Negara Italia: Karakteristik, Penduduk, Faktanya

Negara Italia atau Republik Italia merupakan sebuah negara yang berada di Benua Eropa tepatnya Eropa Selatan dan terletak di Semenanjung Italia. Jika dilihat dari bentuknya, peta negara Italia berbentuk mirip seperti sepatu bot atau dalam bahasa Italia dapat disebut juga sebagai lo Stivale.

Karakteristik Negara Italia

Negara Italia yang beribu kota di Roma ini memiliki luas wilayah sekitar 301.338 km persegi yang terdiri atas wilayah daratan seluas 294.020 km persegi dan wilayah perairan 7.210 km persegi. Dapat dikatakan jika negara Italia termasuk negara kepulauan dengan dua pulau terbesarnya yakni pulau Sisilia dan Sardinia.

Secara astronomis, negara Italia berada di antara garis lintang 35oLU – 47oLU serta berada pada garis bujur 6oBT – 19oBT. Selain itu, negara Italia juga berbatasan dengan beberapa negara, antara lain:

  • Bagian utara berbatasan darat dengan: Negara Prancis, Negara Austria, Negara Swiss, Negara Slovenia.
  • Bagian timur berbatasan laut dengan: Laut Adriatik.
  • Bagian barat berbatasan laut dengan: Laut Tirenia.
  • Bagian selatan berbatasan laut dengan: Laut Ionia.
  • Terdapat negara berdaulat yang berada di dalam wilayah Italia: Negara San Marino dan Vatikan.

Negara Italia juga memiliki wilayah pegunungan yang membentuk tulang punggung semenanjungnya bernama Pegunungan Apennini dan juga terdapat Pegunungan Alpen yang terletak di bagian utara Italia. Pada Pegunungan Alpen terdapat titik tertinggi negara ini yaitu Mont Blanc yang memiliki tinggi mencapai 4.810 meter di atas permukaan laut.

Tidak hanya itu saja, Italia terkenal juga dengan beberapa danau terbesarnya seperti Danau Garda, Danau Como, Danau Maggiore, Danau Bolsena, dan Danau Trasimeno. Terdapat pula Sungai Po yang merupakan sungai terpanjang di Italia yakni 625 km, mengalir dari Pegunungan Alpen di perbatasan barat Prancis, melintasi Lembah Po dan akhirnya bermuara di Laut Adriatik.

Negara Italia berada di titik pertemuan antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Afrika, tidak heran jika negara ini sering mengalami gempa bumi dan juga terdapat beberapa gunung api. Dari total 14 gunung api yang dimilikinya, sebanyak 4 gunung tergolong aktif yakni Gunung Vesuvius, Gunung Vulcano, Gunung Stromboli, dan Gunung Etna.

Gunung Vesuvius termasuk satu-satunya gunung api yang masih aktif di Benua Eropa dan sangat terkenal sebagai penyebab terjadinya bencana Pompeii dan Herculaneum. Terdapat pula kaldera besar dan aktif yakni Campi Flegrei yang berada di sebelah barat-utara Napoli.

Iklim negara Italia cukup beraneka ragam, hal ini dipengaruhi oleh bentuk semenanjungnya yang besar dan membujur, serta sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan. Untuk wilayah tengah hingga bagian utara mempunyai iklim lautan, iklim subtropis basah, dan iklim kontinental basah.

Sedangkan untuk wilayah bagian selatan sebagian besar merupakan iklim mediterania. Rata-rata suhu udara saat musim dingin juga bervariasi yakni dari 0o C di wilayah Alpen hingga 12oC untuk wilayah Sisilia, saat musim panas rata-rata suhu udara antara 20oC sampai dengan 30oC bahkan lebih.

Penduduk Negara Italia

Jumlah populasi penduduk Italia mencapai sekitar 60 juta jiwa dan hampir sebagian besar penduduk Italia merupakan suku Italia. Terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya seperti Jerman, Yunani, Slovenia, Albania, Prancis dan lain sebagainya.

Negara ini termasuk negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Benua Eropa. Dalam kehidupan sehari-hari penduduk Italia menggunakan bahasa Italia yang juga menjadi bahasa resmi negara ini.

Di bidang agama, Katolik Roma menjadi agama yang paling banyak dianut oleh penduduk Italia. Oleh karena itu terdapat pula Gerea Katolik Italia yang menjadi bagian dari Gereka Katolik Roma global di bawah kepemimpinan Paus, kuria di Roma dan Konferensi Keuskupan Italia.

Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Italia

Perekonomian negara Italia mengalami pertumbuhan yang cukup cepat setelah Perang Dunia II. Saat itu Italia sangat mengandalkan sektor pertanian yang paling terindustrialisasi serta terkemuka dalam perdagangan internasional.

Seiring berjalannya waktu, negara Italia juga mengandalkan sektor lainnya dengan sektor jasa menjadi penyumbang PDB terbesar, lalu diikuti oleh sektor industri dan pertanian. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini, sektor pariwisata berkembang dengan sangat pesat. Tidak heran jika Italia menjadi negara tersering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Meskipun begitu, perekonomian Italia mengalami beberapa hambatan salah satunya dengan adanya utang publik yang cukup parah. Menurut Badan Statistik Uni Eropa, Eurostat, utang publik Italia pada tahun 2010 sekitar 116% dari PDB dan berada pada peringkat terbesar ke-2 setelah negara Yunani.

Hal ini tidak terlepas dari birokrasi pelayanan publik yang tidak efisien, perlindungan hak milik yang buruk, tingkat korupsi tinggi, pajak besar, hingga belanja publik yang mencapai setengah dari PDB nasional.

Negara Italia memiliki sejumlah kekayaan atau sumber daya alam yang cukup melimpah dengan produk unggulannya berupa asbes, barit, merkuri, seng, feldspar, fluorospar, pirit, dan belerang. Adapun sumber daya alam berupa bahan bakar yakni batu bara, gas alam serta cadangan minyak mentah jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga Italia sering mengekspor dari beberapa negara.

Dari sektor pertanian, anggur dan minuman olahannya yakni wine menjadi andalan negara ini. Selain itu, Italia juga melakukan ekspor untuk beberapa produk seperti tekstil, pakaian, mesin, otomotif, bahan kimia, logam halus, peralatan transportasi, dan beberapa barang-barang mewah lainnya.

Fakta Menarik Negara Italia

  1. Desain bendera Italia yang berwarna hijau, putih dan merah merupakan hasil dari inspirasi bendera Prancis yang dahulu diperkenalkan pada masa invasi Napoleon di tahun 1797.
  2. Ibu kota negara Italia yakni Roma dikenal juga sebagai “Kota Abadi” sebab sudah berusia hampir 3000 tahun.
  3. Dahulu mata uang Italia bernama Lira, namun sekarang telah berubah menjadi Euro.
  4. Pizza merupakan makanan khas Italia yang sudah ada sejak tahun 1860. Bahkan kata pizza menjadi satu kata yang dapat dimengerti oleh seluruh penduduk di dunia.
  5. Banyak seniman Eropa berasal dari Italia seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, Donatello, Botticelli, Bernini dan lain sebagainya.
fbWhatsappTwitterLinkedIn