Sponsors Link

5 Laut Terdalam di Indonesia dan Potensi Kekayaannya

Sponsors Link

Indonesia merupakan negara kepulauan, kita bisa membuktikannya dengan banyaknya pantai (baca: ekosistem pantai) di Indonesia dan lebih jelasnya kita bisa melihat  peta (baca: inset peta) negara Indonesia dan betapa luasnya lautan yang ada di Indonesia. Di peta atau globe, kita akan melihat bahwa negara Indonesia mempunyai banyak sekali pulau- pulau yang saling berjajar dan sambung menyambung menjadi satu membentuk sebuah negara Indonesia.

Sponsors Link

Diantara laut- laut (baca: macam-macam laut) yang ada di Indonesia, kita akan menemukan laut yang luas dan yang sempit. Sementara lautan yang berada di tengah-tengah dua pulau disebut sebagai selat. Selain laut yang luas dan juga sempit, laut di Indonesia juga ada yang dalam, sangat dalam dan tidak terlalu dalam. Nah, artikel ini akan membagikan informasi mengenai laut-laut di Indonesia yang paling dalam.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bumi mempunyai permukaan yang tertutup air dan tidak tertutup air. Permukaan yang tertutupi air biasanya kita sebut dengan samudera (baca: samudera di dunia) atau lautan. Permukaan bumi memang tidak rata, tidak hanya di daratan saja namun juga perairan. Dasar perairan yang tidak rata (baca: bentuk permukaan bumi) membuat perairan ada yang dalam dan dangkal. Begitu pula dengan lautan yang ada di Indonesia, ada yang dangkal, agak dalam, dalam dan sangat dalam. Adapun laut- laut di Indonesia yang dikategorikan sebagai laut yang paling dalam antara lain adalah:

  1. Laut Sulawesi

Indonesia mempunyai banyak lautan karena memang Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga di sekitar pulau (baca: pulau terbesar di dunia)  di Indonesia pastilanh dikelilingi oleh laut. Laut- laut tersebut terkadang diberi nama sesuai dengan pulau- pulau yang ada di dekatnya. Salah satunya adalah Laut Sulawesi yang berada di sekitaran pulau Sulawesi. Laut Sulawesi ini ada di sebelah barat Samudera Pasifik dan dibatasi oleh Kepulauan Sulu. Secara lebih lengkap atau detailnya, kita bisa melihat batas- batas dari Laut Sulawesi ini sebagai berikut:

  • Sebelah timur dibatasi oleh rantai Kepulauan Sangihe
  • Sebalah barat dibatasi oleh Pulau Kalimantan/ Borneo, Indonesia
  • Sebelah utara dibatasi oleh Kepulauan Sulu, Laut Sulu, dan Pulau Mindanao, Filiphina
  • Sebelah selatan dibatasi oleh pulau Sulawesi

Nah itulah batas- batas dari Laut Sulawesi yang merupakan laut terdalam di Indonesia. Laut Sulawesi ini merupakan jenis laut yang mempunyai bentuk basin besar, memanjang hingga 420 mil atau setara dengan 675 km dengan arah utara ke selatan. Kemudian untuk arah timur hingga barat, laut ini mempunyai panjang mencapai 520 mil atau setara dengan 837 km. Laut Sulawesi memunyai luas permukaan yang mencapai 110.000 mil persegi atau setara dengan 280.000 kilometer persegi. Dan kedalaman dari Laut Sulawesi ini mencapai 6,2 km.

  1. Laut Flores

Laut terdalam keda di Indonesia selain laut Sulawesi adalah laut Flores. Flores terletak di sekitar pulau Flores, yakni daerah sekitar Nusa Tenggara. Selain itu lokasi Laut Flores inipun berada di sekitaran pulau Sulawesi, tepatnya di sebelah utara pulau Sulawesi tersebut. Laut Flores menjadi salah satu laut paling dalam di Indonesia karena memiliki titik terdalam yang mencapai 5,1 km.

  1. Laut Arafura atau Arafuru

Laut terdalam di Indonesia yang menempati urutan nomor tiga adalah laut Arafura atau Arafuru. Laut ini mempunyai lokasi yang berada di ujung wilayah Indonesia, yakni bagian tenggara. Laut Arafura atau Arafuru mempunyai lokasi yang diapit oleh benua Australia dan juga pulau Papua, sehingga masih dalam wilayah peratasan Indonesia. Di sebelah barat Laut Arafura atauArafuru ini kita akan menemukan berbagai laut lain yakni Laut Banda (Kepulauan Maluku) dan juga Laut Timur. Mengenai kedalaman yang dimiliki oleh Laut Arafura atau Arafuru ini mencapai 3,6 km.

  1. Laut Sawu

Masih berada di wilayah timur Indonesia, selanjutnya kita akan bertemu dengan Laut Sawu. Laut Sawu merupakan lautan yang berada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur. Laut Sawu memiliki kedalaman yang mencapai 3,4 km. Di Sekitaran Laut Sawu, kita akan menemukan banyak pulau- pulau kecil dan juga menarik. Beberapa pulau yang berada di sekitaran Laut Sawu antara lain adalah Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Timor, Pulau Rote dan juga Pulau Flores.

Sponsors Link

  1. Laut Timor

Selain pulau Timor yang sangat terkenal akan keindahannya, ternyata ada Laut Timor yang juga terkenal. Laut Timor dikenal karena kedalamannya. Ada banyak informasi yang menarik mengenai Laut Timor ini. Laut Timor yang dalam bahasa Portugis disebut sebagai Mar Timor sebenarnya merupakan perpanjangan dari Samudera Hindia yan letaknya di antara Pulau Timor, tepanta di perbatasan antara Indonesia, Timor Leste dan juga Teritorial utara dari Australia. Sementara disebelah timur Laut Timor ini kita aka berjumpa dengan Laut Arafura atau Arafuru yang secara teknis merupakan perpanjangan dari Samudera Pasifik.

Laut Timor merupakan laut yang mempunyai luas hingga 480 km persegi atau sekitar 300 mil. Laut Timor juga merupakan salah satu laut yang memiliki palung laut atau jurang laut. Titik terdalam dari laut ini berda di Palung Timor di utara yang mana kedalamannya mencapai hingga 3,3 km atau sekitar 10.800 kaki. Meskipun sangat dalam di bagian palung ini, namun di baian lainnya dari laut ini lebih dangkal yakni kurang dari 200 m atau650 kaki. Laut Timor merupakan laut yang ekstrim. Mengapa? Hal ini karena laut Timor merupakan laut yang menjadi tempat utama terjadinya badai tropis (baca: iklim tropis) dan topan.

Nah itulah sepuluh lautan yang paling dalam di Indonesia. Lautan –lautan paling dalam di Indonesia ini menjadi aset yang sangat berharga bagi Indonesia. Lautan di Indonesia merupakan kekayaan yang sangat penting, bukan hanya bagi rakyat Indonesia namun juga bagi negara dan pemerintaha Indonesia.

Laut- laut di Indonesia jumlahnya ada banyak sekali, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang mana sebagian besar wilayahnya justru berupa perairan. laut ndonesia tidak hanya yang seperti kita jelaskan di atas, namu masih banyak lagi. beberapa laut di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Laut Banda, laut ini terletak di Kepulauan Maluku bagian selatan. laut ini terletak di sekitar kepulauan Maluku dan juga Nusa Tenggara Timur.
  • laut Halmahera, laut ini berada di sekitar pulau Halmahera seperti namanya. Pulau Halmahera sendiri berada di sekitar Maluku Utara. laut ini juga terhubung langsug dengan samudera pasifik, teptnya di sebelah timur laut.
  • laut Jawa, seperti halnya namanya laut ini terletak di sekitar pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat di Indonesia. Laut Jawa terletak di sebelah selatan pulau jawa. laut ini juga terhubung langsug dengan samudera Hindia.
  • laut Maluku, laut ini terletak di sekitar provinsi maluku. maluku memang dikelilingi banyak laut. laut ini akan terhubung dengan tiga laut lainya yakni laut Seram, laut sulawesi dan laut sawu.
  • laut seram, adalah laut yang terletak di sebelah utara pulau seram an sebelah barat papua. di sebelah laut ini terdaapat pulau Obi dan Halmahera.

