Sponsors Link

10 Patung Tertinggi di Indonesia Beserta Gambarnya (Paling Lengkap)

Sponsors Link

Patung Tertinggi di Indonesia bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat indonesia. Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi yang sudah banyak diketahui orang. Pada mulanya, patung di seluruh dunia dibuat dengan cara dipahat dari bahan dasar batu. (baca juga : contoh batu granit) Lambat-laun, teknik pembuatan patung semakin berkembang. Di masa kini, teknik pembuatan patung tidak hanya dilakukan dengan cara memahat saja, melainkan juga dengan membutsir (membentuk dengan cara memijit bahan patung dari tanah liat dan plastisin), atau pun juga dengan cara memahat, mencetak, dan konstruksi.

Baca juga:

Patung Tertinggi di Indonesia

Fungsi patung di masa kini sudah mulai berubah jika dibandingkan dengan fungsi patung pada zaman dahulu. Fungsi patung di masa kini lebih banyak digunakan sebagai hiasan. Sementara untuk fungsi patung zaman dahulu, orang lebih banyak memanfaatkan karya seni rupa tiga dimensi ini untuk melakukan pemujaan dan sebagai simbol penghormatan bagi tokoh besar yang menjadi panutan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak patung menarik yang tidak hanya menjadi penambah pesona wisata, melainkan menyimpan makna-makna tertentu yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah rangkuman dari 10 patung tertinggi di Indonesia yang perlu untuk diketahui.

10. Patung Monumen Selamat Datang – Jakarta

Patung terbesar di IndonesiaPatung Monumen Selamat Datang yang terletak di ibukota Indonesia, DKI Jakarta ini merupakan sebuah patung ikonik yang sudah banyak dikenal orang. Patung ini terletak di tengah Bundaran Hotel Indonesia yang megah dan indah, tepatnya di daerah Menteng, Jakarta Pusat. (baca juga : Kota terindah di Indonesia)

Patung yang sangat terkenal di Indonesia ini berbentuk sepasang remaja yang sedang melambaikan tangan. Ide pembuatan patung ini dicetuskan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, dalam rangka menyambut peserta ASEAN Games VI di Jakarta pada tahun 1962. Arsiteknya adalah Henk Ngantung dan Edhi Sunarso. Patung Monumen Selamat Datang di Jakarta ini memiliki tinggi sekitar 7 meter dengan kaki patung atau voetstuk adalah sekitar 10 meter.

9. Patung Martha Christina Tiahahu – Karang Panjang

Patung Terbesar di IndonesiaMartha Christina Tiahahu merupakan salah satu pahlawan nasional wanita dari Maluku. Sosok Martha Christina Tiahahu gugur pada tahun 1818. Sosok pahlawan wanita yang juga dikenal sebagai wanita kabaressi atau wanita yang berani ini diabadikan menjadi sebuah patung di Karang Panjang. Karang Panjang merupakan wilayah bukit yang terletak dekat dengan Kota Ambon. (baca Juga : pengertian perbukitan)

Patung Martha Christina Tiahahu terletak berdampingan dengan gedung DPRD kota Maluku. Martha Christina Tiahahu dahulu dikenal sebagai pahlawan wanita indonesia yang sangat gigih dan juga berani dalam menghadapi penjajah. Sehingga dengan keberaniannya ini dibuatlah monumen yang akan mengenang jasa beliau untuk indonesia.

Baca Juga :

8. Patung Satria Gatotkaca – Bali

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Satria Gatotkaca merupakan patung yang didirikan untuk mempermegah pemandangan di sekitar Bandara Ngurah Rai, Bali. (baca juga : negara teramah di dunia) Patung ini didirikan pada tahun 1993 dan dibuat oleh I Wayan Winten. Oleh masyarakat setempat, patung ini dipercaya dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat Bali maupun turis yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Patung Satria Gatotkaca dibangun untuk menggambarkan keberanian dan kehebatan Gatot Kaca, seorang tokoh ksatria di cerita pewayangan Mahabharata. Patung ini pula sangat artistik sangat sangat cocok apabila anda mengunjunginya dengan keluarga.


7. Patung Dirgantara – Jakarta

Patung Terbesar di IndonesiaTerkadang, orang tidak mengetahui nama Patung Dirgantara. Patung yang terletak di Jakarta Selatan ini lebih dikenal dengan nama Patung Pancoran. Patung ini digarap oleh seniman patung Edhi Sunarso dan idenya dicetuskan oleh Ir. Soekarno. (Baca Juga : Pembagian Zona Kedalaman Laut )

Patung Dirgantara mengambil sosok Gatotkaca, seorang ksatria besar dari epos Mahabharata, sekaligus diinspirasi dari Yuri Gargarin, seorang kosmonaut dari Rusia yang ke luar angkasa pertama kali dalam sejarah umat manusia. Patung ini memiliki tinggi sekitar 11 meter dengan kaki patung 27 meter.

6. Patung Dewi Kwan Im – Pematang Siantar

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Dewi Kwan Im di Pematang Siantar, Sumatera Utara adalah patung Dewi Kwan Im terbesar di Asia Tenggara. Patung ini terletak di lantai dua bangunan Vihara Avalokitesvara, tepatnya di Jalan Siposo-poso. Patung Dewi Kwan Im yang megah ini menjadi daya tarik wisata yang mengundang banyak turis untuk datang melihatnya ke Pematang Siantar. Ketinggian dari patung ini adalah sekitar 22,8 meter. Selain memiliki bentuk yang megah, patung Dewi Kwan Im raksasa di Pematang Siantar ini juga ditopang oleh empat pilar naga yang indah.

Baca juga:

5. Patung Yesus Memberkati – Manado

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Yesus Memberkati merupakan patung Yesus yang terletak di Manado, Sulawesi Utara. Monumen yang memiliki kemiringan sebesar 20 derajat ini memiliki tinggi 50 meter dari atas tanah. Patung Yesus Memberkati ini digagas pembuatannya oleh Ir. Ciputra sekitar tahun 2007.

Patung yang menggambarkan Yesus tengah memberikan pemberkatan kepada manusia dengan tangan terentang naik dan jubahnya yang berkibar ini dibuat dari bahan besi fiber dan besi baja. Pembangunannya menghabiskan biaya yang tidak sedikit, yaitu sekitar 5 miliar rupiah. (Baca Juga : Ekosistem Laut Dalam)

4. Patung Maria Bunda Segala Bangsa – Maumere

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Maria Bunda Segala Bangsa ini terletak di Bukit Keling Nilo, Maumere, Nusa Tenggara Timur. Patung ini menghadap ke Laut Flores dan memiliki ketinggian sekitar 28 meter dengan kaki patung setinggi 18 meter.

Patung Maria Bunda Segala Bangsa ini telah menjadi salah satu ikon Maumere yang terkenal. Patung ini berdiri di atas bukit yang hijau dengan kursi-kursi kayu di depannya yang dapat digunakan untuk beribadah. Patung Maria Bunda Segala Bangsa yang megah ini memiliki berat sekitar 6 ton. Patung maupun lingkungannya dirawat dengan baik sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk melihat. (baca juga : kepentingan menjaga alam sekitar)

3. Patung Bunda Maria Assumpta – Ambarawa

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Bunda Maria Assumpta merupakan patung Bunda Maria yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah. Patung Bunda Maria Assumpta dibangun di kompleks wisata religi Gua Maria Kerep, Ambarawa dan merupakan patung Bunda Maria terbesar di dunia.

Patung Bunda Maria Assumpta dibangun oleh seniman patung Ambarawa dengan sistem bongkar pasang. Patung ini memiliki tinggi sekitar 23 meter dengan penopang kaki setinggi 19 meter. Jika diukur dari atas permukaan tanah, patung Bunda Maria Assumpta yang berukuran raksasa ini memiliki total tinggi sekitar 42 meter.

Baca Juga :

2. Patung Jalesveva Jayamahe – Surabaya

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Jalesveva Jayamahe atau yang juga dikenal sebagai Pantung Monjaya ini adalah salah satu patung tertinggi di Indonesia. Patung yang terletak di Surabaya, ibukota Provinsi Jawa Timur ini berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, tepatnya di Dermaga Ujung, Semampir.

Patung Jalesveva Jayamahe ini merupakan sebuah monumen yang menggambarkan sosok perwira TNI Angkatan Laut yang sedang menerawang ke arah laut. Sosok perwira TNI AL yang digambarkan dalam patung ini juga membawa pedang kehormatan. Patung ini dirancang oleh arsitek I Nyoman Nuarta dan memiliki tinggi mencapai 30,6 meter.

Baca juga:

1. Patung Garuda Wisnu Kencana – Bali

Patung Terbesar di IndonesiaPatung Garuda Wisnu Kencana merupakan patung yang berada di kompleks Taman Garuda Wisnu Kencana, Bali. Patung raksasa yang merupakan salah satu patung tertinggi di ada Indonesia ini terletak di Bukit Unggasan, Jimbaran. Seniman patung yang merancangnya merupakan seniman patung terkenal dari Bali yaitu I Nyoman Nuarta.

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan patung yang menjadi simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Hal ini terkait dengan sosok Dewa Wisnu yang diwujudkan dalam patung raksasa tersebut.

Dewa Wisnu merupakan Dewa Pemelihara Semesta. Patung ikonik yang sangat megah dan bermakna ini digambarkan sedang mengendarai Burung Garuda. Patung ini dibuat dari bahan tembaga dan baja, dengan tinggi sekitar 75 meter. Lebarnya adalah 60 meter. Sungguh menakjubkan.

Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang Patung Tertinggi di Indonesia yang perlu untuk diketahui. Tak bisa dipungkiri, keberadaan patung di negeri tercinta juga menjadi salah satu daya tarik wisata. Sebagai warga negara yang baik, kita patut untuk ikut menjaga keindahan dan kemegahan karya seni yang luar biasa ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial