Sponsors Link

25 Negara Terbesar di Dunia dan Terluas

Sponsors Link

Negara- negara di dunia memiliki luas wilayah yang berbeda- beda. Apabila kita memperhatikan peta (baca: komponen peta )dunia atau globe (baca: fungsi atlas, peta, globe), maka kita akan melihat warna daratan yang berbeda- beda. Warna yang berbeda- beda tersebut mempunyai arti atau makna masing- masing. Jika lebih detail lagi, maka kita akan melihat batas- batas dari masing- masing negara. Jika kita jeli dan memperhatikan maka akan menemukan negara yang besar dan ada yang tidak teralu besar. Secara fisik atau ukuran, wilayah negara memang berbeda- beda antara satu dengan lainnya. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai negara terbesar di dunia yang dilihat dari wilayahnya. Berikut adalah ulasannya.

Sponsors Link
  1. Rusia

Jika kita melihat dan memperhatikan globe, maka kita akan menemukan suatu negara yang memiliki wilayah paling luas. Negara ini berada di benua Asia. Negara yang paling besar di dunia (baca: negara terkecil di dunia) adalah negara Rusia. Negara Rusia memiliki beberapa informasi pokok mengenai luas wilayahnya sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 17.098.242 km persegi
  • Luas daratan saja : 16.377.742 km persegi
  • Luas perairan : 720.500  km persegi

Beradasarkan informasi di atas, pantas kita menobatkan bahwa Rusia merupakan negara terluas atau terbesar di dunia secara wilayahnya. Negara Rusia ternyata tidak hanya terletak di benua Asia saja, namun sebagian wilayahnya juga terletak di Eropa (baca: danau terluas di benua Eropa)

  1. Kanada

Siapa yang tidak mengenal negara Kanada? Negara yang memiliki nilai tinggi dalam bidang pendidikan dan rakyatnya mempunyai tingkat IQ yang melebihi rata- rata manusia lainnya. Kanada adalah salah satu potret negara yang terkenal di dunia, selain itu Kanada juga merupakan salah satu negara terluas di dunia, setelah Rusia. Beberapa informasi mengenai Kanada antara lain sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 9.984.670 km persegi
  • Luas daratan saja : 9.093.507 km persegi
  • Luas air : 891.163 km persegi

Negara Kanada merupakan negara yang terletak di benua Amerika, tepatnya di Amerika Utara (baca: karakteristik benua Amerika). Negara Kanada juga merupakan salah satu negara maju di Benua Amerika setelah Amerika Serikat. Negara Kanada yang terletak di Benua Amerika merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan bagi oarang- orang sebagai tempat tinggal.

  1. China

Selanjutnya ada negara China atau Republik Rakyat China ataua yang sering disebut sebagai Tiongkok. Selain dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia, China baru- baru ini juga dikenal sebagai negara raksasa dalam bidang perekonomian. China merupakan salah satu negara yang mempunyai wilayah terbesar di dunia. Beberapa informasi mengenai China antara lain sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 9.596.960 km persegi
  • Luas daratan saja : 9.326.410 km persegi
  • Luas perairan : 270.550 km persegi

Negara China adalah negara dengan wilayah luas dan terletak di benua Asia (baca: karakteristik benua Asia), tepatnya di rumpun Mandarin, yakni Asia Timur. Negara China ini sangat terkenal dengan racikan obat tradisionalnya. Bahkan obat- obatan herbal atai ramuan China sangat terkenal ampuh dan diakui oleh dunia. Selain obat, baru- baru ini China juga merupakan negara industri yang sangat besar. Produk industrinya sangat bermacam- macam, mulai dari mainan anak- anak, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, hingga peralatan transportasi. Di Indonesia sendiri barang- barang dari China sangat mampu menembus dan menguasai pasar Indonesia. Salah satu faktor yang mendukung adalah harganya yang sangat terjangkau sehingga sangat pas dengan penghasilan menengah ke bawah. China atau Tiongkok saat ini tengah menjadi saingan berat negara- negara industri kelas atas seperti Jepang dan Amerika. Selain sebagai negara yang unggul dalam perekonomian dan wilayan, China juga memiliki keistimewaan lain, yakni memiliki salah satu keajaiban dunia yaitu Tembok Besar China.

  1. Amerika Serikat

Negara terluas selanjutnya adalah Amerika Serikat atau United State of America (USA). Negara Amerika Serikat merupakan salah satu negara adidaya yang letaknya di benua Amerika Utara bagian tengah. Amerika Serikat selain terkenal menjadi negara yang kuat akan ekonomi dan juga politik, negara ini ternyata juga unggul dalam wilayah. Berikut ini merupakan informasi mengenai wilayah Amerika Serikat:

  • Total luas wilayah : 9. 363. 520 km persegi

Negara Amerika Serikat ini merupakan negara yang terdiri atas beberapa negara bagian. Amerika Serikat juga merupakan salah satu negara yang menganut sistem perekonomian pasar atau liberal. Negara Amerika Serikat adalah kiblat perekonomian dunia yang mempunyai ibukota di Washington DC.

Sponsors Link

  1. Brazil

Brazil atau Brasilia adalah negara yang sangat terkenal dengan prestasi sepak bolanya. Negara Brazil merupakan salah satu negara maju di benuanya, yakni negara Amerika Selatan. Negara Brazil merupakan negara yang memiliki wilayah sangat luas. Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai Brazil.

  • Total luas wilayah : 8. 525. 770 km persegi
  • Luas daratan saja : 8. 385. 140 km persegi
  • Luas perairan : 157. 630 km persegi

Negara Brazil adalah negara yang terkenal di dunia, terutama dalam prestasi di bidang olahraga. Selain karena klub sepak bola, negara ini juga banyak mencetak pemain- pemain sepak bola yang berprestasi mendunia.

  1. Australia

Negara selanjutnya adalah Australia. Australia merupakan negara yang mempunyai nama sama dengan benuanya, yakni benua Australia. Benua Australia sendiri merupakan benua yang paling kecil di dunia (baca: benua terbesar di dunia). Benua Australia terletak di sebelah tenggara negara Indonesia, tepatnya dekat dengan pulau Papua. Berikut beberapa informasi mengenai luas negara Australia.

  • Total luas wilayah : 7. 741. 220 km persegi
  • Luas daratan saja : 7. 682. 300 km persegi
  • Luas perairan : 58. 920 km persegi

Negara Australia merupakan negara yang berbudaya. Suku asli Australia adalah Suku Aborigin. Kemudian negara Australia juga memiliki hewan- hewan khas, yakni Kanguru. Negara Kanguru ini juga merupakan salah satu negara tujuan pendidikan di dunia. Banyak orang yang bermimpi untuk menimba ilmu di negara ini. negara Australia memiliki salah satu icon yang sangat terkenal yakni sebuah jembatan yang sangat besar.

  1. India

Negara selanjutnya yang memiliki wilayah luas adalah India. Negara yang banyak mencetak artis- artis Bollywood ini berada di wilayah benua Asia (baca: Negara terkaya di Asia). Negara India merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Secara wilayah negara India ini mempunyai beberapa informasi, sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 3. 287. 263 km persegi
  • Luas daratan saja : 2. 973. 193 km persegi
  • Luas perairan : 314. 070 km persegi

Negara India adalah negara yang sangat berbudaya. Hal ini bisa dilihat dari cara berpakaian dan juga berbagai macam tradisinya yang masih sangat kental. Kepercayaan akan dewa dewi juga masih banyak dianut bahkan olah sebagain besar penduduknya. Lebih hebatnya lagi, kebudayaan India ini selalu dilekatkan pada setiap film- film dan juga kesenian yang mereka tampilkan. Hal ini membuat penduduk negara lain juga mengenali setiap sisi kebudayaan negara India.

  1. Argentina

Argentina juga merupakan salah satu negara yang sangat terkenal akan dunia sepak bolanya. Argentina juga merupakan salah satu negara pencetak pemain- pemain bola yang terbaik. Secara wilayah pun negara ini memiliki luas yang mumpuni. Beberapa informasi wilayah mengenai negara ini antara lain sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 2. 780. 400 km persegi
  • Luas darata saja : 2. 736. 690 km persegi
  • Luas perairan : 43. 710 km persegi

Memang sepertinya negara- negara yang berprestasi dalam dunia persepak bolaan berada dalam satu benua. Setelah Brazil, Argentina juga berada di benua yang sama yakni benua Amerika Selatan.

