Negara Slovenia: Karakteristik – Penduduk – Ekonomi

Negara Slovenia adalah salah satu negara pesisir sub – Alpin yang terletak di bagian selatan dari Eropa Tengah. Sebelumnya negara ini pernah menjadi bagian dari Austria-Hongaria di tahun 1918 dan akhirnya bergabung menjadi bagian dari Slovenes yakni Kroasia-Serbia sejak tanggal 29 Oktober 1918 – 1 Desember 1918.

Nama Slovenia sendiri memiliki arti “Tanah Slav” yang berasal dari bahasa Slovenia dan juga bahasa Slavia Selatan. Kata tersebut juga dapat ditemukan dalam bahasa Slavonia, Slobakia dan Slavia, sedangkan arti Slav sendiri masih belum diketahui maknanya.

Karakteristik Negara Slovenia

Negara Slovenia berada di Eropa Tengah tepatnya di bagian tenggara tidak jauh dari Alpen. Secara astronomis negara ini berada di antara garis lintang 45oLU – 47oLU dan 13oBT – 17oBT, tidak hanya itu saja Slovenia juga berbatasan dengan beberapa negara, antara lain:

  • Batas sisi utara: Negara Austria
  • Batas sisi timur: Negara Kroasia dan Negara Hungaria
  • Batas sisi selatan: Negara Kroasia
  • Batas sisi barat: Negara Italia dan Laut Adriatik

Negara Slovenia beribu kota di Ljubljana tersebut memiliki luas wilayah mencapai 20.300 km persegi. Hampir sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan dengan rata – rata berada di ketinggian 557 meter di atas permukaan laut, sedangkan titik tertingginya berada  di Triglav yang memiliki tinggi mencapai 2.864 meter.

Slovenia menjadi tempat bertemunya empat wilayah geografis benua Eropa antara lain, Pegunungan Alpen, Dinarides, Dataran Pannonia dan juga Mediterania. Bahkan iklim negara ini juga dipengaruhi oleh kondisi geografisnya seperti iklim sub-Mediterania untuk wilayah Littoral dan iklim Alpen di Pegunungan Alpen Julian di barat laut, meskipun begitu sebagain besar wilayah Slobenia beriklim kontinental.

Kenampakan alam lain yang terdapat di Slovenia terdapat karst yang terdapat pada Slovenia bagian barat daya, di sini bisa ditemukan batu kapur yang terdapat sungai, ngarai dan juga gua bawah tanah, terletak di antara Ljubljana dan Mediterania. Untuk wilayah di Pannonia ke arah timur dan timur laut tepatnya di perbatasan Kroasia dan Hongaria memiliki lanskap yang datar.

Menurut Ivan Gams, Slovenia terbagi menjadi beberapa region:

  • Alps (Alpe)
  • Landskap Subalpine (Predalpski svet)
  • Slovene Littoral atau Submediterania Slovene (Primorje atau Submediteranska Slovenije)
  • Dataran tinggi Dinaric di Slovenia

Kekayaan Alam Negara Slovenia

Negara Slovenia memilik hutan yang cukup luas yakni sekitar 66% dari total keseluruhan wilayahnya. Tidak heran jika hutan di Slovenia berada di urutan ketiga di benua Eropa sebagai hutan terluas setelah Swedia dan Finlandia.

Negara ini juga telah memanfaatkan sumber daya air sebagai sumber daya utamanya atau dikenal dengan istilah hydropower. Listrik yang dihasilkan oleh hydropower mencapai 16.000 GWh dan telah dimanfaatkan oleh seluruh wilayah.

Selain itu, Slovenia memiliki cadangan batu bara sekitar 1,2 milyar ton dengan lokasi terbesar berada di Goricko (830 juta ton) dan yang lainnya berada di Velenje (370 juta ton) dan Zasavje (68 juta ton). Meskipun bukan penghasil mineral terbesar, Slovenia hanya menghasilkan beberapa mineral tertentu seperti seng, baja mentah, semen, besi dan bentonit.

Penduduk Negara Slovenia

Bisa dikatakan jika tingkat kepadatan penduduk negara Slovenia cukup tinggi yakni sekitar 101 jiwa per km persegi. Namun kepadatan penduduknya tidak merata di beberapa wilayah seperti di Littoral-Inner Carniola yang memiliki kepadatan penduduk terendah di Slovenia, sedangkan yang tertinggi berada di Central Slovenia Statistical Region.

Sebagian besar penduduk Slovenia berasal dari etnis Slovene dan sisanya merupakan penduduk imigran dari wilayah bekas Yugoslavia dan beberapa keturunannya. Adapun kelompok etnis minoritas lainnya yang tinggal di negara ini yakni Hungaria dan Italia.

Penduduk Slovenia mayoritas beragama Katolik Roma dan sudah menjadi agama penting di dalam kehidupan sosial dan politik negara ini. Tidak hanya Katolik Roma saja, adapula agama lain yang terdapat di Slovania yakni Islam, Kristen Ortodoks, Atheis, dan agama lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari penduduk Slovania menggunakan bahasa Slovenia yang juga bahasa resi negara ini. Bahasa Slovenia sendiri merupakan kelompok bahasa Slavia Selatan. Meskipun begitu, beberapa penduduk juga dapat menggunakan bahasa lainnya, seperti:

  • Bahasa Serbia
  • Bahasa Hungaria
  • Bahasa Albania
  • Bahasa Makedonia
  • Bahasa Romawi
  • Bahasa Italia
  • Bahasa German

Ekonomi Negara Slovenia

Negara Slovenia menjadi salah satu negara paling maju serta dinamis di antara negara – negara bekas Yugoslavia dengan tingkat PDB per kapita mencapai US$ 20.726,5. Hal ini tidak lepas dari lokasinya yang sangat strategis yakni berada di antara jalur Baltik – Adriatik dan juga jalur Mediterania, menjadikan negara ini sebagai salah satu pintu masuk ke Eropa Timur.

Pelabuhan Koper yang dimiliki Slovenia menjadi andalan negara ini karena dapat menghubungkan Slovenia dengan negara – negara di kawasan, terutama dalam hal kegiatan impor dan ekspor barang.

Fakta Menarik Negara Slovenia

  1. Ibu kota Slovenia yakni Ljubljana memiliki arti “Yang Tercinta”, tidak heran jika kota ini terpilih sebagai ibu kota paling hijau di benua Eropa di tahun 2016.
  2. Negara pertama yang mengakui negara Slovenia sebagai sebuah negara adalah Kroasia. Dan secara kebetulan Kroasia juga diakui pertama kali sebagai negara oleh Slovenia.
  3. Slovenia menjadi negara dengan jumlah bangunan keagamaan terbesar di Eropa. Setidaknya ada sekitar 3000 gereja, kapel dan monumen agama berada di negara ini.
  4. Setidaknya ada lebih dari 10.000 gua terdapat di Slovenia dan Gua Postojna merupakan gua yang paling terkenal dan mempunyai panjang sekitar 20.570 meter.
  5. Pohon Linden mempunyai daun berbentuk hati telah menjadi simbol bagi rakyat Slovenia. Selama berabad-abad pohon ini telah menjadi lambang cinta, persahabatan serta loyalitas negara Slovenia.