Sponsors Link

23 Air Terjun Tertinggi di Dunia yang Menakjubkan

Sponsors Link

Banyak orang yang begitu menyukai wisata alam seperti air terjun karena selain menikmati jatuhnya air yang melalui jeram ke dasar sungai, pemandangan sekitarnya pun dapat membuat kita berdecak kagum. Jika berencana untuk mengunjung tempat wisata air terjun tertinggi di dunia, bisa disimak di bawah ini sejumlah daftar air terjun tertinggi di dunia yang bisa dilihat dan dipertimbangkan untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Salto Angel, Venezuela

 Air Terjun Salto Angel, VenezuelaPaling tinggi yang ada di dunia tentu tidak diragukan lagi adalah Air Terjun Angel atau yang juga lebih sering disebut dengan Salto Angel. Tingginya yang mencapai 979 meter adalah alasan utama mengapa air terjun ini menjadi yang paling tinggi pertama sedunia. Penjelajah bernama Ernesto de Santa Cruz adalah yang pertama kalinya melihat air terjun ini pada abad ke-20 awal. Namun, yang setelah penemuan resmi air terjun ini oleh James Crawford Angel yang merupakan seorang penerbang Amerika, maka air terjun ini mulai dikenal dan dilirik dunia.

Lokasi dari air terjun ini adalah di Taman Nasional Canaima yang tepatnya ada di Rio Caroni dan untuk resminya ketinggian air terjun ini ditentukan di tahun 1949 oleh National Geographic Society. Bila berkesempatan untuk menjejakkan kaki di Venezuela, maka jangan lewatkan untuk berwisata di air terjun eksotis satu ini. Meski menjangkau tempat ini cukup susah, namun sesampainya di sini Anda akan benar-benar terkagum-kagum sampai enggan meninggalkan tempat ini. Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar USD 4 atau sekitar Rp 53.500 untuk bisa menikmati Air Terjun Salto Angel dari dekat.

2. Air Terjun Tugela, Afrika Selatan

 Air Terjun Tugela, Afrika SelatanTugela adalah sebuah lokasi wisata air terjun paling tinggi di peringkat ke-2 di dunia dan saat mengunjungi Afrika Selatan, maka wajib untuk menikmati alam yang ada di tempat ini. Dengan tingginya yang mencapai 948 meter, selain air terjun itu sendiri ada panorama lainnya yang bisa dilihat dan diabadikan. Seperti misalnya sehabis hujan turun dengan lebatnya, pengunjung akan mendapati adanya kilauan yang berasal dari pantulan cahaya matahari di sore harinya. Memang untuk menuju ke sini tidaklah mudah, namun saat sampai di kawasan air terjun, terdapat pondok gunung serta kamp berkembang yang berada di atas air terjun tersebut.

3. Air Terjun Utigord, Norwegia

Air Terjun Utigord, NorwegiaBila Anda telah melihat air terjun paling tinggi pertama dan kedua, yang ketiga yang bisa dijajah adalah Utigord Falls yang terdapat di Norwegia. Dengan tingginya yang mencapai 818 meter, lokasi tepat dari air terjun ini ada di daerah Sogn, oq Fjordane yang ada di Stryn.

Sebetulnya Utigord tidaklah jauh dari pegunungan Ramnefjellet yang sudah menelan korban jiwa sebanyak 100 orang akibat bencana tanah longsor yang terjadi dua kali, yakni pada tahun 1905 dan 1936. Sedikit informasi, air terjun ini termasuk air terjun inti yang belum masuk ke dalam daftar penggunaan hidroelektrik di Norwegia.

4. Air Terjun Monge, Norwegia

Air Terjun Monge, NorwegiaMonge yang ada di negara Norwegia ini memang belum diresmikan dan itu artinya belum juga terdaftar dan dianggap sebagai air terjun paling tinggi nomor 4 yang ada di dunia. Walau demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan tingginya yang sekitar 774 meter, berada tepat di bawah Utigord.

Otomatis, air terjun ini juga belum menggunakan hidroelektrik seperti air terjun kebanyakan di Norwegia. Apapun kondisinya, sudah terdaftar atau belum, tempat ini akan selalu terbuka bagi wisatawan dunia yang penasaran dan ingin mendapatkan ketenangan dengan berlibur di kawasan ini.

5. Air Terjun Mutarazi, Zimbabwe

Air Terjun Mutarazi, ZimbabweMungkin jarang ada wisatawan yang berpikir untuk melakukan kunjungan atau berlibur di Zimbabwe, namun apa salahnya datang ke negara ini demi mengabadikan Mutarazi Falls dengan ketinggiannya yang 762 meter ini. Tidak hanya tinggi, namun Mutarazi adalah air terjun yang sangat cantik dan airnya jatuh di sebuah sungai yang juga bernama Mutarazi.

Jika Anda adalah seorang wisatawan yang suka dengan hal-hal menantang, silakan melakukan terjun payung dari puncaknya seperti yang dilakukan banyak pengunjung lainnya. Berbekal parasut, Anda bisa langsung melompat secara bebas dari atas dan akan sampai di dasar tanpa halangan.

6. Air Terjun Yosemite, Amerika Serikat

Air Terjun Yosemite, Amerika SerikatApabila berencana untuk berlibur ke Amerika Serikat, maka Air Terjun Yosemite sebaiknya sama sekali tidak terlewat. Air terjun dengan tinggi sekitar 739 meter ini ada di California, yaitu tepatnya bisa ditemukan di Taman Nasional Yosemite. Keunikan yang bisa dilihat dari lokasi wisata air terjun ini adalah adanya sejumlah lembah yang membuat jatuhnya air dari atas terpecah. Cukup besar juga setiap aliran air yang jatuh dari atas dan terkena lembah sehingga akhirnya percikan air cantiklah yang dihasilkan.

Perlu diketahui bahwa lembah-lembah tersebut bukan lembah buatan, tapi justru terjadi secara alami di mana tekanan air besar dibuat oleh air terjung sehingga terciptalah lubang yang kemudian disebut lembah. Pengunjung bersiaplah merogoh kocek sekitar USD 60 atau sekitar Rp 802.500 demi bisa masuk dan menikmati kecantikan Yosemite Falls ini.

7. Air Terjun Pierman, Australia

Air Terjun Pierman, AustraliaSalah satu wisata terdekat dari Indonesia adalah Australia, maka saat berkunjung dan berjalan-jalan di Australia jangan lewatkan Air Terjun Pierman. Lokasi sesungguhnya adalah di Taman Nasional Alpine yang ada di Victoria.

Datanglah ke tempat tersebut untuk bisa melihat sekeren apa air terjung yang tingginya sampai sekitar 715 meter tersebut. Air terjun yang terkoneksi dengan anak sungai Pierman ini sangat layak untuk menjadi salah satu destinasi liburan Anda karena dengan pemandangan yang indah dan akan menguji adrenalin anda ketika ingin sampai ke air terjun ini.


8. Air Terjun Lower Mar Valley, Norwegia

Air Terjun Lower Mar Valley, NorwegiaLagi-lagi salah satu air terjun paling tinggi bisa Anda temukan di Norwegia dengan tingginya yang mencapai 655 meter kurang lebih. Ini adalah salah satu wisata air terjun paling tinggi di Norwegia. Namun, berbeda dari air terjun lainnya yang disebutkan sebelumnya, air terjun satu ini sudah menggunakan hidroelektrik.

Dengan begitu, air terjun ini alirannya tetap terjaga meski saat musim panas datang dan wisatawan pun akan tetap dapat menikmati pemandangannya dan tidak akan mengurangi jumlah banyak nya para wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini. Di lain waktu, penyaluran air adalah melewati sebuah skema listrik tenaga air.

9. Air Terjun Tyssestrengene, Norwegia

 Air Terjun Tyssestrengene, NorwegiaDengan tingginya yang mencapai 647 meter, satu lagi air terjun yang ada di Norwegia yang bisa dinikmati bersama keluarga. Air terjun ini jugalah yang termasuk air terjun paling tinggi di Norwegia dengan pemandangan alam yang indah serta tebing-tebing yang tinggi yang dapat anda nikmati di air terjun ini.

Hanya saja, dengan adanya penggabungan PLTA Norwegia, maka aliran air terjadi pengurangan yang terjadi pada saat setelah terjadinya hujan salju lebat yang meleleh. Namun, tetap saja air terjun ini dimasukkan ke dalam jajaran daftar air terjun dengan ketinggian paling tinggi yang ada di dunia dan memiliki keindahan alam yang sangat indah dan tak tertandingi.

10. Air Terjun Cuquenan, Venezuela

Air Terjun Cuquenan, VenezuelaLiburan di Venezuela adalah keputusan yang tepat, karena Anda bisa menemukan sebuah air terjun bernama Cuquenan dengan tingginya yang kurang lebih 610 meter. Air terjun ini adalah yang tertinggi yang bisa ditemukan di Venezuela setelah Air Terjun Santo Angel.

Setiap tetes airnya jatuh di dasar Kukenan Tepui yang berada tidak jauh dari Gunung Roraima.  Datanglah dan dijamin setiap wisatawan tidak akan rugi dengan air terjun berikut pemandangan sekitarnya yang begitu mengundang decak kagum yang akan membuat anda tidak menyesal jika berkunjung ke tempat wisata air terjun ini.

11. Air Terjun Sentinel, Amerika Serikat

Air Terjun Sentinel, Amerika SerikatTampaknya di California memang cukup banyak air terjun mengagumkan, dan salah satu yang jelas-jelas bisa disambangi selama liburan di Amerika Serikat adalah Sentinel Falls dengan ketinggiannya yang kurang lebih 610 meter.

Walau tampak luar air terjun ini begitu besar dan tinggi, drainase dari air terjun ini tergolong rendah dan di bulan Juli pun Anda bahkan berkemungkinan mendapatinya kering. Meski begitu, jangan ragu untuk datang ke wisata air terjun ini dan disarankan untuk berkunjung selain di bulan Juli karena air terjun akan deras dan tidak akan mengecewakan anda jika anda berkunjung ke tempat wisata air terjun ini.

12. Air Terjun Dudhsagar, India

Air Terjun Dudhsagar, IndiaUntuk daerah Asia, ada sebuah air terjun di India yang tingginya mencapai 600 meter dan layak untuk disambangi. Air terjun dengan empat lapis ini ada di Sungai Mandovi dan memang sudah bisa ditebak bahwa Dudhsagar merupakan air terjun yang paling tinggi di India. Disarankan pengunjung untuk datang lebih awal, yakni pagi-pagi sekitar jam 7 pagi. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap keindahan air terjun dan panorama di sekelilingnya. Lebih baik tidak coba-coba berenang di dasar sungai jatuhnya air karena seberapa bagus cara berenang Anda, tempat ini begitu berisiko membawa para perenang kepada kematian.

  • Pengunjung dikenakan biaya Rs 20 atau sekitar Rp 4 ribu untuk bisa masuk ke kawasan air terjun. Harga tersebut bisa berubah atau naik.
  • Pengunjung yang membawa kamera pun perlu membayar biaya tambahan, yaitu sekitar Rs 30 atau sekitar Rp 6 ribu. Harga tersebut dapat sewaktu-waktu mengalami kenaikan.

13. Air Terjun Sutherland, Selandia Baru

Air Terjun Sutherland, Selandia BaruDengan tingginya yang mencapai 580 meter, Sutherland diketahui merupakan sebuah air terjung paling tinggi yang ada di Selandia Baru. Ada tiga kaskade di mana air jatuh, yakni ketinggian 229 meter di kaskade paling tinggi, kemudian 248 meter yang ada di tengah, lalu terakhir yang lebih rendah adalah 103 meter.

Selandia Baru memang terkenal akan sejumlah wisata alamnya, dan Sutherland harus  menjadi salah satu destinasi yang Anda bisa datangi untuk menikmati keindahan alam air terjun ini.

14. Air Terjun Kjell, Norwegia

 Air Terjun Kjell, NorwegiaTempat wisata yang juga memiliki sebutan Kjelfossen ini juga termasuk dalam daftar air terjun paling tinggi yang bisa ditemukan di Norwegia. Lokasi tepatnya sesungguhnya tidaklah jauh dari pedesaan Gudvangen dan dengan tinggi yang bisa sampai 561 meter, wisatawan akan terpuaskan dengan suara air jatuhnya beserta panorama sekeliling air terjun.

Bahkan dari jalan raya E16, air terjun pun sudah tampak dan wisatawan bisa melihatnya secara jelas, jalan tersebut ada di sisi barat pintu masuk menuju Gudvanga Tunnel dengan pemandangan yang indah yang tidak akan membuat anda menyesal jika berkunjung ke air terjun ini walaupun sangat membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke air terjun tertinggi ini.

15. Air Terjun Takakkaw, Kanada

Air Terjun Takakkaw, KanadaAir terjun setinggi 503 meter satu ini bisa ditemukan tepatnya di Taman Nasional Yoho yang ada di British Columbia. Jika ingin mencari sebuah lokasi wisata alam air terjun yang keren di Kanada, maka tentu Takakkaw adalah jawabannya sebab air terjun ini pernah muncul dalam sebuah film yang berjudul Last of the Dogmen keluaran tahun 1995.

Disarankan para wisatawan untuk berkunjung tepat pada akhir-akhir musim semi dan sehabis salju mencair untuk mendapatkan panorama terindah. Pengunjung bisa membayar sebesar USD 17.60 atau sekitar Rp 235 ribu untuk dapat menikmati kecantikan air terjun ini.

16. Air Terjun Ribbon, Amerika Serikat

Air Terjun Ribbon, Amerika SerikatSatu lagi air terjun indah yang wisatawan bisa sambangi di California, yaitu Ribbon Fall yang ada di Taman Nasional Yosemite. Aliran airnya adalah dari tebing sebelah barat El Capitan dengan aliran air yang deras yang akan membuat air terjun ini semakin indah.

Dengan tingginya yang diketahui tidak mencapai 500 meter, yakni 491 meter, sudah cukup bagi air terjun ini untuk bisa masuk dalam jajaran air terjun paling tinggi tidak hanya di Amerika Serikat tapi juga dunia. Ribbon adalah air terjun yang sumber airnya berasal dari Sungai Creek. Dan anda wajib mengunjungi air terjun ini untuk menikmati keindahan alam yang berada di air terjun ini.

17. Air Terjun King George VI, Guyana

 Air Terjun King George VI, GuyanaWisata air terjun ini juga kerap disebut sebagai Oshi Falls atau Salto Oshi Falls yang berada di Guyana Barat, tepatnya di Sungai Oshi. Memang air terjun ini belumlah terlalu terkenal, apalagi mungkin dengan sedikitnya wisatawan yang berkunjung atau berlibur di Guyana tentu otomatis tempat ini ditemukan sepi pengunjung.

Diketahui memiliki tinggi 488 meter, air terjun ini bisa dijelajahi apabila tertarik berlibur di Guyana. Bahkan sebuah serial televisi Inggris di tahun 2014 pernah mendokumentasikan  segala fauna dan air terjun ini sendiri sehingga sangat wajib anda kunjungi ketika anda sedang berkunjung ke guyana ini untuk menikmati air terjun tertinggi di dunia ini.


18. Air Terjun Kali uwaa, Amerika Serikat

Air Terjun Kali uwaa, Amerika SerikatAmerika Serikat, tepatnya Hawaii memiliki air terjun lainnya yang begitu menyegarkan mata namun begitu sakral, yakni Kaliuwaa. Air terjun ini sendiri berada di sebuah taman negara yang lokasinya tidaklah jauh dari Hauula yang ada di pantai utara Pulau Hawaii Oahu.

Ngarai Kaluanui dan air terjun di ujungnya dicakup oleh taman ini. Pernah terjadi sebuah bencana reruntuhan fatal yang menyebabkan penutupan taman hingga batas waktu yang tidak terkira pada tahun 1999, yaitu di tanggal 9 Mei. Kejadian tersebut tepat terjadi di lokasi air terjun setinggi 463 meter ini dan sejumlah korban jiwa pun terenggut, diantaranya adalah 8 orang pejalan kaki dan masih ada korban lainnya yang luka-luka.

19. Air Terjun Della, Kanada

Air Terjun Della, KanadaKanada memiliki air terjun lain yang sangat pantas untuk dijadikan destinasi wisata, yakni Air Terjun Della, yang lokasinya adalah sekitar 60 kilometer apabila dari kota Port Alberni. Ada dua cara untuk bisa menjangkau air terjun setinggi 440 meter ini, yaitu dengan helikopter yang otomatis harus dari udara atau dengan boat dengan menyeberangi seluruh Great Central Lake.

Air terjun ini pertama kali ditemukan di tahun 1899 oleh Joe Drinkwater dan nama Della pada air terjun tersebut diambil dari nama istrinya. Setelah penemuan tersebut pun ia tidak berhenti sampai di situ karena kemudian ada sekitar 16 kilometer jalur hiking yang dibangun olehnya melalui Drinkwater Creek.

20. Air Terjun Gavarnie, Perancis

Air Terjun Gavarnie, PerancisBeralih ke Perancis, ada sebuah air terjun bernama Gavarnie yang diketahui memiliki tinggi hingga 422 meter. Bukan hanya wisata bangunan saja yang bisa dinikmati selama di Perancis, wisata alamnya pun terbukti luar biasa hanya dengan menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan satu ini dengan pemandangan alam yang indah yang akan membuat anda takjub dengan air terjun ini.

Di daratan Perancis, memang air terjun inilah yang disebut paling tinggi, dan termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Tidak jauh dari desa Gavarnie yang terdapat di Hautes-Pyreness, air terjun ini bisa ditemukan di Cirque de Gavarnie. Bila belum tahu, jadi air terjun ini adalah awal dari aliran yang bernama Gave de Pau.

21. Air Terjun Giessbach, Swis

Air Terjun Giessbach, SwisBerencana untuk menghabiskan waktu liburan di Swis? Jangan lupa untuk datang ke Air Terjun Giessbach yang begitu indah ini. Dengan tingginya yang mencapai 400 meter, para wisatawan tidak hanya dapat memuja kecantikan air terjun dan panorama sekitar, namun kegiatan trekking pun akan asyik dilakukan di tempat menyenangkan ini.

Untuk perjalanannya sendiri tidak akan terlalu panjang dan sulit, dan sesampainya di air terjun maka Anda akan merasakan kesegaran terbaik yang membuat enggan pulang. Menuju puncaknya tentu akan lebih memuaskan, tapi dengan catatan kondisi fisik Anda betul-betul oke.

22. Air Terjun Krimmler, Austria

Air Terjun Krimmler, AustriaMemiliki keinginan untuk liburan di Austria? Kalau begitu, sempatkan untuk menuju Air Terjun Krimmler dengan tinggi 381 meter ini. Menjadi salah satu air terjun tertinggi yang ada di dunia, tentunya spot satu ini juga air terjun paling tinggi pertama yang ada di Austria. Air terjun ini berawal dari bagian atas lembah Krimmler Ache jatuh dengan melalui tiga tahapan. Tahap pertama yang perlu dilewati jatuhnya air adalah 140 meter, kemudian 100 meter dan dilanjutkan dengan titik terendah pada 140 meter. Untuk dapat menjangkau puncak air terjun, ada kemudahan yang akan ditemukan para wisatawan, yakni adanya jalur bagi pejalan kaki.

  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar EUR 2 atau sekitar Rp 29 ribu untuk bisa memasuki kawasan air terjun.
  • Pengunjung tidak akan perlu mengeluarkan biaya sama sekali apabila menjadi salah satu tamu dari Hotel Krimml Falls

23. Air Terjun Papalaua, Amerika Serikat

. Air Terjun Papalaua, Amerika SerikatJauh di dalam lembah Papalaua-lah air terjun ini bisa ditemukan dan memang terbilang dekat dengan Halawa. Dengan tingginya yang bisa sampai 366 meter, air terjun di California ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang memang tercipta secara alami oleh adanya aktivitas gunung berapi di masa lalu, bahkan sudah lebih dari 1,5 juta tahun yang lalu. Lebih dari itu, wisatawan pun akan disuguhkan dengana danya vegetasi yang subur dan hijau menyejukkan mata. Lereng yang curam pun akan tertangkap oleh mata kita sewaktu berada di sini, namun spot tersebut tertutup oleh adanya tanaman hijau zamrud yang menambah keindahan panorama.

Itulah sederet nama air terjun tertinggi di dunia yang berharga dan dapat dimasukkan ke dalam rencana destinasi liburan Anda. Bagi yang ingin berkeliling dunia dan berharap dapat mendatangi setiap air terjun yang dianggap paling tinggi sedunia, maka lokasi-lokasi tersebut adalah yang paling pas dijadikan referensi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Air Terjun