Sponsors Link

11 Gunung Tertinggi di Eropa yang Wajib Untuk Diketahui

Sponsors Link

Eropa merupakan benua terkecil kedua di dunia setelah Australia. Di sebelah utara, Benua ini dibatasi oleh Samudera Arktik. Batas di sebelah selatannya adalah Laut Tengah, sedangkan batas di sebelah baratnya adalah Samudera Atlantik.

Sponsors Link

Baca juga:

Gunung Tertinggi di Eropa

Gunung Tertinggi di EropaBenua Eropa merupakan benua yang kaya dengan kebudayaan dan bahasa. Karena memiliki wilayah yang relatif kecil, sangat jarang dari wilayah bentang alam di Eropa yang tak terjamah manusia.

Namun, meskipun demikian, Eropa ternyata juga memiliki banyak kekayaan ekosistem, termasuk keberadaan gunung-gunung tinggi yang perlu untuk diketahui. Berikut ini adalah 8 gunung tertinggi di Benua Eropa. (Baca Juga : Ciri-ciri Danau Buatan)

11. DOM , Swiss

Gunung DOM adalah salah satu gunung tertinggi di benua eropa, karena memiliki ketinggian 4. 545 mdpl. Gunung ini termasuk dalam gunung tertinggi di pegunungan alpen. Gunung ini juga menjadi tempat para pendaki gunung melampiaskan rasa penasarannya. Gunung DOM memiliki keunikan, yaitu saat ingin mendakinya, pendaki akan disuguhkan oleh ketinggian yang sangat vertikal dari gunung DOM ini. (Baca Juga : Ciri- ciri Danau Vulkanik)

10. Signalkuppe , Italia – Swiss 

Gunung Signalkuppe yang berada di perbatasan antara italia dan juga swiss. Namun gunung ini terkenal dengan nama Puna Gnifetti dan merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di pegunungan alpen. Pada puncak gunung signalkuppe ini terdapat sebuah pemondokan yang dibangun selama 3 tahun oleh permaisuri Margherita dan Savoy dengan nama pemondokoan Marggerita Hutt. Gunung ini memiliki tinggi 4.554 mdpl.

Baca Juga :

9. Zumsteinspitsze, Swiss

Gunung ini merupakan salah satu dari Gunung Tertinggi di Eropa. Gunung ini melewati negara italia dan juga swiss. Gunung ini memiliki tinggi 4.563 mdpl. Gunung ini sering dijadikan sebagai tempat tujuan untuk mendaki. Gunung ini ditutupi oleh salju yang sangat tebal. Gunung ini juga dipenuhi oleh batuan terjal dan juga tajam. (Baca Juga : Komponen Peta)

8. Monte Rosa, Swiss

Gunung Monte Rosa disebut juga sebagai Dufourspitze, yang merupakan gunung tertinggi nomor 8 di Benua Eropa. Gunung Monte Rosa merupakan gunung yang dilingkupi oleh lapisan es yang tebal. Gunung ini adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Monte Rosa Masif, Pennine Alpen, sekaligus merupakan bagian dari Pegunungan Alpen. (Baca: Pengertian pegunungan) Gunung Monte Rosa memiliki ketinggian 4.634 meter atau sekitar 15.203 kaki. Banyak gletser yang dapat ditemukan di area gunung ini (Baca: Gletser). Pendaki pertama yang berusaha menaklukkan puncak Gunung Monte Rosa di Swiss ini bernama Charles Hudson.


7. Matterhorn, Italia – Swiss

MatterhornGunung Matterhorn terletak di perbatasan antara Italia dengan Swiss. Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Alpen yang membujur di Benua Eropa. Gunung Matterhorn di sisi Italia menjadi bagian dari wilayah administratif Aosta Valley, sedangkan sisi gunung yang menghadap ke Swiss merupakan bagian dari wilayah Valais.

Selain dikenal karena ketinggiannya, Gunung Matterhorn juga terkenal lantaran bentuknya yang unik. Gunung ini berbentuk seperti piramida dengan empat lapisan yang menyatu di tengah-tengah, sehingga terlihat seperti piramida yang menjulang di tengah-tengah Benua Eropa. (Baca juga: Danau terluas di Benua Eropa)

6. Grossglockner, Austria

GrossglocknerGunung Grossglockner adalah gunung tertinggi di Negara Austria, sekaligus merupakan gunung tertinggi keenam di Benua Eropa. Gunung Grossglockner merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Alpen. Lokasi dari Gunung Grossglockner adalah di wilayah Carinthia dan Tyrol Bagian Timur. Area gunung ini merupakan titik utama dari area Taman Nasional High Tauren. (Baca: Pengertian taman nasional)

Ketinggian dari Gunung Grossglockner mencapai 3,798 meter di bawah permukaan laut. (Baca: Laut pasang surut) Medan lerengnya yang terjal dan menantang telah menjadi favorit bagi banyak orang untuk melakukan pendakian maupun untuk hiking.

Baca Juga :

5. Teide, Spanyol

Gunung Teide terletak di Negara Spanyol, tepatnya di Tenerife, Canary Island. Gunung Teide merupakan gunung berapi vulkanik yang menjadi puncak tertinggi di Spanyol, sekaligus menjadi gunung tertinggi nomor 5 di Benua Eropa. Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian 3,718 meter di atas permukaan laut. Erupsi terakhirnya adalah pada tahun 1909, tepatnya tanggal 18 November. (Baca: Erupsi magma)

4. Etna, Italia

Gunung Etna merupakan sebuah gunung di Italia yang masih aktif. Gunung ini merupakan gunung stratovolcano yang berbentuk kerucut di antara kota Messina dan Catania. Gunung Etna baru saja meledak pada tanggal 16 Maret 2017 dan dinobatkan sebagai gunung berapi paling aktif di Eropa. (Baca: Erupsi campuran) Gunung ini memiliki ketinggian 3.350 meter dari permukaan laut sehingga selain disebut sebagai gunung berapi paling aktif, Gunung Etna juga masuk sebagai salah satu gunung tertinggi di Benua Eropa.

3. Aiguille du Midi, Perancis

Aiguille du MidiGunung Aiguille du Midi merupakan gunung yang terletak di Perancis. Gunung Aiguille du Midi merupakan salah satu puncak dari Pegunungan Mont Blanc yang selalu diselimuti salju. Meskipun sangat indah, para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Aiguille du Midi langsung dari ketinggian tidak harus bersusah payah mendaki. (Baca Juga : Fungsi Atlas Peta dan Globe )

Untuk mencapai puncak Aiguille du Midi, telah disediakan cable car yang akan membawa pengunjung ke puncak gunung ini dari Desa Chamonix di bawahnya. Ketinggian dari Aiguille du Midi adalah 3.842 meter dari permukaan laut. Gunung ini menempati urutan ketiga dalam daftar gunung tertinggi di Eropa.

Baca juga:

2. Mount Blanc, Italia – Perancis

Mount BlancGunung Mont Blanc disebut juga sebagai Gunung Monte Bianco. Gunung ini terletak di Eropa Barat dan merupakan salah satu gunung favorit para pendaki. Nama Mont Blanc berarti Gunung Putih. Nama ini merujuk pada pemandangan di Mont Blanc yang selalu dilingkupi oleh salju dan kabut putih pekat yang indah. (Baca: Cara membuat kabut buatan)

Secara administratif, Mont Blanc terletak di perbatasan antara Italia dan Perancis. Gunung ini merupakan bagian dari jajaran Pegunungan Caucasus yang membentang di Benua Eropa. (Baca: Danau terluas di Eropa). Lantaran ketinggiannya mencapai  4,808 meter di atas permukaan laut, Mont Blanc menjadi urutan ke 11 dari titik prominen dunia. Sungguh menakjubkan.

1. Gunung Elbrus, Rusia

Gunung ElbrusGunung Elbrus adalah gunung tertinggi di Rusia dan di Eropa. Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Caucasus dan merupakan gunung vulkanik yang sedang dalam keadaan dorman. Ada sebuah perdebatan yang menarik di kalangan para ahli.

Sebagian dari ahli mengatakan bahwa Gunung Elbrus valid untuk dikatakan sebagai gunung tertinggi di Eropa, sedangkan sebagian dari ahli lainnya berpendapat bahwa Gunung Elbrus bukan terletak di Eropa, melainkan di wilayah Rusia yang sudah termasuk dari bagian Benua Asia. (Baca: Negara berkembang di Asia Tenggara)

Namun, sekalipun terjadi perdebatan antara para ahli, ketinggian Gunung Elbrus di Rusia ini nyatanya memang menakjubkan. Gunung Elbrus memiliki ketinggian 5,642 meter dari permukaan laut, atau sekitar 18.510 kaki. Gunung Elbrus sangat indah karena sepanjang tahun selalu diselimuti oleh salju.

Baca Juga :

Pengetahuan tentang gunung-gunung tertinggi di Eropa perlu dimiliki untuk menambah luasan wawasan kita tentang benua yang juga disebut sebagai Benua Biru ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 08:24 Oleh :
Kategori : Gunung