Sponsors Link

  1. Kazakhstan

Negara terbesar berdasarkan luasnya selanjutnya adalah Kazakhstan. Kazakhstan terletak di benua Asia. Kebanyakan benua Asia memang memiliki kuas wilayah yang besar, hal ini terlepas dari benua Asia sendiri yang merupakan benua terbesar di dunia. Berikut ini merupakan informasi wilayah mengenai negara Kazakhstan ini.

  • Total luas wilayah : 2. 724. 900 km persegi
  • Luas daratan saja : 2. 699. 700 km persegi
  • Luas perairan : 25. 200 km persegi

Nah itulah beberapa informasi mendasar mengenai Kazakhstan yang merupakan salah satu negara terbesar di dunia.

  1. Sudan

Selanjutnya adalah Sudan. Perlu diketahui bahwa negara Sudan ini merupakan salah satu negara terluas di dunia dan merupakan negara paling luas di wilayah Benua Afrika. Negara Sudan memiliki nama resmi sebagai Republik of The Sudan. Informasi mengenao luas wilayah Sudan adalah sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 2. 505. 813 km persegi

Dengan luas yang demikian ini mencakup 2, 5 juta km persegi atau sekitar 1 juta mil yang mana meliputi 8,3% dari seluruh luas Benua Afrika. Tidak mengherankan bahwa negara yang beribukota di Khatoum ini merupakan negara terluas di Benua Afrika dan menjadi negara terluas  di dunia nomor sepuluh.

  1. Kongo

Negara terluas selanjutnya adalah negara Kongo. Negara Kongo juga merupakan salah satu negara yang terletak di wilayah Benua Afrika. Negara Kongo merupakan negara yang memiliki nama resmi sebagai Republik Demokratik Kongo. Pada waktu dahunu, Kongo dikenal dengan nama Zaire. Negara ini memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1960.  Dan setelah merdeka negara ini berubah nama menjadi Republik Demokratik Kongo. Negara ini memiliki luas sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 2. 344. 858 km persegi

Negara Kongo merupakan negara yang beribukota di Kinshsa. Negara Kongo merupakan negara yang sangat terkenal, dan sebagain besar wilayahnya merupakan wilayah hutan hujan tropis.

  1. Algeria

Selanjutnya adalah Nigeria. Nigeria merupakan salah satu negara yang berada di Benua Afrika. Negara yang memiliki lambang bendera bintang dan bulan ini mempunyai beberapa informasi yakni:

  • Total luas wilayah : 2. 381. 741 km persegi
  • Luas daratan : 2. 381. 741 km persegi
  • Luas perairan: 0 km persegi

Jika kita perhatikan data tersebut, maka tampak luas perairan yang dipunyai negara ini adalah 0. Artinya negara Algeria tidak memiliki wilayah perairan dan hanya wilayah daratan saja.

  1. Saudi Arabia

Saudi Arabia juga mendapat julukan sebagai raja minyak. Negara Saudi Arabia atau Arab Saudi merupakan negara yang menghasilkan dan sealigus menjadi pengekspor minyak terbesar di dunia. Negara ini memiliki nama resmi Kingdom of Saudi Arabia yang menandakan bahwa negara ini berbentuk kerajaan. Berikut ini merupakan informasi mengenai luas wilayah negara ini:

  • Total luas wilayah : 2. 149. 690 km persegi

Itulah besarnya wilayah negara Arab Saudi yang mana luas negara ini mencakup hampir seluruh semenanjung Arab. Negara Arab Saudi juga merupakan negara yang sangat berbudaya dan sangat kental dengan adat Islamnya. Hal ini karena agama Islam juga lahir di negara ini.

  1. Mexico

Mexico adalah sebuah negara konstitusi republik Federal yang letaknya di Amerika Utara. Nama negara ini dimbil dari nama ibukota kuno Aztec yakni Mexico- Tenochtitlan. Negara Mexico mempunyai ibukota di Mexico City. Negara ini juga termasuk ke dalam beberapa negara dengan wilayah terluas di dunia, yakni meliputi 1. 958. 201 km persegi.

  1. Indonesia

Negara yang memiliki wilayah yang besar dan luas seanjutnya adalah negara kita, Indonesia. Negara kita adalah negara yang berbentuk kepulauan, sehigga adalah negara kita, Indonesia. negara a wilayah negara kita banyak yang berupa erairan. Indonesia memiliki pulau yang sangat banyak, jumlahnya saja mencapai belasan ribu, benar- benar jumlah yang sangat banyak. Pulau- pulau di Indonesia memiliki ukuran yang besar dan juga kecil. Oleh karena pulaunya sangat banyak, maka Indonesia juga mmeiliki garis pantai (baca: manfaat pantai) yang panjang. Berikut ini merupakan informasi mengenai wilayah negara Indonesia:

  • Total luas wilayah : 1. 904. 569 km persegi
  • Panjang garis pantai : 54. 716 km

Indonesia negara kita merupakan jenis negara berkembang, oleh karena itulah jumlah penduduknya juga sangat banyak. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan perhitungan pada tahun 2016 mencapai 258. 316. 051 jiwa. Indonesia adalah negara yang sanhat berbudaya. Indonesia sangat kaya akan budaya, hal ini terbukti dari banyaknya suku bangsa Indonesia yang memiliki ciri khasnya masing- masing. Mengenai hal ini maka Indonesia belum ada yang menyamai. Kesenian, pakaian adat, rumah adat, bahasa daerah, dan adat istiadat setiap suku berbeda- beda. Hal ini sungguh menjadi kekayaan yang luar biasa dan harus kita lestarikan. Indonesia memiliki ibukota sebuah kota metropolitan yakni Jakarta. Indonesia sebagai negara yang luas, juga merupakan negara yang aktif dalam organisasi baik tingkat regional maupun Internasional. Indonesia merupakan negara yang terletak di benua Asia, tepatnya Asia Tenggara dan menjadi salah satu negara pencetus berdirinya ASEAN.

  1. Libya

Libya atau Libia merupakan negara yang berada di benua Amerika bagian utara. Negara ini mempunyai ibukota di Tripoli dan memiliki luas 1. 759. 540 km persegi.

  1. Iran

Iran dahulunya diberi nama Persia. Negara ini memiliki luas sekitar 1. 648. 000 km persegi, dan termasuk ke dalam negara yang memiliki luas wilayah paling besar di dunia. Negara ini memiliki ibukota di Teheran dan mempunyai nama resmi Republik Islam Iran yang didirikan oleh Ayatullah Khumaenai.

  1. Mongolia

Negara Mongolia merupakan negara yang mempunyai luas wilayah sebesar Rp. 1.566. 600 km persegi.  sebagian besar kondisi Mongolia ini gersang dan mempunyai banyak gurun pasir (baca: gurun terluas di dunia).

  1. Chad

Negara selanjutnya adalah Chad. Chad merupakan negara yang terletak di benua Afrika bagian tengah. Sebagian besar kawasan negara ini mempunyai iklim gurun. Negara yang mempunyai ibukota N-djamena ini memiliki luas wilayah 1. 284. 000 km persegi dan merupakan salah satu negara yang terluas di dunia.

  1. Nigre

Nigre merupakan negara yang memiliki luas 1. 267. 000 km persegi. Niger merupakan negara yang namanya diambil dari nama sungai yang melintasi negara itu sendiri, yakni sungai Niger.

  1. Angola

Negara Angola merupakan negara yang berada di wilayah pantai barat daya Benua Afrika. Negara yang beribukota Luanda ini memiliki luas wilayah 1. 246. 000 km persegi.

  1. Madagaskar

Siapa yang teka mengenal Madagaskar? Negara satu ini adalah negara yang terletak di benua Afrika. Madagaskar merupakan negara yang mulai dikenal karena dijadikan salah satu judul film yang bertaraf internasional. Madagaskar ini juga merupakan salah satu negara yang memiliki luas yang besar. Hal ini sampai menjadikan Madagaskar sebagai salah satu negara yang digadang- gadang sebagai negara besar wlayahnya di dunia ini. berikut inilah merupakan informasi wilayah mengenai Madagaskar:

  • Total luas wilayah : 587. 041  km persegi
  • panjang garis pantai : 4. 826 km

itulah informasi mengenai luas wilayah dan juga panjang garis pantai yang dimiliki Madagaskar. Tidak seperi Indoenesia yang negara kepulauan, Madagaskar hanya terdiri atas satu wilayah pulau saja. oleh karena itulah panjang garis pantai yang dimilikinya juga tidak terlalu panjang. Madagaskar memiliki ibukota di Antananarivo dan juga berlokasi di benua Afrika. Sebagai salah satu negara di Afrika, Madagaskar merupakan negara yang terkenal.h dan juga panjang garis pantai yang dimiliki Madagaskar. tidak  wlayahnya di dunia ini. be

  1. Papua Nugini

Negara yang masuk sebagai negara terbesar berdasarkan wilayah yang dimilikinya selanjutnya adalah negara tetangga kita di sebelah timur, yakni Papua Nugini. Papua Nugini memiliki wilayah yang menempel dengan pulau Papua yang mana bentuknya menyerupai ekor yang memanjang. Papua Nugini karena masih satu pulau dengan Papua, maka dari itulah terdapat beberapa kesamaaan dengan papua, entah mulai dari suku bangsanya atau bahkan kebiasaannya. Beberapa informasi wilayah mengenai Papua Nugini antara lain sebagai berikut:

  • Total luas wilayah : 462. 840 km persegi
  • Panjang garis pantai : 5. 152 km

Negara Papua Nugini merupakan negra yang memiliki jumlah penduduk sekitar 6. 791. 317 jiwa. Hal ini diperoleh berdasarkan pendataan pada tahun 2016. Papua Nugini juga disebut dengan New Papua Guinea. Negara ini meskipun wilayahnya terletak sangat dengan Indonesia, namun tidak masuk ke dalam anggota benua Asia, melainan di Oseania. Negara Ppaua Nugini memiliki ibukota yang bernama Port Moresby.

  1. Jepang

Selanjutnya ada negara yang sangat maju dan sangat unggul dalam bidang teknologi. Negara ini juga digadang- gadang menjadi negara dengan penduduk yang rata- rata memiliki kecerdasan tinggi karena banyak mengonsumsi ikan laut. Ya, Jepang atau Japan, merupakan negara yang sangat terkenal. Meskipun negara ini dikenal sebagai negara yang kecil sebelumnya, namun ternyata Jepang merupakan negara yang termasuk ke dalan negara yang memiliki wilayah yang besar, berikut merupakan informasi mengenai wilayah negara Jepang:

  • Total luas wilayah : 377. 915 km persegi
  • Panjang garis pantai: 29. 751 km

Hampir sama dengan Indonesia, Jepang juga memiliki beberapa pulau kecil yang menjadi wilayahnya. Negara Jepang memiliki penduduk sebanyak 126. 702. 133 jiwa berdasrakan pada data sensus penduduk pada tahun 2016. Jepang merupakan negara yang paling sering dilanda gempa bumi (baca: jenis gempa bumi) besar. Saking seringnya maka penduduk di Jepang rata- rata membuat bangunan yang anti gempa untuk konstruksi rumah mereka. Negara Jepang adalah negara yang memiliki kecerdasan tinggi pada penduduknya sehingga selalu menciptakan inovasi terbaru baik dalam bidang teknologi maupun tata kelola negara. Banyak yang bisa kita contoh dari Jepang, salah satunya adalah budaya berjalan kaki. Negara Jepang memiliki ibukota di Tokyo dan terletak di Benua Asia, khususnya di Asia bagian timur.

  1. Filiphina

Negara yang juga termasuk ke dalam 25 negara terbesar di dunia. Negara Filipina adalah salah satu negara anggota ASEAN yang memiliki luas sekitar 300.000 km persegi dengan luas perairannya yang mencapai 0. 61%. Negara Filiphina adalah negara yang sangat dikenal maju dalam pertaniannya terutama dalam sistem tanam padi. Tak heran bahwa negara in dijuluki sebagai lumbung padi.

Nah itulah beberapa negara di dunia yang mempunyai luas negara yang super besar dan dijuluki sebagai negara terluas di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 07:26 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial