Sponsors Link

40 Dataran Tinggi di Indonesia dan Letaknya

Sponsors Link

Berlibur menikmati pemandangan alam merupakan dambaan setiap orang. Banyak selera orang untuk mengisi waktu liburan mereka. Ada tie orang yang suka berlibur di tempat- tempat wisata yang ramai seperti mall, taman hiburan, dan lainnya. Ada sebagian orang yang lebih suka berlibur di tempat wisata pemandangan alam, dan ada pula orang- orang yang lebi suka menghabisakan waktu dengan melakukan kegiatan yang disukainya. Beberapa orang juga suka di rumah saja untuk menghabiskan waktu berlibur mereka. Hal ini sesuai dengan karakter masing- masing pada manusia.

Sponsors Link

Dalam menentukan tempat wisata, terkadang kita dihadapkan olah berbagai macam atau jenis tempat wisata. Ada yang suka dengan mall atau wisata belanja, ada yang suka dengan taman hiburan, ada yang suka pergi ke restaurant atau menonton film, ada pula yang lebih menyukai tempat- tempat yang menyuguhkan pemandangan alam. Hal ini tergantung pada sifat atau pribadi masing- masing orang. Selain yang pergi berlibur, ada pula yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah saja atau menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, bersilaturahmi ke sanak saudara atau sekedar berkumpul dengan tetangga komplek. Hal ini menjadi suatu pilihan yang mengasyikkan dan yang pasti tidak membuat pusing kepala karena terlalu banyak bekerja.

Berbagai Tempat Liburan Pemandangan Alam

Dalam menentukan tema liburan yang menyuguhkan pemandangan alam kita pun juga akan menghadapi berbagai macam pilihan. Bayangkan saja, Indonesia negara kita merupakan negara yang sangat kaya dan sangat indah. Hal ini jelas akan membingungkan kita sebagai penikmat alam Indonesia untuk dapat menikmati semua keindahan alam Indonesia. Yang pasti kita harus membuat list tempat- tempat yang perlu untuk kita kunjungi, dari mulai pantai (baca: ekosistem pantai), gunung (baca: gunung tertinggi di pulau Jawa), bukit, pegunungan, perbukitan, danau, hutan (baca: taman hutan raya), hingga dataran tinggi dan dataran rendah. Semuanya ini akan menjadi tempat- tempat yang bisa menyejukkan pikiran dan otak kita dari rutinitas yang akan membuat kita semakin lelah. Adapun alternatif yang dapat kita pilih untuk berlibur adalah dataran tinggi.

Pengertian Dataran Tinggi

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengerti dan sangat familiar dengan dataran tinggi. Bagaimana tidak, Indonesia merupakan wilayah yang memiliki banyak sekali jenis kenampakan alam, diantaranya ada dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi merupakan sebutan bagi dataran yang mempunyai ketinggian lebih dari 700 meter atau berada di ketingian lebih dari 700 meter dia atas permukaan air laut (baca; erosi air laut). Dataran tinggi ini dapat terbentuk sebagai hasil dari proses erosi (baca: jenis erosi) dan juga proses sedimentasi. Selain itu, datraan tinggi juga dapat terbentuk oleh bekas kaldera yang luas yang tertimbun dari material- material dari lereng gunung yang ada di daerah sekitarnya.

Selain pengertian tersebut, ada pula yang menyatakan bahwa dataran tinggi merupakan suatu lahan yang berbentuk datar yang naik tajam daripada wilayah yang ada di sekitarnya, minimal pada satu sis saja. Keberadaan dataran tinggi ini ada di setiap benua dan setidaknya dataran tinggi memenuhi sepertiga dari total luas daratan yang ada bumi. Dataran tinggi juga merupakan salah satu dari bentang alam utama yang ada Bumi ini selain pegunungan, perbukitan dan salah satunya adalah dataran. Dari pengertian dataran tinggi seperti yang telah dipaparkan di atas, mungkian sudah familiar bagi kita untuk membedakan atau memberikan contoh mengenai dataran tinggi. Namun tidak ada salahnya apabila kita juga mengetahui mengenai ciri- cicri dataran tinggi dan juga dataran tinggi yang ada di negara kita, Indonesia.

Ciri- ciri Dataran Tinggi

Datarn tinggi merupakan salah satu dari bentuk permukaan Bumi yang ada di planet Bumi dan juga dapat kita temukan di Indonesia. Untuk menentukan dan mencari tahu ciri utama dataran tinggi tentu saja dengan melihat letak dataran yang kemudian dibandingkan dengan permukaan air laut (baca: ekosistem air laut). Namun katika kita sudah berada di suatu tempat maka sulit bagi kita untuk menentukan kita sedang berada di ketinggian berapa. Maka dari itulah kita perlu mengetahui berdasarkan ciri- ciri yang lain. Adapun beberapa ciri- ciri dari dataran tinggi antara lain sebagai berikut:

  1. Mempunyai iklim yang sejuk

Salah satu ciri dari dataran tinggi adalah memiliki iklim (baca: iklim di Indonesia)yang sejuk. Iklim yang sejuk berarti udara yang kita rasakan tidak terlalu panas bahkan cenderung dingin. Ketika cuaca sedang terikpun udaranya tidak terlalu panas karena kita berada di ketinggian. Terlebih jika waktu malam dan pagi hari tiba maka udara akan terasa sangat dingin. Air yang berada di dataran tinggi pun akan terasa seperti es (baca: hujan es) batu yang mencair sehingga apabila kita tidak terbiasa maka kita kan menggigil dibuatnya.

  1. Mempunyai amplitudo suhu harian dan tahunan yang besar

Dataran tingi juga memiliki ciri amplitudo suhu harian dan juga tahunan yang besar. Hal inilah yang terkadang tidak dimiliki oleh bentang alam yang lainnya, dna merupakan ciri khas dari dataran tinggi.


  1. Area pertanian dibuat terasering

Apabila kita berada di daerah yang mana pertaniannya kebanyakan atau sebagian besar dibut undak- undakan, maka kita berada di wilayah dataran tinggi. Undak- undakan pada lahan pertanian ini disebut dengan terasering. Mengapa lahan pertanian di dataran tingi dibuatkan terasering? Dataran tingi merupakan daera yang lebih tinggi daripada daerah di sekitarnya, dengan demikian banyak di wilayah dataran tinggi berupa lerang atau tanah yang miring. Karena tanahnya miring, maka apabila ditanami saja akan mudah terkena erosi. Terlebi apabila hujan turun. Maka dari itulah agar tidak mudah untuk terkena erosi, lahan pertanian di dataran tinggi dibuatkan terasering. Selain untuk menahan erosi (baca: erosi tanah), terasering juga membuat pemandangan alam sekitarnya menjadi lebih indah dan ingin berlama- lama memandangi sawah yang ada di dataran tinggi.

  1. Udaranya terasa kering

Salah satu ciri yang dimiliki oleh dataran tinggi adalah mempunyai udara yang terasa kering. Jadi, meskipun iklim yang ada adalah sejuk, udara di datarantinggi terasa dingin, namun sifat udaranya adalah kering. Sifat udara yang kering ini tdak membawa pengaruh yang akan menyebabkan hujan turun di datraan tinggi ini.

  1. Lengas atau kelembaban udara nisbi yang sangat rendah

Daerah dataran tinggi memiliki tingkat lengas atau kelembaban udara nisbi yang sangat rendah. Hal ini sangat rendah apabila dibandingkandengan daerah lainnya yang bukan merupakan dataran tinggi.

  1. Jarang turun hujan

Salah satu ciri yang dapat kita lihat ataurasakan langsung dari dataran tinggi adalah jarang terjadinya hujan. Mengapa hal ini bisa terjadi, padahal berada di ketinggian yang seharusnya banyak hujan? Kembali pada ciri nomor empat yang menyatakan bahwa sifat udara di dataran tinggi ini bersifat kering, maka dari itulah hujan jarang turun. Meskipun demikian, pertanian di daerah dataran tinggi bisa lebih bagus karena tidak pernah mengalami banjir (baca: jenis banjir) dan juga tidak mengalami erosi. Bahkan pasokan air tetap terkontrol meskipun hujan tidak kunjung turun.

Nah itulah beberapa ciri dari dataran tinggi. Ciri- ciri dataran tinggi tersebut merupakan kondisi yang ada di dataran tinggi Indonesia, maupun dataran tinggi dimana pun. Kondisi geografis yang ada di dataran tinggi ini tidak akan kita temukan di dataran rendah karena memang sifat dari iklimnya dan kondisi alamnya yang berbeda.

Dataran Tinggi di Indonesia

Dataran tinggi merupakan salah satu dari relief daratan di Bumi. Dataran tinggi memang merupakan bagian dari bumi yang mempunyai kenampakan sangat indah. Dengan semikian dataran tinggi sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata. Beberapa dataran tinggi yang ada di Indonesia juga dimanfaatkan rakyat Indonesia untuk tempat wisata. Kita perlu mengetahui apa saja dataran tinggi yang ada di Indonesia ini. Beberapa dataran tinggi yang ada di wilayah negara Indonesia antara lain sebagai berikut:


  1. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Sala satu dataran tinggi yang dimiliki Indonesia adalah dataran tinggi Dieng. Dataran tingg Dieng terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan Kabupaten Wonosob dan Kabupaten Banjarnegara. Dataran tinggi Dieng meriapakan kawasan wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif di Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng ini terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Datarn tinggi Dieng memiliki ketinggian rata- rata 2.000 meter di atas permukaan air laut. Suhu yang ada di tempat ini berkisar antara 12 hingga 20 derajat Celcius pada siang hari, dan sekitar 6 hingga 10 derajat Celcius pada malam hari. Jika musim kemarau tiba maka suhu udara bisa mencapai 0 derajat Celcius dan memunculkan embun beku. Embun beku ini oleh masyarakat setempat disebut dengan bun upas yang berarati embun racun. Mengapa disebut embun racun, hal ini karena embun ini dapat merusak tanaman pertanian.

  1. Dataran Tinggi Bandung, Jawa Barat

Jika kita mendengar tentang kota Bandung maka kita akan mendengarnya sebagai tempat yang sejuk dan indah. hal ini karena tanah priangan merupakan tanah yang berbentuk dataran tinggi, maka darin itulah suhu disana sangat sejuk

  1. Dataran Tinggi Puncak, Bogor

Puncak merupakan kawasan wisata favorit dari penduduk ibukota ketika menghadapi masa long weekend. Tempatnya yang sejuk dan tidak terlalu jauh inilah ynag menjadi daya tarik utama. Kawasan Puncak, Bogor sebenanya leih ke arah kawasan pegunungan, karena terletak di Kaki dan lereng pegunungan Gede- Pangrango dan sebagian besar wilayah puncak ini adalah kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Kawasan puncak juga merupakan kawasan perkebunan teh yang dibangun pemerintah kolonal Bealnda, yakni milik PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.

  1. Dataran Tinggi Malang, Jawa Timur

Malng tidak hanya dikenal dengan kota yang berpendidikan, namun lebih dari itu kawasan Malang juga merupakan tempat wisata yang sangat mengasyikkan. Dataran Tinggi Malang memiliki banyak sekali pohon apel sehingga menjadi icon kota ini. Iklim dan udaranya yang sejuk membuat banyak orang menyukai tempat ini sebagai tempat wisata. Datarn tinggi Malang tepatnya di Kota Malang yang mana seluruh wilayhnya berbatasan dengan Kabupaten Malang. Kota Malang juga merupakan kota terbesar kedua setenag Surabaya yang ada di Jawa Tumur. Dan juga Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di wilayah selatan Pulau Jawa seteleh Kota Bandung.

  1. Dataran Tinggi Alas, Aceh

Datran tinggi Atlas merupakan salah satu dataran yang terletak di wilayah Nangroe Aceh Darussalam.

  1. Dataran Tinggi Barui, Sulawesi Tengah

Selanjutnya merupakan datran tinggi yang berada di pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Tengah, yaitu dataran Tinggi Barui.

  1. Dataran Tingi Bingkoku, Sulawesi Tenggara

Selain dataran tinggi Barui, ada lagi dataran tinggi yang berada di wilayah Sulawesi tengah, yakni dataran tinggi Bingkoku yang juga cukup terkenal di kalangan rakyat Indonesia.

  1. Dataran Tinggi Bone, Sulawesi Selatan

Bergeser ke Sulawesi selatan, kita akan menjumpai dataran tinggi Bone. Dataran Tinggo Bone merupakan dataran tinggi yang menjadi tempat tnggal suku khasnya.

  1. Dataran Tinggi Bukit Barisan, Bengkulu

Tidak hanya pulau Sulawesi yang banyak memiliki dataran tinggi, namun juga pulau Sumatera. Salah satunya adalah wilayah Bengkulu. Wilayah Bengkulu memiliki dataran tinggi yang sangat terkenal, yakni Dataran tinggi Bukit Barisan.

  1. Dataran Tinggi Charles Louis, Papua

Tanah Papua juga merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki dataran tinggi. Salah satunya adalah dataran tinggi Charles Louis.

  1. Dataran Tinggi Cianjur, Jawa Barat

Cianjur, salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat merupakan daerah dataran tinggi. Bahkan kawasan wisata Puncak yang menjadi primadona karena kesejukaannya juga merupakan bagian dari kabupaten Cianjur ini.

  1. Dataran Tinggi Gayo, Aceh

Aceh memang mempunyai beberapa dataran tinggi. Selain dataran tingi Alas, selanjutnya adalah dataran Tinggi Gayo.

  1. Dataran Tinggi Jaya Wijaya, Papua

Selain dataran tinggi Charles Louis, di Papua juga terdapat dataran tinggi lainnya, yakni dataran tinggi Jaya Wijaya. Jaya Wijaya juga merupakan salah satu nama gunung dengan puncaknya yang paling tinggi di Indonesia. Puncak Jaya adalah nama puncak itu. Di puncak Jaya tersebut bahkan diberitakan terdapat salju abadi, padalah Indonesia merupakan kawasan iklim tropis. Hal ini terjadi karena suhunya yang sangat rendah sehingga sampai memunculkan salju di puncak gunung tersebut.

  1. Dataran Tinggi Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Beralih ke pulau Kalimantan, kita akan menemukan sebuah dataran tinggi yang bernama dataran tinggi Kapuas Hulu. Nama Kapuas ini seperti nama Sungai utama di Pulau Kalimantan. Dataran tinggi Kapuas Hulu terletak di Kalimantan Barat.

  1. Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara

Tanah Karo, merupakan tanah yang berupa dataran tinggi yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Tanah Karos angat kental sekali dengan budaya lokalnya, begitu pula penduduknya yang masih merupakan suku lokal yang mengagumkan dan tercatat sebagai kekayaan Indonesia.

  1. Dataran Tinggi Kerinci, Sumatera Barat

Datarn tinggi Kerinci di Sumatera Barat. Seperti halnya dataran tinggi Jaya Wijaya yang ada di Papua, di Sumatera barat juga mempunyai gunung yang bernama Kerinci. Gunung ini merupakan gunung tertingi di Indonesia setelah puncak Jaya Wijaya. Hal ini menjadikan kebanggan tersendiri bagi Sumatera Barat.

  1. Dataran Tinggi Luwu, Sulawesi Selatan

Lagi- lagi ke Pulau Sulawesi yang memang kaya akan dataran tinggi, salah satunya adalah dataran tinggi Luwu yang terletak di Sulawesi Selatan.

  1. Dataran Tinggi Magelang, Jawa Tengah

Magelang, sebuah Kota dan Kabupeten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Magelang yang merupakan tuan rumah dari Candi Borobudur, bangunan megah dari zaman sejarah, ternyata merupakan kota yang berupa dataran tinggi. Hal ini tidak mengherankan apabila kita berada di sana dengan cuaca yang selalu terasa sejuk. Magelang terletak diantara gunung- gunung yakni Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Hal ini menjadikan pohon strawbery dapat tumbuh dan berbuah dengan sangat baik di Magelang in.

  1. Dataran Tinggi Minahasa, Sulawesi Utara

Minahasa adalah salah satu kawasan dataran tinggi yang berada di wilayah provinsi Sulawesi utara. Minahasa juga merupakan salah satu kota yang terkenal di Indonesia.

  1. Dataran Tinggi Minangkabau, Sumatera Barat

Mingangkabau, suku Minang, merupakan dua kata yang sangat dekat, sangat Indonesia dan sangat berbudaya. Minangkabau merupakan salah satu kota yang berada di Sumatera Barat. Minangkabau yang banyak memiliki nilai kebudayaan lokal merupakan sebuah kota yang merupakan dataran tinggi.

  1. Dataran Tinggii Muller, Kalimantan Barar

Salah satu dataran tinggi yang dimiliki oleh provinsi Kalimantan Barat adalah dataran tinggi Muller.

  1. Dataran Tinggi Pasai, Aceh

Masih ingatkah dengan nama kerajaan Islam pertama kali di Indoensia? Ialah Samudera Pasai yang berada di Aceh. Saat ini ada sebuah dataran tinggi di Aceh yang juga dimanai dengan Pasai.

  1. Dataran Tinggi Penreng, Sulawesi Tengah

Penreng merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di wilayah Sulawesi bagian Tengah atau Sulawesi Tengah.

  1. Dataran Tinggi Priangan, Jawa Barat

Jika kita mendengan julukan Bandung Kota Priangan mungkin ingatan kita akan melayang ke lagu zaman dulu. Namun lepas dari hal itu, Priangan merpakan nama dari dataran tinggi yang berada di Jawa Barat.

  1. Dataran Tinggi Skhwaner, Kalimantan Barat

Di Kalimantan Barat ada salah satu nama dataran tinggi yang namanya susah untuk dieja. Ialah daaran tinggi Skhwaner.

  1. Dataran Tinggi Sudirman, Papua

Papua memang merupakan tanah Indonesia yang tidak rata dan banyak memiliki dataran tinggi. Setelah ada Chris Louis dna Jaya Wijaya, juga ada dataran Tinggi Sudirman di tanah Papua.

  1. Dataran Tinggi Sumedang, Jawa Barat

Daerah di Jawa Barat yang sangat terkenal dengan tahunya ini merupakan sebauah dataran tinggi, ialah dataran tinggi Sumedang.

  1. Dataran Tinggi Tengger, Jawa Timur

Dataran tinggi Tengger di wilayah Jawa Timur merupakan daerah di sekitar Gunung Bromo. Wilayah datraan tinggi ini dihuni oleh suk Tengger dan mempunyai banyak binatang peliharaan berupa Kuda.

  1. Dataran Tinggi Wajo, Sulawesi Selatan

Dataran tinggi Wajo merupakan salah satu dataran tinggi di Indonesia yang berada di wilayah Sulawesi Selatan.

  1. Dataran Tinggi Batak, Sumatera Utara

Jika kita mengenal suku Batak sebagai orang- orang yang berbicara dengan keras, hal ini tidak terlepas dari tempat tingal mereka yang berada di wilayah dataran tinggi, yakni dataran tinggi Batak.

  1. Dataran Tinggi Lebong, Bengkulu

Salah satu dataran tinggi di Pulau Sumatera adalah dataran tinggi Lebong, yakni berada di provinsi Bengkulu.

  1. Dataran Tinggi Rejang, Bengkulu

Datarn tinggi di Bengkulu lainnya adalah dataran tinggi Rejang.

  1. Dataran Tinggi Grobogan, Jawa Tengah

Grobogan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah juga merupakan salah satu daerah dataran tinggi.

  1. Dataran Tinggi Kidul, Jawa Tengah

Dataran tinggi kidul kini berada di sebelah selatan pulau Jawa.

  1. Dataran Tinggi Meratus, Kalimantan Selatan

Salah satu dataran tinggi di Kalimantan selata adalah dataran tinggi Meratus.

  1. Dataran Tinggi Arfak, Papua

Dataran tinggi Arfak merupakan salah satu dataran di wilayah Papua, melengkapi dataran tinggi Sudirman, Jaya Wijaya dan Chris Louis.

  1. Dataran Tinggi Temanggung, Jawa Tengah

Kabupaten Temanggung yang berada di antara Magelang da Wonosobo juga merupakan salah satu wilayah datran tinggi.

  1. Dataran Tinggi Kulon Progo, Yogyakarta

Dataran tinggi Kulon progo mempunyai sebuah perkeunan teh yang sangat indah bernama kebun teh Menoreh.

  1. Dataran Tinggi Karanganyar, Jawa Tengah

Kabupaten yang terletak di sebelah timur kota Solo ini memiliki kebun teh yang luas bernama kebun Teh Kemuning.

  1. Dataran Tinggi Bukuttinggi

Salah satu kota terindah di Indonesia ini merupakan kota yang berada di wilayah dataran tinggi.

nah, itulah berbagai nama dataran tinggi yang ada di Indonesia. seperti yang kita tahu bahwa dataran tinggi merupakan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sehingga perlu kita jaga.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 07:25 Oleh :
Kategori : Geomorfologi