25 Negara Terkaya di Dunia Saat ini dan Jumlah Pendapatannya


Planet Bumi memiliki segala kekayaan alam dan juga sumber daya alam yang dapat diolah manusia sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan hidup manusia. kekayaan yang dimiliki oleh bumi bermacam- macam jenisnya, ada barang tambang, ada binatang dan tumbuh- tumbuhan, ada sumber air yang melimpah, ada tanah yang subur (baca: ciri- ciri tanah subur dan tidak subur), dan lain sebagainya. Hal ini semuanya dapat dioah manusia sehingga menjadi sumber daya yang akan bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Melihat keadaan geografis planet bumi yang berbeda- beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya, ini menyebabkan bahwa ada perbedaan juga mengenai sumber daya yang ada di muka bumi (baca: bentuk permukaa bumi). Maka dari itulah kekayaan alam antara satu negara dengan negara lainnya berbeda- beda. Memang sumber kekayaan suatu negara dapat dikatakan sangat bergantung pada keadaan alam dan sumber daya yang ada di dalamnya. Dengan demikian antara satu negara dengan negara lain juga memiliki kekayaan yang berbeda. Negara itu diibaratkan rumah tangga, ada yang miskin, ada yang sedang- sedang namun ada pula yang kaya dan sangat kaya. Selain didukung oleh kepemilikan sumber daya alam, kekayaan negara juga bisa didapatkan dari bagaimana negara mengolah potensi alam yang ada. Hal ini membuat status negara- negara di dunia berbeda mengenai kekayaaannya. Adapun pada artikel ini kita akan membahas mengenai negara- negara yang merupakan negara terkaya di dunia. Negara- negara di dunia yang dikategorikan masuk ke dalam negara terkaya di duniia antara lain adalah sebagai berikut:

Negara Terkaya di Dunia

Negara- negara dapat diketahui mengenai kondisi perekonomian, atau apakan dia kaya atau tidak itu dilihat dari tingkat pendapatan atau GDP (Gross Domestic Product) Perkapita yang dihasilkan setiap tahunnya. Apa itu GDP Perkapita? Ialah sebuah tolak ukur yang dapat digunakan dalam menentukan tingkat pendapatan nasional suatu negara ketika dibagi dengan jumlah penduduk negara tersebut pada tahun yang bersangkutan. Pada kesempatan ini akan dipaparkan artikel mengenai negara terkaya di dunia versi World Bank atau Bank Dunia. Mengapa harus Bank Dunia? Karena Bank Dunia atau World Bank merupakan lembaga yang sudah diakui kepercayaannya dalam menghitung kekayaan suatu negara. Adapaun beberapa negara yang dikategorikan sebagai negara terkaya adalah sebagai berikut:

  1. Luxemburg

Barangkali kita pernah mendengar tentang negara ini, namun tidak terlalu banyak mengetahui tentang negara ini. Negara Luxemburg adalah salah satu negara yang ada di benua Eropa (baca: Danau terluas di benua Eropa). Luxemburg bukanlah negara yang besar, hal ini terbukti bahwa negara ini tidak masuk dalam daftar negara terbesar di dunia. Meskipun negara Luxemburg bukanlah negara yang besar, bukan juga negara yang berpengaruh di dunia namun negara Luxemburg ini adalah negara yang sangat kaya. Bahkan Luxemburg adalah negara pemilik tingkat GDP Per kapita tertinggi di dunia versi World Bank atau Bank Dunia. Pendapatan Domestik Bruto per kapita negara ini mencapai 110. 664, 8 Dollar Amerika atau jika dirupiahkan sekitar Rp 1.438.642.400. Jika diterjemahkan artinya setiap penduduk negara Luxemburg ini memiliki pendapatan di atas satu milyar rupiah setiap tahunnya.

Pendapatan per kapita yang demikian ini merupaka jumlah yang sangat fantastis, terlebih untuk negara yang hanya mempunyai luas sekitar 2. 586 kilometer. Negara ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendistribusikan pendapatan negaranya ke setiap penduduknya. Negara Luxemburg memang negara yang pantas untuk menyandang predikat negara paling kaya, hal ini karena selain tingkat pendapatan per kapitanya yang tinggi, negara ini juga memiliki tingkat inflasi yang rendah dan tingkat pengangguran yang rendah pula. Negara Luxemburg adalah negara yang banyak memiliki sektor- sektor industri, dan industri yang paling banyak ada pada sektor perindustrian baja, karet serta bahan olahan lainnya.

  1. Norwegia

Selanjutnya adalah negara Norwegia. Norwegia juga merupakan suatu negara yang tidak banyak kita dengar gaungnya. Norwegia adalah sebuah negara yang berada di semenajug Skandinavia dan merupakan negara paling kaya di dunia lainnya, tepatnya nomor dua setelah Luxemburg versi Bank Dunia atau World Bank. Negara Norwegia juga dikenal dengan Tanah Matahari Tengah Malam. Hal ini karena negara Norwegia terletak di ujung utara Bumi. Di belahan utara Bumi ini ketika musim (baca: faktor penyebab iklim musim di Indonesia) panas tiba maka matahari (baca: bagian- bagian matahari) tidak pernah tenggelam. Sebaliknya, ketika musim dingin tiba maka matahari tidak pernah muncul sama sekali. Negara yang berada di ujung utara ini tentu bangga dengan predikat yang diraihnya yakni menjadi negara paling kaya di dunia dan berada di urutan nomor dua. Predikat ini diambil dari data pendapatan per kapita atau GDP Per kapitanya, yakni sebesar 102. 832 Dollar Amerika atau setara dengan Rp 1.336.816.000 per tahunnya.

Negara Norwegia merupakan negara yang memiliki perekonomian yang cukup stabil. Selain itu, nilai tambah lain dari negara ini adalah memiliki pemandangan yang indah. Hal ini karena negara ini dikelilingi oleh pegunungan sehingga membuatnya nambah lebih indah.


  1. Qatar

Selanjutnya adalah Qatar. Apabila kita mendengar Qatar, mungkin ada beberapa hal yang terbersit dalam benak kita. pertama, kita akan mengingat mengenai seragam sepak bola yang mendunia bertuliskan Qatar Foundation. Kedua, kita akan mengingat bahwa negara ini adalah penghasil minyak yang besar. Ketiga, banyak yang telah diberikan negara Qatar kepada Indonesia, terutama untuk pendidikan Indonesia karena Qatar menyediakan banyak beasiswa pendidikan untuk siswa- siswi Indonesia. Dengan demikian, image- imege tersebut memaiswa pendidikan untuk siswa- siswi Indonesia. kendati ikan Indonesia gat mengenai seragam seng ada pada negara Qatar. Negara Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Versi ini dikeluarkan oleh Bank Dunia atau World Bank dan didasarkan pada pendapatan per kapita atau jumlah PDB per kapita. Qatar merupakan salah satu di Timur Tengah. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya negara di Timur Tengah adalah negara- negara penghasil minyak yang sangat besar. Negara Qatar terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Negara Qatar bersebelahan dengan Arab Saudi, tepatnya di sebelah selatannya. Selebihnya negara ini dibatasi oleh Teluk Persia.

Negara Qatar merupakan negara yang sangat kaya yang mana pada awalnya perekonomiannya difokuskan pada perikanan dan juga mutiara. Namun industri mutiara dari Qatar ini jatuh serelah munculnya mutiara yang dibudayakan di Jepang, tepatnya pada tahun 1920an hingga tahun 1930an. Jatuhnya perekonomian Qatar ini telah usai ketika pada tahun 1040an melakukan transformasi ke bidang minyak bumi, karena pada saat itu telah ditemukan tambang minyak (baca: jenis- jenis minyak bumi dan gas alam) yang melimpah. Minyak bumi dan gas bumi hingga saat inipun menjadi sektor utama perekonomian di Qatar dan berhasil membawa Qatar sebagai negara terkaya di dunia. GDP per kapita dari negara ini mencapai 93. 714, 1 atau setara dengan Rp 1.218.238.300. Pendapatan yang sekian menjadikan negara ini menghantarkan negara Qatar menjadi negara yang paling kaya di dunia.

  1. Macao SAR, China

China memiliki nama lain yang sering digunakan yakni Tiongkok. Tiongkok baru- baru ini merupakan negara yang disebut- sebut sebagai negara raksasa. Tiongkok merupakan negara yang tidak hanya besar dalam wilayah namun juga dalam perekonomian. Tiongkok pada saat ini menjadi negara yang digadang- gadang menjadi saingan bagi negara maju, bahkan bagi Amerika Serikat sekalipun. Produk- produk dari Tiongkok merupakan produk yang bisa merajai pasaran dunia, bahkan Indonesia sekalipun merupakan sasaran empuk bagi produsen dari China. Coba sekarang kita amati pasar yang ada di sekitar kita dan barang- barang yang dijual. Dari sekian banyak jenis barang pasti tidak sulit bagi kita untuk menemukan barang buatan china, seperti elektronik, mainan anak- anak, gadget hingga alat transportasi sekalipun. Hal inilah yang membuat Tiongkok atau China menjadi negara yang kaya raya. Kaya negara ini didasarkan pada GDP per kapitanya yang mencapai 91. 376 Dollar Amerika. Jumlah ini merupakan jumlah yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan pendapatan negara- negara lain.

  1. Swiss

Swiss adalah salah satu negara yang terletak di benua Eropa. Sama seperti negara- negara Eropa lainnya yang makmur, negara inipun demikian. Swiss adalah salah satu negara yang termasuk ke dalam negara yang paling kaya di dunia. Apabila dilihat dari pendapatan perkapita atau GDP Per kapitanya, Swiss ini masuk ke dalam urutan nomor lima di dunia. Pendapatan per kapita negara ini mencapai 84. 748 Dollar Amerika.


  1. Australia

Negara yang paling kaya di dunia selanjutnya adalah Australia. Negara Australia adalah salah satu negara yang menempati benua paling kecil di dunia (baca: benua terbesar di dunia). Dengan nama yang sama, negara dan benua ini seolah menjadi wilayah yang sama. Negara Australia merupakan negara yang berada di dekat Indonesia. Negara Australia adalah negara yang memiliki pendapatan per kapita yang cukup tinggi, maka dari itulah negara ini menjadi negara yang terkaya. Pendapatan per kapita atau GDP per kapita negara ini mencapai 67. 463 Dollar Amerika.

  1. Swedia

Swedia adalah salah satu negara yang kaya di dunia selanjutnya. negara ini dikatakan sebagai negara terkaya nomor tujuh berdasarkan analisa dari World Bank atau Bank Dunia. Sama seperti kainnya, hal ini didasarkan pada tingkat pendapatan per kapita atau GDP per kapita yang dimiliki oleh negara tersebut. Dan dalam hal ini negara Swedia termasuk ke dalam jajaran negara yang kaya raya. Tingkat GDP per kapita atau pendapatakn per kapita negara ini adalah 60. 380 Dollar Amerika.

  1. Denmark

Denmark, merupakan salah satu negara yang kaya raya. kekayaan negara ini bisa diukur melalui pendapatan per kapita dari masyarakatnya, adapun besar pendapatan per kapita atau GDP per kapitanya adalah sebesar 59. 818 Dollar Amerika Serikat. Jumlah yang demikian mampu menghantarkan Denmark menjadi negara paling kaya nomor delapan di dunia versi Bank Dunia atau World Bank.

  1. Singapura

Selanjutnya adalah Singapura. Singapura juga merupakan negara tetangga Indonesia (baca: Batas wilayah Indonesia secara geografis) dan merupakan satu- satunya negara ASEAN yang paling kaya serta masuk ke dalam sembilan besar negara paling kaya di dunia. Negara Singapura adalah negara yang sangat kecil bila dilihat dari segi luas wilayahnya. Negara Singapura adalah negara yang maju dan sangat kaya di kalangan negara- negara anggota ASEAN. Negara- negara ASEAN kebanyakan adalah negara berkembang dan Singapura adalah negara maju. Pendapatan per kapita negara Singapura ini sebesar 55. 182 Dollar Amerika. Untuk ukuran negara yang kecil dan mempunyai penduduk sedikit, pendapatan yang demikian sudah merupakan pencapaian yang sangat besar,

  1. Amerika Serikat

Di urutan ke sepuluh kita akan bertemu dengan negara adidaya terbesar di dunia, yakni Amerika serikat. Amerikat sangat terkenal dan juga memiliki posisi yang sangat kuat bagi berbagai bidang dalam dunia internasonal. Kendati demikian, Amerika Serikat bukanlah negara yang palin kaya di dunia. Hal ini terbukti dengan kedudukannya sebagai negara terkaya di dunia peringkat 10. Pendapatan per kapita negara ini sekitar 53.041 Dollar Amerika.

  1. Kuwait

Negara yang merupakan negara terkaya nomor 12 di dunia adalah Kuwait. Kuwait juga salah satu negara di rumpun timur tengah. Negara ini menjadi negara terkaya dilihat dari jumlah GDP per kapitanya yakni mencapai 52. 197 Dollar Amerika. Dengan pendapatan per kapita yang sedemikian, menghantarkan Kuwait menjadi negara yang kaya.

  1. Kanada

Kanada adalah sebuah negara yang berada di benua Amerika bagian selatan (baca: Karakteristik benua Amerika). Kanada dengan simbol daun mapple di benderanya adalah negara terkaya di dunia selanjutnya. Hal ini dilihat dari jumlah pendapatan per kapitanya atau GDP per kapita. Dengan jumlah pendapatan per kapita sebesar 91. 964 Dollar Amerika, Kanada mampu menduduki urutan ke dua belas versi perhitungan World Bank. Selain negara yang kaya, prestasi lainnya yang dimiliki oleh Kanada ada di bidang pendidikan. Pendidikan Kanada adalah salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan masyarakat Kanada merupakan masyarakat yang dikenal mempunyai IQ tinggi diatas manusia pada umumnya. Dengan demikian makin banyaklah orang yang ingin menimba ilmu di negeri tempat air terjun Niagara ini berada.

  1. Belanda

Siapa yang tidak mengenal negara Kincir Angin? Negara Belanda merupakan salah satu negara yang terkenal di dunia. Keberadaannya menjadi tujuan manusia dalam berbagai hal seperti pendidikan dan juga pariwisata. Belanda yang juga disebut dengan negeri Bunga Tulip ini merupakan negara yang berada di benua Eropa. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya benua Eropa merupakan benua yang terkenal akan kemakmurannya. Negara Belanda merupakan negara yang kaya dengan pendapatan per kapita atau GDP Per kapita sebesar 50. 792 Dollar Amerika. Dengan jumlah demikian maka negara ini berada di urutan ketiga belas versi World Bank. Perekonomian negara Belanda berupa sektor- sektor industri yang banyak dikembangkan. Banyak komoditas ekspor dari Belanda yang menembus pasar internasional, diantaranya adalah olahan susu. Pertanian di Belanda juga maju dan terkenal di dunia.

  1. Austria

Austria adalah negara yang cukup dikenal oleh masyarakat luas meskipun tidak seterkenal negara- negara seperti Inggris, Belanda, Prancis, Amerika dan lainnya. Nama negara yang mirip dengan Australia menjadikannya banyak dikenal. Austria adalah negara yang tidak terlalu besar namun kaya. Hal ini dibuktikan dengan masuknya Autsria ke adalam daftar negara- negara kaya di dunia,tepatnya menduduki urutan ke empat belas. Negara ini memiliki perhitungan GDP per kapita atau pendapatan per kapita yang mencapai 50. 510 Dollar Amerika.

  1. Irlandia

Irlandia adalah salah satu dari tiga negara yang memiliki nama belakang mirip. Ketiganya juga termasuk negara yang kaya di dunia dengan posisi yang berurutan. Negara Irlandia memiliki tingkat GDP tau pendapatan perkapita sebesar 50. 478 Dollar Amerika. Jumlah demikian merupakan jumlah yang tinggi di kalangan Negara- negara lainnya.

  1. Finlandia

Negara kedua yang memiliki nama belakang mirip adalah Finlandia. Negara Finlandia merupakan negara yang memiliki tingkat pendapatan per kapita yang tinggi sehingga dikategorikan sebagai negara yang kaya raya. Finlandia juga merupakan negara yang paling kaya di dunia dengan urutan ke enam belas. Sama seperti negara- negara sebelumnya yang telah disebutkan, versi ini diambil dari hitungan World Bank. Finlandia memiliki tingkat GDP sebesar 49. 150 Dollar Amerika.

  1. Islandia

Selanjutnya adalah Islandia. Islandia merupakan negara yang menempati posisi urutan ke tujuh beals sebagai negara terkaya di dunia versi World Bank. Hal ini didasarkan pada jumlah pendapatan per kapita yang dimiliki negara ini sebesar 47. 349 Dollar Amerika.

  1. Belgia

Beldia adalah salah satu negara yang berada di benua Eropa (baca: gunung tertinggi di benua Eropa). Belgia adalah negara yang terkenal akan kenikmatan makanan berbau coklatnya yang aduhai. Bahkan ada produsen susu pertumbuhan ternama yang sengaja memasang rasa coklat Belgia. Hal ini menjadi bukti bahwa coklat Belgia adalah yang banyak disukai oleh masyarakat. Belgia bukan merupakan negara yang besar, namun negara ini merupakan negara yang kaya. Kekayaannya bisa dibuktikan dengan jumlah GDP Per kapita yang diperolehnya. Jumlah GDP per kapita negara Belgia sebesar 46. 929 Dollar Amerika. Hal ini menjadikan Belgia menempati urutan ke delapan belas sebagai negara terkaya di dunia.

  1. Jerman

Adalah negara yang sangat terkenal dan merupakan negara yang sangat maju. Jerman adalah negara yang sangat terkenal dengan kemajuan teknologinya. Teknologi di negara Jerman jauh lebih maju daripada di Indonesia. Jerman merupakan negara yang berada di benua Eropa yang mana negara ini juga termasuk ke dalam negara terkaya di dunia. Tingkat GDP atau pendapatan perkapita negara ini mencapai 46. 251 Dollar Amerika.

  1. Uni Emirat Arab

Negara persemakmuran Arab memang dikenal sebagai negara yang kaya. Negara- negara yang terletak di Timur Tengah adalah negara yang memiliki banyak sekali tambang minyak bumi yang melimpah. Tidak hanya Qatar dan Arab Saudi, namun juga Uni Emirat Arab. Negara ini memiliki tingkat GDP per kapita yang setara dengan 43. 048 Dollar Amerika.

  1. Perancis

Sangat dkenal sebagai negara yang up to date, terutama dalam bidang fashionnya menghantarkan Perancis dinobatkan sebagai negara Mode dunia. Perancis adalah impian bagi seniman- seniman perancang busana dan pecinta mode di dunia. Penduduk negara ini mengenal mode dengan baik. Perancis juga merupakan negara tempat lahirnya perancang- perancang busana yang terkenal di dunia. Selain berprestasi dalam mode, negara ini juga merupakan anggota 25 besar negara terkaya di dunia. GDP per kapitanya mencaai 42. 560 Dollar Amerika.

  1. New Zealand

New Zealand atau dikenal dengan Selandia baru merupakan negara terkaya di dunia selanjutnya dengan perhitungan pendapatan per kapita sebesar 41. 824 Dollar Amerika.

  1. Inggris

Negara Hitam merupakan julukan bagi Inggris, mengapa demikian? Hal ini karena asap hitam selalu mewarnai langit Inggris pada zaman dahulu. Asap hitam ini adalah asap perindustrian, sebab negara ini sangat maju di bidang industrinya. Dengan majunya industri ini menghantarkan negara ini mampu merain GDP per kapita yang senailai dengan 41. 781 Dollar Amerika.

  1. Jepang

Siapa yang tak kenal dengan Jepang? Negara pencipta peralatan super canggih di Asia ini memeng merupakan negara yang sangat terkenal. Banyak peralatan elektronik  bahkan transportasi buatan Jepang yang mmapu menembus pasar dunia. Penduduknya pun merupakan orang yang cerdas. Hal ini dikabarkan karena penduduk Jepang suka mengonsusmsi ikan laut. Negara ini memiliki tingkat pendapatan per kapita sebesar 38. 633 Dollar Amerika.

  1. Brunei Darussalam

Tekarkhir ada tetangga Indonesia yang merupakan negara yang sangat kecil dalam wilayahnya. Seperti halnya Singapura, Brunei Darussalam pun merupakan negara yang kecil. Meskipun kecil negara ini memiliki tambang minyak dan gas alam (baca: daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia) sehingga mampu menghantarkannya memiliki pendapatan per kapita yang setara dengan 38. 635 Dollar Amerika.

Nah itulah informasi mengenai negara- negara terkaya di dunia versi perhitugan dari Bank Dunia atau World Bank. Negara- negara tersebit telah diurutkan dari pemiliki GDP Perkapita yang paling besar. Jika kita lihat yang menduduki urutan di atas, lebih didominasi oleh negara- negara yang berada di wilayah benua Eropa. Namun Benua Asia pun tidak kalah karena banyak negara tersebut yang berasal dari benua Asia sebagai benua terbesar di dunia. Selian mengandalkan kekayaan alam yang tersedia, kekayaaan alam juga bersumber pada pengolahan yang dilakukan oleh negara tersebut.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 17th, August 2017 / 12:53 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial