Negara Perancis: Karakteristik, Penduduk dan Fakta Menarik

Negara Perancis atau Republik Perancis merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Barat dan juga mempunyai beberapa pulau serta teritori yang berada di seberang laut di benua lain. Terdapat istilah Prancis Metropolitan yang terbentang dari Laut Mediterania sampai dengan Selat Inggris dan Laut Utara, serta dari Rhine ke Samudera Atlantik.

Masyarakat Prancis sering menyebut Prancis Metropolitan dengan sebutan “L’Hexagone” sebab bentuk geometris teritorinya. Dan berikut karakteristik, penduduk hingga fakta menarik dari negara Perancis.

Karakteristik Negara Perancis

Negara Perancis yang beribu kota di Paris, mempunyai batasan wilayah dengan beberapa negara yakni:

Bentang alam negara Perancis sangatlah luas dan beragam. Di bagian utara dan barat merupakan wilayah dataran rendah, sedangkan di bagian timur, tengah, dan selatan terdapat perbukitan dan pegunungan yang menjulang.

Perancis mempunyai bentang alam yang terbagi menjadi 10 wilayah daratan utama, antara lain:

  • Perbukitan Brittany-Normandy

Daerah ini berupa dataran dan perbukitan rendah serta terdapat kawasan pesisir yang subur sehingga tidak heran banyak dijumpai perkebunan apel dan padang rumput untuk menggembalakan sapi perah. Selain itu, kawasan pesisir juga menjadi tempat bagi beberapa pelabuhan penting di Prancis.

  • Dataran Prancis Utara

Wilayah ini mempunyai lahan yang subur serta banyak ditemukan industri yang masih produktif. Dataran Prancis Utara tergolong datar yang mencakup kawasan hutan perbukitan dan plato. Daerah ini juga termasuk yang paling padat penduduk dan kota Paris juga berada di sini.

  • Plato Timur Laut

Kawasan yang berada di timur laut yang berbatasan dengan Belgia ini dipisahkan oleh Pegunungan Ardennes. Daerah ini terdapat hutan yang semakin tidak rata di bagian tenggara (Pegunungan Vosges).

  • Lembah Rhine

Terdapat lereng-lereng yang terjal dan dasar dataran yang rata. Di daerah ini juga terdapat banyak pepohonan dan perkebunan anggur yang amat luas serta lahan pertanian yang terbentang di sepanjang Sungai Rhine. Sungai Rhine merupakan salah satu sungai terpenting di Prancis bahkan di Benua Eropa.

  • Dataran Tinggi Tengah

Bisa juga disebut sebagai Massif Central merupakan daerah yang jarang penduduknya. Hal ini disebabkan karena tanahnya yang tidak subur kecuali di beberapa lembah yang dapat ditanami gandum rye dan beberapa tanaman pangan lainnya.

  • Dataran Rendah Aquitania

Kawasan ini terdapat aliran dari Sungai Garonne dan juga beberapa anak sungai yang bermuara ke sungai tersebut. Selain itu, daerah ini terdapat pantai dengan pasir berwarna putih dan hutan pinus di bagian pedalamannya, dataran bergelombang dan bukit pasir.

  • Alpen Prancis dan Pegunungan Jura

Kawasan ini menjadi daerah perbatasan antara Perancis dengan Italia dan Swiss. Terdapat pula Gunung Mont Blanc dengan tinggi mencapai 4.807 meter yang banyak dijadikan sebagai resor ski.

  • Pegunungan Pyrenees

Pegunungan ini membujur antara Prancis dan Spanyol. Ada banyak puncak gunung yang memiliki tinggi lebih dari 3.000 meter.

  • Dataran Rendah Mediterania dan Lembah Rhone-Saone

Mempunyai daerah pertanian yang amat produktif dan irigasi dilakukan secara ekstensif. Sedangkan wilayah pesisirnya paling banyak didatangi para wisatawan.

  • Corsica

Daerah ini merupakan sebuah pulau di Laut Mediterania yang berjarak sekitar 160 km ke arah selatan dari daratan utama.

Negara Perancis tidak hanya yang berada di Eropa saja atau dikenal dengan Prancis Metropolitan, tetapi juga terdapat beberapa teritori seperti yang berada di Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, selatan Samudera Hindia, dan Antartika. Setiap teritori ini mempunyai berbagai bentuk pemerintahan dari departemen seberang laut hingga jajahan seberang laut.

Perancis Metropolitan berada di antara 41o dan 51o Utara yang beriklim utara. Untuk wilayah utara dan barat laut beriklim sedang, sedangkan di bagian tenggara memiliki iklim Mediterania.

Iklim di Perancis sangat dipengaruhi oleh laut, garis lintang, dan ketinggian tempat. Bahkan untuk kawasan Pegunungan Alpen dan beberapa kawasan pegunungan lainnya jumlah hari dengan suhu di bawah 0 derajat hampir 150 per tahunnya dan salju akan menutupi kawasan tersebut selama 6 bulan.

Penduduk Negara Perancis

Jumlah penduduk Perancis diperkirakan ada sekitar 67 juta jiwa dan menjadi negara terpadat ke-19 di dunia. Pertumbuhan penduduk ini disebabkan oleh kelahiran dan juga kedatangan para imigran yang berasal dari berbagai negara.

Dalam kehidupan sehari-hari, penduduk Perancis sering menggunakan bahasa Perancis yang juga menjadi bahasa resmi negara ini. Sejak tahun 1992, Perancis menjadi satu-satunya negara di Eropa Barat yang mempunyai satu bahasa resmi yang telah diakui. Meskipun begitu terdapat pula beberapa bahasa lain yang juga digunakan yakni bahasa Arab, Italia, Portugis, Maghrebi dan bahasa Berber.

Kebebasan beragama berlaku di Perancis. Hampir sebagian besar penduduk Perancis beragama Katolik (51%), terdapat pula Agnostik atau Ateis (31%), 10% agama lain, 4% Muslim, 3% Protestan dan 1% Yahudi.

Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Perancis

Menurut data dari IMF pada tahun 2018 Perancis berada di peringkat ke-6 untuk Keseimbangan Kemampuan Belanja dan menjadi negara ketiga dengan ekonomi tertinggi di dunia setelah Jerman dan Inggris.

Ada banyak sektor yang mendukung peningkatan perekonomian Perancis, mulai dari industri, pariwisata, hingga fashion. Industri kimia menjadi salah satu industri yang cukup berperan dalam pembangunan ekonomi di Perancis. Jenis bahan kimia yang paling banyak diproduksi berupa kosmetik, pembuatan sabun, deterjen, dan minyak wangi.

Ada banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan saat berkunjung ke Perancis seperti museum, gedung bersejarah, pantai hingga resort ski. Tidak heran jika sektor pariwisata turut mempengaruhi perekonomian Perancis yang menyumbang sekitar 77,7 juta euro.

Fashion menjadi sektor penting dalam perekonomian Perancis sejak abad ke 15 hingga saat ini dan telah merambah ke seluruh kalangan masyarakat. Beberapa merk terkenal dunia berada di kota Paris seperti Dior, Hermes, Chanel, Celine dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Perancis juga memiliki kekayaan alam berupa mineral seperti biji besi, seng, bauksit, gypsum, fluorospar, dan feldspar. Sumber daya alam lain yang juga dimiliki oleh Perancis yakni batu bara, uranium, kalium, arsenik, antimon, hasil perikanan, dan hasil hutan (kayu).

Fakta Menarik Negara Perancis

  1. Perancis memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) terbesar kedua di dunia yakni 11.035.000 km persegi.
  2. Perancis menjadi negara pertama yang melarang supermarket untuk membuang makanan yang tidak diinginkan. Jadi jika terdapat buah atau sayur yang tidak terjual, maka wajib menjualnya ke yayasan atau badan amal dengan harga di bawah harga pasar.
  3. Tidak ada statistik mengenai ras yang terdapat di Perancis. Sebab negara ini mempunyai moto yakni “Liberté, egalité, fraternité” yang artinya kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan. Mereka beranggapan jika semua ras sama di mata pemerintah.
  4. Setidaknya ada lebih dari 400 jenis keju yang dapat ditemukan di Perancis.
  5. Perancis merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn