22 Wilayah Persebaran Minyak Bumi di Indonesia dan Penjelasannya

Indonesia adalah negara yang kaya raya baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kayanya negara Indonesia ini sangat dikenal oleh negara- negara lain seantero jagat. Mada dari itulah tidak heran apabila Indonesia menjadi negara yang paling banyak diincar untuk kepentingan penjajahan. Terlebih pada saat itu sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia sangat kurang dan sangat tradisional, sehingga dengan mudah bangsa- bangsa lain menjajah Indonesia semau mereka sendiri. Salah satu alasannya adalah ingin menguasai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia (baca: kekayaan alam indonesia yang mendunia).

Ada banyak sekali kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, mulai dari aneka ragam tanaman dan binatang hingga barang- barang tambang. Kekayaan alam Indonesia yang merupakan barang tambang juga yang termasuk dikenal di dunia. Meski demikian, Indonesia bukanlah satu- satunya penghasil atau penghasil yang terkenal. Salah satunya adalah minyak Bumi (baca: jenis minyak bumi dan gas alam). Meskipun negara- negara timur tengah yang terkenal akan hasil minyak buminya, namun Indonesia juga mempunyai beberapa daerah yang menghasilkan minyak bumi. Dimana sajakah daerah itu? Kita akan membahas mengenai daerah mana saja di Indonesia yang merupakan penghasil minyak bumi.

Daerah- daerah Persebaran Minyak Bumi di Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat subur (baca: ciri tanah subur dan tidak subur) dan kaya, bahkan orang- orang dari luar negeri pun menjulukinya sebagai tanah surga. Selain diibaratkan tongkat dan kayu bisa menjadi tanaman karena saking suburnya, tanah Indonesia juga mengandung banyak sekali mineral dan juga barang tambang. Salah satunya adalah minyak bumi. Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang terbuat dari sendapan tanaman- tanaman yang sulit diketahui umur secara pasti karena telah berpuluh bahkan beratus tahun. Tambang minyak bumi di Indonesia tersebar di beberapa daerah di pulau Sumatera dan Sulawesi, serta beberapa di Jawa. Berikut ini merupakan beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan minyak bumi.

  1. Cepu, Jawa Tengah

Salah satu daerah yang menghasilkan minyak bumi di wilayah Jawa Tengah adalah Cepu. Cepu ini terletak di Jawa Tengah bagian timur laut. Cepu juga termasuk salah satu kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Jawa Timur.

  1. Wonokromo, Jawa Timur

Wilayah Wonokromo Jawa Timur ini mampu menghasilkan 52.616 barrel setiap harinya, dengan rincian 52.290 barrel minyak mentah dan 326 barrel kondensat. Wilayah Wonokromo mempunyai Blok Tuban, Kangean, Brantas, Cepu, Madura Barat, Bawan serta Gresik.

  1. Kepulauan Natuna, Riau

Kepulauan Natuna merupakan salah satu wilayah yang mampu menghasilkan minyak yang banyak. Kepulauan Natuna dapat menghasilkan 359.777 barrel minyak mentah dan 6.050 barrel kondensat setiap hari, sehingga keseluruhannya adalah 365.827 barrel. Terdapat 6 blok yang ada di wilayah Riau yakni Rokan, Mountain Front Kuantan, Siak, Selat Panjang, Coastal Plains, Pekanbaru dan Selat Malaka. Tmabng minyak ini dioperasikan oleh Pertamina, Chevron, Petrosea, Bumi Siak Pusako, Sarana Pembangunan Riau, Premier Oil, Conoco Philips, dan Star Energy.

  1. Sorolangun, Jambi

Sorolangun merupakan tambang minyak yang cukup kecil, yakni hanya mampu menghasilkan 19.506 barrel, dengan rincian 8.870 barrel kondensat dan 10.659 barrel minyak mentah.sorolangun merupakan ladang minyak terbesar ketujuh di Indonesia. Tambang minyak ini dikelola oleh Petrochina, Pearl Oil, dan Conoco Philips. Ketiganya mengelola blok Jabung, Bangko, Tungkal, serta Blok Jambi Selatan.

  1. Sungai Gerong, Sumatera Selatan

Tambang minyak selanjutnya adalah Sungai Gerong. Blok perminyakan yang ada di provinsi Sumatera Selatan ini antara lain Rimau, Lematang, Pendopo Raja, dan Ogan Komering. Semua tambang minyak ini dioperasikan oleh Pertamina, Medco, Talisman, Golden Spike dan Conoco Philips. Sungai Gerong ini setiap harinya mampu menghasilkan minyak sebanyak 30.718 barrel minyak mentah serta 10.339 barrel kondensat.

  1. Babo, Papua

Babo merupakan provinsi dengan wilayah terbesar di Indonesia, yakni 410.660 kilometer persegi. Wilayah ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 140.660 barrel per harinya dengan rincian 6568 barrel kondensat dan 8243 barrel minyak mentah. Tambang minyak ini dikelola oleh Pertamina, Petrochina, dan British Petroleum.

  1. Sungai Paking, Riau
  2. Delta Sungai Brantas, Jawa Timur
  3. Majalaengka, Jawa Barat
  4. Lhokseumawe, Aceh
  5. Peureulak, Aceh
  6. Pulau Bunyu, Kalimantan Timur
  7. Pulau Tarakan, Kalimantan Timur
  8. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur
  9. Dumai, Riau
  10. Kembatin, Kalimantan Tengah
  11. Pulau Seram, Maluku
  12. Pulau Tenggara, Maluku
  13. Tanjungpura, Sumatera Utara
  14. Plaju, Sumatera Selatan
  15. Klamono, Papua
  16. Sorong, Papua

Nah, itulah beberapa daerah di Indonesia yang merupakan penghasil minyak bumi. Daerah- daerah tersebut mempunyai tambang minyak bumi sehingga keberadaannya sangat penting karena sangat dibutuhkan oleh orang banyak, khususnya masyarakat umum. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah impor minyak bumi di Indonesia, karena dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan minyak Bumi. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk pembaca semua.