. Nigeria

Salah satu negara di benua Afrika yang mempunyai warga muslim terbanyak yang lainnya adalah Nigeria. Sistem hukum yang diterapkan di Nigeria menganut sistem sekuler, namun pemerintah Nigeria masih mengedepankan ajaran Islam bagi warganya.

17. Mali

Sunni adalah aliran Agama Islam yang paling banyak di Mali. Mali terletak di sebelah barat benua Afrika.

18. Senegal

Kolonial Perancis pernah menjajah negara ini. Namun karena mayoritas penduduk Senegal adalah muslim, mereka berhasil membangun persatuan untuk mengalahkan Kolonial Perancis dan mengusirnya dari sana.

19. Qatar

Penghasil minyak terbesar yang lainnya adalah Qatar. Pendapatan per kapita untuk negara ini tiap tahunnya cukup besar karena penjualan minyak yang berlimpah. Penduduk Qatar yang menganut Agama Islam sekitar 90 persen dari total populasi yang ada.

Baca Juga :

20. Yordania

Negara Dengan Agama Islam Terbanyak selanjutnya adalah yordania. Agama Islam disebarkan ke Yordania oleh Umar bin Khattab sekitar tahun 636 Masehi. Banyaknya tempat suci dan peribadatan untuk orang Islam telah menjadi bukti. Bahkan tahun 1952 konstitusi dalam pemerintahan mengharuskan pemimpin atau raja dan keturunannya haruslah orang muslim.

21. Tajikistan

Imam Hanafi mempunyai pengaruh kuat untuk ajaran Agama Islam di negara ini. Islam di Tajikistan kebanyakan adalah Islam Sunni.

22. Azerbaijan

Masjid-masjid di negara ini banyak yang bergaya Eropa. Hal ini juga didukung oleh wilayahnya yang berada di perbatasan timur Eropa dan barat Asia.

23. Djibouti

Di Djibouti praktik-praktik adat dan hukum Islam sudah diterapkan. Djibouti adalah negara di Afrika Timur yang memiliki penduduk Islam sebesar 96 persen.

24. Oman

Sama seperti di Brunei Darussalam, Oman juga menerapkan sistem kesultanan. Hukum negara yang dianut adalah hukum syariat Islam. Muscat adalah ibukotanya dan terdapat Masjid Agung Sultan Qaboos.

Baca Juga :

25. Tunisia

Hampir 100 persen yaitu 99 persen penduduk di Tunisia memeluk Agama Islam. Islam di negara ini disebarkan oleh Uqba bin Nafi pada zaman Kekhalifahan Umayyah.

26. Yaman

Salah satu sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib, adalah orang yang paling berpengaruh dalam penyebaran Agama Islam di Yaman. Dakwah yang dilakukan Ali dilakukan saat Rasulullah masih hidup.

27. Mauritania

Bentuk dari negara ini adalah Republik Islam, jadi bisa ditebak bahwa negara ini populasi muslimnya ada banyak. Maritania terletak di sebelah barat benua Afrika.

28. Aljazair

Kondisi alam dari Aljazair adalah hampir seluruh wilayahnya ditutupi oleh gurun pasir. Islam di bawa ke negara ini oleh Kesultanan Utsmaniyah dari Turki yang dipimpin oleh Khair ad Din.

29. Sahara Barat

Sebanyak 99,8 persen muslim di negara ini yang mempelopori terbentuknya Sahara Barat.


30. Maladewa

Negara Dengan Agama Islam Terbanyak selanjutnya adalah maladewa. Bagi orang selain Islam, kemungkinan besar tidak bisa menempati negara ini. Karena Maladewa memberlakukan dalam salah satu pasalnya yang melarang ijin tinggal bagi warga non muslim. Meskipun begitu, Maladewa merupakan negara kepulauan yang indah dan banyak resort mewah di sana.

31. Afghanistan

Bagi sebagian orang pasti setuju kalau Afghanistan adalah negara dengan hampir penduduknya memeluk Agama Islam. Di sana, Agama Islam menjadi alat pemersatu bagi seluruh suku yang ada di Afghanistan supaya tetap hidup rukun dan damai.

Baca Juga :

32. Filiphina

Komunitas muslim yang terbanyak di Filiphina berada di bagian selatan. Kebudayaan Islam di sini banyak bercampur dengan budaya muslim melayu.

33. Thailand

Banyaknya keturunan orang Pakistan yang tinggal di Thailand, sehingga menyebabkan Agama Islam tersebar luas di sana. Walaupun sebenarnya kebanyakan orang tahu kalau Thailand adalah negara dengan penganut Agama Buddha.

34. Singapura

Kampong Glam adalah salah satu tempat yang bisa kita kunjungi untuk wisata Islam di Singapura. Selain etnis Tionghoa, Etnis muslim juga merupakan bagian dari Singapura.

35. Cina

Siapa sangka jika di Cina sejak zaman Rasulullah masih hidup Agama Islam bisa tumbuh subur di sana melalui jalur perdagangan Asia, Timur Tengah dan Eropa yang disebut jalur sutera.

36. Bangladesh

Negara yang berdekatan dengan Pakistan dan juga memiliki penduduk terbanyak yang memeluk Islam. Bangladesh juga menerapkan hukum Islam dalam hukum negara untuk mengatur dan mengurus segala kasus di negara tersebut.

37. Lebanon

Jika kamu pergi ke daerah perbatasan dan Israel dan Suriah maka kamu bisa menemukan negara Lebanon. Negara ini memiliki budaya yang kental dengan ajaran Agama Islamnya.

38. Uni Emirat Arab

Di Abu Dhabi, yaitu ibukota Uni Emirat Arab, terdapat masjid megah nan indah yaitu Masjid Syeikh Zayid Mosque. Agama Islam pun sudah menjadi agama resmi di sana.

39. Kuwait

Selain Qatar, ada lagi negara muslim yang merupakan penghasil minyak mentah dunia. Adalah Kuwait yang sekitar 80 persen penduduknya mayoritas muslim dan muslim di sana menjadi muslim yang terkaya di dunia.

40. Kazakhstan

Bangunan-bangunan di sepanjang negara ini memiliki nuansa islami yang kental. Seperti Central Mosque yang berada di Almaty menjadi tempat favorit para turis internasional.

Baca Juga :

Tentunya masih banyak Negara Dengan Agama Islam Terbanyak baik sebagai mayoritas maupun minoritas. Namun yang terpenting adalah, dengan semakin banyaknya negara muslim dan negara non muslim yang menjadi negara muslim, kita harus menjaga perdamain dengan penganut agama yang lain. Tetap saling bahu membahu dan tolong menolong dalam kebaikan. Negara-negara di atas juga bisa Anda jadikan sebagai tempat referensi untuk berlibur nantinya. Yang pasti dengan mengunjungi negara tersebut, Anda akan menambah wawasan tentang keberagaman negara-negara di dunia. Semoga bermanfaat dan semoga menjadi inspirasi bagi kita semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 09:12 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial