4 Wilayah Persebaran Gas Alam di Indonesia

planet Bumi seperti halnya planet (baca: planet di tata surya) yang ajaib. Mengapa demikian? Bayangkan saja, dimana lagi planet di jagat raya ini, khususnya di galaksi kita yang mempunyai sifat seperti Bumi. Keistimewaan Bumi bukan hanya karena bisa dijadikan tempat tinggal untuk makhluk- makhluknya yang berupa tanaman, binatang dan juga manusia, namun juga karena kandungan- kandungan yang ada di dalamnya. Tuhan menciptakan Bumi dengan begitu sempurna sampai- sampai segala yang dibutuhkan makhluk hidup ada di dalam bumi ini.

Salah satu dari kekayaan Bumi adalah keberadaan barang tambang. Barang- barang tambang merupakan hasil alam yang dapat ditemukan oleh manusia jauh di dalam inti Bumi atau tertimbun oleh tanah (baca: jenis tanah), sehingga untuk mendapatkannya diperlukan penggalian terlebih dahulu. Jenis barang tambang yang dapat kita temukan di Bumi ini sangat banyak. Selain berbagai logam seperti emas, perak, tembaga, nikel, dll, ada pula jenis- jenis mineral, fosfor, bauksit, hingga gas alam. Dan masing- masing dari barang tambang tersebut tentu mempunyai fungsinya masing- masing.

Gas Alam sebagai Salah Satu Hasil Tambang di Indonesia

Gas alam merupakan salah satu jenis barang tambang yang dimiliki Indonesia. Gas alam merupakan barang tambang yang berupa gas yang mana berasal dari dalam Bumi. Penggunaan gas alam sangat banyak sekali dan sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Gas alam salah satu fungsinya adalah untuk menghasilkan listrik. Apabila dilihat dari kemampuannya untuk diperbaharuoi atau tidak, maka gas alam termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui karena pada dasarnya gas alam ini termasuk barang tambang. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tampat atau daerah yang mempunyai tambang gas alam (baca: daerah penghasil gas alam tebesar di Indonesia) . Semua daerah yang menyimpan kekayaan alam terlebih kekayaan dari dalam Bumi yang mana sangat dibutuhkan oleh banyak pasti daerah tersebut dilindungi pemerintah. Termasuk pula dengan daerah- daerah yang menghasilkan gas alam ini. Setidaknya di Indonesia, kita dapat menemukan beberapa daerah yang merupakan penghasil dari gas alam. Beberapa daerah yang merupakan penghasil gas alam antara lain sebagai berikut:

  • Arun, Nangroe Aceh Darussalam

Arun Natural Gas Liquefaction atau PT. Arun NGL merupakan perusahaan penghasil gas alam cair di Indonesia. Perusahaan Arun ini sangat berjaya, bahkan pada tahun 90-an kilang Arun ini merupakan perusahaan penghasil LNG terbesar di dunia. PT. Arun ini merupakan anak perusahaan dari Pertamina. Perusahaan ini berlokasi di Lhokseumawe, Aceh Utara. Perusahaan ini mempunyai 6 unit pengolahan namun hanya 2 yang dioperasikan karena menipisnya cadangan gas alam

  • Bontang, Kalimantan Timur

wilayah Bontang yang berada di Kalimantan Timur juga merupakan salah satu penghasil gas alam yang terkenal di Indonesia sejak zaman dahulu. perusahaan gas alam yang ada di Bontang adalah Badak NGL.

  • Tangguh, Papua

Tangguh LNG merupakan perusahaan gs alam yang terkenal di Indonesia dan berlokasi di Papua, tepatnya di Teluk Bintuni. Tangguh LNG melengkapi pengilangan gas yang ada di Indonesia.

  • Pulau Natuna

Pulau Natuna selain terkenal dengan tambang minyak, juga merupakan daerah penghasil gas alam diIndonesia. namun gas alam yang ada di pulau Natuna ini belu bisa digarap sepenuhnya karena berbagai hal. bahkan kabarnya pulau Natuna adalah penyimpan gas alam terbesar di dunia.

Kandungan Gas Alam

Gas alam sebagai salah satu barang tambang yang ada di Indonesia mempunyai komposisi yang menyusunnya sehingga mempunyai banyak kegunaan. Komponen utama yang menyusun gas alam yakni metana (CH4) yang merupakan molekul hidrokarbon rantai terpendek dan paling ringan. Gas alam ini juga mengandung molekul- molekul hidrokarbon yang lebih berat seperti etana (C2H6), propana (C3H8), butana (C4H10) dan juga belerang atau sulfur. Gas alam ini juga merupakan sumber utama gas helium.

Pemanfaatan Gas Alam

Seperti yang kita ketahui secara umum bahwasannya barang tambang pasti mempunyai kegunaan tertentu yang mana sangat penting. Sama halnya dengan gas alam ini. Gas alam merupakan salah satu barang tambang yang mempunyai banyak manfaat. Pemanfaatan gas alam di Indonesia ini sangat bercam- macam. Beberapa pemanfaatan gas alam di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai bahan bakar

Gas alam dimanfaatkan sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas atau Uap, bahan bakar industri ringan, industri menengah dan industri berat, bahan bakar kendaraan bermotor, serta sebagai gas untuk kegiatan industri.

  • Sebagai bahan baku

Gas alam juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku seperti bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol, bahan baku plastik, dry ice pengawet makanan, hujan buatan, industri besi tuang, pengelasan dan juga bahan pemadam api ringan.

  • Sebagai komoditas energi untuk ekspor

Gas alam juga merupakan salah satu komoditas energi untuk ekspor, yakni Liquefied Natural Gas (LNG)

Nah, itulah beberapa pemanfaatan gas alam yang dapat dilakukan oleh manusia. dan akhir- akhir ini gas alam juga digunakan untuk teknologi mutakhir juga telah dimanfaatkan gas alam untuk air conditioner atau AC. Hal ini telah coba diterapkan di Bangkok, Thailand dan beberapa bangunan gedung perguruan tinggi di Australia.

fbWhatsappTwitterLinkedIn