nah itulah beberapa diantaranya laut- laut yang ada di indonesia dan merupakan kekayaan alam kita. dengan demikian kita harus menjaga dan merawat kelestariannya.

Sponsors Link

Potensi Kekayaan Laut Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa laut Indonesia merupakan potensi kekayaan akan sumber daya alam yang sangat terkenal di dunia. Tidak hanya indah, namun lautan di Indonesia juga menyimp[an banyak sekali sumber daya alam yang bernilai sangat tinggi. Keindahan bawah laut Indonesia menjadi incaran wisatawan dari berbagai negara di dunia. Keindahan alam bawah laut Indonesia sangat terkenal di dunia sehingga menjadi icon negara Indonesia yang sangat khas. Apa saja yang menjadi potensi kekayaan laut alam Indonesia akan kita bahas di bagian kali ini. Inilah beberapa potensi kekayaan laut Indonesia yang harus kita lindungi, kita jaga dan kita lestarikan.

  1. Berbagai macam jenis ikan

Kekayaan bawah laut Indonesia yang sangat pokok menjadi sumber mata pencaharian sebagain besar penduduk daerah pesisir atau pantai adalah berbagai jenis ikan. Lautan Indonesia kaya akan berbagai macam ikan baik ikan yang menjadi konsumsi maupun ikan hias. Ikan- ikan ini ditangkap oleh nelayan kemudian diperdagangkan sebagai sumber mata pencaharian penduduk Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mata pencaharian sebagian besar penduduk daerah pantai adalah sebagai nelayan. Nelayang tradisional berangkat mencari ikan pada malam hari dengan memanfaatkan angin darat. Kemudian nelayan- nelayan tersebut berburu ikan dan akan kembali setelah hari terang dengan memanfaatkan angin laut. Ketika nelayan sampai di daratan pada hari terang maka nelayan akan langsung membawa ikan tangkapan mereka ke pasar ikan atau tempat pelelangan ikan. Berbagai jenis ikan diperdagangkan mulai dari ikan bandeng, ikan sarden, ikan cakalang, ikan tongkol, ikan pindang, ikan teri, ikan tuna, dan lain sebagainya. Ikan- ikan tersebut bisa dijual segar ada pula yang diasinkan. Selain ikan- ikan konsumsi tersebut, banyak pula nelayan yang membawa pulang ikan hias. Ikan- ikan hias ini akan dijual sebagai hiasan dalam akuarium. Ikan- ikan laut banyak yang mempunyai warna yang mencolok dan sangat indah sehingga sangat bagus bila digunakan sebagai hiasan rumah.

  1. Terumbu karang

Selain ikan- ikan yang menjadi sumber keindahan bawah laut Indonesia, selanjutnya kita juga akan menemukan terumbu karang. Terumbu karang merupakan tumbuhan bawah laut yang tumbuh secara berkelompok. Terumu karang ada banyak sekali jenisnya. Dengan jenis yang berbeda, maka terumbu karang tersebut juga mempunyai bentuk dan warna yang terkadang berbeda antara satu dengan lainnya. Terumbu karang yang hidup berkelompok ini apabila kita lihat maka akan menyerupai kebun bunga yang sangat indah. Pemandangan hebat inilah yang menjadikan daya tarik utama wisata bawah laut Indonesia. Banyak sekali wisatawan yang datang baik wisatawan lokal atau dalam maupun wisatawan mencanegara yang sengaja menyempatkan diri ke Indonesia untuk melihat keindahan bawah lau Indonesia. Selain sebagai pengbibur mata, terumbu karag juga digunakan sebagai rumah bagi ikan- ikan kecil. Terumbu karang ini menjadi tempat yang sangat nyaman bagi ikan- ikan dan melindungi banyak hewan laut yang  kecil- kecil dari incaran mangsanya. Terumbu karang menjadu sumber daya laut yang harus dilestarikan, maka dari itulah para nelayan dilarang menggunakan pukat harimau dalam mencari ikan, karena pukat harimau dapat merusak kelestarian terumbu karang.

  1. Rumput laut

Selanjutnya adalah rumput laut. Rumput laut merupakan tumbuhan laut yang banyak dimanfaatkan untuk membuat agar- agar atau jelly. Selain untuk membuat agar- agar, rumput laut juga bisa dimanfaatkan langsung misalnya untuk bahan membuat es campur, es serut dan lain sebagainya. Rumput laut merupakan tanaman yang kaya akan serat sehingga banyak diburu untuk diolah menjadi makanan sehari- hari. Selain itu bentuk rumput laut yang juga indah akan membuat tampilan manjadi cantik dan ceria. Rumput laut diambil di bawah laut kemudian dijemur dibawah terik matahari sebelum siap untuk diolah. Selain diambil secara liar, rumput laut juga ditanam. Petani rumput laut akan menggunakan peralatan tertentu sebagai alat untuk membudidayakan rumput laut. Rumput laut yang ditaman kemudian akan dipanen dalam periode tertentu. Bertani rumput laut juga dipengaruhi beberapa kondisi alam seperti cuaca dan juga ombak, serta pasang surut air laut.

  1. Kerang dan mutiara

Salah satu hasil laut Indonesia yang bernilai jual sangat mahal adalah mutiara. Mutiara asli siambil dari dalam kerang yang berada di kedalaman tertentu. Dan juga tidak semua wilayah laut Indonesia mempunyai kerang yang berisikan mutiara. Mutiara- mutiara tersebut diambil dari kerang oleh penyelam ketika sdah memenuhi umur tertentu. Mutiara- mutiara tersebut akan diambil dan diolah menjadi sesuatu ynag diinginkan seperti halnya hiasan dan juga perhiasan. Selain diambil murni langsung dari alam, mutiara ternyata juga bisa ditanam. Maksudnya ada juga peternak kerang atau petani kerang mutiara yang memelihar dan merawat kerang kerang penghasil mutiara di tenga laut, dan setelah memenuhi periode tertentu dan mutiara dirasa cukup untuk dipanen, maka petani segera mengambil mutiara dan diolah atau dijual dengan hatga yang sangat mahal.

  1. Binatang laut lainnya

Selain ikan, kerang ataupun rumput laut, yang menjadi kekayaan lautan Indonesia ini sangatlah banyak. Contoh lainnya adalah berbagai jenis binatang laut lainnya seperti udang, cumi- cumi, gurita, dan lain sebagainya. Binatang- binatang tersebut pastilah sangat diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan terutama dalam hal kuliner. Olahan makanan laut atau seafood memanglah menggoda, terutama bagi para pecinta seafood. Olahan makanan laut mempunyai cintra tersendiri di hati para pecintanya. Udang dan cumi- cumi merupakan binatang laut yang bisa diolah kedalam banyak sekali menu. Sehingga selalu menjadi favorit bagi banyak orang.

  1. Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang bisa dibilang memiliki posisi sangat vital.kita pernah mendengat pepatan “bagaikan sayur tanpa garam” dan yang pasti jawabannya hambar dan tidak enak sama sekali. Nah dari situlah kita dapat menilai bahwa garam memegang peranan yang sangat penting. Bukan hanya persoalan memasak saja, namun garam juga bisa digunakan dalam hal lainnya, seperti membersihkan luka, dan lainnya. Tahukah Anda bahwa garam yang mempunyai rasa asin yang bisa memenuhi sekitarnya ini berasal dari air laut?

Ya, seperti yang kita tahu bahwa air laut memiliki rasa asin karena kandungan garamnya yang banyak. Namun, untuk menjadi garam yang bisa langsung digunakan kita ini ternyata melewati suatu proses terlebih dahulu. Proses pembuatan garam ini diperoleh dari pengeringan atau penjemuran air laut dibawah sinar matahari yang sangat terik. Di daerah pantai kita bisa menjumpai sinar matahari yang begitu terik sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat garam.

Garam dibuat dengan menampung air laut dalam suatu wadah,biasanya wadah yang digunakan tidak terlalu besar sehingga air yang tertampung tidak terlalu banyak. Jika air yang tertampung tidak terlalu banyak maka ketika dijemur air laut akan cepat mengkristal. Dan kristalan- kristalan tersebut yang disebut dengan garam. Garam yang belum mengalam proses pengolahan lebih lanjut ini lebih kita kenal sebagai garam grasak, yag biasanya digunakan untuk memberi minum sapi. Setelah mengalami proses penghancuran dan menjadi lebih halus dan kemudian dipadatkan itu akan menjadi garam dapur. Dan bentuk yang lebih halus lagi itu dapat kita jumpai pada garam meja atau garam siap saji.

  1. Gelombang sebagai pembangkit listrik

Selain menyediakan bahan makanan, laut juga memliki fungsi lain seperti pembangkit listrik. Gelombang air laut memiliki kekuatan yang dasyat sehingga dapat digunakan sebagai salah satu energi pembangkit listrik. Kekuatan gelombang laut yang sangat besar bisa menghasilkan tenaga yang begitu besar pula, sehingga apabila listrik yang dihasilkan juga cukup besar maka yang terpenuhi akan listrik pastinya juga banyak.

  1. Pembangkit listrik tenaga angin

Selain gelombang iar laut yang memiliki kekuatan yang sangat besar, angin yang berada di wilayah pantai pun juga memiliki fungsi yang sama. Ialah pembangkit listrik tenaga angin. Angin- angin ini dapat menggerakkan kincir angin yang biasa dipasang di wilayah- wilayah yang lapang dan terkena banyak angin. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak angin ialah wilayah pantai (baca: ekosistem pantai). Pantai memiliki banyak sekali angin karena tidak ada penghalang bagi angin dari laut untuk menuju ke daratan, sehingga angin (baca: jenis angin ) yang berhembus pun cukup besar. Dengan kekuatan angin pantai yang besar maka kita akan bisa menggerakkan kincir angin yang telah dipasang hinga berputar dan menghasilkan suatu energi. Energi- energi inilah yang menjadi sebuah tenaga untuk memutarkan kincir angin sehingga dapat menimbulkan listrik.

  1. Tempat wisata

Satu hal yang tidak boleh tertinggal mengenai penanan laut di Indonesia yakni sebagai salah satu sektor tempat wisata. Dunia wisata bawah laut Indonesia sangat terkenal hingga ke mancanegara. Setiap harinya ratusan bahkan ribuan turis asing berwisata ke pantai untuk menikmati pemandangan lautnya. Tidak hanya bawah air saja namun juga suasana di pantai itu sendiri. Salah satu tempat wisata laut yang sangat terkenal akan keindahan pemandangan bawah laut adalah pulau Raja Ampat di wilayah Papua, selain itu wilayah pantai yang sangat indah dengan pasir yang sangat putih serta air laut yang biru banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian timur, seperti di Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa potensi kekayaan yang dimiliki oleh Laut di wilayah Indonesia. Laut- laut yang berada di wilayah Indonesia ini menjadi aset yang sangat berharga sehingga harus kita jaga dan harus kita lestarikan bersama –sama.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 07:20 Oleh :
Kategori : Laut